Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

By dunia eni - June 20, 2018




Pic by Mike Kenneally

Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Pertanyaan pada judul artikel ini pernah tidak menghinggapi pikiran para bumil? Terutama untuk bumil yang memang sebelumnya hobby kopi atau malah coffe addict?

Saya sering membaca di media sosial status yang ditulis ibu hamil, bagaimana mereka ada yang merindukan kopi, ada yang membatasi kopi, ada yang tetap nekat minum kopi. Karena jangankan berpisah dengan kopi selama 9 bulan lamanya, tidak menghirup aroma kopi sehari saja kepala sudah terasa pusing. Rindunya melebihi rindu kepada sang kekasih, hehehe.

Namun, ada juga pendapat masyarakat awam bahwa bumil harus minum kopi meski sedikit agar kelak anak yang dilahirkan tidak mengalami step atau kejang ketika demam, benarkah? Entahlah, saya sendiri sama sekali tidak pro dengan pendapat ini karena belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Kalau pendapat bumil dilarang minum kopi, setuju tidak?

Nah, ini saya setuju karena sepengetahuan saya kopi mengandung kafein dan kafein membuat asupan vitamin bumil, terutama zat besi jadi tidak maksimal. Selain itu kopi membuat rasa kantuk hilang, dan bumil justru tidak boleh tidur larut. Duh, jangankan minum kopi, tanpa minum kopi saja bumil yang kandungannya sudah di atas 7 bulan sering sulit tidur.

Perut yang semakin membesar rasanya tidak nyaman untuk posisi tetap berjam-jam, belum lagi tendangan bayi yang semakin kuat, rasa sesak karena janin sudah semakin menekan organ dalam ibu hamil, dan sebagainya. Padahal tidur cukup diperlukan sekali untuk mempersiapkan tenaga dan kesehatan bumil dalam menghadapi jihad melahirkan.

Terus ada pendapat yang mengatakan kafein pada kopi berbahaya bagi kesehatan dan fungsi konigtif pada janin ketika lahir. Tapi kira-kira bagaimana pendapat ahli medis tentang kopi untuk bumil?


Ibu Hamil Boleh Minum Secangkir Kopi loh!

Sewaktu saya periksa kehamilan rutin ke Spog, dan tanya bolehkah kalau saya minum teh manis? Katanya boleh asalkan tidak memiliki riwayat diabetes. Kalau minum sirup justru dilarang ketika kehamilan saya sudah di atas 6 bulan karena bisa menyebabkan bayi besar di dalam, sirup mengandung pewarna, pemanis buatan. Kopi gimana, dok?

"Boleh asal kehamilan tidak memiliki resiko, seperti ibu menderita darah tinggi, ibu kekurangan kalsium parah, ibu menderita anemia. Konsumsi kopinya pun secara wajar, tidak berlebihan...."
Wow! Ternyata ibu hamil boleh minum kopi dengan catatan tidak memiliki kehamilan yang beresiko ya. Hal ini pun dibenarkan oleh Dr.Mark Klebanoff, peneliti utama dari Center for Perinatal Research at Nationwide's Research Institute yang mengadakan penelitian terhadap 2.200 wanita AS yang mengkonsumsi kopi selama hamil, serta menilai IQ dan perilaku anak-anak mereka:

"Lewat studi tersebut, kami menyakinkan para ibu hamil bahwa konsumsi kafein secara wajar atau cukup secangkir kopi setiap hari, tidak menimbulkan efek berbahaya pada perkembangan IQ anak kelak." *sumber Mother & Baby
Jadi bagaimana pendapat para bumil setelah membaca artikel ini, terutama pecinta kopi?

Lega dong ya, bisa tetap menghirup aroma kopi dan menyesapnya. Namun, tetap harus diingat sebaiknya konsultasi dengan ahli medis karena bagaimana pun juga mereka yang tahu, apakah kehamilan Anda baik-baik saja atau beresiko? Jika tidak beresiko, minta saran berapa takaran kopi yang pas buat bumil sehingga aman.


Sementara kalau saya?

Memilih menyesap sesekali saja sebagai obat rindu kopi, sebab meski kandungan dan kesehatan saya baik-baik saja (Alhamdullilah) , faktor usia membuat saya aware untuk diri sendiri. 

Yuk, saling mendoakan semoga para wanita yang sedang hamil diberi kesehatan kesempurnaan pada calon bayinya dan lancar ketika melahirkan, Aamiin Ya Rabb.

Jangan lupa membaca artikel lainnya yang tidak kalah penting buat info bumil:





  • Share:

You Might Also Like

11 komentar

  1. Gue pernah nulis juga, nih, Mbak di Mommiesdaily. Pas gue hamil dulu, gue juga tetep minum kopi. Ya asal nggak berlebihan aja segalon, ahahhahaa. Prinsipnya mah bumil boleh makan dan minum apa aja, asal tau batasnya...

    ReplyDelete
  2. Asik.... Kalau ketemu lagi kita bisa ngopi ya, Mak hahaha

    ReplyDelete
  3. makasih infonya mba, kirain ga boleh..boleh ternyata ya asal jangan banyak2

    ReplyDelete
  4. aku waktu hamil minum tapi dikit doang hehehe

    ReplyDelete
  5. Kalo kopi aku ga terlalu addict :p. Makanya pas hamil ga diksh minum kopi ya ga masalah :D. Tapi paling ga bisa kalo sampe dilarang makan seafood. Sempet dilarang soalnya :p. Tp akhirnya aku toh ttp makan, cuma porsinya ya aku kurangin :)

    ReplyDelete
  6. kalau saya memang bukan pecinta kopi sih jadi nggak terlalu pengen juga minum kopi pas hamil. tapi kayaknya pernah pas hamil atau awal menyusui minum capuccino cincau karena kepengen. hihi

    ReplyDelete
  7. Aku malah gak minat samsek sama kopi Mba pas hamil. Padahal sebelum hamil sering banget monum kopi.

    ReplyDelete
  8. sebenarnya meskipun ga hamil, ga hobi juga minum kopi. sukanya minum es teh. hehehe

    ReplyDelete
  9. Pas hamil dlu aku sempat ga minum kopi. Teryata boleh ya. Apa ini tandanya aku harus hamil lagi?

    ReplyDelete
  10. Asal gak berlebihan dalam mengonsumsi kopi :)

    ReplyDelete