>

Cara Jitu Mencari Lowongan Kerja Untuk Fresh Graduate

By duniaeni.com - May 21, 2019



Sulitnya Mencari Lowongan Kerja

Pernah tidak mengalami antri panjang saat akan melamar pekerjaan, bahkan nyaris putus asa ketika datang ke sebuah perusahaan yang membuka lowongan kerja dan yang antri melamar panjang bak ular naga? Padahal yang dibutuhkan hanya seorang pekerja saja, tapi yang melamar sungguh luarbiasa. Terbayang harus bertarung keahlian dengan harapan menang tipis, padahal dari rumah saat akan datang melamar semangat luarbiasa.

Pernah juga tidak, langganan atau membeli koran hanya untuk mencari lowongan kerja? Setiap hari menyisihkan uang untuk mendapatkan koran terbaru. Membaca dengan teliti bagian lowongan kerja yang berisi perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dengan kriteria yang sesuai tentunya. Tidak jarang susah mendapatkan yang sesuai hingga tuntas semua iklan di koran dilihat, begitu juga esoknya.

Saya pernah mengalami masa itu, ketika awal lulus pendidikan formal alias fresh graduate. Penuh semangat menggebu membeli koran eceran, lalu membaca teliti bagian lowongan kerja. Sering tidak sesuai dengan kriteria saya atau saya yang tidak sesuai dengan kriteria perusahaan yang membuka lowongan kerja tersebut. Lalu ketika mendapat yang cocok, begitu datang shock melihat antrian yang datang melamar karena sangat panjang.



Bahkan pernah suatu hari saya datang ke sebuah bank swasta di wilayah Sudirman untuk melamar pekerjaan yang diiklankan oleh bank tersebut di koran. Ketika datang sudah banyak antrian yang melamar, saya sabar menunggu antrian hingga pagi berganti siang. Antrian masih mengular, saya belum juga dapat panggilan. Make-up pun mulai luntur, wajah yang sumringah mulai lesu lantaran bosan menunggu, apalagi saat itu saya mengenakan high heels, menunggu dengan posisi berdiri karena banyaknya yang datang untuk melamar. Akhirnya saya memutuskan untuk pulang, tidak jadi melamar kerja di bank tersebut.


Glints Solusi Jitu Mencari Lowongan Kerja yang Tepat

Capek banget rasanya mencari lowongan kerja dengan cara seperti itu, membeli atau mencari di koran yang belum tentu ada yang sesuai dengan kriteria kita maupun kriteria perusahaan. Apalagi sampai mendatangi dan antri sekian lama, lalu hasilnya tidak diterima. Saya pernah mengalami juga yang sampai tahap wawancara setelah antri lama, tetapi tidak juga menerima panggilan kerja alias tidak lolos seleksi. Rasanya selain capek, sedihnya tidak terkira.

Memang untuk para fresh graduate mencari lowongan kerja bukan pekerjaan mudah, karena pegalaman masih nol. Semua ilmu yang dimiliki masih merupakan ilmu formal yang belum teruji di lapangan. Belum paham selain skill yang didapat dari pendidikan formal, kita harus bagaimana agar lolos seleksi lowongan kerja. Pokoknya tahap awal lulus sekolah ini benar-benar tahap perjuangan.

Tapi itu dulu, kini  era digital, mencari lowongan kerja tidak harus sesulit itu loh, termasuk juga mendapat ilmu tentang dunia lowongan kerja. Kalau dulu melamar kerja buat fresh graduate masih meraba-raba, kini dengan adanya satu platfom karier yang  berasal dari Singapura, yakni Glints.com/id yang bisa membuka luas dunia kerja bagi para fresh graduate.




Dengan bergabung di platform ini tidak sekedar menemukan banyak sekali info lowongan kerja yang bisa dipilih, tetapi juga mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan atau skill sehingga buat para fresh graduate dapat berkesempatan untuk mengembangkan diri. Karena platforrm Glints memiliki layanan Forum sepuutar Karir pertama di Indonesia.

Fitur ini fungsinya keren banget, jadi kalau bergabung di Glints dengan fitur tersebut dapat berkonsultasi seputar dunia karier seperti tips menjawab pertanyaan saat diwawancara, bagaimana caranya membuat CV agar perusahaan yang mencari lowongan kerja tertarik. Ini penting banget loh, karena CV ini merupakan awal dari perusahaan tertarik atau tidak dengan kita, lalu tahap wawancara bisa menentukan pribadi kita oke atau tidak dimata perusahaan.

Selain Forum, masih banyak fitur lainnya yang  benar-benar membantu para fresh graduate tidak hanya mendapat pekerjaan, termasuk juga jika ingin mengetahui skill apa yang harus dimiliki ketika akan melamar pekerjaan di perusahaan tertentu, dengan mengetahui skill yang dibutuhkan ini menjadikan kemungkinan besar lamaran kita diterima.

Buat para fresh graduate, tunggu apalagi buat cari lowongan kerja? Langsung deh gabung dengan Glints yang gak lagi bikin pusing saat menghadapi kelulusan dan dunia kerja baru. Karena di platform yang memiliki ribuan pengguna ini juga menyediakan fasilitas pelatihan kerja paruh waktu magang, dan lain sebagainya. Setuju dong, kalau bergabung di Glints merupakan cara jitu mencari lowongan kerja untuk fresh graduate?

  • Share:

You Might Also Like

6 komentar

  1. deuh emang bener deh nyari kerja sekarang susah, tapi untungnya bisa online ya, gak kayak dulu harus masukkin manual ke tiap perusahaan

    ReplyDelete
  2. Nyari kerja itu emang nggak mudah banget mba. Dan kayaknya dengan adanya info glints ini bisa bikin cari kerja buat fresh graduate lebih mudah ya mba :)

    ReplyDelete
  3. jadi inget awal awal mencari kerjaan sempat bingung mo ngelamar dimana.. hasilnya semua lowongan dicoba

    ReplyDelete
  4. Fresh graduate itu memang harus pinter pinter cari peluang kerjaan ya.. kalo ngga ada usaha, jaman now agak sulit sih cari kerja.. nah salah satunya melalui info glints ini ya.. bisa membantu para fresh graduate untuk mencari lowongan pekerjaan

    ReplyDelete
  5. Yang namanya fresh graduate atau bukan, atau bahkan yang ingin cari lowongan kerja yang lebih oke, ya.. dapat kabar website yang bisa membantu cari kerjaan tepat itu awesome!

    ReplyDelete
  6. Sekarang memudahkan sekali mencari pekerjaan bagi fresh graduate ya mba

    ReplyDelete