>

Resep Praktis untuk Bulan Puasa

By duniaeni.com - May 26, 2019


Resep Praktis

Saya sebut resep praktis untuk bulan puasa karena memang resep ini sangat praktis sekali, baik itu cara mengolahnya  maupun lama matangnya. Pokoknya sangking praktisnya saya sering mengolahnya untuk buka puasa dan sahur saat bulan puasa Ramadan, karena rasanya juga lezat sekali. Cocok untuk orang dewasa dan anak-anak, dan ibu tidak perlu capek dalam memasaknya, hehehe.

Rata-rata makanan khas Indonesia kan cukup sulit mengolahnya dan lama matangnya, tapi resep ini Insaallah bisa langsung dieksekusi meski ibu dalam keadaan capek dan malas masak. Serius, sebab saya adalah ibu yang malas masak karena harus lama-lama meracik bumbu, menunggu matangnya. Apalagi bulan Ramadan bawaan tubuh lemas, ditambah kalau sahur malas banget kalau harus ribet masak. Tapi puasa kalau tidak makan istimewa rasanya ada yang kurang.

Ikan Bumbu Kuning  Legendaris Keluarga

Resep praktis ini saya beri nama Ikan  Bumbu Kuning Legendaris Keluarga karena rasanya yang tidak biasa, setiap yang mencobanya langsung jatuh cinta. Sehingga menjadi resep andalan setiap ada acara istimewa, termasuk hindangan yang sering ada di meja makan saat buka puasa dan Hari Raya Idul Fitri.



Sebenarnya ini resep dari ibu saya dan pernah saya praktekkan ketika ada lomba memasak saat SMK dulu, hasilnya saya meraih juara 1. Guru-guru sangat atusias sekali menikmati Ikan Bumbu Kuning Legendaris keluarga ini. Terima kasih sekali buat ibu yang mewariskan resepnya pada saya. Maka saya pun akan mewariskan kepada kalian pengunjung blog setiaku untuk menjadikan resep ini sebagai Resep Praktis Untuk Bulan Puasa, selamat mencoba.


Bahan-Bahan

4 ekor ikan kembung
2 ikat kemangi, ambil daunnya
65 ml santan instan
4 siung bawang merah, haluskan
3 siung bawang putih kating, haluskan
3 butir kemiri, haluskan
jahe seukuran ibu jari,dihaluskan
Kunyit seukuran ibu jari, haluskan
sebatang sereh, digeprek
lengkuas satu ruas ibu jari, digeprek
3 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
1 buah tomat
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok makan garam
4 gelas belimbing air putih

Cara Masak:
1. Ikan goreng setengah matang, sisihkan

2. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng secukupnya, lalu masukkan sereh, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam. Setelah harum masukkan ikan, santan instan, dan air putih. Menyusul gula-garam, aduk perlahan agar bumbu menyerap ke ikan. Setelah mendidih dan santan cemek-cemek, koreksi rasa.

3.Setelah rasa sesuai selera, masukkan kemangi, irisan tomat, aduk perlahan, angkat dan sajikan. Bila suka pedas, boleh tambah cabe rawit utuh.



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar