>

Tips Merawat Pakaian Keluarga dengan Aman

By duniaeni.com - May 14, 2020



Bicara tentang pakaian pasti buat ibu-ibu seperti saya merupakan makanan sehari-hari. Karena memang urusan cuci-mencuci hingga pakaian masuk almari sudah menjadi pekerjaan rutin. Pekerjaan yang sebenarnya bisa dibilang memusingkan, terutama jika musim hujan. Selain susah kering, pakaian jadi lembab berhari-hari, ketika kering aromanya jadi tidak sedap. Meski sudah diseterika, aroma lembabnya masih tercium. Saya paling tidak suka aroma pakaian yang  dijemur tidak langsung kering.

Kadang karena kesal dengan aromanya, pakaian saya cuci ulang lagi loh. Sebab aroma pakaian lembab akan semakin tidak enak ketika dipakai dan terpapar keringat. Bukan mustahil jadi tempat bakteri kali ya, jadi aromanya apek-apek gimana gitu. Pokoknya khas banget deh, oranglain yang mencium aroma pakaian kita juga pasti akan terganggu, hehehe.

Dan, jangan sekali-kali memasukkan pakaian dengan aroma tidak sedap ke dalam almari. Pengalaman saya pernah memasukkan pakaian yang berbau apek ke dalam almari, hasilnya pakaian lain yang tidak berbau apek jadi terpapar aromanya, huhuhu. Memang hujan bisa jadi tidak bersahabat kalau cucian sedang menumpuk deh.

Pentingnya Merawat Pakaian Keluarga



Sebenarnya tanpa kita sadari pakaian termasuk bagian terpenting yang harus diperhatikan. Tidak hanya modelnya harus bagus, bahannya harus nyaman, dan harus digosok dengan licin agar patut dilihat saat dipakai. Tapi perlu diperhatikan juga kebersihannya, karena pakaian pengaruh ke tubuh kita dalam hal kesehatan . Terlebih jika memiliki bayi dan anak-anak.

Karena mereka memiliki kulit yang masih sangat sensitif. Dan, Efek dari pakaian yang tidak bersih bisa menyebabkan ruam atau dermatitis kontak pada kulit yang terasa sangat gatal. Tidak hanya anak-anak sih, orang dewasa juga bisa mengalami, seperti saya yang pernah kena dermatitis kontak karena memakai pakaian yang baru kering setelah dicuci dua hari.

Area kulit yang terkena dermatitis kontak waktu itu di ketiak, dan punggung. Warna kulit saya jadi merah dan gatal sekali, bikin tidak nyaman. Selain saya, anak saya juga pernah kena, dugaan saya karena pakaian yang dikenakan kurang bersih saat membilasnya, dan detergen yang digunakan membuat serat pakaian jadi kasar. Sehingga mengiritasi kulit si Kecil, akibatnya jadi rewel dan menggaruk terus.

Makanya penting sekali pakaian keluarga kita rawat dengan baik agar aman bagi kesehatan kulit. Tidak sekedar dicuci dengan detergen dan dibilas. Dari pengalaman saya dan anak-anak yang terkena dermatitis kontak, karena kurang merawat pakaian jadi pelajaran deh. Hasil dari baca berbagai artikel tentang merawat pakaian keluarga dengan aman, akhirnya saya peroleh deh tips-tipsnya. Saya share di sini ya, semoga  bermanfaat buat para ibu-ibu pejuang cucian seperti saya, hehehe.

Tips Merawat Pakaian Keluarga dengan Aman:


1. Kenalin jenis kain pakaian yang bisa dicuci dengan mesin cuci dan yang tidak bisa. Biasanya terdapat cara mencucinya pada label pakaian.
2. Pisahkan pakaian dewasa dan anak-anak dalam mencuci
3. Pisahkan pakaian yang terlalu kotor dengan pakaian yang hanya terpapar keringat di rumah
4. Pisahkan pakaian yang mudah luntur
5. Segera cuci pakaian yang terkena noda seperti noda urine, muntahan si Kecil, agar mudah dihilangkan
6. Rendam pakaian yang kotor atau terkena noda lama dengan detergen, sebelum mencucinya
7. Bilas pakaian hingga air bilasan terakhir bening, gunakan pewangi pakaian yang aman. Pakaian yang wangi, selain aromanya sedap biasanya aman dari kutu kain
8. Jemur pakaian di bawah sinar matahari agar benar-benar kering.  Jika sedang musim hujan, harus  usahakan menjemur pakaian digantung agar pakaian lebih cepat kering
 9. Sesuaikan ukuran panas seterikaan dengan jenis kain pakaian
10.  Gunakan detergen dan pengharum pakaian yang tidak mengandung bahan kimia

