>

Penting Ayah ASI Dalam Proses Menyusui

By duniaeni.com - November 23, 2019



Salam semangat buat ibu--ibu yang menyusui...

Melalui artikel saya kali ini, ingin bercerita tentang pentinganya Ayah ASI dalam proses menyusui. Meski kita tahu ibu menyusui butuh pendamping untuk memberi semangat, mendengar keluh kesahnya, menemani di saat begadang, memijat disaat capek, dan membuatkan camilan yang spesial di saat busui butuh, hehehe. Ini serius loh, bukan lebay. Tapi pada kenyataannya banyak ibu menyusui hanya sendiri, tanpa dukungan suami atau Ayah ASI.


Mungkin sebagian ibu menyusui (busui) tidak menyadari betapa pentingnya peran Ayah ASI, dimana Ayah ASI ini bisa menjadi support system yang membuat busui nyaman dan ASInya berlimpah ruah. Sehingga masalah-masalah dalam perASIan tidak lagi terjadi seperti ASI tidak lancar, putting lecet, busui stres, dan lain sebagainya.

Tidak hanya busui yang tidak menyadari pentingnya Ayah ASI, tapi juga suami atau Ayah ASI itu sendiri yang tidak menyadari akan pentingnya peran seorang ayah ketika istri tengah  menyusui Si Kecil. Menganggap bahwa peran ASI hanya urusan ibu dan bayi, tidak mengetahui sebagai Ayah harus berperan seperti apa.

Saya sendiri pernah mengalami ketika lahir anak pertama, dimana pengetahuan Ayah ASI belum saya dan suami pahami. Ternyata menyusui itu berat loh, apalagi buat pertama kali. Dimana saya bingung ketika payudara mengalami bengkak, karena daya hisap bayi masih kurang. Putting yang sobek akibat bayi salah posisi, tubuh yang mudah masuk angin karena menyusui siang dan malam. Parahnya saya stres dengan ritme yang belum pernah dialami sebelumnya.

Dapat dikatakan proses ASI anak pertama tidak sesukses anak saya berikutnya. Duh, jangan sampai ini ibu-ibu alami ya. Sedih, kalau ingat tidak maksimal memberi ASI kepada Si Kecil, terutama ASI ekslusif yakni saat bayi usia 0-6 bulan. Sedihnya terasa hingga kini loh, meski sudah berlalu lama sekali.

Makanya ketika saya dan suami diundang oleh PRENAGEN dan Hello Sehat dalam acara dengan tema ASI DARI DUA SISI, saya sambut gembira dong. Apalagi saya memang dalam tahap menyusui Binar (1 tahun), berharap semoga mendapat ilmu menyusui semakin banyak. Karena bagaimana pun setiap ibu selalu berproses dan belajar.


ASI DARI DUA SISI : Pentingnya Ayah ASI Dalam Proses Menyusui

Peran Ayah ASI


Acara dibuka oleh sharing narasumber busui Febie Arimbhie bersama suami, kurang lebih ceritanya mirip ketika pertama kali saya menyusui Si Kecil yakni belum paham akan menyusui dan pentingnya Ayah ASI dalam proses menyusui. Tapi kemudian suami Febie mau belajar dan mencari informasi tentang Ayah ASI sehingga proses menyusui pun berjalan dengan baik.

Febie sendiri mengakui bahwa busui itu banyak dramanya mulai payudara bengkak,  putting lecet, yang menguras emosi dan juga tenaga. Kehadiran Ayah ASI yang ikut memerah ASI, menemani begadang hingga memassage busui sangat dibutuhkan. Membuat proses mengASIhi berjalan dengan lancar.

Membahas tentang massage atau pijat busui ini ternyata banyak manfaatnya loh, dan bagus dilakukan seorang Ayah ASI kepada busui. Terus-terang nih, saya belum pernah merasakan dipijat dengan tehnik khusus untuk busui, hehehe. Terbayang rasanya pasti nyaman, mengingat menyusui itu membuat area bahu dan pungung pegal. Apalagi jika Si Kecil sedang rewel dan minta ASI sepanjang hari, rasanya badan remuk.

