Danone Indonesia, Perusahaan Ramah Keluarga dan Penuhi Hak-Hak Perempuan

by - March 14, 2022

 

Meski Womens International Day 2022 diperingati tanggal 8 Maret 2022 kemarin, belum terlambat ya, jika saya mengucapkan Selamat Hari Perempuan Sedunia kepada pembaca blog saya hari ini. Kalian para perempuan adalah penerus kehidupan, yang  menjadikan dunia ini hidup. Sebagai perempuan, tentu saja saya bangga dilahirkan sebagai perempuan.

 



Meski masih banyak yang menjadikan perempuan sebagai nomor dua, konco wiking, dan bukan mitra. Namun seiring berkembangnya jaman, berkembangnya peradaban, perempuan mulai dapat tempat yang sejajar dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Jadi berbanggalah semua perempuan di dunia, karena sesungguhnya perempuan memilik banyak pontensi.


Bicara tentang Hari Perempuan Sedunia 2022 dan kesetaraan perempuan, jadi mengingatkan saya dengan webinar bersama Danone Indonesia di #WomenInternationalDay2022 , tanggal 8 Maret 2022 kemarin. Mengangkat tema “Perusahaan Ramah Keluarga Bantu Perempuan Indonesia Siapkan Generasi Maju”, dengan menghadirkan narasumber:




 1. Indra Gunawan, Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kemen PPP3

2. Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia

3. Maya Juwita, Eksekutif IBCWE

4. Rosdiana Setyaningkrum, MPsi MHPed, Psikolog

 

Dampak Pandemi Bagi Perempuan


Menurut Data Sensus Penduduk 2021, penduduk Indonesia lebih banyak perempuan dan anak-anak, yakni sekitar 49,5% adalah perempuan dan 32% adalah anak-anak. Namun seperti yang kita ketahui, perempuan dan anak-anak merupakan kelompok rentan. Selain isu perempuan dan anak yang kompleks dari mulai korban KDRT, sampai hak-hak hidup nyaman tidak didapatkan.


Terlebih saat pandemi COVID 19 ini, perempuan harus memikul beban berat dengan kebiasaan baru, diantaranya sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ), perempuan atau seorang ibu dituntut untuk mendamping anak-anak belajar, bermain, 24 jam full. Sementara pekerjaan rumah tangga bukan berkurang, justru bertambah. Apakah ini baik-baik saja?

Sayangnya, ini tidak baik-baik saja. Banyaknya status keluhan para ibu di media sosial karena harus mendampingi anak PJJ, ditambah kerjaan rumah tangga yang bagai tidak ada habisnya, karena semua anggota keluarga di rumah saja. Sementara pasangan atau suami tidak seratus persen mensupport atau membantu kondisi tersebut.

Belum lagi jika ibu juga bekerja secara WFH, bisa dibayangkan tingkat stresnya? Karena itu kondisi pandemi ini perempuan atau para ibu membutuhkan dukungan dari banyak pihak, agar terpenuhi hak-haknya. Ingat loh ya, perempuan adalah ibu  bagi anak-anak bangsa yang akan melanjutkan kehidupan suatu negara.

Karena itu Pemenuhan hak perempuan merupakan kunci pembangunan berkelanjutan, pertumbuhan ekonomi, serta perdamaian dan keamanan. Hak seorang perempuan sebagai seorang ibu adalah untuk membawa semua haknya sebagai seorang perempuan dan memastikan bahwa hak-hak anaknya dilindungi dan dipenuhi.

Menyadari pentingnya akan hal ini, pemerintah pun melakukan peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan berorientasi gender dan upaya peningkatan peran ibu dan keluarga dalam pengasuhan anak. Pemerintah bersinergi dengan berbagai pihak untuk memenuhi hak-hak perempuan dan anak, terutama pada fase perkembangan awal anak seputar ASI, parenting, dan pendidikan.

Danone Indonesia, Perusahaan Ramah Keluarga

Memandang ke depan tentang peran dan pentingnya perempuan, Danone Indonesia sebagai perusahaan ramah keluarga mewujudkan bukti dukungannya terhadap perempuan Indonesia. Tidak sekedar membuat langkah dukungan tersebut, tapi juga menjalankan sehingga diharapkan tidak hanya seluruh karyawan Danone Indonesia, tapi seluruh perempuan di Indonesia merasakan dampaknya.

Dintaranya yang sudah Danone Indonesia wujudkan atau jalankan bagi karyawan dan masyarakat adalah:

1. Danone Indonesia mendukung karyawan dengan menjalankan kebijakan dan inisiatif yang ramah keluarga.

2. Memberikan 6 bulan cuti hamil berbayar untuk karyawan wanita, dan 10 hari cuti sebagai ayah bagi karyawan pria.

3. Mendukung pemberian ASI eksklusif di tempat kerja dengan menyediakan ruang laktasi.

4. Menyediakan asuransi untuk persalinan untuk karyawan wanita dan istri karyawan pria.

5. Waktu kerja yang fleksibel, menjamin hak karyawan untuk kembali di posisi yang sama atau setara pasca melahirkan.

6. Penyediaan pemantauan status gizi karyawan seperti dalam pengukuran kadar zat besi dalam tubuh, serta program Duta 1000 Pelangi yang menjadikan karyawan sebagai agent of change dalam memberikan edukasi kepada lingkungan internal maupun masyarakat tentang masalah gizi dan kesehatan pada 1000 HPK.

