KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

Penuhi Tumbuh Kembang Anak dengan Nutrisi yang Tepat

by - October 20, 2021


Tahap tumbuh kembang anak ini memang jadi bagian yang membuat para orangtua khawatir, termasuk saya. Karena pertumbuhan anak tidak bisa terulang dua kali, dan jika pada tahap tumbuh kembang tersebut kita lewati dengan kesalahan, salah satunya memberikan nutrisi yang tidak tepat atau cukup. Maka akan mempengaruhi masa depan anak.

Sebenarnya masalah pemberian nutrisi yang tidak tepat atau cukup ini bukan berarti kita sebagai orangtua tidak memberikan anak-anak asupan yang baik dan cukup. Tapi sering kondisi GTM atau gerakan tutup mulut, di mana anak menolak makanan yang kita berikan bila berkelanjutan bisa membuat anak kekurangan nutrisi yang mendukung tumbuh kembangnya.

Dari ke empat anak saya, anak nomor dua (Pijar) yang mengalami masa GTM cukup panjang dan berlanjut ke peacky eater. Sehingga dibanding saudara-saudaranya dia paling terlambat dalam tahap tumbuh kembangnya, meski masih dalam batas normal. Namun tidak secepat saudara-saudaranya, seperti tahap berjalannya yang lebih lama dibanding saudara-saudaranya.

Bahkan pada usia 2 tahun Pijar sempat mengalami kurang berat badan, dan saat itu saya langsung membawanya ke dokter anak untuk konsultasi. Intinya hampir putus asa deh, soal pemberian makannya karena sangat peacky eater. Dokter pun menyarankan untuk memberikan Pijar PediaSure yang memang tinggi protein dan dipercaya untuk meningkatkan berat badan anak. Alhamdullilah, Pijar bertumbuh dengan baik.

Peluncuran PediaSure Formula Baru :

Dukung Pertumbuhan Nyata Anak Indonesia

Nah, kebetulan tanggal 14 Oktober 2021 kemarin saya mengikuti webinar peluncuran PediaSure Formula Baru : Dukung Pertumbuhan Nyata Anak Indonesia, yang membuat saya semakin tahu kandungan nutrisi penting pada PediaSure untuk pertumbuhan anak.




Dalam peluncuran ini menghadirkan 4 narasumber:

Dr.Jose Rodolfo Dimaano, Jr. – Nutrition Business in Pacific Asia

Dr. Cut Nurul Hafifah, Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik

Sherina Munaf – PediaSure Brand Ambassador

Duma Riris Sillahi – Putri Lingkungan 2007, Mom 0f 2

Dalam acara ini disampaikan oleh dokter Cut bahwa dalam tumbuh kembang anak itu dimulai dari 1000 Hari Pertama Kehamilan, dan ini termasuk periode rentan karena terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat sekali pada organ-organ vital seperti otak, hati, ginjal.

Sementara pada tahap awal kehamilan yang rawan tersebut banyak sekali tantangan ibu dalam memenuhi nutrisi, seperti adanya kondisi morning sickness yang memiliki efek gangguan ke asupan ibu hamil, kurangnya pengetahuan akan nutrisi. Tapi sebenarnya apakah faktor genetik menjadi faktor utama dalam tumbuh kembang anak, seperti misalnya orangtua pendek maka anak juga pendek?

Faktor Apa Sajakah yang Mendukung Pertumbuhan Tinggi Tubuh?



Berdasarkan penelitian memang membuktikan pertumbuhan berkaitan dengan genetik, namun ternyata tidak selalu karena pertumbuhan bisa diperbaiki dengan nutrisi. Sebagai contoh lelaki tertinggi ada di Norwegia tahun 1914, tapi tahun 2014 lelaki tertinggi ada Belanda,  kondisi ini ternyata berubah sesuai dengan perkembangan pengetahuan dan pemberian nutrisi.

Korea Selatan juga mengalami angka kenaikan tinggi badan. Jika tahun 1914 di Korea Selatan perempuan tingginya hanya mencapai 152,2cm, maka tahun 2014 tinggi perempuan di sana dapat mencapai 162,3 cm.

