KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

5 Macam Buah-Buahan Untuk Diet

by - July 27, 2021

 

Siapa yang sedang diet? Saya termasuk yang sedang diet nih , hehehe. Tidak hanya mengantur pola makan, asupan menu makan besar yang sesuai kebutuhan kalori tubuh, tapi camilan juga harus sehat atau mendukung untuk diet. Kok diet ngemil?

Ya iyalah, masa gara-gara diet jadi tidak bisa ngemil. Terus snack time ngapain dong? Jangan sampai merasa tergoda jadi makan besar, hehehe. Tapi tentu saja camilannya yang sehat juga, selain biscuit yang mengandung gandum, biji-bijian, buah bagus banget buat camilan diet sehat.

Tapi nih, ternyata buah yang disaranin buat diet ada loh, jadi biar maksimal. Maksimal itu dengan memakan buah yang rendah kalori, tapi memberi efek kenyang sehingga tidak tergoda untuk makan makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

Apalagi masa pandemi begini , banyak mager, kebayang tidak kalau kita banyak makan yang tinggi kalori?  Alhamdullilah, buah-buahan yang bagus untuk diet ini harganya masih terjangkau, jadi bisa deh buat stock camilan setiap hari. Diantaranya buah-buahan yang baik untuk camilan saat diet, yang biasa saya konsumsi ada 5.

Mengapa bagus untuk diet lima jenis buah ini? Ada keteranganya di masing-masing jenis buahnya ya.

5 Macam Jenis Buah Untuk Diet

Salak

Ternyata salak disarankan bagus untuk dikonsumsi saat kita diet, karena salak mengandung banyak serat dan antioksidan. Kalorinya rendah, untuk ukuran 100gram salak hanya mengandung 7 kalori, tapi kandungan karbohidratnya dan kalsiumnya bisa memberikan energy untuk tubuh.

Jadi meski hanya ngemil salak, bisa membantu mengurangi rasa lapar. Ingat ya, kadang kita tidak bisa membedakan rasa lapar butuh asupan makan besar, atau lapar sekedar iseng karena pengen makan enak.

Pisang

Pisang memiliki kandungan serat yang baik untuk tubuh, rendah lemak, dan kalorinya cukup rendah. Satu lagi pisang membuat efek kenyang karena mengandung karbohidrat kompleks yang bisa menghilangkan hasrat untuk makan besar.

Apel

Untuk buah satu ini sangat hits di kalangan diet ya, karena memang apel merupakan buah yang tinggi serat dan sangat rendah kandungan kalorinya. Kombinasi serat dan air dalam apel juga membuat perut terasa kenyang, efeknya sukses deh diet kita.

Selain itu apel memiliki indeks glikemik rendah yang dapat mengontrol gula darah, sehingga program diet semakin terwujud dengan baik. Biasa saya ngemil apel malang yang harganya lebih terjangkau dibanding jenis apel lainnya.

Alpukat

Alpukat jadi salah satu primadona dalam diet sehat juga, karena mengandung lemak sehat. Kombinasi lemak sehat dan seratnya membuat rasa kenyang lebih, sehingga kita tidak mudah tergoda untuk makan besar di saat jam ngemil.

Jambu Biji

Jambu biji termasuk buah yang murah dan mudah didapatkn, ternyata bisa menjadi camilan saat diet. Karena jambu biji sama seperti apel memiliki indeks glikemik rendah, dan tingkat vitamin C yang tinggi sangat bermanfaat untuk membakar lemak dalam tubuh.

Nah, bagaimana masih ragu untuk menjadikan buah-buahan sebagai camilan saat diet? Jangan dong, apalagi buah-buahan ini tergolong murah ya. Selain bermanfaat untuk diet juga mengandung manfaat lainnya, seperti Salak yang bermanfaat juga untuk mengobati gangguan pencernaan.

Semoga info ini bermanfaat ya, dan jangan lupa baca juga resep makan siang untuk diet sehat. Biar lengkap menu dietnya, dan tetap lakukan olahraga agar mencapai berat badan yang diinginkan.

You May Also Like

2 komentar

  1. Salak, apel dan pisang yg biasanya aku makan kalo lagi diet :D. Paling berasa kenyangnya mba. Apalagi apel. Makan sebutir yg ukuran besar, langsung ga pengen ngunyah lain Krn perut berasa full.

    Sekarang sih apalagi sedang pandemi gini, bisa dibilang stok buah banyak , LBH banyak drpd cemilan ringan . Untungnya anak2 ga protes Krn mereka juga suka buah mba. Itung2, ibunya bisa diet, anak2 banyakin buah supaya imunnya naik juga :)

    ReplyDelete
  2. aku suak jambu biji tapi aku buat jadi jus lebih enak

    ReplyDelete