>

Perjalanan Bandung Jakarta Terasa Nyaman dengan Bus

By duniaeni.com - August 12, 2019



Transportasi semakin lama semakin berkembang dan terus  berusaha memberikan yang ternyaman bagi penumpangnya. Saya ingat betul  tahun 2006 setelah menikah hampir setahun, suami mendapat tugas di Bandung. Meski saya tengah mengandung anak pertama, memutuskan untuk ikut tinggal sementara di Bandung.  Kami survey dulu sih, sebelum berangkat ke Bandung buat pindahan. Survey mencari tempat tinggal yang nyaman, apalagi lagi saya sedang hamil.

Pengalaman Tinggal di Bandung

Kami pun memutuskan untuk tinggal berdampingan dengan sahabat kami di Bandung, tepatnya di Jalan Cikaso. Tujuannya jika ada apa-apa lebih mudah, jika butuh sesuatu yang belum kami ketahui, juga akan lebih mudah tentunya, seperti mencari lokasi tenaga medis terdekat, dan lain sebagainya. Namun pada tahun itu pengetahuan saya dan suami tentang transportasi umum belum sebanyak saat ini, apalagi  tahun itu internet tidak semudah sekarang. Informasi tidak selengkap era digital ini.



Kalau sekarang butuh transportasi tinggal browsing atau cek bus Bandung Jakarta melalui situs Traveloka.com. Sementara dulu saya dan suami saat dari Jakarta akan ke Bandung dan dari Bandung akan pulang ke Jakarta, naik kereta, karena tidak tahu bus yang nyaman untuk kami tumpangi saat itu. Dalam pikiran kami bus kurang nyaman dan aman, mengingat kadang kondisinya sudah tidak memadai, belum jika sopirnya tidak enak dalam membawa mobilnya Bisa-bisa saya mabuk darat dan mengalami kram perut.


Tapi begitu tiba di Bandung, ternyata jarak Stasiun Bandung ke rumah yang akan saya dan suami tempati itu cukup jauh, untuk menuju angkot juga masih jalan. Buat saya yang hamil jalan 7  bulan, tentu saja lumayan bikin letih. Apalagi saya membawa ransel cukup besar, dan suami membawa lebih besar lagi. Jadi boro-boro bisa digandeng atau bergandengan tangan, masing-masing sibuk dengan barang bawaannya masing-masing, hehehe. Sungguh, kenangan yang tidak akan terlupakan.

Dan, ketika tugas suami selesai kami pun pulang dari Bandung ke Jakarta. Sama seperti awal berangkat, rempong juga bawa perabotan lenong menuju stasiun. Mana saat menunggu di stasiun cukup lama. Habis jalan bawa barang-barang berat, terus keretanya masih nunggu. Lengkap deh rasanya, capek dan bete. Kayaknya sih, karena waktu itu kami tidak hapal keberangkatan kereta Bandung Jakarta, jadi main jalan aja, hehehe.

Nyamannya Naik Bus Bandung Jakarta

Meski sudah tidak tinggal di Bandung lagi, tapi kami beberapa kali masih mengunjungi  Bandung. Untuk mengurus pekerjaan atau sekedar jalan-jalan, mengingat kembali masa-masa awal menikah pernah tinggal di sana. Jalan Cikaso yang dulu kami tempati tidak terlalu banyak berubah, hanya barisan tukang cukur di bawah pohon besar di sepanjang jalan raya sudah tidak ada, mungkin tergerus perkembangan jaman.


Kini transportasi pun sudah banyak pilihan dan informasi, seperti perjalanan pulang dari Bandung Jakarta sudah lebih mudah dengan Primajasa Bus yang memiliki rute Bandung Jakarta dan sebaliknya. Untuk kualitas bus ini tidak perlu kawatir lagi, karena kualitas layannanya yang terpelihara dengan baik membuat Primajasa dianugerahu sebagai perusahaan transportasi terbaik oleh Kementerian Perhubungan Indonesia.

Ditambah lagi Primajasa melakukan penjemputan selain dari terminal loh, seperti penjemputan di lokasi dekat pusat perbelanjaan dan kompleks perumahan. Jadi membantu banget buat penumpang yang kondisinya hamil seperti saya dulu, atau yang membawa barang banyak. Bagasinya maksimum 20 kg, tapi kalau barang kita lebih dari 20 kg hanya dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 3000/kg. Cukup murah, kan?

Untuk tiket Primajasa menyediakan berbagai kelas bus mualai ekonomi AC, ekonomi no-AC, hingga eksekutif. Untuk kelas eksekutif tiketnya pun tidak terlalu mahal, tidak sampai Rp100.000.  Jarak Bandung Jakarta yang sering dilanda macet jadi tidak terasa, kalau naik transportasi yang nyaman seperti ini, apalagi harganya juga tidak menguras kantong. 

Untuk pesan tiketnya juga mudah, tidak seperti dulu deh. Namanya era digital, tinggal duduk santai di rumah atau bobo cantik di kamar, bisa pesen tiket Primajasa Bus melalui handphone. Setelah transfer, tinggal kita tunggu deh e-ticketnya di email. Maka perjalanan pun tidak perlu bikin repot dan capek.

  • Share:

You Might Also Like

6 komentar

  1. Kangen ke Bandung lagi. Kalau perjalanan dengan bus bisa menyenangkan bisa jadi alternatif nih ya. Seru kayaknya jalan-jalan ke Bandung lagi.

    ReplyDelete
  2. Wah memang sekarang itu serba mudah nih ya Mbak, kalau mau pesan tiket tinggal buka smartphone

    ReplyDelete
  3. Nyaman banget nih ya Mbak kalau dengan naik bus. Apalagi untuk membeli tiketnya juga mudah

    ReplyDelete
  4. Saya jadi pingin nih Mbak ke Jakarta hihi. Kalau naik bus apa nggak lama ya?

    ReplyDelete
  5. Dulu tahun 2006 pernah naik primajasa dari bandung ke Jakarta, naiknya dari mall apa gitu lupa. Lumayan nyaman dan kru bisnya juga ramah

    ReplyDelete
  6. Jadi inget pernah ketinggal travel ke Bandung karena kena macet akunya, langsung naik primajasa bobok sante krn lelaah :p

    ReplyDelete