Karena tinggi badan seseorang bukan hanya faktor genetik, tapi 15 persen  dipengaruhi tinggi badan di usia bayi yang mana kehamilan, nutrisi, psikologis, dan hormon tiroid mempengaruhi tumbuh kembang anak. Lalu pada masa pubertas dipengaruhi oleh hormon estrogen serta hormon pertumbuhan.

Jadi bisa dibayangkan jika anak kekurangan nutrisi di 1000 hari kehidupan, anak akan mengalami berbagai masalah, dari mulai kanker, malnutrisi, penyakit jantung, hingga stunting yang ternyata masih banyak terdapat di Indonesia. Terutama efek dampak pandemi Covid 19 ini, karena rendahnya nutrisi yang mampu dipenuhi.

Efek dari rendahnya nutrisi anak-anak akan mengakibatkan:

1. Gagal di pendidikan sekolah

2. Pendidikan rendah

3. Penghasilan rendah

4. Stunting

5. Beragam penyakit

Namun selama anak masih di bawah 2 tahun, masih ada harapan memperbaiki kondisi stunting. Stunting ini perlu diketahui tidak hanya menyerang masyarakat ekonomi kelas bawah, karena penyebab anak kekurangan nutrisi tidak hanya ekonomi. Tapi seperti kasus GTM atau susah  makan, dan orangtua terlambat mengetahui serta menangani dengan tepat.

Bagaimanakah mencegah stunting?

1. Inisiasi Menyusu Dini dalam waktu 1 jam setelah lahir

2. ASI Eksklusif selama 6 bulan

3. Pemberian MP-ASI yang baik

4. Lanjutkan pemberian ASI sampai usia 2 tahun

Karena nutrisi yang seimbang sangat dibutuhkan anak sejak memasuki masa MPASI, di mana bayi memerlukan energi 30%, protein 20%, zat 95%, zinc 70%, dan vitamin A 20%. Karena itu MP-ASI harus mengandung karbohidrat, proterin hewani dan nabati,  lemak, vitamin.



Dokter Cut menghimbau bahwa anak-anak butuh asupan protein yang tinggi setiap hari untuk tumbuh kembangnya dan mencegah stunting, seperti mengkonsumsi daging unggas, ikan, telur. Bahkan konsumsi 1 butir setiap hari selama 6 bulan dapat mengurangi stunting pada anak usia 6-9 bulan sebanyak 47%.

Selain juga perlu mikronutrien berupa lemak karena otak dibentuk oleh komponen lemak, yang diantaranya bersumber dari santan, buah alpukat, ikan laut. Dan salah satu produk yang membantu menunjang pertumbuhan anak dengan tinggi kandungan proteinnya adalah PediaSure.

Yuk, kita cari tahu mengapa PediaSure membantu pertumbuhan anak lebih optimal!

Inovasi PediaSure untuk Pertumbuhan Anak



Dalam acara webinar ini Sherina sharing tentang masa kecilnya yang konsumsi PediaSure, karena Sherina memang sejak kecil artis yang sangat aktif. Sherina juga cerita rasa PediaSure yang enak seperti es cream, pantas Pijar dulu yang mengalami susah makan suka diberi PediaSure untuk menambah berat badannya.

Sementara Duma, ibu dua anak ini mengaku sangat memperhatikan tumbuh kembang anaknya karena terbiasa dari ibunya yang perhatian akan asupan anak-anaknya. Sehingga Duma rajin memantau berat badan kedua anaknya, dan memberikan PediaSure untuk karena kandungan nutrisinya terutama protein sangat bagus, dan anak-anaknya menyukai rasanya.

Inovasi PediaSure kali ini dengan meluncurkan PediaSure dengan formula baru mengandung Arginin dan Vitamin K2 yang diuji secara klinis mendukung tulang yang lebih panjang dan kuat, selain kedua formula itu diperkaya juga dengan triple protein complex, tinggi kalsium dan 14 vtamin & 9 mineral, AA dan DHA.



Dr Jose menyampaikan Arginin ini adalah asam amino penting untuk pertumbuhan tinggi badan anak, dan K2 membantu menyalurkan dan mengikat kalsium ke tulang sehingga memicu pertumbuhan tulang lebih kuat. Dan riset telah membuktikan anak-anak stunting memiliki level arginin yang lebih rendah sehingga pertumbuhan tinggi badannya lebih lambat.

PediaSure juga meluncurkan Growth Pedia untuk membantu memantau pertumbuhan anak secara online, yang dilengkapi dengan saran nutrisi agar anak dapat tumbuh dengan maksimal.

Terimakasih Pediasure


 

You May Also Like

44 komentar

  1. Semoga anak2 kita terhindar dari stunting ya mak biar bisa tumbuh sehat dan smart sampai dewasa nanti.

    ReplyDelete
  2. ooo anak stunting tuh karena berkurangnya level arginine ya? Wah, bagus nih pediasure ya buat anak stunting. Bisa buat nambahin BB ga sih? xixixi..

    ReplyDelete
  3. Betul banget 1000 hari pertama ini sangat penting, jadi harus diperhatikan nutrisinya ya. Pake Growth pedia boleh juga tuh utk mantau tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
  4. Senang banget dengan adanya kepedulian seperti ini, makin banyak juga yang peduli dengan pemenuhan gizi anak ya mba. Sedih juga masih banyak anak yang kurang nutrisi

    ReplyDelete
  5. Senang banget dengan adanya kepedulian seperti ini, makin banyak juga yang peduli dengan pemenuhan gizi anak ya mba. Sedih juga masih banyak anak yang kurang nutrisi

    ReplyDelete
  6. Dengan adanya sosialiasi seperti ini, semoga makin banyak nyang ngeh dengan pentingnya nutrisi pada anak ya mba :)

    ReplyDelete
  7. jadi inget dulu pas kifah lahir, suka bikin kreasi makanan mpasi, soalnya emang penting bgt asupan gizi anak di 1000 hari pertama

    ReplyDelete
  8. Untungnya ada Pediasure ya, jadi kalau ASI dan MPASi belum terpenuhi dengan baik, bisa ditambah Pediasure untuk pemenuhan nutrisi pada anak.

    ReplyDelete
  9. Nutrisi di 1000hpk penting banget ya, krn pas besar mereka bakal punya pengalaman makan yg lebih tepat dan bs menularkan ke generasi berikutnya. Btw, anakku pernah konsumsi Pediasure juga

    ReplyDelete
  10. Whoaaa, mindblowing banget ini!
    Artinya anak2 Indonesia BISA DONG tumbuh tinggi, kuat, sehaaat ye kan.
    Asal pemenuhan gizi optimal

    ReplyDelete
  11. Stunting ini memang jadi momok menakutkan ya, karenanya penting banget memberikan nutrisi yang tepat sejak 1000 hari pertama kehidupannya.
    Paling sedih kalau anak dalam pertumbuhan tuh susah makan, untung ada PediaSure yang terus berinovasi memberikan tambahan nutrisi yang terbaik.

    ReplyDelete
  12. sama banget mba. anakku dulu juga pernah kurang bb, terus dokter nyaranin untuk kasih pediasure.

    eh, sekarang ada formula barunya ya? mudah2an bisa bantu pertumbuhan anak jadi lebih optimal ya

    ReplyDelete
  13. Penting banget memang pemberian nutrisi di awal2 pertumbuhan anak, utk tumbuh kembang yang optimal. Dan Alhamdulillah ya pediasure mendukung akan hal ini

    ReplyDelete
  14. Terima kasih sharingnya mba.. Memang penting sekali utk mencegah stunting sejak dini ya.. Insya Allah sharing info ini bermanfaat..

    ReplyDelete
  15. Semoga ibu2 yang akan atau memiliki anak sadar akan penting nutrisi pada anak. demi tumbuh kembang anak dan masa depan anak tersebut.

    ReplyDelete
  16. Memantau Tumbuh lembang anak memang sangat penting ya, mbak. Apa lagi mencukupi kebutuhan nutrisi ya. Aku banyak belajar sejak memberikan MPASI untuk baby L ��

    ReplyDelete
  17. Pediasure memang dari dulu setia ya buat mencukupi nutrisi anak. Aku ingat dulu iklan Sherina waktu kecil. Hihi

    ReplyDelete
  18. Ini yang selalu dinasehatkan Ibu ke aku saat memberikan makanan setiap hari pada anak-anak kalau "Masa pertumbuhan anak itu gak akan terulang. Jadi kudu sungguh-sungguh memberikannya."