7. Danone Indonesia melalui Danone Specialized Nutrition (SN) menjalankan inisiatif-inisiatif terkait kegiatan edukasi dan pemberdayaan masyarakat. Khususnya para ibu di seluruh Indonesia tentang pentingnya gizi, terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Antara lain Bicara Gizi, Isi Piringku, Warung Anak Sehat, Rumah Bunda Sehat dan Rumah Tempe.

Tahun 2022, Danone Indonesia memulai inisiatif baru melalui program dukungan untuk karyawan terkait pemberian ASI eksklusif dan kelanjutannya serta pemantauan tumbuh kembang anak, dengan tujuan untuk untuk menyukseskan kegiatan menyusui, meningkatkan rasa percaya diri karyawan perempuan sebagai seorang ibu.

Ini bener banget loh, karena saya mengalami sendiri masa-masa menyusui itu tidak mudah. Apalagi ketika ibu juga memiliki tanggungjawab bekerja, di sini dibutuhkan dukungan pihak perusahaan agar ibu dan anak benar-benar bisa melalui masa-masa ini.

Danone Indonesia Hadir 24 Jam Menjadi Partner Ibu di Seluruh Indonesia

Dalam webinar memperingati Hari International Perempuan, diumumkan Danone SN menyediakan layanan Careline. Melalui layanan ini, 62 careliners yang terdiri dari para professional, seperti bidan, perawat, nutrisionis, dan psikolog, disiagakan untuk melayani konsultasi maupun mendengar keluh kesah para ibu dalam perjuangannya memberikan nutrisi baik di awal kehidupan anaknya.

Jadi para ibu dapat menghubungi careline melalui telepon bebas pulsa, email, media sosial dan WhatsApp selama 24 jam. Dan, Setiap harinya menerima lebih dari 2.000 pertanyaan dari orang tua di seluruh Indonesia dengan topik pertanyaan yang paling banyak adalah terkait tumbuh kembang anak dan pemenuhan nutrisi si Kecil sesuai tahapan usianya.

Dalam melayani konsultasi, para Careliners ini memberikan edukasi dan merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan hingga 2 tahun, serta asupan nutrisi yang bergizi sesuai dengan tahapan usia anak.

Masyaallah, kalau semua perusahaan bersinergi seperti ini, rasanya sebagai perempuan dan seorang ibu saya tidak merasa waswas lagi meski bekerja dan harus mengasuh anak-anak saya. Harapan saya, semoga ke depan akan semakin banyak perusahaan yang mengikuti jejak Danone Indonesia sehingga terwujud generasi maju Indonesia di masa yang akan datang.

You May Also Like

12 komentar

  1. MasyaAllah Danone support para ibu dengan program dan fasilitas lengkap yang disediakan ya mb

    ReplyDelete
  2. MasyaAllah, Danone keren banget ya Mbak inovasi dan dukungannya terutama untuk karyawan perempuan.
    senangnya jika semua perusahaan bisa mengikuti jejak Danone Indonesia ini terkait pemenuhan ASI anak bahkan tidak hanya hingga masa ASI Ekslusif 6 bulan bahkan sampai tuntas ya, 2 tahun.
    saling support gini paling dibutuhkan, fasilitas careline juga oke punya ya bisa melayani 24 jam gitu :)

    ReplyDelete
  3. Betul mba, sepertinya seorang ibu itu tingkat stress nya lebih tinggi dibanding ayah. Semoga lebih banyak lagi perusahaan yang ramah keluarga seperti danone ini

    ReplyDelete
  4. Wow hak cutinya lama juga ya, sampe 6 bulan. Setidaknya udah masuk usia MPASI nanti bayinya, kalau pas ibunya mau masuk kerja lagi. Moga perusahaan besar di Indonesia pelan2 juga menerapkan ini pada kaum ibu yang bekerja ya...

    ReplyDelete
  5. Perusahaan idaman banget ya mengerti kebutuhan ibu dan anak, hak cutinya itu lho sampai 6 bulan, kan biasanya cuma sampai 3 bulan aja.

    ReplyDelete
  6. Perlu diancungi jempol nih, mbak. Apa lagi ada cuti hmelahirkan 6bulan serta digaji. Dan ada cuti melahirkan juga utk suami 😍

    ReplyDelete
  7. Totalitas sekali ya...dukungan Danone sebagai perusahaan yang Ramah Keluarga.
    Alangkah bahagianya berada di bawah payung yang memiliki value yang sama terhadap keluarga dan penghargaan atau pengakuan perempuan Indonesia.

    ReplyDelete
  8. bagus ini yaa.. menurutku perlu banget diikuti oleh perusahaan2 lain biar semakin banyak kantor terutama yang udah besar gitu, lebih care sama pekerja perempuan

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah ya masih ada perusahaan yang mensupport perempuan dan keluarga. Walau bagaimana pun perempuan sepertinya paling banyak juga yang bekerja, terutama di pabrik-pabrik seperti halnya di Danone. moga kebijakan ramah keluarga ini diikuti oleh perusahaan lainnya

    ReplyDelete
  10. Keren ya ada perusahaan yang ramah keluarga seperti ini, mudah2 an jadi inspirasi perusahaan lain dan banyak yang menirunya kan asyik ya...

    ReplyDelete
  11. sebagai calon seorang ibu, hepi banget dengan apa yang danone inisiasi tersebut, semoga nanti proses menyusuiku lancar aamiin.

    ReplyDelete
  12. Senang banget dengan perusahaan yang mendukung keluarga mbak, apalagi wanita yang sedang hamil atau melahirkan, suami juga mendapatkan hak cuti untuk libur.

    ReplyDelete