>

Berlibur ke Surabaya, Kota Pahlawan

By duniaeni.com - November 16, 2019



Apa yang kalian pikirkan ketika melihat kata liburan?

Apakah liburan berarti harus pergi ke tempat yang jauh dari rumah, atau bahkan luar negeri? Apakah liburan berarti menghabiskan waktu di rumah, dan bersantai bersama keluarga? Setiap orang memiliki ide masing-masing dalam merencanakan sebuah liburan. Ada yang ingin berlibur dengan mengunjungi kota lain, ada yang ingin berlibur ke luar negeri, dan ada pula yang hanya menghabiskan waktu di rumah dengan sanak famili serta teman-teman.

Nah, mengingat sebentar lagi adalah bulan Desember, tentu banyak keluarga yang merencanakan liburan mereka dengan sangat baik agar berjalan lancar sesuai rencana. Jika kalian berniat untuk mengunjungi Surabaya sebagai tujuan destinasi liburan, maka ini bisa jadi merupakan tempat liburan yang tepat loh. Karena transportasi ke Surabaya sangat mudah, nyaman, selain juga banyak terdapat destinasi wisata murah di sana. Tidak percaya?

Yuk, ah simak cerita saya tentang transportasi ke Surabaya dan juga beberapa destinasi wisatanya yang bisa jadi pilihan atau tujuan saat liburan ke sana Desember nanti.


Kereta Api dari Jakarta ke Surabaya



Kota Surabaya yang merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesi ini tidak hanya populer sebagai destinasi wisata sejarah, namun ternyata Kota Surabaya juga merupakan kota besar yang sangat cocok untuk urusan bisnis serta pendidikan. Makanya, tidak heran apabila cukup banyak orang yang datang ke kota Pahlawan ini untuk berbisnis, mengadu nasib, ataupun untuk mengemban ilmu loh. Tidak beda jauhh dengan Kota Jakarta kan? Dan, kalau ingin berkunjung ke Surabaya untuk liburan bersama dengan keluarga atau teman, bisa deh naik kereta dengan membeli tiket kereta Jakarta Surabaya di aplikasi Traveloka.

Sebenarnya untuk perjalanan ke Surabaya atau kota Pahlawan ini bisa mengendarai mobil, pesawat, ataupun kereta. Namun, untuk dapat menikmati pemandangan, suasana liburan, serta tidak merasakan lelah, lebih baik memilih kereta sebagai transportasi menuju ke Surabaya. Kota Jakarta dan Surabaya terhubung dengan rute Stasiun Gambir menuju Stasiun Pasar Turi. 

Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke kota Surabaya adalah sekitar 9 hingga 10,5 jam lamanya. Tarif tiket kereta apinya pun beragam tergantung kelas dan kereta api mana yang dipilih. Tiket kereta api dari Kota Jakarta menuju Surabaya berkisar antara Rp. 375.000 hingga Rp. 485.000 per orang. Cukup ramah di kantong, kan?

Mari kita lihat daftar kereta mana saja yang disediakan untuk menghubungkan Jakarta dengan Surabaya yang bisa dijadikan alternatif dalam perjalanan liburan:

Argo Bromo Anggrek
Kelas eksekutif
Harga mulai dari Rp. 375.000 hingga Rp. 485.000
Waktu keberangkatan: 09:30 dan 21:30 WIB
Durasi perjalanan 9 jam

Sembrani
Kelas eksekutif
Harga mulai dari Rp. 375.000 hingga Rp. 485.000
Waktu keberangkatan 19:15 WIB
Waktu kedatangan 05:43 WIB
Durasi perjalanan 10 jam 28m

Dua-duanya baik itu Agrobromo, maupun Sembarni  sangat nyaman menurut saya, kursinya tidak membuat pegal, dan suasana di dalam kereta membuat penumpang bisa menikmati perjalanannya. Sebab perjalanan nyaman itu penting banget loh, terlebih jika liburan membawa anggota keluarga, perjalanan nyaman membuat acara liburan berjalan dengan menyenangkan. Setuju?

Setelah mengetahui tentang transportasi Jakartta-Surabaya, sekarang mari lihat apa saja desitinasi wisata populer di Surabaya. Tentu saja yang memiliki budget ramah di kantong

Destinasi Wisata Populer di Surabaya


Seperti yang telah saya tulis di awal artikel, Kota Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang terkenal juga akan destinasi sejarahnya, yakni sejarah perjuangan Indonesia. Maka inilah tempat-tempat wisata sejarah yang harus dikunjungi saat ke Surabaya, karena termasuk destinasi wisata yang populer.

Tugu Pahlawan
Destinasi wisata pertama yang harus dikunjungi ketika berlibur di Surabaya yaitu Tugu Pahlawan. Tidak lengkap rasanya bila berkunjung ke kota Pahlawan, tapi tidak mengunjungi monumen serta ikon kota Surabaya ini. Tinggi dari Tugu Pahlawan yaitu 41.15-meter dan terletak tepat di tengah kota Surabaya. Tugu Pahlawan ini berbentuk paku terbalik dan dibangun sebagai simbol untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945.

Tujuh meter di bawah tanah Tugu Pahlawan, terdapat sebuah museum yang menyimpan seluruh kisah perjuangan orang Surabaya atau biasa disebut Arek Suroboyo. Tidak hanya itu, museum ini juga menyimpan dokumentasi dari pembangunan Tugu Pahlawan tersebut. Tugu Pahlawan terletak  di  Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya.

Jembatan Merah
Tempat populer yang kedua yaitu Jembatan Merah yang terletak di Jalan Krembangan Selatan. Jembatan Merah adalah sebuah monumen yang menghubungkan Jalan Rajawali dengan Jalan Kembang Jepun. Tidak hanya itu, jembatan ini juga digunakan sebagai salah pusat perdagangan. Dengan warna yang cantik serta pemandangan indah, sehingga merupakan spot foto yang sangat cantik atau instagramable. 

Dan, banyak destinasi wisata lainnya,, selamat berlibur ke Surabaya.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar