Pendar Tumbuh Dengan Tanggap Yang Lengkap ~ Duniaeni

Tuesday

Pendar Tumbuh Dengan Tanggap Yang Lengkap



Dua artikel saya sebelumnya, satu menceritakan keseruan saya dan Pendar hadir dalam acara launching Bebelac baru, membuat saya banyak belajar bagaimana menumbuhkan anak yang hebat. Bahwa anak yang hebat dan ciri-ciri anak cerdas tidak hanya sekedar pintar secara akademi, tapi juga mereka tumbuh menjadi anak Tanggap yang Lengkap untuk bekal masa depannya nanti.

Sementara artikel yang satu lagi menceritakan bagaimana Tanggap yang Lengkap tidak hanya didukung oleh stimulasi dari orangtua, tetapi juga dari nutrisi otak yang tepat untuk usia anak sejak dalam kandungan hingga memasukin golden age. Nutrisi yang baik itu salah satu sumbernya dari susu Bebelac baru.

Dan, sekarang tidak hanya hadir dan menyimak semua penjelasan narasumber tentang nutrisi yang tepat dan stimulasinya agar si kecil tumbuh dengan Tanggap yang Lengkap. Tetapi saya sebagai orang tua akan menceritakan bagaimana saya menstimulasi dan member nutrisi terbaik untuk Pendar. Kebetulan Pendar sudah berusia 3.5 tahun, sedang masa-masa bertumbuh dan banyak ingin tahu. Setiap hari ada saja yang baru, yang membuat saya terkejut dan merasa bangga.

Stimulasi si kecil agar menjadi Tanggap yang Lengkap


Saya risaign bekerja kantor sejak memiliki anak kedua, dan memilih untuk bekerja secara freelancer di dunia kepenulisan, termasuk blogger. Meski awal risaign berat, sempat mengalami gejolak dalam diri, namun ternyata akhirnya ini adalah terbaik buat saya dan anak-anak. Sebab sejak berhenti dari rutinitas kantoran dengan ritme senin menuju jumad, berangkat pukul 7 pagi dan pulang sering pukul 9 malam, saya lebih memiliki banyak waktu di rumah. Selain banyak waktu, emosi lebih terkontrol karena tidak terpecah belah urusan kantor dan rumah.

Di rumah mengasuh anak-anak ada waktu di mana saya membacakan buku cerita atau dongeng, biasanya melalui buku ini saya pilih untuk sarana menyampaikan pesan-pesan baik, seperti pentingnya berbagi dengan teman, pentingnya meminta maaf jika kita bersalah, pentingnya bersikap jujur. Selain dari cerita-cerita di buku, tentu saja juga dengan dicontohkan agar anak lebih paham dan mencerna. Maklum seusia Pendar, perkembangan anak 3 tahun biasanya akan lebih mudah meniru apa yang didengar dan dilihat.

Maka sebagai orang tua saya tidak sungkan untuk meminta maaf jika memang salah sama Pendar, seperti suatu hari saya tidak sengaja menghabiskan cokelat milik Pendar yang disimpan di lemari es. Apa yang terjadi?


Pendar mencari cokelat miliknya dan menangis karena tidak ketemu. Mungkin bias saja saya belikan lagi, beres dan tetap berpura-pura tidak tahu kalau saya sudah memakannya. Tapi saya ingin mengajarkan konsep yang baik bagaimana jika kita memang telah melakukan kesalahan dan mempertangungjawabkannya dengan baik.

"Pendar, maaf ya ibu tidak sengaja makan cokelat punya adek yang disimpan di kulkas. Pendar mau kan maafin ibu?"
Awalnya Pendar marah, bilang tidak saying sama ibu, hehehe. Anak-anak ekspresinya memang selalu lucu. Dia bias berlebihan gembira, juga bias berlebihan marah. Tapi kemudian ketika saya berjanji akan menggantinya dengan membelikan yang baru, Pendar gembira dan langsung memeluk saya sambil bilang, "Adek saying ibu kok." Kemudian saya pun langsung mengajaknya ke mini market untuk membelikan cokelat milik Pendar yang sudah saya makan. Masalah selesai, tapi dengan adanya kejujuran, permintaan maaf dan tanggung jawab.

Pendar suka berbagi dan berempati


Teryata memang semua apa yang kita sering sampaikan ke anak dan contohkan jika itu positif akan member efek yang positif juga. Suatu hari Pendar dibelikan ice cream oleh ayah, tiba-tiba dia memanggil teman mainnya yang merupakan anak tetangga kami untuk makan ice cream bersama, padahal ice cream nya hanya satu.

