KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

Meski Pandemi, di Rumah Bisa Produktif dengan #CloudXbyTelkomsel

by - December 03, 2020

 

Akhirnya tiba di penghujung 2020, tidak terasa kita semua sudah melewati masa pandemi selama 9 bulan. Bahkan seorang teman mengatakan, tahun 2020 seperti membeku karena tahu-tahu 2020 akan segera berlalu. Tahun yang tidak terasa terlewati efek dari badai Covid 19, di mana hidup bagai dikelilingi pagar yang membatasi dunia nyata. Apa-apa dikerjakan secara online. Sekolah sampai meeting harus lewat aplikasi virtual meeting.

Telkomsel CloudX


Jika harus berinteraksi keluar rumah harus melalui protokol kesehatan Covid-19 dari mulai memakai masker, cuci tangan dengan sabun secara benar, berbekal hand sanitizer, dan harus jaga jarak. Lalu pulang ke rumah, harus mandi bersih, baru bisa bersentuhan dengan orang di rumah.

Semua demi menjaga agar tidak terpapar virus Covid-19, karena virus tersebut memberikan efek fatal. Sudah banyak korban pandemi ini yang tidak terselamatkan, sudah banyak yang kehilangan anggota keluarga, maupun yang terpisah sementara karena proses karantina. Tidak padang bulu, masyarakat biasa, penjabat, hingga kalangan medis menjadi korban virus Covid 19.

Bagaimana rasanya?

Bukan hanya saya, tapi begitu banyak yang tertekan oleh kondisi ini. Bahkan awal mengetahui Covid-19 masuk Indonesia, saya sampai menderita psikosomatis yang timbul karena perasaan cemas terpapar virus Covid 19. Selain sulit tidur, tenggorokan terasa sakit, saya selalu merasa seolah mengalami gejala Covid 19. Sungguh, rasanya tersiksa sekali karena obat dari dokter tidak bisa menyembuhkan keluhannya. Baru setelah 14 hari berlalu, apa yang saya rasakan hilang. Rupanya efek perasaan cemas hilang, maka hilang semua sakit yang tadinya benar-benar terasa.

Tetap Eksis Meski Terbatasi Ruang dan Gerak

Bangkit dari sakit psikosomatis, saya bertekad untuk berdamai dengan keadaan. Karena bagaimana pun tidak mungkin lari dari kenyataan kondisi yang sedang terjadi di seluruh dunia ini. Tidak mungkin menyerah dengan kondisi, dan hanya menangisi keadaan. Apalagi anak-anak butuh support menghadapi efek dari pandemi, di mana dua anak saya tiba-tiba harus sekolah di rumah secara online, harus terpisah dari guru dan teman-temannya, harus kehilangan hobinya.

Satu lagi yang pasti roda perekonomian di rumah harus terus bertumbuh, karena efek dari pandemi imbas ke penghasilan yang berkurang, tetapi pengeluaran bertambah karena hari-hari jadi butuh asupan yang lebih bernutrisi, penggunaan listrik dan kuota internet jadi tinggi, serta kebutuhan lainnya. Maka hidup harus bergerak dengan kondisi apapun.

Dan, untuk tetap menjaga kesehatan jiwa saya berusaha terus eksis di dunia maya. Mencoba hal-hal baru yang sebelumnya tidak intens saya lakukan, karena dulu kegiatan lebih banyak di dunia nyata dibanding di media sosial, seperti saat pandemi ini. Hal baru yang saya coba di antaranya  aktif di komunitas online untuk sekadar ngobrol receh dengan teman-teman, saling sharing ilmu dengan webinar, arisan online untuk menyisihkan dana agar bisa ditabung, hingga mencari rejeki dengan berjualan di media sosial, dan lain sebagainya.

Di dunia maya, jika kita bisa mengelolanya dengan baik, akan menjadi kegiatan positif dan menjadi penghiburan tersendiri ketika dunia kita dibatasi karena pandemi Covid-19. Apalagi saat ini kecanggihan teknologi semakin berkembang. Kita masih bisa bersenda gurau, berbagi ilmu dengan ramai-ramai dalam satu layar monitor tanpa harus keluar rumah

Hanya kendalanya memang cukup memakan kuota, dan tidak bisa menampung banyak orang dalam satu layar monitor. Tapi, ternyata kendala ini tidak lagi dialami jika menggunakan aplikasi virtual meeting selain Zoom. Ya, ada Telkomsel CloudX loh.

CloudX Membuat Aktivitas di Rumah Semakin Produktif

Aplikasi Virtual Meeting


T
eman-teman di komunitas sering bercanda, kalau saja kita semua dapat satu frame penuh tampil di layar monitor untuk ngobrol, pasti seru banget. Bahkan komunitas alumni teman-teman SD yang biasanya setiap tahun ada pertemuan sekadar silaturahmi mengenang masa kanak dulu, juga memimpikan bisa reuni bareng dalam satu frame di media online. Di mana bisa saling tatap muka dan ngobrol secara online.

Tidak hanya teman-teman, tapi keluarga besar saya dan suami juga rindu silaturahmi bertatap muka dan ngobrol meski hanya di media online. Selama ini sih, bisa tapi tentu saja jumlahnya terbatas, tidak bisa banyak. Nah, ada aplikasi selain Zoom, yakni #CloudXbyTelkomsel yang bisa mewujudkan semua impian itu, karena bisa diikuti sampai 100 peserta.

Mengenal CloudX Lebih Dekat

Biar tidak bertanya-tanya, untuk yang belum mengenal CloudX, berikut ini akan saya ulas agar lebih mengenal lagi. Karena konon, tidak kenal maka tidak sayang, hehehe.

CloudX adalah platform video conference yang dikeluarkan oleh Telkomsel sebagai solusi untuk pelanggan enterprise yang membutuhkan layanan office communication dengan layanan utama Virtual PABX Contact Center, Unified Communication, dan Call Me Now. Telkomsel Cloudx bisa diakses di https://www.telkomsel.com/hostcloudx

1. Virtual PABX: Layanan komunikasi internal perusahaan yang menggabungkan feature PABX dan juga instant messaging yang dapat diakses secara mobile melalui smartphone Anda.

2. Unified Communication : Mass video conference hingga 100 partisipan serta didukung dengan fitur screen sharing, chatting dan whiteboard yang membuat meeting lebih efisien kapan pun dan dimanapun.

3. Contact Center Platform: Khusus untuk perusahaan yang sudah mempunyai license contact center, bisa mempunyai platform contact center inbound dan outbound dengan fitur login-logout untuk agen dan supervisor, monitoring agent, realtime analytic dengan harga yang kompetitif per seat.

Jadi, Telkomsel CloudX ini yang memungkinkan kita untuk terhubung dengan rekan bisnis, keluarga, teman, atau komunitas melalui video conference meeting  atau virtual classroom mirip Zoom gitu. Tapi CloudX selain lebih aman dibanding Zoom, bisa diikuti maksimal 100 orang dengan menyewa virtual meeting room sekaligus menjadi host meeting.

CloudX juga memiliki keunggulan yang membuat saya tertarik untuk mencoba sih. Di antaranya aplikasi CloudX ini sangat fleksibel karena bisa diunduh menggunakan sistem operasi Android, iOS, Windows, dan MacOS. Jadi pengguna bisa menggunakan smartphone, laptop ataupun tablet computer. CloudX juga mudah digunakannya, setelah membeli paketnya, bisa langsung mengaktifkannya.

