Yuk, Mondok di M’ahad Raudhatul Ihsan Pondok Pesantren Tahfidz Quran Putra Bogor

by - July 02, 2022

 

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya, kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, dan doa anak yang sholeh, (HR Muslim).

Masyaallah, membacanya hati ini terasa gerimis. Kalaulah kita tidak memiliki kepandaian atau ilmu yang bermanfaat, yang akan tersebar luas dan pahalanya menyelamatkan kita dari api neraka. Maka usahakan kita memiliki anak yang soleh maupun soleha, yang senantiasa mendoakan di kala kita hidup dan tiada. Karena doa anak yang soleh maupun soleha akan terus mengalir meski kita sudah di alam kubur, aamiin allahumma aamiin.



Lalu bagaimana agar memiliki anak yang soleh dan soleha? Mencontohkan hal-hal yang baik sejak dini atau menanamkan nilai-nilai kebaikan di tengah keluarga, memberikan bekal pendidikan agama. Pendidikan agama dimulai dari menjalankan kewajiban beragam, hingga memasukkan anak ke tempat pendidikan yang islami, seperti pesantren.

Namun memilih pesantren jangan asal pilih, karena kini banyak bertumbuh pesantren, kita  harus teliti agar anak-anak dapat menempuh pendidikan agama dan umum dengan baik. Jadi pendidikan agama dan umumnya berjalan seimbang, salah satu pondok pesantren terbaik yang bisa dipilih adalah Raudhatul Ihsan.

Yuk, kita kenalan dulu dengan Pondok Pesantren Raudhatul Ihsan. Kebetulan berapa hari lalu saya berkesempatan berkunjung ke Pondok Pesantren Raudhatul Ihsan yang  berada di Jalan Tebet Barat 7, Jakarta Selatan. Berikut ceritanya, semoga member manfaat bagi yang sedang mencari pondok pesantren bagi putra-putrinya.

Mengenal Pondok Pesantren Raudhatul Ihsan


Pondok Pesantren Terbaik di Jakarta

Program Unggulan di Pesantren Raudhatul Ihsan

M’ahad Raudhatul Ihsan adalah pondok pesantren dibawah asuhan pembina yayasan KH.Muhammad Danial Nafis, dan telah memperoleh izin dari Kementrian Agama RI dengan nomor B4811 K.09.01/3/PP.00.7/6/2017 sejak tahun 2017. Jadi sudah berdiri sejak 5 tahun lalu, dan membuka program pendidikan selama 5 tahun, dengan program unggulan:



1.
Madrasah Tahfidz Quran, yakni program menghapal Quran bagi seluruh santri PP  Raudhatul Ihsan. Dengan target hapalan 30 juz selama tiga tahun, santri melaksanakan setoran kepada asatidz kepada pengajar sebanyak 3x sehari.

Sejak tahun 2017, PP Raudhatul Ihsan telah mewisuda Tahfidz  Al Quran 30 juz kepada 20 santrinya. Tidak hanya menyampaikan setoran hafalan, melalui program Tahfidz, santri juga dibimbing mengamalkan ilmu syar’i dan adab-adab sebagai penghafal Al Quran.

2. Madrasah Diniyah Islamiyah, dengan muatan akidah, fikih, bahasa Arab, nahwu, sharaf, tafsir, hadis, dan lain-lain.

3. Arraudah Islamic School (AIS), merupakan lembaga pendidikan kesetaraan yang mengajarkan pendidikan umum dan telah terakreditasi A.




AIS merupakan salah satu program pendidikan yang berdiri di bawah naungan Raudhatul Ihsan dengan konsep pengelolaan terintegrasi pendidikan pesantren dan kewirausahaan. Konsep ini disusun sebagai upaya untuk mencapai pelaksanaan pendidikan karakter.

Target outputnya adalah santri dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai perkembangan zaman, memiliki kemampuan wirausaha serta mandiri secara ekonomi, hingga mampu membuka lapangan pekerjaan.

Target Pendidikan di Pesantren Raudhatul Ihsan

Dengan tiga program unggulan tersebut, Raudhatul Ihsan memiliki target pendidikan, yaitu:

1. Hafalan Al Quran, target minimal 10 juz selama 3 tahun, target menengah 20 juz minimal 3 tahun, dan target ideal 30 juz minimal 3 tahun.

2. Menguasai dan mengamalkan ilmu syar’i

3. Mampu berkomunikasi aktif dalam bahasa Arab

4. Mengembangkan kemampuan berpikir dan sikap

5. Memiliki ahlakul karimah yang menjadi teladan

Lima target ini sangat bagus, dan ketika saya berkunjung ke pesantren Raudhatul Ihsan para santrinya sangat bersahaja. Membuat saya yang juga seorang ibu tersentuh, betapa bangga jika memiliki putra dan putri yang santun di jaman modern ini.

