>

Apresiasi Untuk Semua Jasa Seorang Ibu

By dunia eni - December 18, 2017


Kasih ibu kepada beta
Tak terhingga sepanjang masa'
Hanya memberi tak harap kembali
Bagai sang surya menyinari dunia

Kasih Ibu Sepanjang Masa




Siapa pun pasti familiar dengan baik lagu di atas, bahkan anak-anak saya di rumah sangat hapal lagu itu dan sering dinyanyikan oleh mereka. Betapa indah dan luar biasa artinya, bagaimana kasih seorang ibu tidak pernah berhenti, semua itu tanpa harapan kembali. Seorang ibu tulus memberikan semuanya kepada anak-anak, juga pasangannya. Sebegitu besarnya dan luarbiasanya sampai digambarkan bak matahari yang menyinari dunia.

Kita tahu matahari begitu setia bersinar dari pagi hingga jelang sore, sesekali redup bila mendung, itu pun tidak benar-benar pergi tapi terhalang awan yang gelap. Memberikan sinarnya ke bumi dan seisinya tanpa meminta bumi dan isinya membalas memberi. Itu lah ibu, benarkah?

Dulu sebagai anak betapa saya merasa ibu begitu berharga meski kadang ibu penuh amarah karena letih dan saya bersalah. Betapa takutnya saya kehilangan ibu hingga pernah suatu ketika saya terbangun di tengah malam dan menyentuh dada ibu, saya takut ibu kehilangan napasnya dan pergi. Saya tidak mau sendirian, saya tidak ingin  tanpa ibu meski ada seorang bapak di samping saya.

Kini setelah saya menjadi seorang ibu, saya tidak tahu sejauh apa anak-anak menyayangi saya, takut kehilangan saya. Saya tidak ingin tahu sebenarnya karena isi kepala saya adalah bagaimana saya bisa menyayangi mereka dan menjadi ibu yang terbaik buat mereka, yang bisa menjadi kenangan indah ketika mereka sudah dewasa nanti. Anak-anak yang memiliki kenangan indah dengan ibunya adalah anak-anak yang bahagia luarbiasa.

Saya adalah ibu rumah tangga dan  juga ibu yang memiliki side job sebagai penulis, blogger, tentu semua ini meletihkan, kadang dalam keadaan sakit begitu banyak tanggungjawab saya dan saya harus bisa menyelesaikannya. Kadang anak-anak begitu menjengkelkan dan saya harus bisa menahan diri agar tidak membuat mereka terluka hingga dewasa, begitu juga dengan pasangan kadang ada hal yang tidak berkenan dan harus bisa memakluminya.

Ibu, ketika awal saya menjadi ibu mengandung dan melahirkan adalah tahap yang tidak mudah, begitu juga mengasuh bayi hingga bertumbuh, dan itu terjadi empat kali. Menyesalkah? Insaallah tidak, bahkan ada  bagian menjadi ibu itu begitu membahagiakan saat anak bertumbuh dan pasangan mencintai dengan penuh.


Apresiasi Fonterra Kepada Ibu : Kampanye 'Best Mom Ever'



Bicara tentang jasa seorang ibu, segala hal tentang ibu yang tulus dan tanpa menginginkan balasan, membuat semua orang menjadikan ibu begitu spesial dan spesial itu diwujudkan dalam bentuk Hari Ibu yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 22 Desember. Salah satu yang ikut merayakan, memberikan apresiasi pada Hari Ibu untuk semua ibu adalah Fonterra Brands Indonesia.

Fonterra Brands Indonesia  yang mengeluarkan brand-brand termuka seperti Anlene, Anmum dan Anchorn Boneeto ini melucurkan Kampanye 'Best Mom Ever' sebagai bentuk apresias semua ibu dan kebetulan sebagai salah satu ibu di Indonesia saya berkempatan hadir dalam acara tersebut di Pelataran Restoran Darmawangsa, tanggal 12 Desember 2017.

Menghadirkan narasumber yang beberapa kali sudah pernah saya jumpai:

  • Rohini Behl - Technical Marketing Advisor, Fonterra Brands Indonesia
  • Ines Yumaha Gulardi MSc., Senior Nutrion Manager, Fonterra Brands Indonesia
  • Roslina Verauli S.Psi - Psikolog

Acara yang dibuka oleh MC terkenal Ayu dewi yang juga ditemani sang Ibunda karena memang acaranya spesial untuk para ibu. Dilanjut oleh Rohini Belh yang mengatakan:




"Ibu memiliki sejumlah tanggungjawab muali dari merawat orangtua, suami dan anak-anak sehingga menjadikan sosok penting di keluarga. Sebagai penyedia nutrisi susu terpercaya, brand-brand kami telah menjadi bagian dari jutaan konsumen terutama ibu. Kami memahami bahwa ibu selalu mencari pilihan terbaik ketika harus menyediakan nutrisi keluarganya."
Yups, bener banget. Contoh kecil kalau sedang belanja di tukang sayur beberapa ibu selalu tampak terlihat memilah-milah sayur dan lauk pauk, mereka memilah mana yang segar, mana yang cocok untuk dipadukna sayur dan lauknya agar keluarga mau menikmati masakan ibu. Kalau di toko akan terlihat ibu berdiri di jajaran rak susu atau pun camilan untuk memilih yang terbaik bagi anak-anaknya, mereka membaca kandungan nutrisi dan lain sebagianya.

"Dalam momen spesial Hari Ibu, melalui Kampanye 'Best Mom ever' kami ingin menginspirasi masyarakat untuk mempersembahkan hadiah bagi ibu mereka, baik dari yang paling sederhana maupun mewah sekalipun, sebagai refleksi dar apresiasi mereka terhadap  ibu, " Ujar Rohini.
Ah, Hari Ibu ini semua memang terasa sweet dan spesial.
"Dalam kampanye ini kami bekerjasama lifestyle brand, Chic and Darling. Kania Annisa, figur dibalik brand ini, adalah seorang mompreneur yaitu ibu sekaligus memiliki usaha wiraswasta yang kami rasa mewakili profil ibu masa kini. Dia memiliki banyak prioritas namun selalu mengupayakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi diri sendiri dan keluarganya, Kami sangat senang dapat bekerjasama dengan Chic and Darling untuk merayakan peran ibu di Indonesia."

Ibu Perlu Memperhatikan Nutrisi dan Kesehatan Dirinya

Fonttera meluncurkan kampanye 'Best Mom Ever' karena  berdasarkan penelitian Fonterra menunjukkan bahwa sebagian besar perempuan menempatkan kesehatan diri mereka sendiri di urutan dua terbawah dari lima prioritas hidup, dimana mereka lebih konsentrasi ke kesehatan dan kesejahteraan keluarga mereka.

OMG! Ini lagi-lagi bener banget, sebagai contoh kecil pagi ini bangun tidur saya langsung membersihkan rumah agar anak-anak yang libur nyaman, menyiapkan susu, memasak sarapan, menjemur pakaian terburu-buru karena takut tidak terkejar panas matahari,  maklum musim hujan. Selesai semua itu saya hanya meminum segelas teh manis dan langsung menggarap artikel. Kapan sarapan. Kadang saya lupa, hiks.

Sebagai bagian dari apresiasi kepada ibu, Fonterra mempersembahkan koleksi mug ekslusif yang merepresentrasikan segelas nutrisi dengan susu berkualitas tinggi. Sudah waktunya seorang ibu selalu menjaga dirinya sendiri da keluarga agar tetap sehat, aktif, dan produktif.





"Semua anggota keluarga perlu mengkonsumsi nutrisi seimbang dan menjalani pola hidup sehat. Di sinilah peran fundamental ibu untuk melengkapi nutrisi keluarga. Para ibu mengalami beberapa fase kehidupan baik diri sendiri maupun anggota keluarga, dimana setiap fase membutuhkan nutrisi berbeda., misalkan saat sedang hamil dan menyusui , anak-anak di usia pertumbuhan, hingga orangtua yang menghadapi masa lanjut, " kata Ines.

Yes, semua anggota keluarga tanpa terkecuali. Sebagia ibu seharusnya saya tidak hanya fokus pada semua hal keluarga agar semua dapat beraktifitas dengan baik. Bagaimana coba kalau keluarga sehat, tapi saya sakit? Ibu sakit dunia pasti terasa jungkir balik buat keluarga bukan?

Wujud dari memperhatian nutrisi keluarga Fonterra, Ines menyebutkan beberapa manfaat prodak yang dikeluarkan oleh brand-brand Fonttera, " Dari masa kehamilan hingga menyusui, Anmum dengan Neulipid adalah rekan terpercaya bagi ibu dan calon ibu untuk membantu memenuhi kebutuhan menjaga keehatan dan kesejahteraan ibu dan bayinya. Pada saat ibu memiliki anak di masa pertumbuhan dan menginginkan pikiran dan tubuh yang aktif Achor Boneeto dengan A-Force formula menyediakan kombinasi unik dari kalsum, protein, multivitamin B, zinc dan magnesium. Sedangkan di masa dewasa dan lanjut, para ibu dapat mempercayakan Anlene dengan MoveMax yang mengandung kalsium, kolagen, dan protein untuk meningkatkan kinerja tulang, sendi dan otot agar dapat bergerak sebebas mungkin."