Aplikasi CloudX ini memiliki paket spesial di luar paket data internet yang biasa kita gunakan. Paket CloudX khusus aplikasi CloudX ini berisi kuota 30GB dengan masa aktif 30 hari. Kuotanya ini ada di semua jaringan, baik 2G, 3G, maupun 4G dan bisa diakses selama 24 jam. Harganya terjangkau banget untuk semua layanan yang bisa kita akses di aplikasi CloudX.

Paket CloudX ini  bisa dipesan atau dibeli melalui nomor Telkomsel prabayar (Simpati, KARTU AS, dan Loop) di aplikasi My Telkomsel atau klik https://www.telkomsel.com/hostcloudx. Jauh lebih hemat juga kalau virtual meeting pakai aplikasi #CloudXbyTelkomsel,

Untuk paket CloudX yang bisa dipesan saat ini berlaku dari tanggal 7 Oktober 2020 sampai dengan 31 Desember 2021, harga Rp250.000 (sudah termasuk pajak), mendapat kuota CloudX 30GB dengan masa aktif 30 hari (batas pembelian 1 kali dalam 1 periode), kita akan mendapatkan akses untuk menjadi host meeting di aplikasi CloudX dengan ketentuan:

1. Dapat digunakan 24 jam/7 hari selama masa aktif berlaku

2. Dapat mengakomodir hingga 100 partisipasi meeting

Aplikasi CloudX Menjadi Media Silaturahmi Akbar dan Membuka Jalan Rejeki

Aplikasi WHF Selain Zoom

Rasa kangen dan impian untuk bertatap muka sekaligus ngobrol secara bersamaan dengan keluarga besar dan teman-teman di komunitas, arisan online dengan teman-teman, sampai pengajian online saat ini menjadi  begitu mudah terwujud. Bisa dilakukan kapan saja tanpa was-was kuota juga, hehehe. Dengan membeli paket Cloudx kita menjadi host meeting di aplikasi CloudX dan dapat mengundang atau mengajak teman-teman bergabung dalam video conference meeting atau virtual meeting room, di mana teman-teman yang kita undang bebas menggunakan provider apa saja. Mereka tinggal klik link yang kita berikan.

Pengguna CloudX ini sudah banyak, loh. Belum lama saya diundang webinar yang diadakan oleh salah teman secara gratis untuk bagi-bagi ilmu tentang pengalamannya ngeblog. Seru banget, diikuti hampir 100 peserta dari berbagai kalangan, ada mahasiswa, pekerja, dan ibu rumah tangga. Kita menyimak sharing ilmu ngeblog, saling tanya jawab selama hampir dua setengah jam.

Sosialisasi memang penting banget sih, karena fitrahnya manusia itu bersosialisasi meski saat pandemi ini harus melalui online. Ngobrol bersama, tertawa bersama, melihat keluarga besar, teman-teman, membuat perasaan bahagia dan tekanan-tekanan menghadapi pandemi ini terasa berkurang. Serius deh, coba kalian sering-sering ngobrol, melihat wajah orang-orang dekat baik keluarga atau teman, pasti akan membuat hati  lebih bahagia.

Selain itu melalui silaturahmi atau bersosialisasi juga pintu rejeki terbuka. Dimulai dari sekedar ngobrol, sampai akhirnya info job maupun terjalin kerjasama dalam bisnis, seperti yang saya alami. Ketika teman lama yang bekerja sebagai guru belajar online membutuhkan buku-buku aktivitas untuk muridnya, dan kebetulan saya memang sedang aktif mengelola toko buku online. Rasanya senang sekali akhirnya bisa tetap bekerja dari rumah dan terus produktif di rumah dengan menggunakan CloudX secara optimal.

Kalau boleh saya bertanya, apakah kalian juga mengalami hal yang sama seperti saya dalam melewati masa pandemi ini? Hal yang saya ceritakan di atas, dan bagaimana kalian melewatinya hingga tetap menjadi waras dan bahagia?

