Our Story

Ceremony

Family

Cara Memilih Kasur yang Tepat untuk Keluarga Anda

by - July 01, 2020




Waktu istirahat sangat kita butuhkan agar tubuh dan pikiran kita bisa memulihkan diri dari aktivitas sehari-hari yang menguras energi dan konsentrasi. Nah, untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas, Anda perlu tempat tidur dan kasur yang nyaman agar merasa segar saat terbangun keesokan harinya.



Dengan banyaknya pilihan kasur yang tersedia di pasaran, Anda mungkin bingung mencari kasur yang spesifikasinya dapat mendukung waktu tidur Anda. Berikut ini beberapa cara memilih kasur yang tepat untuk keluarga Anda.


Ketahui jenis kasur yang Anda inginkan

Secara garis besar, Anda bisa memilih dari tiga jenis kasur yang ada di pasaran:

1. Spring bed
Dari namanya saja, Anda tahu bahwa kasur ini dilengkapi pegas. Ini membuat spring bed mampu menyangga punggung Anda dengan baik. Kasur ini terdiri dari tiga lapis yaitu alas (dasar), pegas, dan bantalan berisi gulungan logam penyangga. Tebalnya bantalan dan ukuran gulungan logam menentukan kenyamanan kasur ketika dipakai. Spring bed termasuk jenis kasur yang banyak dipilih orang.

2. Kasur memory foam
Terbuat dari bahan yang mampu mengikuti bentuk tubuh Anda dan dapat membantu memperbaiki postur yang kurang baik. Tak hanya itu, busa ini juga dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi  dan menambah kenyamanan. Namun sayangnya, kasur jenis ini mampu menyimpan suhu tubuh sehingga mungkin Anda akan merasa gerah ketika tidur di atasnya.

3. Kasur lateks
Kasur ini terbuat dari bahan alami dan harganya relatif lebih mahal. Meski tidak selembut jenis kasur lainnya, kasur lateks lebih kokoh. Selain itu, bahan lateks resistan terhadap jamur dan tungau. Keawetannya pun relatif lebih tinggi. Kasur ini juga disarankan bagi Anda yang sering mengalami nyeri punggung, pundak, atau leher.

Beberapa kriteria lainnya

Selain jenis kasur, ada beberapa kriteria lain yang perlu diperhatikan ketika memilih kasur untuk keluarga Anda:




1. Periksa tingkat keempukannya. Anda tidak ingin kasur yang terlalu empuk karena tidak dapat menopang tulang punggung Anda dengan baik. Tetapi, Anda juga tidak ingin kasur yang terlalu keras hingga tidak terasa nyaman ketika tidur di atasnya.
2. Sesuaikan ukuran kasur dengan ukuran kamar. Ini pertimbangan yang mutlak perlu karena Anda tidak ingin kasur Anda memenuhi hampir seluruh kamar, kan?
3. Sesuaikan juga ukuran kasur dengan tinggi badan Anda. Idealnya, kasur Anda lebih panjang 15 senti atau lebih daripada tinggi badan Anda atau anggota keluarga Anda.
4. Pilihlah kasur yang tidak menyerap kelembapan. Kasur seperti itu membuat tidur kita tidak nyaman dan dapat menyebabkan gangguan kulit.
5. Sesuaikan pilihan dengan anggaran yang Anda miliki. Pada umumnya, semakin tinggi harga, semakin banyak fitur yang Anda dapat. Jangan hanya memilih yang murah, tetapi juga jangan sampai membebani keuangan Anda.
6. Ingatlah bahwa kasur diharapkan dapat dipakai untuk waktu yang lama. Jadi, perhatikan keawetannya.

Sesuaikan dengan kebutuhan Anda

1. Jika Anda lebih sering tidur miring: Anda perlu kasur yang menopang berat badan dan mengikuti bentuk tubuh Anda. Anda bisa memilih spring bed yang bagus dan mampu menahan tekanan di sekitar bahu dan pinggul.
2. Jika Anda lebih sering tidur tengkurap: kasur memory foam bisa membuat Anda merasa “tenggelam” dan sesak. Spring bed yang lebih keras dan padat mampu menopang dengan lebih baik.
3. Jika Anda lebih sering tidur telentang: Anda perlu kasur yang mampu menopang dan menjaga tulang belakang Anda. Kasur jenis mana pun dapat Anda pilih, tetapi rasakan yang menurut Anda paling nyaman.
4. Jika Anda sering tidur kegerahan: kasur memory foam atau lateks dapat menyimpan panas tubuh, terutama jika kasur itu sangat lunak dan banyak bagian tubuh Anda yang “terbenam”. Anda dapat mengatasinya dengan lapisan atas atau seprai yang menawarkan manfaat pendinginan.
5. Jika Anda memiliki alergi: kasur busa dan lateks bersifat antimikroba dan tahan terhadap tungau dan jamur.
6. Jika Anda memiliki sakit punggung: kasur memory foam atau lateks paling baik karena dapat menempel ke tubuh Anda dan memberi dukungan.

Terakhir, usahakan untuk selalu mencoba sendiri kasur yang hendak Anda beli. Dengan demikian, Anda dapat memastikan beberapa kriteria yang Anda tetapkan sekaligus menguji kenyamanannya. Ingat, ini berhubungan dengan waktu istirahat Anda. Jadi, kenyamanan adalah hal yang utama.

You May Also Like

1 komentar

  1. Wow baru nyadar kalau milih kasur emang harus se-detail itu. Makasih ya mbak atas infonya. :)

    ReplyDelete