Breast Care :  Pijat Untuk Ibu Menyusui (Busui)


Untuk sesi pijat ibu menyusui ini dibawakan oleh narasumber Bidan Israna Atikah. S. Keb. Tidak hanya memberi pratek pijat dengan peraga dari manekin loh, tapi para Ayah ASI yang ikut hadir dalam acara ASI DARI DUA SISI ini juga diminta maju untuk praktek, tentu saja dengan media manekin. Ada dua tehnik memijat untuk ibu menyusui, yakni: Pijat Payudara dan Pijat Oksitosin.

Sebenarnya breast care ada 3 tahap yang perlu dilakukan:

1. Pijat Payudara






2. Pijat Oksitosin





3. Cold and Heat Therapy

Tujuan Beast Care :
1. Menjaga kebersihan payudara
2. Melenturkan dan menguatkan putting
3. mengeluarkan putting susu yang tenggelam
4. Untuk memperbanyak produksi ASI

Saat proses praktek memijat saya meminta suami agar memperhatikan dengan seksama, dan bisa dipraktekkan saat dirumah nanti, hehehe. Caranya menurut saya cukup simpel dan mudah, bisa browsing di Hello Sehat, karena disana banyak sekali artikel-artikel kesehatan termasuk artikel tentang Ayah ASI dan ibu menyusui loh.


PRENAGEN Dukung Ibu Menyusui dengan Meluncurkan PRENAGEN Soya



Selain dua narasumber di atas, dari pihak PRENAGEN juga hadir, Senior Brand Manager: Ilona, dan Head of Marketing Kalbe Family: Marissa yang memaparkan tentang pentingnya nutrisi bagi ibu menyusui, karena selain memijat busui, wajib juga dong memberi ibu menyusui nutrisi yang tepat agar produksi ASI tidak sekedar melimpah, tapi juga berkualitas. Senang banget bisa menghasilkan ASI yang berlimpah dan berkualitas, maka sebagai susu yang mendukung ASI, PRENAGEN dalam acara ini juga meluncurkan produk baru PRENAGEN Soya dalam bentuk UHT.






Kebayang kan, praktisnya. Hal yang membuat saya malas minum susu itu adalah harus membuat susu dengan proses menyiapkan gelas, memanaskan air, hingga jadi segelas susu. Makanya sering deh, susu tersisa sampai expired, huhuhu. Sungguh, terlalu banget dan tidak baik dicontoh, tapi memang saya sering begitu.

Maka hadirnya PRENAGEN UHT Almond Soya ini membantu banget, tinggal saya simpan ke dalam lemari pendingin, bisa diminum kapan saya. Bisa juga saya bawa saat berpergian. Sebagai ibu menyusui telat makan sedikit rasanya pusing, dan sekotak  PRENAGEN UHT Almond Soya bikin saya segar kembali.

Kelebihan PRENAGEN UHT Almond Soya :
1. Sumber Asam Folat
2. Low Lactose
3. Rendah Lemak
4. Praktis dikonsumsi kapan saja dan dimana saja
5. Dikonsumsi dingin lebih enak

Untuk rasanya menurut saya sangat enak, terasa sekali almondnya. Jadi gak ada lagi drama minum susu ibu  menyusui malas dan merasa eneg. Pokoknya bermanfaat banget deh saya dan suami bisa datang ke acara ASI DARI DUA SISI. Selain bisa sharing dengan sesama ibu menyusui, dapat ilmu baru dalam merawat payudara, dan membuat suami lebih paham perannya sebagai Ayah ASI. Sering-sering ya, PRENAGEN mengadakan acara seperti ini.






Oya, PRENAGEN juga bagi-bagi hadiah loh dengan rajin membeli produk PRENAGEN. Kumpulkan pointnya untuk  ditukar dengan hadiah menarik seperti di bawah ini:



Beberapa produk PRENAGEN dan jumlah pointnya:
1. PRENAGEN Mommy Emesis 400gr 100 point
2. PRENAGEN Mommy 600gr 110 point
3. PRENAGEN Esensis 360gr (C/V) 70 point
4. PRENAGEN Lactamom  400gr (C/V) 100 point
5. PRENAGEN Mommy Moka 400gr 75 point
6. PRENAGEN Mommy UHT 20 point
7. PRENAGEN Juice 20 point

Untuk keterangan lebih jelasnya bisa langsung kunjungi www.kalbefamily.co.id

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar