>

4 Trik Supaya Ngecas Smartphone Bisa Cepet

By duniaeni.com - May 20, 2019



Smartphone sekarang gak cuma dipakai untuk telepon, SMS, ataupun chatting. Hobi kita pun bisa didukung dengan keberadaan smartphone loh! Seperti memotret, menonton film, mengedit video, dan lain sebagainya. Bahkan, dalam pekerjaan pun kita sering kali mengandalkan smartphone supaya bisa lebih cepat menyelesaikan tugas, seperti mengetik artikel di smartphone.

Sering kan, kita jumpai orang-orang di  kereta yang entah akan pulang atau menuju suatu tempat, terlihat asyik mengerjakan sesuatu di smartphone. Kadang, mereka sambil berpikir keras sebelum menggerakkan jemarinya di  smartphone. Memang praktis banget sih ya, kerja dengan smartphone. Bisa dikerjakan dimana pun, dan dengan kondisi bagaimana pun seperti di dalam transportasi umum.

Maka dari itu, smartphone harus selalu stand by seharian, betul gak? Tapi terkadang aktivitas kita harus tertunda karena smartphone tiba-tiba kehabisan daya, dan ini serrig banget deh kejadian. Mau gak mau, kita harus mengisi ulang daya baterai dulu baru bisa menggunakannya kembali. Kalau lagi santai sih gak masalah ya, tapi gimana kalau kita lagi buru-buru. Misalnya, ada meeting sama klien, tapi smartphone low battery. Pilihannya adalah ngecas dulu sampai baterainya penuh atau bawa power bank aja!

Kalau ngecas dulu, udah pasti kita harus nunggu dulu seenggaknya sampai terisi setengahnya supaya gak tiba-tiba mati di jalan lagi. Dan itu butuh waktu sekitar setengah jam. Kalau keseringan ngecas pake power bank, bisa-bisa daya tahan smartphonenya malah berkurang. Bagai  makan buah simalakama kalau begini.

Nah, supaya hal itu gak terjadi, ada baiknya kita gunakan trik nih saat mengisi daya, supaya waktu yang terpakai gak terlalu lama. Beberapa trik yang bisa kita ikuti adalah sebagai berikut:


      1. Matikan smartphone saat ngecas


Saat ngecas, penting banget buat kita mematikan smartphone, karena kalau dibiarkan menyala, kinerja aplikasi bisa menyedot daya baterai dan proses pengisian daya pun jadi lebih lambat.

Kalau kita mematikan smartphone, udah pasti seluruh aplikasi akan ikut mati, dan proses penyaluran daya pengisian pun jadi cepat. Selain mematikan smartphone, ada lagi cara supaya hemat daya, yaitu dengan mengaktifkan airplane mode yang akan menghentikan  transmisi sinyal wi-fi dan seluler.
 

      2. Hindari ngecas lewat port USB computer



Masih banyak diantara kita yang memilih ‘jalan pintas’ untuk mengisi daya smartphone, yaitu dengan mencolokkan kabel USB-nya ke port USB di komputer. Mau alasan apapun, cara ini gak akan pernah dibenarkan, karena pada dasarnya menyambungkan kabel USB smartphone ke port USB di komputer itu hanya dilakukan kalau ingin mentransfer data. Ya, memang sih baterai pasti terisi, tapi gak akan cepat dan maksimal.

Output daya port USB komputer yang hanya berkisar diantara 0,1 Ampere hingga 0,5 Ampere. Ini lebih rendah kalau dibandingkan dengan output charger yang bisa mencapai 2 Ampere atau lebih.

      3. Pakai charger tablet


Biasanya charger bawaan smartphone punya daya pengisian yang lebih kecil. Sedangkan, charger bawaan tablet itu punya daya yang lumayan besar. Tapi, kita juga harus tau kalau gak semua smartphone bisa ngecas pakai charger-an tablet.

Cara ini boleh digunakan asal jangan keseringan, karena penggunaan charger tablet ke baterai smartphone bisa mengurangi umur baterai smartphone itu sendiri. Malah rugi kan, baterai jadi cepat drop, yang kalau dichas cepat banget dropnya. Alih-alih jadi bisa beli baterai baru deh kalau sudah begini.


4. Pakai kabel USB dengan kualitas terbaik


Ini penting untuk diingat! Jangan pakai kabel USB yang bukan bawaan smartphone untuk ngecas. Kabel USB lain gak akan bisa menghantarkan daya pengisian sepenuhnya. Pastiin juga kalau kabel bawaan smartphone kita juga punya kualitas yang baik. Kalau kualitas kabel USB kita rendah, logam yang dipakai pun gak bisa menangani listrik berdaya tinggi.

Itulah 4 trik yang bisa kita ikuti supaya smartphone kita bisa ngecas lebih cepat. Selain cara-cara di atas, ada satu cara lagi nih yang lebih simple dan praktis, yaitu menggunakan smartphone yang punya teknologi pengisian daya cepat, seperti OPPO F11! Smartphone ini punya teknologi VOOC 3.0 Flash Charge yang bikin durasi pengisian daya (cuma butuh waktu 80 menit aja dari 0 % ke 100%). Ini lebih cepat dibanding charger biasa pada smartphone lain. Dengan kapasitas baterai 4.020mAh dengan konsumsi daya rendah, kita bisa puas tuh pakai smartphone seharian tanpa takut tiba-tiba kehabisan baterai.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar