5 Ide Bisnis Paling Jitu Saat Pandemi Covid 19

by - January 10, 2021


Pandemi Covid 19 di Indonesia berjalan hampir satu tahun, kondisi saat ini tidak hanya masih banyak masyarakat yang terpapar Covid 19, tapi juga kondisi perekonomian masih tidak stabil. Karena imbas dari pandemi ini banyak pekerja yang dirumahkan, gaji yang hanya dibayarkan separuh, sementara bagi pelaku bisnis banyak yang mengalami penurunan penjualan secara dratis. Secara garis besar ekonomi masyarakat mengalami krisis.



Tentu saja menghadapi ekonomi seperti ini tidak boleh pasrah atau menyerah, terlebih kondisi pandemi belum tahu akan berakhir kapan. Sementara roda kehidupan terus berjalan, meski kegiatan saat ini banyak dilakukan di rumah, namuan kebutuhan sehari-hari, pembayaran sekolah, pembayaran ini-itu, termasuk budget untuk menjalankan pola hidup sehat selama pandemi. Seperti suplemen, perlengkapan kesehatan masker, handsanitizer, dan lain-lain, membutuhkan pengeluaran yang tidak sedikit.

Untuk itu dibutuhkan ide bisnis agar bisa tetap survive di masa ini. Bisnis yang bisa tetap berjalan meski kondisi ekonomi sedang tidak stabil, dan daya beli masyarakat tidak sekuat dulu. Bisnis tersebut merupakan kebutuhan prioritas yang sedang dicari atau dibutuhkan di masa pandemi. Sehingga masyarakat akan tetap membeli, atau menyisihkan budget meskipun kondisi ekonominya tidak stabil.

Membaca kebutuhan pasar ketika akan berbisnis ini memang sangat penting, agar bisnis yang kita jalankan tidak sia-sia, dan bisa berkembang menjadi penghasilan tambahan atau bahkan menjadi penghasilan utama. Banyak loh, pelaku bisnis baru yang mendulang sukses di saat pandemi ini, karena bisnis yang dijalankan memang produk yang dibutuhkan masyarakat.

Bisnis Paling Jitu Saat Pandemi Covid 19

Dikutip dari berbagai cerita pelaku bisnis yang saat ini baru mengembangkan usahanya, dan dari berbagai sumber pelaku bisnis yang mendulang keuntungan meski disaat pandemi, saya coba tulis di sini ide-ide bisnis tersebut. Semoga bisa menjadi ide bisnis yang Anda coba saat pandemi ini:

1. Bisnis Perlengkapan Kesehatan Covid 19, karena kondisi pandemi tentu saja saat ini perlengkapan kesehatan Covid 19 menjadi kebutuhan prioritas. Pasti akan dibeli meski untuk daya beli produk lain masyarakat akan mengencangkan ikat pinggang, tapi untuk produk perlengakapan kesehatan saat pandemi wajib dibeli. Diantaranya  hand sanitizer, face shield, sabun cair antiseptik, dan lain sebagainya.

2. Bisnis Masker, masa pandemi tidak memakai masker bagai tidak memakai pakaian. Selain menjadi sorotan orang banyak saat berada di area publik, kita seperti kena sangsi masyarakat apabila tidak mengenakan masker. Terutama tentu saja memakai masker untuk keamanan dari paparan Covid 19, jadi sudah pasti bisnis masker meski banyak pesaing, akan tetap memiliki pembeli. Terutama jika bisa menjual masker dengan design yang unik atau menarik, sebab masker kini sudah  menjadi bagian dari new fashion.

3. Bisnis Suplemen Kesehatan atau Herbal, selain perlengkapan kesehatan, suplemen atau herbal untuk imunitas saat ini juga menjadi kebutuhan prioritas masyarakat. Karena Covid 19 hanya bisa dilawan dengan kondisi tubuh yang memiliki imunitas tinggi. Banyak masyarakat yang sukses menjual suplemen kesehatan, termasuk membuat ramuan herbal untuk imunitas tubuh  dan menjualnya, seperti sari kunyit, sari jahe yang diolah dengan madu, habatusaudah, dan lain sebagainya.

