Our Story

Ceremony

Family

Mengatasi Rambut Rontok Untuk Ibu Menyusui

by - June 28, 2020


Para ibu yang sedang menyusui atau pasca melahirkan, kalian mengalami rambut rontok nggak sih?



Mengalami Rontok Saat Pasca Melahirkan dan Saat Menyusui

Sebab saya sejak melahirkan anak pertama hingga kelima, setiap proses menyusui pasti rambut saya akan rontok. Terutama ketika menyusui bayi laki-laki, rontoknya tidak sekedar berapa helai, tapi cukup banyak sampai takut menyisir rambut. Karena tidak tega melihat rambut yang berjatuhan ke lantai saat di sisir, atau yang menempel di bantal. Sampai saya pikir akan mengalami kebotakan. Bayangkan, disisir dengan tangan saja pasti akan berguguran di telapak tangan.

Awal memiliki anak dan mengalami rambut rontok, saya biarkan saja loh. Karena saya pikir akan hilang sendiri sesuai dengan proses menyusui selesai. Habis, dulu kalau curhat sama ibu atau teman, tanggapan mereka sama, kalau rambut rontok sehabis melahirkan atau saat menyusui itu wajar. Apalagi kalau bayinya cowok, maka rontoknya akan parah. Tapi nanti rontoknya akan hilang jika masa menyusui sudah selesai.

Saya pernah baca juga, memang wanita yang habis melahirkan dan menyusui akan mengalami rambut rontok karena beberapa faktor  seperti faktor hormonal. Dimana hormon estrogen, pregesteron, oksitsin, dan prolaktin mengalami perubahan sehingga menyebabkan rambut rontok. Tapi meski wajar atau alami karena perubahan hormon, rambut rontok dalam jangka panjang bisa membuat rambut saya menipis dong.

Contohnya ibu saya, katanya rambutnya dulu tebal sekali (saya lihat di fotonya memang sangat tebal), tapi seiring peristiwa melahirkan, menyusui keempat anaknya menyebabkan rambut semakin menipis. Harusnya kita tidak diam saja mengikuti proses alami rambut rontok efek hormonal ini, selain makan makanan yang bisa memberi nutrisi pada rambut. Juga bisa membantu rambut tidak mengalami kerontokan parah, atau meminimalisir kerontokan pada rambut, misal dengan menggunakan shampo,hair mask, maupun hair tonik.


Review MYLEA Intensive Hair Care System



Kebetulan saat ini saya dalam tahap menyusui Binar, dan tentu saja lagi-lagi mengalami rambut rontok. Hanya dengan menyisir menggunakan tangan saja, helaian rambut akan memenuhi telapak tangan saya. Serius, setiap mengalami itu langsung saya buang jauh-jauh helaian rambut rontok itu, karena takut.  Ngeri loh, melihat rambut sendiri rontok banyak.

Meski setiap keluar rumah mengenakan hijab, saya tetap ingin memiliki rambut tebal dan sehat.  Kan, di rumah tanpa hijab ada suami yang selalu memandang, hehehe. Istri cantik, suami akan senang dan tidak berpaling, tsaaah. Makanya saya tidak mau sampai mengalami penipisan rambut, untuk kali ini harus bener-bener diperhatikan deh.

Sebenarnya berbagai cara sudah saya coba, termasuk memakai cara tradisional seperti keramas dengan santan kelapa, dan lain sebagainya. Tapi kurang praktis, dan saya repot sekali dengan adanya bayi yang masih menyusu. Jadi perawatan tradisional kurang berjalan dengan baik, alias tidak teratur. Akibatnya kurang memberi efek yang memuaskan.

Hingga saya mencoba menggunakan serangkaian perawatan rambut  MYLEA Intensive Hair Care System yang terdiri dari Shampo, Hair Mask, dan Hair Tonik. MYLEA Intensive Hair Care diproduksi oleh PT. Ikapharmindo. Terus-terang saya baru pertama kali mencoba rangkaian produk perawatan rambut ini, dan langsung saya ceck, apakah aman untuk ibu menyusui?