Setuju gak, kalau kalian merasakan hal yang sama dengan saya, dan mengobati dengan tetap aktif di media sosial, tetap kreatif di dunia maya, dan tetap menjalin silaturahmi melalui aplikasi online seperti CloudX agar tetap bisa terus produktif meski di rumah saja.

Kalau setuju, Insaallah saya berencana untuk mengadakan silaturahmi melalui CloudX dan mengundang kalian, dimana kita bisa saling berbagi pengalaman selama menghadapi pandemi. Bagaimana melewati masa sulit, dan menciptakan rasa bahagia sehingga bisa terus  berkreatifitas atau produktif  dalam keterbatasan di dunia nyata.

You May Also Like

49 komentar

  1. kalau lagi lelah, aku memilih untuk tidak sering membuka social media sih mba, lebih suka rebahan sambil dengerin lagu atau nonton acara favorit.

    ReplyDelete
  2. Frozen year ya, mbak. Bener juga sih. Tapi tahun 2020 ini bener-bener istimewa. Banyak terobosan baru muncul, termasuk cloudx ini ya.

    ReplyDelete
  3. cloudX ini jadinya mirip zoom gitu kali ya bubi? aku baru tahu cloudX karena baca artikel di sini. kalau gratis mau juga ikutan deh. kan seru ya bisa ngobrol barengan, ayo undang emak emak BDC hihihi

    ReplyDelete
  4. Menyenangkan bangeett kalo bisa seseruan, entah reuni, arisan atau meeting online pake CloudX by Telkomsel.
    Sinyal TSel kan buaguuuuss banget. ga perlu kuatir ngelag atau gimana2

    ReplyDelete
  5. Wah aku baru tau nih sekarang Telkomsel ada Cloulx nya nih asyik sepertinya buat seseruan kumpul2 virtual bareng keluarga besar atau teman.

    ReplyDelete
  6. Aktif berkarya di dunia maya lumayan mengobati rindu aktifitas di luar rumah sih mba. Aku baru tau nih soal CloudX ini

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah nambah wawasan soal Cloudx ini. Ternyata besutan dari telkomsel ya. Harganya mayan ya bu. Tapi banyak sekali manfaatnya sih ini.

    ReplyDelete
  8. Banyak cara silaturahmi di masa pandemi ya salah satunya pakai CloudX. asyik nih bisa sering2 ngobrol juga sama keluarga ya

    ReplyDelete
  9. Iya..kalau uda ketemu temen meski virtual meeting, tetep happy udahannya.
    Apps CloudX canggih yaa...sekarang jadi banyak apps yang bisa mempertemukan banyak orang dalam satu room. Gratis kan ini, kak Eni?

    ReplyDelete
  10. setuju banget. tetep bisa eksis dan produktif dong walau di rumah, asal internet tercukupi *eh xD makasih ya mba eni info CloudX by Telkomsel nya ^^

    ReplyDelete
  11. Thank you for sharing the information. I haven’t really checked how the cloud X works but it looks interesting

    ReplyDelete
  12. telkomsel ini emang provider idaman yaa, banyak fitur dan keistimewaan untuk memanjakan customernya. sudah begitu, sinyalnya juga selalu juaraa

    ReplyDelete
  13. Wow... Telkomsel makin keren juga ya inovasi teknologinya.
    Sumpah, baru tau kalau Tsel mengeluarkan platform video conference bernama CloudX.

    ReplyDelete
  14. waah bisa jadi alternatif nih mba Cloud X tapi emang beneran aku baru denger lho tetang cloud X ini padahal aku pengguna Telkomsel juhak. TFs Mba Eni

    ReplyDelete
  15. Asik, asiiik, apapun yg dibesut Telkomsel pasti cihuyyy bin mantab djiwa.
    Kapan2 kayaknya perlu coba CloudX, supaya makin produktif!

    ReplyDelete
  16. Dengan kemajuan teknologi jadinya bermunculan ya aplikasi dan fasilitas penunjang pertemuan dan meeting online.


