KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

Resep Makan Siang Untuk Diet Sehat

by - July 26, 2021

 Apakabar para kesayangan yang sering main di blog sederhana saya ini ?



Ayo, ada yang mengalami seperti saya tidak begitu memasuki masa pandemi berat badan naik tidak seperti biasanya? Pinggang jadi melar di luar ukuran biasanya, bahkan membuat celana jadi tidak muat lagi, hiks.

Asli, pandemi ini adalah kenaikan berat badan saya yang paling dratis. Dengan tinggi sekitar 158cm berat normalnya 53-55kg (sejujurnya 55kg itu saya sudah agak engap deh), mendadak menjadi hampir 60kg. Mungkin buat sebagian orang itu masih wajar, tapi saya selalu berpikir menanggulangi dini lebih mudah ketimbang sudah terlanjur parah.

Sebab berat badan itu naik perlahan tapi pasti, ketika sudah besar dan di luar batas  luarbiasa susah untuk menurunkannya. Percaya deh, soal berat badan jangan main-main, terlebih untuk usia saya yang sudah kepala empat nih. Di mana massa otot sudah tidak sekuat dulu, lemak mudah tertidur, ditambah saya tidak olahraga sejak pandemi.

Baca Juga : 5 Macam Buah-Buahan Untuk Diet

Akhirnya saya mengubah pola makan dan pola hidup nih, yang biasanya malas olahraga jadi olahraga setiap hari, yang sehari-hari jarang banget minum air putih  j adi sehari 2L air putih, dan juga makan yang benar-benar cukup untuk kebutuhan kalori, bukan karena kenyang.

Nanti deh saya ceritain detilnya soal diet sehat saya, Insaallah di artikel berikutnya. Kali ini saya hanya mau share beberapa Resep Makan Siang untuk Diet Sehat. Semoga teman-teman suka dan sehat karenanya, aamiin

 Pahami Porsi Isi Piring:

Porsi dalam piring sedang

1. Serat setangkup atau segenggam tangan

2. Protein setelapak tangan

3. Karbo sekepal



Pakai ukuran itu ya, biar ketika menyajikan makan siang tidak berlebihan. Kalau menurut saya ini seeperti makan ala Rasul, sudahi makan sebelum kenyang.

RESEP MAKAN SIANG UNTUK SATU PORSI


Ayam Drill Bumbu Kuning

Bahan:

Daging ayam bagian dada seukuran telapak tangan, buang kulitnya ya. Rebus dan buang airnya, sisihkan

Bumbu Halus:

2 buah bamer

3 buah baput

3 cabe rawit (sesuai selera)

½ ruas kunyit

Lada bubuk secukupnya

Garam sedikit saja (saya hanya tabur sedikit)

Haluskan

Cara Buat:

Didihkan air 1 gelas belimbing

Masukkan ayam dan bumbu halus

Rabus hingga air asat

Angkat

 Panaskan teplon dengan api kecil

Drill ayam bumbu kuning hingga harum

Angkat

Penyajian

Sajikan dengan sambal matah dan lalapan untuk memenuhi kebutuhan serat, dan nasi sekepal. Boleh nasi putih atau nasi merah.

Sup Bihun Baso Tahu Ayam


Seporsi makan siang ini meliputi:

Prohe : Baso Ayam

Prone :Tahu Putih, Buncis

Sayur : Wortel, Sawi Putih

Karbo : Soun

Jadi tidak pakai nasi ya, untuk menu makan siang ini karena nasinya sudah diganti dengan soun. Nah, saya akan memberikan resep Baso Ayamnya, kalau resep supnya sama seperti sup yang lain.

Resep Baso Tahu Ayam

Bahan:

1 dada ayam seukuran telapak tangan tanpa kulit cuci bersih, sisihkan

2 sendok makan tepung tapioka

 2 potong tahu putih, belah bagian tengahnya, sisihkan

Bumbu Halus:

5 bawang putih

2 bawang merah

Lada secukupnya

Garam sedikit

Hauskan, sisihkan

Cara Buat:

Ayam dan bumbu halus masukkan ke dalam blender, blender hingga haus, taruh di wadah

Campurkan 2 sendok makan tepung tapioka ke adonan daging

Didikan air secukupnya

Baso Ayam

Bulatkan adonan daging ayam halus untuk menjadi basoMasukkan ke dalam air mendidih, angkat satu persatu setelah baso mengapung.

Baso Tahu

Masukkan adonan ayam halus ke belahan tahun putih untuk baso tahu, kukus dalam dandang.

Sementara ini dulu ya, resepnya. Insaallah, akan saya share lagi resep makans siang diet sehat lainnya.

You May Also Like

5 komentar

  1. Wah reminder buat aku nih, terkadang aku suka kebalik², komposisi protein dan karbo, ternyata karbo sekepal dan protein setelapak ya.
    Oke makasih sharingnya mama Eniii :)

    ReplyDelete
  2. wah perbandingan seperti iu ya. kalau orang kita karbonya banyak lauknya dikit

    ReplyDelete
  3. Sebenernya dari awal pandemi aku rutin olahraga, Krn serem aja virus ini pasti nyerang yg imunnya ga kuat. Tapiiiii aku blm bisa menjaga makan. Jadinya percuma, ttp aja BB naik hahahaha.

    Makanya skr ini aku usaha banget ga cuma rutin olahraga, tp makanan juga dijaga. Cheating boleh lah di hari khusus. Tapi hari2 kerja, biasanya aku ga ngemil yg ga sehat.

    Resep sopnya kliatan enaaaak dan seger mba. Ntr pengen bikin ah. Naaah aku juga gitu. Kalo dalam suatu makanan sudah ada karbonya, ntah itu kentang, bihun, ATO mie, aku ga bakal nambah nasi.

    ReplyDelete