KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

Bagaimana Memilihkan Pakaian Untuk Bayi, Ini Dia Pakaian Bayi yang Tepat

by - November 25, 2020

 

Menyiapkan keperluan bayi, salah satunya pakaian bayi pasti merupakan moment yang spesial dan menyenangkan. Ketika mengetahui hamil, banyak ibu yang mulai koleksi berbagai model pakaian bayi. Apalagi pakaian bayi sekarang designnya bagus-bagus, baik untuk bayi perempuan maupun bayi laki-laki.


Saya sebagai ibu mengalami moment hunting pakaian bayi, dari anak pertama hingga anak kelima hunting pakaian bayi itu bikin senang. Apalagi bayi saya perempuan, aduuuh...rasanya mau borong semua pakaian bayi perempuan. Padahal pakaian bayi itu dipakainya hanya sebentar banget, karena pertumbuhan bayi sangat pesat dalam hitungan bulan Tapi tetap perasaan kalap lihat pakaian bayi itu sulit dihindari, hehehe. Didukung sekarang banyak online shop yang menyajikan pakaian bayi bagus-bagus.

Waktu hamil Binar sampai saya belikan gaun brokat cantik sekali, legin lucu-lucu, jaket bayi dari yang size new born sampai size dua tahun saya beli langsung. Maklum, sebelumnya 3 anak saya laki-laki, jadi begitu diUSG anak kelima saya perempuan rasanya bahagia banget, ditambah saya suka fashion. Jadi deh kalap.

Tapi nih, memilih pakaian bayi ternyata tidak boleh sembarangan loh. Harus diperhatikan beberapa hal penting agar bayi memakai pakaian dengan nyaman dan aman. Terutama untuk ibu baru nih, harus diperhatikan banget dalam memilih pakaian bayi. Jangan asal lucu dan bagus designnya, jangan asal karena ibunya yang suka. Jujur, memilih pakaian bayi kan sebenarnya selera ibu loh, hehehe.

Sering saya lihat bayi mengenakan pakain dombrong-dombrong atau panjang, warna mencolok bagai bunga mawar merah merekah, bahkan ada yang dengan renda bertumpuk-tumpuk, bahan tebal atau pakai baju pergi minim-minim terbuka bahunya. Hadewww, rasanya pengen copot aja karena membayangkan gerahnya, atau membayangkan tubuh mungil bayi diterpa angin. Boleh sih, pakai pakaian terbuka atau minim kalau suasana atau sikon sesuai, ini ke mall yang AC dingin. Please deh! Bayi juga punya rasa loh, kalau masuk angin terus rewel, siapa yang repot?

Untuk itu, yuk perhatikan beberapa hal yang perlu diketahui dalam memilih pakain bayi agar tidak salah pilih atau beli:

1. Jangan memilih pakaian bayi dari bahan sintetis seperti nilon, polyester, karena bahan ini tidak menyerap keringat. Bayi akan merasa tidak nyaman, selain gerah bisa menyebabkan kulit iritasi.

2. Terlalu ketat atau pas di badan bayi karena kulit bayi masih sangat sensitif, yakni  kulit bagian luar (epidermis) 20%-30% lebih tipis dari kulit orang dewasa. Gesekan pakaian yang intens akan menyebabkan kulit bayi mengalami iritasi.

3. Terdapat oranmen kerutan (smock) atau karet di bagian dada, selain memiliki resiko alergi pada kulit seperti gatal-gatal, dapat menekan dada bayi yang menyebabkan nafas bayi tidak bebas.

4. Memiliki banyak aksesoris seperti kancing, payet,  mote, bros kecil, karena aksesoris yang menempel di pakaian bisa tertelan bayi.

5. Berkancing bagian belakang pakaian

Untuk bayi yang belum bisa berbalik atau tengkurap, kancing belakang bisa menyebabkan  tidurnya tidak nyaman, bahkan mungkin bisa melukai kulitnya yang lembut.

6. Jangan memilih warna yang mencolok atau warna dewasa, karena warna-warna mencolok tidak cocok dikenakan bayi, pilih warna-warna soft seperti warna pastel.

Nah, mungkin ada yang ingin menambahkan lagi, kira-kira apa yang harus dihindari ketika memiliki pakaian bayi. Silakan dishare, semoga bermanfaat.

 

 

 

You May Also Like

0 komentar