Kandungan MYLEA Intensive Hair Care System



Alhamdullilah aman ya, MYLEA  teruji klinis, memenuhi standart kualitas seperti obat, kandungannya ada hairceutical yang merupakan teknologi penggabungan hair care dan pharmaceutica yang bertujuan MEDICATED sehingga merawat kulit kepala serta akar rambut yang menjadi dasar rambut sehat dan kuat. Dan, satu-satunya produk lokal yang bebas silicon. Karena kandungan silicon pada produk perawatan rambut dalam jangka panjang akan membuat rambut menjadi kering dan kusam.

MYLEA Intensive Hair Care System juga mengandung ekstrak bunga chamomile yang memiliki fungsi anti-inflamantory, horsetail untuk memperkuat batang rambut dan memberikan nutrisi pada rambut. Selain itu MYLEA Intensive Hair Care System sudah memiliki sertifikasi halal dari MUI, buat wanita berhijab seperti saya tentu saja ini menambah nilai tersendiri. Karena yang serba halal dipakainya lebih nyaman. Setuju dong?

Setelah Pemakai MYLEA Intensive Hair Care System

MYLEA Intensive Hair Care System Harus Dipakai Secara Lengkap



Awalnya saya memakai MYLEA Intensive Hair Care System tidak  lengkap loh, karena biasa ibu menyusui suka mager. Selesai keramas dengan  MYLEA Intensive Hair Shampo, rambut saya keringkan dan langsung pakai MYLEA Intensive Hair Tonic. Hasilnya rambut masih agak rontok, kasar, dan mudah kusut. Lalu sesekali saya pakai MYLEA Intensive Daily Instans Hair Mask, hasilnya belum maksimal.

Mungkin karena saya tidak memakai secara lengkap dan teratur MYLEA Intensive Hair Care System ya, hehehe. Hasil itu tidak bisa bohong, pasti sesuai dengan apa yang sudah kita lakukan. Akhirnya saya bertekad untuk memakai secara lengkap dan teratur, masa tinggal pakai masih juga malas?

Nah, untuk lebih jelasnya, baik itu cara pakai serangkaian produk MYLEA Intensive Hair Care System , aromanya,  dan hasil pemakaiannya selama satu bulan, baca lanjut review saya di bawah ini ya:

Review MYLEA Intensive Hair Shampo



Awal memakai MYLEA Intensive Hair Shampo membuat saya hapal sekali dengan aromanya, karena cukup kuat dan memiliki aroma yang khas. Kalau saya pribadi menilai aroma MYLEA Intensive Hair Shampo ini eksotik. Untuk teksturnya kental dengan warna hijau yang fresh, dan karena silicon free setelah pemakaian rambut terasa kasar dan keras. Apalagi rambut saya tebal dan bergelombang, jadi efeknya bikin mudah kusut.

Sebab meski silikon pada shampo membuat rambut lembut dan mengkilap, sesungguhnya pemakaian dalam jangka panjang membuat rambut justru menjadi kusam. Hal ini disebabkan akumulasi silikon pada rambut dan kulit kepala yang menyebabkan rambut sulit bernafas, kehilangan kelembapan.

Cara Pakai:
Cara pakai MYLEA Intensive Hair Shampo sama seperti memakai shampo pada umumnya, yakni dengan membasahi rambut terlebih dahulu, lalu gunakan MYLEA Intensive Hair Shampo dengan memijatnya secara lembut. Karena rambut saya dalam kondisi rontok, maka saya cukup menekan-nekan pelan ke kulit kepala hingga merata, baru membasuhnya hingga benar-benar bersih dengan air. Saya shampoan seminggu 2x.

