KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

Pelatihan Online Prakerja Terbaik di Masa Pandemi

by - February 19, 2021

 

Pandemi belum berlalu, bahkan imbas dari kondisi ini semakin terasa terutama di sektor ekonomi. Jangan kan yang lulusan SMU, sekarang lulusan perguruan tinggi pun sulit mencari lapangan pekerjaan. Banyak perusahaan yang justru mengurangi karyawannya ketimbang menerima karyawan baru. Ini bukan sekedar pengamatan saya dari membaca atau menonton berita, tapi dari cerita beberapa teman.



Baik keponakan, famili, hingga anak mereka yang baru lulus sekolah banyak yang terpaksa di rumah saja atau menganggur. Sementara masa pandemi belum tahu kapan akan berakhir, para orangtua yang semula memiliki impian anak-anaknya mandiri begitu lulus sekolah atau kuliah seperti kehilangan harapan. Kondisi ekonomi masyarakat akan semakin terpuruk jika para generasi muda ini tidak memiliki pekerjaan.

Tapi memang masa pandemi Virus Corona kita dituntut untuk bisa membaca peluang kerja atau bisnis yang sesuai dengan kondisi saat ini. Jika hanya mengandalkan ijazah SMU atau perguruan tinggi tanpa memiliki kemampuan atau keahlian yang bisa dijadikan peluang membuka pekerjaan mandiri, dapat menyebabkan angka pengangguran tinggi.

Contoh kemampuan atau keahlian misalnya seperti saya, karena saya memiliki keahlian menulis maka saya bekerja tanpa mengandalkan ijazah kuliah dulu. Saya mengambil jurusan informatika, karena berbagai hal akhirnya saya terjun ke dunia kepenulisan yang justru membantu perekonomian keluarga di saat pandemi ini. Karena semua orang maryoritas beralih ke dunia online.


Program Kartu Prakerja Untuk Meminimalisir  Dampak Ekonomi

Namun tidak semua orang memiliki kemampuan atau keahlian khusus, karena itu pemerintah membuka program Kartu Prakerja untuk kondisi pandemi agar meminimalisir dampak ekonomi. Bantuan program Kartu Prakerja ini memang ditujukan untuk masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah maupun kuliah.

Setiap peserta yang mendapat bantuan Kartu Prakerja mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan keterampilan yang nantinya diharapkan dapat membantu masyarakat mendapatkan pekerjaan sesuai keahliannya. Lebih diharapkan lagi dengan memiliki keahlian baru, masyarakat dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi dirinya sendiri. Bisa dibayangkan dong, jika banyak masyarakat bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri. Maka hal ini akan membantu perekonomian yang sedang terpuruk.

Untuk melaksanakan program Kartu Prakerja tersebut Pemerintah menggandeng sejumlah instansi dalam penyelenggaraan pelatihan, salah satu instansi yang menyelenggarakan pelatihan untuk peserta Kartu Prakerja ini adalah Ruang Guru melalui Skill Academy. Nah, kalian jangan sampai salah nih dalam memilih pelatihan online prakerja terbaik di masa pandemi ini.

Sebelum memilih sebaiknya, memaham dulu instansi yang akan kalian jadikan pilihan. Apa saja kelebihannya, apa saja pelatihannya. Karena bantuan Kartu Prakerja ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk setiap orang, maka jangan sampai salah pilih ya.

Apa Itu Skill Academy?


Pasti sudah tidak asing lagi dong dengan Ruang Guru?

Skill Academy ini merupakan inovasi terbaru dari Ruang Guru yang berbasis pendidikan dan sudah dikembangkan oleh tim terbaik. Sehingga sudah memiliki lebih dari 15 juta pengguna dan 100 bidang pembelajaran. Wow! Banyak ya.

Karena banyaknya bidang yang bisa kalian dipilih di Skill Academy, jangan sunkan untuk browsing pelatihan kerja apa yang paling banyak diminati . Siapa tahu ini cocok dengan passion yang sudah kalian miliki, sehingga dengan mengikuti pelatihan ini semakin terasah dan terarah.

Salah jenis pelatihan di Skill Academy yang bisa dijadikan bahan pertimbangan karena sesuai dengan keadaan saat ini  atau tren yang semua berbasis online, kalian bisa ambil kelas pelatihan Pemasaran. Pada jenis pelatihan ini ada kelas Berjualan di E-commerce yang langsung dibimbing oleh seorang senior E-Commerce Manager di Wunderman Thomson yaitu Carissa Mashinta.

Wah, cocok banget dong buat kalian yang ingin membuka bisnis dengan modal tidak besar, bisa ditangani dari rumah, dan menjangkau pasar luas. Nanti di kelas Berjualan E-commerce kalian akan mendapat  ilmu bagaimana membuka toko di e-commerce, trik mempromosikan produk, dan banyak lagi yang bisa membuat usaha online sukses.

Atau ingin seperti saya yang memiliki kemampuan menulis?

Kalian bisa memilih kelas Copywriting, dimana nanti akan diajari cara menghasilkan uang dengan kemampuan menulis. Banyak sekali peluang kerja  untuk copywriting ini, sehingga tanpa harus melamar pekerjaan ke sana ke mari pekerjaan akan menghampiri kalian.

Nah, sekarang kalian sudah tahu dong akan memilih instansi yang mana dalam pelatihan online prakerja terbaik? Jika berniat untuk tahu lebih banyak tentang Skill Academy bisa langsung ke websitenya untuk mempelajari pelatihan prakerja apa saja yang tersedia di sana, sehingga kalian akan betul-betul memilih yang sesuai passion. Selamat berkarya!

You May Also Like

1 komentar

  1. Ilmu copywriting ini memang penting banget, belajarnya kudu serius di Skill Academy.
    Yang asik adalah videonya bisa diulang-ulang ketika kita sudah bisa menjadi siswa di Skill Academy.

    ReplyDelete