KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

Makanan Sehat Untuk Anak

by - November 26, 2020

Makanan Sehat Untuk Anak

Anak merupakan aset terbaik dalam kehidupan. Oleh karena itu salah satu kewajiban orang tua yaitu menyediakan makanan sehat yang lengkap dengan nutrisi untuk anak. Terlebih lagi anak yang baru memasuki usia pertumbuhan dan perkembangan. Asupan nutrisi yang diberikan akan sangat berpengaruh pada proses tumbuh dan kembang anak.

Makanan sehat untuk anak adalah makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan bisa memberikan rangsangan yang tepat untuk proses pertumbuhan dan perkembangan.

Perkembangan yang dimaksud disini bukan hanya Perkembangan secara fisik, tetapi perkembangan secara mental dan juga secara pikiran. Berikut ini beberapa hal berkaitan dengan makanan sehat untuk anak.

Asupan Makanan Sehat untuk Anak

Makanan memiliki dampak yang sangat besar bagi perkembangan anak. Para orang tua sebaiknya memperhatikan Pedoman Makanan Gizi Seimbang yang meliputi karbohidrat, protein, nutrisi, zat besi, lemak, dan lain sebagainya. Keseluruhan aspek tersebut harus benar-benar terpenuhi secara sempurna karena akan berpengaruh secara langsung terhadap perkembangan fisik anak.

Misalkan saja apabila anak hanya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Tentu saja anak tersebut akan kehilangan tenaga dan energi karena tidak adanya nutrisi yang dalam tubuhnya. Seperti halnya protein protein sangat penting oleh karena itu hampir setiap lauk pauk yang digunakan selalu mengandung protein.

Protein sendiri ada dua macam yaitu protein hewani yang terdiri dari makanan yang berasal dari hewan seperti daging, telur, dan lain sebagainya. Ada pula protein nabati di mana protein tersebut terbuat dari tumbuhan seperti tahu, tempe, dan lain sebagainya. Apabila dalam asupan makanan tidak mengandung protein sama sekali, maka tidak akan memberikan dorongan yang cukup untuk perkembangan anak.

Seperti anak menjadi lebih lamban karena kurangnya energi untuk beraktivitas. Dalam hal ini peran orang tua sangat penting untuk menyediakan makanan sehat yang mengandung keseluruhan nutrisi yang berperan untuk membangun sel-sel dalam tubuh. Terlebih lagi pada anak yang masih dalam usia pertumbuhan dan perkembangan.

Resep Makanan Sehat untuk Anak

Banyak sekali makanan sehat yang bisa dibuat oleh para orang tua untuk anaknya. Cara mendapatkan makanan-makanan sehat juga tidaklah sulit. Hal yang utama adalah keseluruhan nutrisi harus tersedia dalam makanan. Bukan hanya karbohidrat saja tetapi juga zat besi, protein, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang masih bingung untuk membuatkan resep makanan sehat anak. Bisa mencoba beberapa makanan ini.

 1. Yogurt makanan sehat untuk pencernaan

Saat ini untuk mendapatkan yoghurt bisa dibilang mudah. Karena anda bisa membelinya dimana saja dan kapan saja. Untuk jenis asupan makanan yang satu ini tidak perlu dibuat sendiri.  Yoghurt memiliki kandungan bakteri yang berperan penting dalam proses pencernaan.

Mengonsumsi yoghurt secara rutin bisa membuat saluran pencernaan bersih dan menjadi lebih sehat. Tentunya hal tersebut sangat cocok dan sangat penting untuk setiap anak yang berada dalam usia pertumbuhan dan perkembangan.

2. Protein pada lauk

Sangat penting bagi setiap anak untuk menghindari makanan instan atau cepat saji. Meskipun mengandung protein terkadang karena penyajiannya yang keliru, menyebabkan protein menjadi berkurang. Sedangkan anak yang masih berada dalam usia perkembangan memerlukan protein berkali-kali lipat.

Oleh karena itu sebagai orang tua selayaknya memberikan makanan yang memiliki protein lengkap dan juga kelengkapan nutrisi lainnya. Protein bisa membuat anak tidak mudah lelah ketika sedang melakukan aktivitasnya. Bisa dibilang menjadi salah satu sumber energi selain karbohidrat.

3. Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin

 Selain nutrisi seperti karbohidrat dan protein, vitamin merupakan salah satu aspek penunjang penting bagi perkembangan tubuh. Setiap buah-buahan memiliki vitamin yang berbeda-beda dan memiliki manfaat yang berbeda pula bagi tubuh. Sebagai orang tua akan lebih baik untuk mengajari anak selalu menyukai buah-buahan.

Terdapat buah-buahan yang mengandung vitamin A yang cocok untuk kesehatan mata, vitamin B, vitamin C, dan berbagai vitamin lainnya. Apabila karbohidrat dan protein menunjang Energi yang dimiliki anak. Vitamin lebih kepada hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan organ gerak. Seperti tulang, mata, kulit, dan lain sebagainya.

Setiap orang tua harus memiliki rancangan ataupun memiliki perencanaan yang tepat dalam memberikan asupan makanan sehat untuk anak. Anak yang masih berada dalam usia perkembangan harus mendapatkan makanan yang kaya akan asupan nutrisi.

Nutrisi yang dimaksud meliputi karbohidrat yang biasa ditemukan pada nasi, protein yang biasa ditemukan pada lauk-pauk, vitamin yang biasa ditemukan pada buah-buahan, dan berbagai nutrisi lainnya.

Sangat disarankan untuk menghindarkan makanan instan atau cepat saji pada anak. Karena makanan yang Insan akan mempengaruhi proses perkembangan anak bukan hanya dari segi fisik saja tetapi juga mental dan otak.  Sehingga bisa dibilang dalam hal ini peran orang tua sangatlah penting.

You May Also Like

0 komentar