4. Bisnis Kuliner Matang atau Frozen,  masa pandemi ini banyak masyarakat yang terbatas untuk makan di luar, bisa jadi mereka jenuh dengan masakan sendiri. Atau masyarakat yang terpapar Cocid 19 melakukan insolasi mandiri, menjadi tergantung dengan makanan yang siap disantap dan mudah diolah. Maka pilihan untuk membeli makanan matang atau frozen menjadi sangat tepat, otomatis bisnis di bidang ini akan memiliki segmen pembeli yang cukup banyak.

5. Bisnis Tanaman Hias, seluruh masyarakat sepertinya sedang demam tanaman hias, karena efek di rumah saja membuat jenuh. Kegiatanan shopping tanaman dan menanam di rumah menjadi kegiatan yang menyenangkan, membuat hati lebih relaks juga. Imbas dari ini tanaman hias jadi naik kelas, yang semula harganya murah jadi memiliki nilai jual tersendiri seperti keladi. Maka bisnis tanaman hias ini otomatis akan menjanjikan sekali, terlebih sekarang jenis tanaman hias tertentu sampai memiliki harga puluhan juta.

Karena era digital dan pandemi, bisnis-bisnis tersebut akan lebih berkembang atau mencapai pasar yang lebih luas, jika dipasarkan juga melalui online. Sudah banyak media online yang disedikan untuk bisnis, masyarakat pun  kini lebih nyaman belajan secara oline. Karena praktis dan aman, cukup  window shopping dari rumah, barang diantara dengan manis oleh kurir.

Apalagi sekarang ada aplikasi kasir yang memudahkan pelaku bisnis online mencatat semua hal yang berhubungan dengan kegiatan bisnis online tersebut, mulai dari data produk, stock, transaksi, sehingga pelaku bisnis online akan mengetahui keluar masuk produk yang dijualnya. Dari sini bisa memprediksi produk mana yang diminati masyarakat, dan produk mana yang kurang diminati.

Terlebih jika bisnis online yang dikelola mengalami perkembangan yang pesat, dan bisa membuka lapangan bekerjaan alias punya karyawan. Aplikasi kasir ini juga bisa mengelola data karyawan,  impian menjadi pengusaha sukses bukan mustahil akan bisa diwujudkan. Yang terpenting kita jangan ragu-ragu untuk memulainya, dan berputus asa dengan kondisi pandemi saat ini. Setiap kondisi pasti akan memiliki jalan keluar, asal kita mau membuka wawasan dan berusaha.

 

You May Also Like

4 komentar

  1. Selama masa pandemi ini aku jadi punya kesibukan baru yaitu jualan produk masker dan hand sanitizer. Kalau aku lebih suka pakai masker kain yang nyaman terutama masker batik.

    ReplyDelete
  2. Selama pandemi mengubah kebiasaan org ya, yg tadinya gak pernah bisnis jadi buka bisnis ya. Aku paling sering liat org berbisnis frozen food nih, selain krn modalnya terjangkau dan mudah juga ya. Bisa online juga utk pengirimannya.

    ReplyDelete
  3. Selalu ada hal positif saat situasi sedang negatif :D.

    Aku seneng dengan banyaknya bisnis baru yg bermunculan sjk pandemi ini mba.

    Membuktikan kalo manusia itu bisa LBH kreatif di saat ada tekanan. Semoga aja yg berbisnis bisa makin maju nantinya, dan LBH berkembang varian produk yg dijual

    ReplyDelete
  4. sekarang hampir semua lapisan masyarakat kreatif kreatif, bikin masker, bikin kue atau cake dan dijual baik offline atau online
    pengen juga seperti itu, apalagi kadang ketika wfh justru aku merasa malah nambah banyak pengeluarannya

    ReplyDelete