Downy&Mild Gentle, Pewangi Pakaian yang Aman untuk Keluarga

Saya Pakai Downy Mild&Gentle Sudah 2 Bulan
Nah, bicara pengharum pakaian fungsinya sangat penting sekali buat saya. Karena bisa mengusir aroma lembab dan apek yang tadi saya bahas di atas. Pokoknya kalau pakaian dibilas dengan pewangi pakaian, meski musim hujan aromanya harum. Lemari pakaian juga ikut harum deh, tapi (ada tapinya), tidak semua pengharum pakaian itu aman untuk kulit orang dewasa yang sensitif dan kulit si Kecil.

Ada yang aromanya terlalu kuat atau wangi, sehingga membuat tidak sedap di hidung. Ada yang membuat serat pakaian tetap kasar, dan ada yang membuat kain pakaian terasa panas saat tergesek di kulit. Makanya saya senang sekali ketika akhirnya menemukan pewangi yang aman buat keluarga karena bisa digunakan untuk pakaian orang dewasa dan si Kecil, yaitu Downy Mild&Gentle.



Seperti yang dikatakan Arvind Rayappa  selaku Commercial Leader P&G Fabric and Home Care Indonesia, P&G mengeluarkan Downy Mild&Gentle untuk memberikan wangi lembut tahan lama kepada setiap anggota keluarga. Dapat digunakan untuk pakain bayi dan anak karena lembut serta tanpa pewarna dan  pengawet.

Bener banget, karena saya sudah mencoba Downy Mild&Gentle sejak dua bulan lalu, ngerasain deh dari musim panas hingga Mei ini hampir setiap sore hujan. Pakaian kadang dua hari baru kering, tapi Alhamdullilah aromanya tidak apek. Karena Downy Mild&Gentle menggunakan teknologi kapsul micro parfum (PMC) seperti gelembung yang melindungi perfume oil dan menyimpannya di serat kain. Saat gelembung ini terkena gesekan dia akan pecah dan mengeluarkan wangi dari perfume oil. Inilah yang membuat wanginya tahan lama dan menetralkan aroma tidak sedap.

Selain itu serat pakaian juga jadi lebih lembut sehingga saat bergesekan dengan kulit tidak menimbulkan iritasi. Tidak boros juga, karena Downy Mild&Gentle.bisa dipakai untuk pakaian seluruh keluarga, kebetulan saya punya anak dari usia remaja hingga bayi berusia 18 bulan yang kulitnya sangat sensitif.

Kelebihan Downy Mild&Gentle
Jadi sejauh ini saya recomend sih pengunaan Downy Mild&Gentle sebagai pewangi pakaian keluarga. Secara keseluruhan saya menemukan beberapa kelebihan Downy Mild&Gentle :



1. Lebih hemat karena bisa menjadi pewangi untuk sekeluarga.
2. Membuat serat pakaian lebih lembut sehingga mudah disetrika dan nyaman di kulit
3. Aromanya tahan lama dan menetrakan bau tidak sedap
4.Tanpa pewarna dan pengawet sehingga dapat digunakan untuk pewangi pakaian  orang dewasa hingga bayi

Downy Mild&Gentle tersedia dalam  berbagai ukuran. Ada yang Downy Mild&Gentle sachet 20ml, di warung-warung biasa harganya Rp1000. Saya beli yang sachet kalau stock di rumah habis dan harus buru-buru pakai. Tapi saya lebih sering membeli di mini market Downy Mild&Gentle reffill 720ml dengan harga Rp33.900 untuk stock di rumah. Ada lagi Downy Mild&Gentle refill yang ukurannya lebih besar, yaitu 1500ml harga Rp62.900.  Sebenarnya lebih hemat kalau beli yang 1500 ml ya, hehehe.

Tapi selain toko offline, Downy Mild&Gentle bisa dibeli secara online di  e-commerce favorite kalian loh. Kalau penasaran sama produknya bisa juga langsunng ke  social media  Downy Indonesia:

Instagram: @downyindonesia
Facebook: Downy Indonesia













  • Share:

You Might Also Like

0 komentar