"Jena waktu itu bagi Adek kueh, dia kan temen Adek," kata Pendar saat saya tanya, kenapa ice creamnya hanya satu mau dibagi juga ke temannya.
Pernah juga suatu kali Mas Pijar (kakaknya) tengah makan dan teriak ke sendak, wajahnya memerah karena tersendak dan Pendar saya lihat dengan terburu-buru lari ke belakang untuk mengambilkan air putih. Terlihat benar Pendar cemas karena ekspresi Mas Pijar yang kesendak.

Diam-diam saya sangat terharu, untuk usianya yang baru 3.5 tahun, Pendar sudah memiliki rasa berbagi dan empati. Kemampuan untuk merasakan apa yang orang lain rasakan, yang menurut psikolog Vera adalah bagian dari Tanggap yang Lengkap. Selain itu Pendar juga mudah sekali minta maaf meski sambil menangis menahan kesal, mudah mengakui kalau dia bersalah, seperti ketika saya marah-marah mengira Mas Pijar yang mengotori lantai. Pendar dengan berani bilang kalau dia yang salah, dia yang bikin kotor.

Meski sebagai anak kecil Pendar juga kadang tidak bertanggung jawab dalam membereskan mainannya yang berhamburan, tapi di usia yang masih dini dia sudah menunjukkan bagian-bagian dari Tanggap yang Lengkap. Selanjutnya adalah PR saya sebagai orang tua untuk terus menstimulasinya dengan cerita, obrolan ringan, dan contoh langsung, Juga nutrisi yang tepat untuk membantu tumbuh kembang anak.

Nutrisi buat tumbuh kembang Pendar agar Tanggap yang Lengkap


Selain stimulasi seperti saya ulas di atas, Nutrisi yang tepat untuk Pendar sangat dibutuhkan. Dengan makanan sehat yang banyak mengandung mikronutrient, yakni karbohidrat, lemak, dan protein (hewani). Maka setelah lepas ASI, Pendar saya kenalkan susu untuk membantu nutrisi dalam dirinya.

Kebetulan Bebelac mengeluarkan inovasi baru dalam kandungannya di Bebelac baru, jadilah Pendar mengasup Bebelac baru yang mengandung Minyak Ikan & Omega 6 yang ditingkatkan. Penting sekali Omega 3 dan 6 sebagai nutrisi otak anak. Bebelac baru juga telah dilengkapi dengan FOS:GOS 1:9, serta 13 Vitamin dan 9 mineral. Kandungan yang dapat mendukung Pendar tumbuh hebat dengan Tanggap yang Lengkap.

Semua orang tua pasti setuju kan, kalau si kecil perlu dukungan stimulasi dan nutrisi untuk tumbuh hebat dengan Tanggap yang Lengkap sebagai bekal masa depannya nanti?

Untuk info about tips raising kid with Tanggap yang Lengkap ibu bisa langsung klik http://bit.ly/ArticleTanggap2

26 komentar:

  1. We all know equipped with great choices when it comes to raising our kids! Semoga Pendar makin sehat, cerdas dan tanggap ya mbaaa

    ReplyDelete
  2. Semoga sehat selalu dan cerdas ya Pendar. Stimulasi Mbk Eni keren loh. Nutrisi juga diperlukan.

    ReplyDelete
  3. Susu ini ya yang bikin anak banyak akal bukan nakal .... Hehehehe

    ReplyDelete
  4. Wah, Pendar pintar yaa... Terus tumbuh dan tetap bahagia ya, Nak.

    ReplyDelete
  5. Mengajarkan minta maaf itu memang perlu dicontohkan orang tua. Kalau ortunya gengsi, jangan harap anaknya memiliki sifat pemaaf.

    ReplyDelete
  6. Adek Pendar hebat, rasa empati dan semangat berbaginya luar biasa. Pasti mamanya bangga sekali

    ReplyDelete
  7. memberi contoh perbuatan lebih mudah diingat daripada sekedar teory, semoga pendar semakin pintar yaaa

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah Pendar pinter berbagi ya

    ReplyDelete
  9. ahh ibu kenapa dimakan coklat pendar hihi..anak2 memang selalu lucu kalau lagi marah ataupun happy, sebagai ortu memang kita jgn egois bila pnya slh hrs minta maaf biar anak bs meniru, mengajari anak yang paling mudah memang dengan sikap dan tingkah laku kita ya mba

    ReplyDelete
  10. Wiw Pendar pinteeerrr, sampai tanggap gtu ya pas kakaknya kesedak :D
    Susunya Pendar sama kyk Dema toooss :D

    ReplyDelete
  11. pendar pintar dan gantengg .. jadi anak yang sholeh yaa :-)

    ReplyDelete
  12. Pendar keren, kmaren sempat ketemu kan di acara. Anaknya mandiri banget. Selalu sehat ya Pendar, semoga menjadi kebanggaan orangtua

    ReplyDelete
  13. Kata maaf emang wajib banget kita kenalin ke anak sejak dini ya mbak... Harus berani minta maaf kalau emang ngerasa salah dan tidak pandang umur...

    ReplyDelete
  14. Salam kenal pendar and mommy ... senyum2 sendiri baca tulisan mbak eni touchinng banged.
    Aq juga termasuk mama yg resign tp pas hamil, jd mungkin bebannya beda gitu ya, yg penting qt ttp berusaha jd ibu yg baik buat anak2 .
    Anak ku yg kedua juga minumnya bebelac, karena banyak banget nutrisi untuk otak anak .
    Semangat selalu mom , bahagia selalu ya Pendar

    ReplyDelete
  15. Keteladaan memang penting ya bun untuk menumbuhkan karakter baik si kecil, meminta maaf memang sulit, tapi jika kita salah ya meminta maaf, dan InshaAllah anak akan mencontoh perilaku baik orangtua.. btw pendar ini makin ganteng aja sih

    ReplyDelete
  16. Memang benar ya mb anak itu peniru yg hebat, karakter dia terbentuk dri apa yg kita contohkan. Salam buat Pedar ya mb, semoga makin pintar dan cepat tanggap

    ReplyDelete
  17. Hunting sufor nih gampang2 susah ya mb. Terutama untuk nemuin yg kandungannya sesuai ma kemauan kita. Tp kalau udah nemu yg klik dg kita, langsung deh tenang nih hati.

    ReplyDelete
  18. Pintar banget pendar. cepat tanggap dengan segala masalah dan berani bertanggungjawab terhadap segala perbuatan. salut dengan umur yang baru 3,5 tahun sudah meminta maaf kalau salah. orang dewasa aja susah bat ngelakuinnya

    ReplyDelete
  19. Nutrisi dan gizi yg lengkap bnr bangt cepat tanggap tumbuh kembang jd lengkap, bebelac pilihan tepat y

    ReplyDelete
  20. Orangtua menjadi contoh terdekat yg akan ditiru anak, so harus menjadi dan memberi contoh yg baik utk anak2,pendar keren ya. Biar makin pintar rajin minum Bebelac

    ReplyDelete
  21. Setuju Mba Eni, meminta maaf sama anak atau ponakan ketika kita salah akan menjadi contoh yang baik bagi mereka. Duuh itu coklat yang Mbe Eni makan itu pasti enak buktinya bisa sampai habis gitu makannya hehehe

    ReplyDelete
  22. Wah banyak kisah ibu pekerja yang resign demi anak dan keluarga, termasuk kisahku juga sih keputusan yang tidak akan pernah disesali ya mba bahkan disyukuri takala melihat anak2 tumbuh dan berkembang dengan baik dan dipenuhi cinta :)

    ReplyDelete
  23. Bener banget ya, baca tulisan ini kalau susu salah satu nutrisi penting buat perkembangan anak. Tanggap yang Lengkap tidak hanya didukung oleh stimulasi dari orangtua, tetapi juga dari nutrisi otak yang tepat untuk usia anak sejak dalam kandungan hingga memasukin golden age.

    ReplyDelete
  24. Pendar makin pinteeeer. Iya banget ya, pinter gak cuma harus otaknya aja, tapi juga EQ-nya. Biar lengkap dan semakin pintar....

    ReplyDelete
  25. wah, ini informasi penting banget buat mamak2 yg lgi butuh stimulasi dan nutrisi untuk tumbuh hebat

    ReplyDelete
  26. Senang ya mbak liat anak-anak tumbuh sehat dan rukun bukan hanya dengan saudara tapi juga sesama..

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Merayakan Kebahagiaan Menjadi Ibu Rumah Tangga

Awal Menjadi Ibu Rumah Tangga : Terpuruk oleh rutinitas Ketika remaja saya bercita-cita menjadi wanita karir, sama sekali tidak b...

Cari Artikel

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.