KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

Jawa Barat Semarakkan PON XX Papua 2021

by - October 12, 2021

 


Ketika awal menyambut PON XX di Papua 2021 saya termasuk yang excited meski di tengah pandemi yang melanda Indonesia. Apalagi diadakan di Papua yang memiliki asset kekayaan alam sangat kaya, salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan keunikan kebudayaannya. Jadi saya bisa membayangkan jika pesta olahraga akbar ini diadakan di sana akan membuat Papua tambah dikenal.

Selain membuat Papua jadi memiliki fasilitas dan infrastruktur olahraga dengan standart internasiomal seperti Mimika Sport Complex, dengan dijadikan tempat penyelenggara PON XX 2021 membuat geliat perekonomian Papua di masa pandemi meningkat. Karena banyaknya masyarakat dari daerah lain datang untuk menyaksikan PON XX 2021, yang otomatis akan terjadi transaksi ekonomi mulai dari membeli makanan, souvenir, oleh-oleh, dan lain sebagainya.


Keindahan Papuan Sebagai Tempat PON XX 2021



Saat salah seorang sahabat saya yang berprofesi sebagai fotografer cerita kalau dia akan dikirim untuk meliput acara PON XX di Papua, ternyata memang tidak hanya heboh akan menghadiri acaranya, tapi juga mengunjungi Papua yang sudah menjadi impiannya sejak lama. Kata sahabat saya, “Alam di sana akan menjadi object foto yang sangat indah.”

Karena Papua juga memiliki flora dan fauna yang banyak dikagumi mancanegara. Ada burung Cenderawasih yang ternyata dijadikan salah satu maskot PON XX 2021 dengan nama Drawa mendampingin Kangpho si kanguru pohon. Cenderawasih yang memiliki nama latin Paradisaea Raggiana dijadikan maskot memiliki filosofi salah satunya menggambarkan kehangatan sambutan dari masyarakat Papua.

Di Papua PON XX 2021 diadakan di empat tempat yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke. Sementara provisi yang ikut serta ada 34 provinsi dengan 37 cabang olahraga dan memperebutkan 1.783 medali. Salah satu dari 34 provinsi tersebut adalah Jawa Barat.

Jawa Barat Borong Kemenangan di PON XX 2021




Dan, sebagai salah satu warga Jawa Barat yang bermukim di Depok, tentu saja saya ikut berbangga karena Kontingen Jawa Barat yang diperkuat oleh 8 atlet yang terdiri dari 3 atlet putra dan 5 atlet putri, telah berhasil memperoleh medali terbanyak pada gelaran PON XX di Papua. Keren banget kan!

Jadi semakin semangat support PON XX 2021 meski saya tidak datang langsung ke Papua, tapi setia memantau perkembangan acaranya di sosial media mau pun di televisi, dan memang sebagai warga negara Indonesia kita wajib ikut mendukung PON XX 2021. Seperti JNE itu loh, peran sertanya dalam mendukung PON XX 2021 patut diberi apresiasi.

Apalagi memang salah satu karyawan JNE yang bernama Hagies Mugara kesatria JNE dari Bogor ikut menjadi atlet Kontingen Jawa Barat dan meraih medali emas di cabang olah raga Shorinji Kempo degan kategori Embu Berpasangan Campuran Yudasha. Tepuk tangan buat Hagies yang menjadi kebanggaan warga Jawa Barat, dan tentu saja menjadi sejarah dalam catatan penting JNE.

Dukungan JNE Jayapura di PON XX 2021



Dukungan JNE Jayapura di PON XX 2021 ini salah satunya membuka booth di Stadion Mandala dengan memberikan diskon ongkos kirim 20% untuk pengiriman ke seluruh Indonesia dari Jayapura dan Merauke dari tanggal 2-15 Oktober 2021 dan berbagai kegiatan di sosial media @Jne.Jayapura dan @JNE_ID, mulai dari give away, kuis, photo challenge bersama produk UMKM dan twibon. Kalian harus ikutan nih sebagai tanda support PON XX di Papua, hadiahnya produk-produk UMKM di Papua:Ada produk dari Maleeka Boutique @Maleeka_qu, Pusat oleh-oleh khas Papua @GaleriKreatifKehutanan, GeraiHonai @Geraihonai

@GaleriKreatifKehutanan

Karena memang JNE sesuai dengan taglinenya  Connecting Happiness’, support juga produk-produk lokal hasil karya UMKM Papua, seperti batik papua, aksesoris khas Papua, kuliner. Jadi bisa manfaatkan diskon 20% ongkos kirim juga, kan? Yuk, ah pesan batik atau aksesoris khas Papua selagi ada diskon ongkos kirim, terus kita foto dengan oleh-oleh dari Papua untuk ikutan giveaway atau photo challengenya deh. Siapa tahu menang.

Kalau saya kangen kuliner khas Papua, kue bagea. Karena dulu punya tetangga asli Papua yang suka membawakan oleh-oleh kue bagea, rasanya manis-gurih dan kaya akan rempah kayu manis. Pesan kue itu, terus ikutan photo challenge sambil makan kue bagea kayaknya ide bagus ya?  Oya, selain diskon 20%, untuk pengiriman dari dan tujuan ke Jayapura akan mendapatkan double point loh.


