KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

Cara Membuat Cotton Cake Kental Manis Nikmat

by - January 23, 2021

Bersantai menghabiskan waktu bersama keluarga di dalam rumah rasanya tidak lengkap tanpa ada santapan yang nikmat dan lezat untuk dinikmati bersama-sama sembari mengobrol dengan satu sama lain. Artinya, kita butuh sesuatu yang bisa menghangatkan saat kumpul keluarga! Salah satunya dengan kental manis. Bahan kental manis ini bisa dikreasikan untuk berbagai camilan nikmat, salah satunya adalah cotton cake.

Cotton Cake
Foto by Dina Safitri

Kehangatan keluarga saat melakukan aktivitas bersama di dalam rumah tentu bisa kita rasakan saat kita makan bersama. Tak hanya sambil menikmati makanannya, biasanya diselingi juga dengan ngobrol. Suasana kekeluargaan pun semakin terasa hangat saat itu.

Nah, kalau bingung makanan apa yang kira-kira pas disajikan saat berkumpul dengan keluarga, bisa mencoba membuat Cotton Cake kental manis. Cake lembut dengan rasa khas dari  kental manis dan butter yang gurih ini, dijamin bakal meleleh di mulut!

Selain menyajikan selagi hangat untuk menambah nuansa harmonis di tengah waktu akhir pekan bersama keluarga, juga bisa lho membuat cotton cake menggunakan kental manis bareng-bareng anggota keluarga lainnya! 

Cara membuat cotton cake kental manis cenderung simpel dan bisa dikreasikan dengan bahan-bahan sederhana yang ada di dalam rumah, sehingga tidak mengganggu kualitas waktu luang akhir pekan bersama keluarga. 

Selain itu, kegiatan ini juga bisa membuat anggota keluarga lainnya jadi semakin dekat, yuk simak resepnya yang bisa diikuti untuk membuat cotton cake menggunakan bahan kental manis!

Cotton Cake Kental Manis

Bahan-Bahan:

Bahan A:

-         Kuning telur 4 butir

-          Butter atau margarine 40 gram

-          kental manis 60 ml

-        Tepung terigu rendah protein 60  gram

Bahan B:

-          Putih telur 3 butir

-          Gula 35 gram

Cara Membuat:

  1. Buat adonan Bahan A dengan melelehkan butter atau margarine terlebih dahulu. Ayak terigu dan campurkan pada lelehan margarine tersebut dalam satu wadah dengan menggunakan whisk. Perlahan-lahan masukan kental manis dan seluruh kuning telur yang sudah disiapkan. Aduk semua sampai tercampur rata. Sisihkan!
  2. Masuk ke adonan Bahan B. Campur kedua bahan termasuk kental manis dan kocok hingga adonan memiliki konsistensi yang lembut namun sedikit kaku atau soft peak.
  3. Untuk takaran gulanya sendiri, kamu bisa menambah atau mengurangi lagi sesuai rasa manis yang kamu inginkan.
  4. Masukan adonan Bahan B ke dalam adonan Bahan A yang sebelumnya sudah kita sisihkan sedikit demi sedikit. Gunakan whisk untuk mencampur semuanya hingga tercampur rata.
  5. Siapkan Loyang untuk memanggang. Kamu bisa pakai Loyang persegi panjang, seperti Loyang untuk brownies.
  6. Tuang dan ratakan adonan.
  7. Untuk memanggang Cotton Cake kental manis. Siapkan Loyang dengan ukuran lebih besar dari Loyang yang digunakan untuk memanggang adonan tersebut. Tuang sedikit air, lalu taruh Loyang adonan di atas Loyang yang diberi air tersebut.
  8. Panaskan oven dan panggang adonan cake kental manis menggunakan api sedang selama 60 menit.
  9. Cake lembut dan hangat menggunakan kental manis siap disajikan selagi hangat bersama keluarga tersayang di setiap momen apapun!

 

Peranan Cake dalam Makanan

Cake memiliki rasa yang manis. Sebuah rasa yang mampu memberikan sensasi puas setelah menikmati makanan utama. Tidak heran jika akhirnya cake masuk ke dalam golongan makanan pencuci mulut yang biasa dinikmati terakhir dalam sebuah jamuan.

Nah, salah satu penambah cita rasa untuk kreasi makanan untuk camilan bersama keluarga yang bisa dijadikan pilihan adalah kental manis. Dengan salah satu bahan ini, kreasi makanan akan terasa lebih nikmat dan lezat.

Siang hari, tepatnya satu jam setelah makan siang dinilai sebagai waktu yang disarankan menikmati cake. Mengonsumsi makanan manis seperti cake sebagai hidangan penutup tidak hanya dapat meningkatkan suasana hati jadi lebih baik, tapi kita juga bisa mendapatkan energi lebih dari cake untuk menyelesaikan segala aktivitas dalam keseharian dengan lebih semangat.

Cotton Cake sebagai Camilan Keluarga

Cotton cake akan menjadi opsi yang tepat untuk camilan keluarga. Karena, dalam membuat cotton cake, bisa bebas memilih bahan yang kita suka. Misalnya dengan bahan-bahan sederhana yang ada di sekeliling, atau yang mudah didapat dan dibeli secara cepat.

Secara cita rasa, cotton cake memiliki varian rasa yang nikmat ketika masuk ke dalam mulut. Hal itu juga menjadi terasa nikmat, karena di tengah kelembutan tekstur nya, ada rasa gurih dari perpaduan rasa butter dan kental manis. Berbeda dengan cake lain yang cenderung membuat kita terasa kenyang meskipun kita belum menyantapnya.  

Kita pun bisa menghadirkan kreasi lainnya, seperti hidangkan cotton cake ditambah dengan berbagai olesan cream dan topping. Kreasi tersebut mampu membuat waktu luang bersama keluarga akan terasa menjadi lebih “hidup” karena selain saling cerita bersama keluarga yang seru, camilan yang disantap juga terasa lebih lezat jika dinikmati bersama!

Kelegitan cake pada cotton cake kental manis lebih mungkin kita rasakan karena tidak berpadu bersama cream yang cenderung mendominasi rasa seperti halnya pada cake dengan bahan dasar cream.

Sebetulnya ada lho cara menyiasati jika ingin tetap membuat cotton cake cream tersebut. Seperti pada cotton cake, gunakanlah bahan-bahan yang berkualitas. Gunakan telur secukupnya, gunakan kental manis untuk tambahan bahan utama. Apalagi, kental manis ini tersedia dalam berbagai kemasan seperti pouch hingga sachet, tentunya memudahkan untuk memilih bahan ini sesuai dengan kebutuhan pada kreasi makanan yang akan kita buat 

Jangan lupa juga untuk melengkapi topping cotton cake dengan topping seperti kacang-kacangan dan buah-buahan agar rasanya semakin segar ya. Pokoknya, bisa kreasikan cotton cake menggunakan bahan makanan sesuai dengan apa yang kita suka.

Nah, itu dia resep membuat cotton cake kental manis nikmat yang bisa jadi camilan sekeluarga. Jangan lupa selalu sedia kental manis di rumah, dan gunakan untuk kreasi camilan nikmat lainnya, ya! Selamat mencoba!

 


You May Also Like

21 komentar

  1. paling enak kalau bisa buat sendiri kayak gini ya mbak, bisa banyakin porsinya juga
    lama juga aku nggak makan cake seperti ini

    ReplyDelete
  2. Pas ngeliat fotonya, aku langsung keinget Ama Mr rikuro cheesecake yg pernah aku coba di Jepang. Tapi ternyata ini cotton cake ya mba.

    Bahannya simple, pake kental manis yang murah meriah pula. Tapi sayangnya aku ga punya oven hahahaha. Jd yang namanya baking2an, cuma bisa ngebayangin dulu, ato beli jadi :D. Ga yakin bakal sering kepake soalnya, maka nya sampe skr ga beli2 oven :D.