    Dan alhamdulillah,
    Lebih mudah kalau anak sedang GTM dipenuhi dengan cairan yang lezat seperti PediaSure yang penuh nutrisi.

    ReplyDelete
  19. Sedih ya dengan pemaparan fakta mengenai masih banyaknya anak yang mengalami malnutrisi. Dan jelas, di masa pandemi angka ini berisiko untuk bertambah. Semoga deh intervensi nutrisi yang dilakukan Abbott dengan menghadirkan PediaSure Formula Baru membawa perbaikan yang signifikan. Semoga juga nih para orang tua yang anaknya bermasalah dengan nutrisi bisa memberikan PediaSure ini.

    ReplyDelete
  20. Yg namanya nutrisi ini memang sangat penting untuk pertumbuhan dna perkembangan anak ya mbak makanya jangan sampai ank kekurangan nutrisi. Ibu2 kudu pinter nih memikirkan asupan anaknya supaya tumbuh kembangnya bisa lbh optimal

    ReplyDelete
  21. Setuju banget, mbs eni. Faktor nutrisi memang penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak di 1000 hari kehidupannya ya. Jangan sampai duit buat nutrisi anak kalah dgn rokok bapaknye nih.

    ReplyDelete
  22. Ngeri banget yaa bahasan Stunting yang akhir2 ini marak juga dilingkungan sekitar. Ternyata banyak kasus GTM atau susah makan, bisa menjadi salah satu faktor juga. Semoga saja orangtua engga terlambat mengetahui serta menangani dengan tepat dan minimal mencari info.
    Makasih loh Maks sharingnyaa.

    ReplyDelete
  23. Menghadapi anak-anak yang picky eater, ibunya emang harus pandai mencari celah ya. Kalau dibiarkan berlanjut perkembangan fisik dan mental anak akan terhambat. Beruntung ada susu yang lengkap nutrisinya, setidak bisa mengganti zat-zat yang seharusnya anak dapat dari makanan tapi karena mereka gak suka, tidak bisa

    ReplyDelete
  24. Pediasure dengan formula baru, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi anak-anak masa kini ya mbak. Jadi tinggi atau pendek itu nggak semata soal keturunan ya, orang tua pendek pun bisa memiliki anak yang tinggi kalau asupan nutrisinya sejak awal sudah diperhatikan dan dipenuhi dengan baik

    ReplyDelete
  25. PediaSure ini sudah ternama sejak anak sulung saya masih bayi untuk memenuhi nutrisi anak. Ternyata malah sudah ada sejak Sherina kecil ya. Memang penting banget memperhatikan nutrisi anak, apalagi yang picky eater.

    ReplyDelete
  26. Kalau ankku yang kecil GTM nya lamaaa . Maka ga secepat kakaknya pertumbuhannya meski masi di grafik normal ya
    Dan senang jika makin banyak yang peduli dengan pentingnya pemenuhan nutrisi anak agar tumbuh kembanganya optimal begini. termasuk PediaSure yang terus meng-upgrade formulanya sehingga sesuai dengan tingkat kebutuhan anak

    ReplyDelete
  27. Dulu saya taunya tinggi badan memang hanya faktor genetis. Ternyata banyak juga faktornya. Pantes aja sekarang banyak anak yang tinggi. Meskipun masih banyak juga yang mengalami masalah gizi

    ReplyDelete
  28. Sebaik-baiknya nutrisi untuk buah hati adalah air susu ibu ya. Selanjutnya baru diberi nutrisi tambahan untuk melengkapi dan merangsang pertumbuhan anak. Bgaus PediaSure kandungan nutrisinya selalu diperhatikan

    ReplyDelete
  29. Aku pernah cek pertumbuhan anakku pakai growth pedia dari pediasure ini. Syukurlah tumbuh kembangnya baik. Memang asupan gizi itu berperan penting bagi kualitas hidup.