    Jadi inget ga sih kisah komik Arad dan Maya duluuu banget di majalah Hai. Nah sekarang terbukti kan
    prediksi dan "ramalan"nya!

    ReplyDelete
  17. Di rumah aku malah jauh lebih sibuk lho mba Eni hehehe... rasanya semua mau dikerjakan yaaa dan tetap prduktif

    ReplyDelete
  18. Wih keren ya, bisa diikuti sampai 100 orang nih. Kalau aman pastinya banyak banget yang tertarik menggunakannya termasuk saya

    ReplyDelete
  19. Tahun 2020 kayanya emang beku, eh tahu-tahu mau tahun baru. Alhamdulillah pandemi gak menghalangi aktivitas apalagi terbiasa online kan. Nanti kapan-kapan coba CloudX by Telkomsel juga ah

    ReplyDelete
  20. CloudX by Telkomsel bikin kita tetap produktif meski di rumah saja ya mbak
    aku kok jadi pengen nyoba juga

    ReplyDelete
  21. Hiburanku dirumah yang nonton drakor, youtube disela tugas yang harus dilakukan setiap hari. kadang lelah juga melakukan pekerjaan rutinitas.

    ReplyDelete
  22. Aku baru tahu ni Mba Eni, cloud X mungkin bisa kucoba ya untuk kelas onlineku..biasanya aku sewa Zoom harian hihi...

    ReplyDelete
  23. Paling happy kalau sudah terhubung dengan sahabat tersayang tanpa kekurangan.
    Biasa kendalanya di sinyal yaa..
    Cloudx memungkinkan kita untuk menjalin relasi dengan banyak orang.

    ReplyDelete
  24. Oo ini salah satu video confrence sambil nyimpen ya mak
    Enak juga ya sebenarnya sekalian di sini semua beralih apalagi koneksi stabil

    ReplyDelete
  25. wiw! ternyata cloudX ini aplikasi online meeting gt ya mak eniii.. Aku pikir semacam app penyimpanan gituuu.. hihi. Wah keren banget nih telkomsel!

    ReplyDelete
  26. Enaknya kalo pas pandemi ini tuh kita ngga merasa sendirian. Terkoneksi membuat hati kita sedikit ramai hehe

    ReplyDelete
  27. Emang udah fitrahnya manusia harus terkoneksi dengan orang lain ya mba. ADanya CloudX gini memberikan kemudahan bagi banyak pihak yang membutuhkan untuk teleconference di masa pandemi.

    ReplyDelete
  28. Waaaah mbak Eni, mau dong silaturahmi sama mbak Eni lewat CloudX. Hehe
    Aku juga jenuh banget menghadapi pandemi yang entah kapan selesainya. Eksis di dunia maya bisa jadi salah satu pengalihan kejenuhan saat ini Mbak. Jadi sering cari-cari kegiatan yang asik di dunia maya seperti webinar dan teleconference gitu.

    ReplyDelete
  29. Asikk jd nambah wawasan soal Cloudx ini rupanya dr Telkomsel ya En? Btw Harganya mayan juga ya tp worth itlah sm hasil

    ReplyDelete
  30. Eh kemana aja aku ini baru tau kalau Telkomsel punya CloudX bisa nih dimanfaatkan kapan-kapan mumpung eranya masih daring ehehehe

    ReplyDelete
  31. Wah aku baru tahu nih ttg cloudx ini. Thanks ya mba, sudah mengulas ttg cloudx dari Telkomsel ini

    ReplyDelete
  32. Jadi cloudX ini apakah hanya bisa diakses oleh pengguna telkomsel ataukah pengguna provider lain tetap bisa akses sebagai peserta?

    ReplyDelete
  33. Biarpun di rumah tetep verkarya ya mba, pakai telkomsel juga sih suami cuma belum Tau nih Ada paket CloudX...lebih hemat ternyata ya..

