KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

Tips Perawatan Wajah Di Rumah Agar Tetap Cantik

by - February 10, 2021


Jujur, selama pandemi di rumah saja, bagaimana urusan perawatan wajah nih? Apakah aman seperti hari-hari sebelumnya, atau sudah kendor karena sehari-hari hanya di rumah saja. Bahkan untuk membersihkan wajah pun enggan, karena tidak mengenakan make up, tidak merasa terpapar debu polutan. Jawab yang jujur ya, terutama para ibu-ibu nih, hehehe.

Kalau saya sejujurnya benar-benar kendor dalam perawatan wajah sejak di rumah saja. Banyak banget alasan yang membuat wajah saya benar-benar nyaris tidak disentuh, huhuhu. Bangun  tidur langsung mengurus anak-anak meski dibantu suami, tapi urusan Binar yang masih batita dan selalu jadi buntut benar-benar menguras tenaga. Belum urusan dapur, beberes rumah, tahu-tahu sore, dan malam begitu cepat datang. Jangan kan. mau membersihkan wajah, atau mengoleskan cream malam, mau bercermin aja bawaan ngantuk.

Saya juga berpikir selama ini hanya di dalam rumah, tidak pakai make up, tidak terpapar debu jalanan, rutin wudhu juga, rasanya tidak perlu melakukan perawatan wajah seperti saat sebelum pandemi. Dimana saya aktif bermake up, keluar rumah, naik ojek online, terpapar aneka polutan, kalau wajah tidak dirawat bisa kebayang seperti apa. Namun ternyata, meski di rumah saja wajah itu perlu perawatan, Buuuuuuu!


Cermin Membuat Saya Terpana

Hingga suatu hari, saat saya bercermin. Ya Tuhan! Wajah dengan breakout dimana-mana, terutama area pelipis, pipi. Garis kerut yang mendadak begitu terpampang nyata menghias sudut mata, garis senyum yang dalam, kantung mata yang bergelayut manja, kulit yang kusam. Secara keseluruhan semua itu membuat saya mendadak lebih tua! Huwaaaa, mau nangis dong! Hampir satu tahun saya membiarkan wajah ini tanpa sentuhan perawatan, begitu merasa percaya di dalam rumah baik-baik saja, ternyata semua itu kesalahan besar, hiks.

Memang meski keluar rumah, saat pandemi pasti mengenakan masker. Nah, pakai masker ini membuat kita bebas tampil tanpa make up, bahkan saya sering tanpa mandi keluar rumah. Yang penting pakai jilbab, masker, baju rapi, sudah rapi jali. Karena setiap keluar rumah pulang harus mandi, jadi saya sering banget keluar rumah menunda mandi dulu. Akibatnya, diam-diam wajah menjadi seperti yang saya lihat di cermin. Meski saya coba tutupi dengan make up, auranya tetap tidak fresh.

Saya langsung meluncur ke kotak peralatan kecantikan, di sana tergeletak cream malam, cream siang, serum, pembersih, masker, dan lain-lain. Sampai saya tidak menyadari ada seperangkat skincare dengan harga yang bikin gigit jari, sudah expired, huhuhuhu. Rasanya pengen guling-guling nangis, kenapa bisa saya seceroboh ini? Mengapa saya tidak memberi sedikit saja waktu untuk wajah ini. Kadang efek canggih kamera membuat kita lupa kondisi yang sesungguhnya, percaya lah.

Baiklah, saya gak mungkin menangisi kondisi ini tanpa melakukan perubahan apa-apa. Saya harus memulai lagi untuk melakukan perawatan wajah seperti biasa, bahkan mungkin harus lebih rutin lagi mengingat usia saya semakin melangkah ke depan alias semakin tuak, wkwkwk (ketawa miris). Memang menua adalah kondrat manusia, tapi berusaha itu kewajiban untuk merayu kodrat, hehehe. Setidaknya Allah SWT menghendaki kita berusaha sebagaimana mestinya.

Tips Merawat Wajah Agar Tetap Cantik



Mulailah saya rajin merawat wajah kembali, sederhana saja sih. Tidak seperti perawatan lengkap yang menguras waktu, saya hanya butuh berapa menit saja untuk melakukan perawatn wajah sendiri. Hasilnya?

Serius, baru satu bulan, saya merasa wajah yang terlihat di cermin itu jauh lebih fresh dari sebelum melakukan perawatan wajah. Breakout di area kening dan pipi perlahan tidak sebanyak sebelumnya, kerutan di area mata, garis senyum yang dalam, meski tidak hilang total, tapi tidak memberikan efek menua sekali. Saat saya make up praktis tipis-tipis hanya dengan two way cake, blush one, lipstik, sudah terlihat cantik, hehehe. Pokoknya wajah saya jadi enak dilihat, tidak kusam. Sungguh tidak ada usaha yang sia-sia.


Nah, sekedar berbagi tips meski bukan beauty blogger, tapi mungkin bisa memberi ide buat ibu-ibu yang masih mager dalam merawat wajah nih. Serius deh, wajah itu juga  bagian dari aset kita yang berharga. Tidak cukup hanya wudhu. Banyak kan, yang bilang sudah dirawat dengan rajin wudhu, itu benar. Air benar membersihkan, tapi wajah kita juga membutuhkan nutrisi lain yang bisa kita dapat dari memakai skincare. Air juga tidak bisa tuntas membersihkan bagian-bagian wajah hingga detil, dibutuhkan seperti sabun wajah, misalnya.

Kotoran yang tidak hilang dengan air ini bila bertumpuk dapat menyebabkan breakout, wajah kita kusam, dan aura wajah jadi tidak sedap dipandang. Alangkah bagusnya jika rajin wudhu dilengkapi dengan perawatan wajah lainnya, kira-kira begitu. Karena menua itu proses alami, tapi Allah SWT kasih kita kewajiban untuk ikhtiar, salah satunya dengan rajin merawat wajah. Hehehe, jadi ceramah.

Berikut ini tips dari saya dalam merawat wajah sehari-hari di rumah:

1. Begitu bangun tidur bersihkan wajah dengan pembersih wajah yang sesuai,  kalau saya karena orangnya malesan (duh!). Jadi untuk pembersih wajah pakai facial foam aja, kebetulan juga di rumah saja tidak make up, rasanya cukup tuntas hanya dengan facial foam, hehehe.

2. Setelah wajah dibersihkan, saya memakai daily cream atau cream siang yang sepaket dengan cream malam. Saya menggunakan skincare ini yang anti aging, mengingat usia saya sudah kepala 4 empat.

3. Jika terpaksa harus keluar rumah, saya mengenakan suncreen , baru mengenakan two waycake. Biar papatan sinar matahari dan debu tidak langsung ke wajah. Begitu pulang bersihkan lagi dengan facial foam.

4. Menjelang tidur saya bersihkan wajah dengan facial foam, baru mengenakan serum dan krim malam.

5. Seminggu sekali saya memakai masker wajah atau scrub. Kadang menggunakan masker tardisional bikinan saya gitu, madu dicampur air jeruk nipis. Atau oat dicampur dengan madu, ini bisa buat scrub loh.

Selain rutinitas itu, jangan lupa minum air putih yang cukup, bagus kalau ada suplemen yang memang bisa menutrisi kulit juga, dan tentu saja bahagia dan bersyukur kita selalu dalam keadaan sehat. Alhamdullilah...

 

 

You May Also Like

0 komentar