Review MYLEA Intensive Daily Instant Hair Mask



Rupanya MYLEA Intensive  Daily Instant Hair Mask memang tidak boleh dilewatkan. Namanya juga serangkaian perawatan ya, jadi harus dipakai sesuai dengan tahapan pemakaiannya. Setelah memakai shampo, harus dilanjutkan dengan memakai MYLEA Intensive Daily Instant Hair Mask. Hasilnya? Setelah memakai MYLEA Intensive  Daily Instant Hair Mask rambut terasa lembut sekali, tidak ada lagi rambut kasar, keras, maupun kusut. Aroma rambut juga semakin harum. Wow, banget deh!

Cara Pakai:
Setelah memakai  MYLEA Intensive Hair Shampo dalam keadaan basah, kulit kepala, akar rambut, hingga helaian rambut saya oleskan MYLEA Intensive Daily Instan Hair Mask. Teksturnya sangat kental, namun aromanya tidak sekuat shamponya. Kemudian pijat lembut dengan ditekan-tekan hingga meresap ke kulit kepala. Setelah dipijat menyeluruh, diamkan selama  5 menit, dan bilas hingga benar-benar bersih.

Review MYLEA Intensive Hair Tonic



MYLEA Intensive Hair diklaim dapat memperkuat akar rambut sehingga tidak mudah rontok. Sehingga bagus digunakans setiap hari, maupun setiap habis keramas dan mengenakan MYLEA Intensive Hair Tonic. Aromanya menurut saya sama dengan shamponya, maka ketika seluruh rangkaian MYLEA Intensive Hair Care System dipakai akan membuat aroma rambut kita awet harumnya.

Cara Pakai:
Setelah mengeringkan rambut sehabis keramas, atau rambut dalam kondisi kering, tuangkan setetes demi setetes MYLEA Intensive Hair Tonic ke akar rambut secara merata. Pijat secara lembut dengan menekan-nekan ujung jari ke kulit kepala agar tonic meresap ke kulit. Pakainya jangan berlebihan, karena akan menyebabkan rambut jadi lebih mudah lepek.

Setelah pemakaian selama satu bulan, rambut saya pun tidak mengalami kerontokan yang parah. Juga tidak mudah lepek meski menggunakan hijab, aroma rambut awet wangi. Selamat tinggal rambut rontok!

Tentang MYLEA


Sebelum saya menutup review ini, buat sekedar tahu sedikit tentang MYLEA saya ulas secara garis besar ya.  Karena biasanya tak kenal maka tak sayang, hehehe. MYLEA merupakan brand perawatan rambut, intensive hair care system yang diproduksi oleh PT Ikapharmindo Putramas yang memiliki sertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Benar dengan Standart Farmasi). Dimana perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan farmasi dalam negeri terbesar di Indonesia.

Memiliki beberapa devisi diantaranya:

1. Ethical obat dengan resep dokter
2. OTC obat tanpa resep dokter seperti ikadryl, probio C, kamulvit B 12, alkohol, dll
3. Suplier bahan baku yaitu brataco
4. Baby care, Baby HUKI
5. Kosmetik, MYLEA, NR, Hair Sense

Ternyata MYLEA merupakan sister brand dari NR, yang mana sudah banyak dikenal terlebih dahulu. Untuk produk MYLEA tersedia di offcial store Shopee, Tokopedia, dan toko dbm. Harganya tentu saja sangat terjangkau, sehingga perawatan rambut jadi lebih hemat.

Oya, buat yang memiliki masalah rambut bisa konsultasi ke MYLEA karena MYLEA memiliki layanan MYLEA Hair Consultant untuk membantu konsumen mengatasi masalah rambutnya. Untuk lebih jelasnya bisa langsung ke website MYLEA atau ke instagramnya @myleaindonesia.

You May Also Like

2 komentar

  1. Boleh juga produk perawatan rambutnya. Bisa dipakai male or female ya

    ReplyDelete
  2. bisa juag dipakai walau gak menyusui kan

    ReplyDelete