    ReplyDelete
  30. Wah baru tàu sherina dulu minum pediasure. Emang kalo anak2.kelamaan GTM tu pertumbuhan jd lambat ya mbak..untung ada pediasure yg bisa suport kebutuhan gizi anak2

    ReplyDelete
  31. Saya niiih, masih berjuang menghadapi anak picky eater. Masih susaaah makan sayur, lebih suka makan garingan alias nasi ama lauk aja :D. Mana ada aja ngelesnya, seperti : sapi kan makan daun, aku suka makan daging sapi, jadi kan sama aja aku sudah makan daun....eaaaaa bejimane logikanya wkwkwkwk

    Dulu bocah ini juga kurus kering krn hobi GTM. puji Tuhan skrg endut dan saya malah jaga jangan sampai jadi obesitas :D

    ReplyDelete
  32. Jadi ingat zaman anak masih kecil, mengkonsumsi Pediasure biar berat badannya lekas naik. Semua upaya dicoba. Kini Pediasure mengedukasi banyak kegiatan ya ikut senang deh

    ReplyDelete
  33. Ngeri juga ya mbak kalo baca dampak dari anak yang kekurangan nutrisi. Baru tau ternyata tinggi badan anak bukan dipengaruhi dari genetika saja ya

    ReplyDelete
  34. 1000 hari pertama kehidupan itu penting banget emang ya mbak karena akan berpengaruh besar sama proses tumbuh kembang anak kedepannya. Pemenuhan nutrisi harus diperhatikan benar² agar anak terhindar stunting dan masalah pertumbuhan lainnya

    ReplyDelete
  35. Penting banget memperhatikan tumguh kmrbang anak dg nutrisi yg lngkap Dan tepat

    Dulu Juga mengkonsumsi prediasure mba.. sekarang tambah lengkap dg formula barunya

    ReplyDelete
  36. Susunya anakku yang sulung nih, gara-gara dikatain kok kurus.
    Pediasure dengan inovasi terbaru, ada formula Arginin dan Vitamin K2. Semoga menjadikan tulang yang lebih panjang dan kuat

    ReplyDelete
  37. Wah apa beda bahaya banget nih ya kalau kurang nutrisi saat kecil, ternyata berpengaruh juga pada penghasilan rendah

    ReplyDelete
  38. Ini saki juga lagi GTM. udah ada kali semingguan. Beneran menguras emosi banget heuheu tapi emang kudu sabar yaa. Sempet kepikiran memberikan pediasure juga. Bagus ya komposisi gizinya ya. Nyoba dulu aja kali yang kecil yaa. Pengen tahu respon Saki gimana dikasih Pediasure.

    ReplyDelete
  39. Baru nggeh nih mbak kalau Sherina dulu juga konsumsi Pediasure ya.
    Btw ngeri juga ya mbak klau baca dampak negatif kalau nutrisi utk si kecil kurang atau tidak tepat

    ReplyDelete
  40. Untuk mencetak generasi yang sehat, cerdas, dan tangguh secara paripurna, salah satu langkah awal yang penting untuk dilakukan adalah pemenuhan nutrisi anak sejak dini, yakni sejak masa persiapan kehamilan, karena konon masa kehamilan termasuk dalam hitungan 1000 HPK.

    ReplyDelete
  41. Kayaknya Pijar sama kaya Fatih nih, mulai jadi picky eater padahal dia perlu nutrisi dan kalori lebih soalnya anaknya aktif banget.
    Pediasure ini tinggi protein ya. Konsumsi nya apa perlu Konsul sama dokter dulu Mak?

    ReplyDelete
  42. Ingat banget jaman dulu pas kakak kakak masih kecil. Dua duanya picky eater . Tiap sakit pasti aku ganti susu pakai Pediasure. Cepat balik berat badannya. Kalau pakai susu biasa lama. Soalnya tiap sakit turun beberapa kg

    ReplyDelete
  43. Stress kalau anak udah gak mau makan, gtm , takut anak sakit dsb. Sekarang ada Pediasure ya bisa meredekan kegalauan bu ibu yg anaknya suka pilih pilih makanan

    ReplyDelete
  44. Anak aku keduanya pernah masuk ke fase picky eater. Yg pertama smpe msk rmh sakit krn radang. Yg kedua lg menikmati. Wkwk. Cm yg kedua lbh melek aja sih n maklum kalo anak gak mau makan nasi. Jd lbh memenuhi nutrisi di makanan lain. Pediasure ini tmsk yg pny protein tinggi ya mba. Kudu cb jg nih

    ReplyDelete