    ReplyDelete
  34. aku baru tahu tentang CloudsX ini padahal aku juga pengguna telkomsel jadi kebayang kalo kumpul ama temen pakai Cloudx pasti meriah bangt nih tanpa rasa worried signalnya kacau karena telkomsel kan jaringannya bagus bngt

    ReplyDelete
  35. Aku sering dengen ttg CloudX tapi baru ngeh kalau ini platform buat video conference gitu...ada versi gratisnya nggak nih mbak, misal mau nyoba dulu gitu?

    ReplyDelete
  36. wah keren baru tau telkomsel ada fitur cloudx ini sekarang. sangat ebrguna pastinya apalagi dimasa pandemi sekarang ya mbak

    ReplyDelete
  37. Baru tau kalo Telkomsel punya layanan sekeren ini, kerjaan beres, meet up tetap jalan ya mba Eni

    ReplyDelete
  38. aku baru mau nyoba sih cloudx ini, rencanya minggu depan karena ada yang ngajak.. semoga nyaman

    ReplyDelete
  39. Wahgeuls! Mantep banget Telkomsel udah berkembang sampai ke ranah per-meet-up digital, ya xD

    ReplyDelete
  40. Waah CloudX ini bisa jadi alternatif selain zoom dan teams ya. Cocok sih buat kantorku yang tiap hari sering virtual meeting.

    ReplyDelete
  41. Terkadang, hikmah dari musibah tu seperti ini, ya, Mbak.. Orang-orang jadi lebih kreatif. Di saat perjumpaan secara fisik banyak dibatasi, alhamdulillah banyak sekali teknologi yang bisa memenuhi kebutuhan silaturahmi secara online, termasuk CloudX dari Telkomsel ini. Tapi memang di zaman semua-muanya ada di dunia maya, kita pun harus waspada agar data-data pribadi kita tetap aman. Syukurlah jika CloudX ini sudah terbukti aman.

    ReplyDelete
  42. untuk masa pandemi ini, CloudX bisa jadi pilihan yang efektif ya, mbak, untuk bertatap muka. pembatasan di banyak ruang, memungkinkan menggunakan CloudX ini, jadi solusi terbaik

    ReplyDelete
  43. Oh aku pernah dengar soal platform meeting conference cloudX ini, menarik ya..jadi suatu inovasi di tengah Pandemi seperti saat ini

    ReplyDelete
  44. Saya introvert yang emang jarang banget keluar rumah. Tapi hampir 10 bulan benar-benar terbatasi begini bikin saya stres juga ternyata. Untungnya mah masih bisa ketemuan online sama keluarga dan teman-teman. Urusan kerjaan pun juga bisa diselesaikan lewat virtual meeting. Salah satunya ya pake CloudX ini. Simpel dan terjangkau tarifnya.

    ReplyDelete
  45. Aku pun merasa, di tahun 2020 ini bener2 segala aktivitas seakan2 terbatas ya mbak.
    Syukurlah masih bisa melakukan kerjaan, gathering sekalipun serba via online
    Btw aku juga pengguna Telkomsel mbak, etapi baru tahu dengan CloudX ini, huhu

    ReplyDelete
  46. 250ribu perbulan bisa dipakai bebas ya mbak. Berarti ga perlu khawatir meeting sejam trus putus.
    Seminggu sekali aku butuh meeting online. Bisa juga nih pakai CloudX.

    ReplyDelete
  47. seru ya Bun CloudX ini bisa bikin akses pertemuan virtual makin asik. Besutan telkomsel ini ya aku kebetulan make tsel juga. kapan kelasnya ikot bun

    ReplyDelete
  48. Asikk jd nambah wawasan soal Cloudx ini rupanya dr Telkomsel yah? Jadi nambah information deh

    ReplyDelete
  49. Baru denger soal Cloud X ini, ternyata bagus yah setelah baca ulasan mba Eni, jd pengen coba Cloud X

    ReplyDelete