Alhamdullilah, dari sebelum menjadi ibu, saat usia dua puluhan dulu saya rajin sekali mengkonsumsi Anlene. Efeknya? Setelah memiliki 4 orang anak (satu alm) memasuki usia 40 tahun untuk tulang dan gerakan saya tidak memiliki keluhan yang berarti. Seorang wanita memang harus memperhatikan dirinya sejak dini sebelum menikah, karena ketika menikah, menjadi ibu semua fokus tanpa tersadari akan menomor sekiankan dirinya sendiri.




Para Ibu Harus Memberi Bonus Untuk Dirinya

Bagian terakhir acara ini sanagt berkesan karena bisa sharing dengan psikolog bersuara hangat, berwajah cantik yang selalu tersenyum, Rosalina.



"Ibu berperan 2/3 kali lebih banyak dalam mengelola rumah tangga dan dua kali lebih banyak dalam pengasuhan anak dibandingkan ayah. Ibu juga memiliki peran penting lainnya yaitu sebagai pusat emosi atau Emotion Work yang mencakup di antaranya mendengarkan pasangan dan anak, memahami pikiran dan perasaan mereka, memberi dukungan serta apresiasi. Dengan demikian, status emosi ibu sangat mempengaruhi kesejahteraan emosional keluarga secara keseluruhan sehingga memerkulan apresiasi diri atau self-appreciation untuk selalu bahagia sejahtera secara emosional."

Sekali lagi Benar banget. Ketika anak marah, merajuk, kesulitan, pertama pasti lari ke ibu, Saat suami down, mengalami gejolak dan masalah, imbasnya pasti istri. Ibu dan ibu bagai wadah yang menampung segala emosi keluarga, karena ibu sesungguhnya emosi ibu sangat rentan. Sudah sering dengar stres banyak melanda seorang ibu, bukan?

Sampai terjadi bunuh diri, stres yang tidak berkesudahan, menyakiti anak-anak atau bahkan suami, semua karena ibu diam-diam menanggung beban. Untuk itu ibu sangat perlu apresiasi diri. Dalam acara ini beberapa peserta mengutarakan me time agar lepas sesaat dari runititas keluarga.

Kalau saya sesekali pergi dengan teman, di kamar mendengarkan musik sambil baca buku atau chating dengan sahabat, sementara anak-anak gantian diasuh ayahnya. Rutinitas me time sederhana ini, sungguh berarti buat seorang ibu. Bonus untuk dirinya.

Mug Ekslusif 'Best Mom Ever'

Selesai acara kami yang hadirkan masing-masing diberikan hadiah spesial mug ekslusif 'best Mom Ever' dengan  disain yang perempuan sekali menurut saya, saya suka. Mug ini memiliki empat disain loh dan kalian semua para ibu bisa memilikinya. Bagaimana caranya?




Koleksi Mug Ekslusif tersedia di toko-toko di Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia, serta melalui Lazada dan Shopee, mulai Desember 2017. Cara memperolehnya dengan pembelian Anmum Materna dan Lacta 400 gr  (rasa coklat), Anlene Gold 650 gr (rasa coklat, vanila, dan original), dan Anchor Boneeto 700 gr (rasa coklat dan vanila). Ayuk, buruan dikoleksi bisa untuk dirimu sendiri, Ibu, atau buat hadiah para ibu.

"Kami berharap ide mempersembahkan mug sebagai hadiah istimewa ini dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih kreatif lagi dalam mengungkapkan apresiasi terhadapt diri sendiri bagi mereka dan juga seorang ibu," tutup Rohini.


  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. karena ibu berhak mendapatkan apresiasi dmei kesehatan jiwa, sehat lahir dan batinnya ya mba :)

    Fonterra memahami sekali akan peranan ibu yang multitalented, dan pusat emosi...Semoga dengan adanya campaign Best Mom Ever ini makin banyak Ibu-ibu yang bahagia dan menghargai dirinya ya karena lewat ibu tumbuhlah generasi yang maju dan cerdas.

    ReplyDelete
  2. kasih ibu sepanjang masa, apapun pekerjaannya selalu untuk keluarganya. ibu selalu menghabiskan waktu terpanjang dalam keluarga juga

    ReplyDelete