Jadi tunggu apa lagi, mari kita dukung PON XX 2021, terutama warga Jawa Barat nih, hehehe. Jangan sampai tidak mendukung ya! Pesan produk UMKM Papua sebanyak-banyak selagi ada diskon promo ongkir, dan ikut deh photo challenge atau give awaynya. Semoga menang!

 

You May Also Like

13 komentar

  1. Mengucapkan selamat atas kontingen Jawa Barat, yang telah berhasil memperoleh medali terbanyak pada gelaran PON XX di Papua. Keren banget sih. Semoga semakin semangat berlatih dan di lain waktu kembali membawa nama harus Jawa Barat di tingkat Nasional

    ReplyDelete
  2. Oh aku baru tau makanan bagea Mba. Benar2 penasaran dengan makanan asli Papua karena sama sekali belum pernah menjelajahi kuliner sana. PON Papua ini semoga bisa jadi momentum bonding bahwa Papua adalah Indonesia dan layak diperhatikan

    ReplyDelete
  3. Seneng banget PON bisa digelar di Papua dan sukses berjalan ya mbak. Selamat untuk kontingen Jabar udah jd juara umum

    ReplyDelete
  4. Kereeen. Waktu pembukaannya aku nonton juga. . Selamat yaa ini karyawan JNE yaa Hagies Mugara atlet Kontingen Jawa Barat. Ikut bahagia. Btw klo ada acara kayak di Papua gini, jadi cerita wiskulnyaaa ya menarik mba^^ dan nggak lupa produk umkmnya ya

    ReplyDelete
  5. Banyak yang melek mata dengan adanya PON mulai dari tempat penyelenggaraan yang jauh di ujung timur hingga Jawa Barat jadi juara umum. Dki tumben kalah ye.

    JNE akan membantu orang mengenal kuliner ataupun kerajinan tangan dengan memiliki.

    ReplyDelete
  6. Enggak nyangka PON kali ini diselenggarakan di salah satu provinsi paling ujung. Tapi menurut saya ini sebuah keputusan yang tepat karena dengan begini pesona Papua semakin banyak menjadi bahan perbincangan nasional. Biasanya kan justru turis asing yang datang ke Papua, karena memang akomodasinya masih lumayan tinggi untuk turis lokal. Btw, promo JNE menarik sekali ya. Pas banget nih, saya mau minta tolong teman di Sorong untuk beli salah satu merchandise-nya.

    ReplyDelete
  7. kue bagea ini seperti apa ya, jadi penasaran nih. Dan PON ke-20 yang diadakan di Papua ini memang menarik perhatian masyarakat Indonesia, apalagi diadakan di saat pandemi.
    JNE sampai ikut andil juga nih, mengangkat produk UMKM pulak.
    Pas pembukaan kemarin saya sampai melongo, keren banget. Salut! Sukses untuk Indonesia, dan penyelenggaraan PON selanjutnya.

    ReplyDelete
  8. Terima kasih JNE, bener-bener sesuai taglinenya Connecting happines. Menjadi penghubung yang membahagiakan antara pelaku UMKM di Papua dan warga di luar papua yang ingn memiliki cinderamata khas Papua

    ReplyDelete
  9. Di PON XX Papua ini bisa jadi ajang promosi produk khas Papua ya, nah masalahnya ongkirnya lumayan. Pakai JNE lagi ada promo selama PON

    ReplyDelete
  10. PON ini selalu mengingatkanku akan Ibuku yang pernah menjadi team panahan saat PON zaman baheula di Surabaya. Dan kisah PON XX di Papua 2021 tentu menorehkan banyak kenangan bagi yang terlibat dalam perhelatan acara olahraga sebesar ini. Alhamdulillah, untuk mensukseskannya di zaman pandemi, bisa dengan turut membeli souvenir UMKM asli Papua dengan gratis ongkir.

    Asik banget.

    ReplyDelete
  11. Iya nih Jabar luar biasa. Hehe. Selamat yaa warga Jabar :)
    Asyik ya ada diskon dari JNE. Kalau aku kangen manisan pala dari Papua. Dulu pernah beberapa kali dikasih teman yang asli Papua. Jadi ortunya kirimin makanan2 khas Papua buat anaknya yg belajar di Jawa sini. Duh jadi pengen dikirimin lewat JNE.. Hihi.

    ReplyDelete
  12. PON XX sudah selesai ya mbak
    Selamat buat Jawa Barat yg paling banyak meraih medali
    Aku juga senang, karena Jatim juga masuk tiga besar

    ReplyDelete
  13. Selamat untuk mas Hagies Mugara, ikut mengharumkan nama Jawa Barat di ajang PON XX Papua. Mantap nih, perwakilan JNE ikut menyemarakkan pesta olahraga seIndonesia ini.

    Aku pendukung Jawa Tengah ya Mba Eni, maklum laahh warga sini soalnya hehehee... Kapan hari ikutan memantau jalannya pertandingan di Mimika karena suamiku ikutan mendampingi atlet Jateng di sana.

    ReplyDelete