    Tapi resep kuenya berguna nih, semisal aku berubah pikiran beli oven, bisalah resep ini duluan yg aku bikin :D

    ReplyDelete
  3. Aduduhhh, kuenyaaa tampak empuk menul-menuuull.
    Aku insyaALLAH mau coba praktik pekan depan ah mbaa
    anakku demen banget makan kue, soalnya
    makasii ya

    ReplyDelete
  4. Bahan-bahan buat cotton cake memang gampang didapat ya. Rasanya yang lembut pasti ludes cepet deh kalo di rumah masak ini

    ReplyDelete
  5. Ternyata gak membutuhkan banyak bahan, ya. Enak nih buat camilan sore hari. Apalagi ditemani secangkir kopi pahit

    ReplyDelete
  6. wah ini namanya cottoncake ya? aku kira cheese cake, aku pengen coba ah, mumpung weekend, makasih mba sharing resepnya :)

    ReplyDelete
  7. Aku udah pernah bikin cotton cake pakai kental manis, lembut sekali hasilnya, rasanya enak. Anak-anakku suka. Duh jadi pengin bikin cotton cake kental manis lagi nih, tapi otangku rusak, belum ada oven di rumah :D

    ReplyDelete
  8. Waah, kalau bikin cotton cake seperti ini di rumah, bakalan cepet habis hihihi...
    Semua suka makan cake. Etapi saya belum pernah buat yang pakai kental manis. Mau cobain resepnya Mbak Eni ya..

    ReplyDelete
  9. Aku termasuk orang yang masih pengen ngemil kalau abis makan nasi. Hahaha... Dan cemilan kayak cake cotton cake ini salah satunya yang aku cari. Ngemilin cotton cake sore-sore sama secangkir lemon tea ini kayaknya enak

    ReplyDelete
  10. Aku adalah tim beli kalau untuk cottoncake wkwkwk karena jujur ga bisa Bubi bikin yang lagi hits aja gagal akhirnya ngabisin sendiri kusedih wkwkwwk pgn coba bikin sih krn langganan yg jual pindah

    ReplyDelete
  11. Aku suka banget mba cotton cake, paduan putih telur yang di adonan B tuh yang bikin bisa empuk dan ambles saat dimakan nih. Hmmm.. kebayang deh lezatnya. Tapi aku bisa bikin sendiri apa enggak yaaa hehehe...

    ReplyDelete
  12. Ternyata bahannya ga banyak ya mak, duh jadi pengen bikin deh buat cemilan anak-anak di rumah.

    ReplyDelete
  13. Wuiihh dapet resep cotton cake lagii niih, bisa bikin di rumhaa, soale emang lagi pada di rumah terus kerjanya, jadinya cemilan wajib bikin terooss.
    Bisa jadi teman ngopiii yeaaah...

    ReplyDelete
  14. Mbak.. Sebagai pemula dalam dunia dapur.. Ada videonya ga? Pengen cobain kayaknya simple banget bikinnya deh

    ReplyDelete
  15. Wah wah, boleh-boleh nih resepnya aku contek. Suka deh dengan cotton cake begini. Pas buat camilan sore hari sama teh panas. :D

    ReplyDelete
  16. Jadi pada dasarnya cuma butuh 4 telur aja ya mbak? Plus setengah telurnya. Manteb nih keknya cakenya bisa dicoba buat nambah2 stok camilan anak di rumah.
    Drpd beli lbh puas bikin dewa yaa

    ReplyDelete
  17. Bahannya ternyata sederhana dan cara bikinnya juga simple ya untuk cotton cake kental manis ini. Aku jadi pengen coba bikin juga, secara sekarang makin suka ngemil karena banyak di rumah. Daripada jajan kan ya, mending bikin cake sendiri.

    ReplyDelete
  18. Saya nyerah kalau buat cotton cake �� soalnya susah buat dapet soft peaknya. Mesti bikin bareng dulu baru ngeh deh kayaknya hi hi. Karena pernah coba2 sendiri eh gagal. Jadi blm pernah nyobain lagi.

    ReplyDelete
  19. Hujan-hujan, ngemilnya cotton cake pakai teh manis duh bayangin dulu aja deh, nunggu dikirimin gimana?

    ReplyDelete
  20. Kebayang lembut dan manisnya cotton cake ini. Bikin kue pakai kental manis seperti ini terlihat sangat simpel dan mudah ya, Mbak. Contek aaah

    ReplyDelete
  21. Wah bahannya simple banget ya ini. Cuma untuk memanggangnya saja nih, belum punya oven. Hehe. Kalau ada kan bisa coba praktek hehe

    ReplyDelete