Keunggulan di Pesantren Raudhatul Ihsan




Setiap pesantren pasti memiliki keunggulannya sendiri sebagai bahan pertimbangan orangtua mendaftarkan putra putrinya, untuk Raudhatul Ihsan ini memiliki beragam keunggulan yang secara pribadi membuat saya tertarik untuk mendaftarkan Abang Pendar kelar kelak. Adapun keunggulan tersebut adalah:




1. Memiliki sanad Al Quran dan keilmuan yang bersambung kepada Rasullah SAW melalui para guru dan Masyayikh seperti  Maulana Syeikh Yasin Isa Al Fadani (Makkah), Syeikh Yusri Rusydi Jabar  Al Hasani (Mesir), Syeikh M.Fadhil Al Jailani (Turki), Syikh Idris Al Fihri Al Fasi (Maroko), Syeikh Abdul Mun’im bin Shiddiq Al Ghumari, dan  KH.Ahmad Marwazie Al Makki Al Batawi (Indonesia).

2. Memiliki kajian-kajian kitab kuning berbagai keilmuan Islam

3. Memiliki program bahasa Arab khusus (takhassus) untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan memudahkan proses pendidikan selanjutnya  di Timur Tengah

4. Memiliki dewan guru lulusan Timur Tengah dan Pesantren terkemuka di Indonesia yang kompeten di bidang keilmuan masing-masing

5. Memiliki lingkungan pendidikan  yang tertib dan disiplin sehingga para santri berbekal etos belajar dan kerja yang kuat

6. Memiliki kegiatan ekstrakulikuler seperti seni musik hadroh, pencak silat, dll

7. Memiliki alumni yang tersebar di Timur Tengah seperti Universitas Al Azhar (Mesir) dan Universitas Qarawiyyun (Maroko)

8. Bekerjasama dengan Universitas Qarawiyyun di Timur Tengah yang merupakan salah satu Universitas Islam tertua di dunia dan telah banyak melahirkan ulama-ulama terbaik dan termasyur.

Masyallah, keunggulannya membuat pesantren Raudhatul Ihsan layak menjadi pesantren terbaik ya. Saya jadi ingin mempersiapkan  putra saya yang baru kelas 2 SD agar nanti bisa lolos, karena untuk masuk Raudhatul Ihsan memiliki beberapa persyaratan:

  • Berusia 12-15 tahun
  • Lolos seleksi kemampuan membaca Al Quran
  • Lolos seleksi  kemampuan hapalan Al Quran
  • Ujian wawancara

Tapi bila putra atau putri kita belum mampu membaca Al Quran dengan baik, di Raudhatul Ihsan disediakan kelas pemantapan baca Al Quran agar besar kemungkinan bisa lolos saat dites untuk masuk Pesantren Raudhatul Ihsan.

Oya, mulai bulan Juli ini untuk santri Raudathul Ihsan akan dipindahkan di tempat baru, yakni di Bogor. Tempat yang lebih luas, asri, nyaman, dan daya tampungnya lebih besar. Sehingga besar kemungkinan bisa menerima lebih banyak lagi santri ihwan.

M’ahad Raudhatul Ihsan Pondok Pesantren Tahfidz Quran Putra Bogor









Karena untuk mendukung kegiatan santri ihwan agar lebih leluasa, dan lebih memiliki kapasitas yang besar, mulai Juli 2022 para santri ihwan dipindahkan ke pondok yang di Bogor. Suasana yang asri, kondusif sangat cocok sekali untuk belajar menghafalkan Al Quran, saya melihat bangunan, dan situasi lokasinya langsung jatuh cinta. Pesantren putra terbaik di Bogor, Raudhatul Ihsan.

Pondok dengan bangun perpaduan material kayu dan batu, didesain sangat esthetic, sehingga selain nyaman juga memanjakan mata. Masjidnya cukup luas, area belajar sangat memenuhi standart kenyamanan, juga area untuk ekstrakulikuler begitu memadai, kamar-kamar para santri ihwan juga luas.

Bagi yang ingin mendaftarkan putra-putrinya bisa langsung menghubungi :

Zawiyah Arraudhah

Jl. Tebet Barat VIII No. 50

Jakarta Selatan

0877-8805-8845

Atau menghubungi media sosialnya:

Facebook: Zawiyah Arraudhah Ihsan Foundation

Youtube Channel: Zawiyah Arraudhah Ihsan Foundation

Instagram:@ zawiyah.arraudhah

Twitter: @zawiyarraudhah

Klik: www.zawiyah-arraudhah.com

Semoga informasi ini bermanfaat, Aamiin

 

 


You May Also Like

23 komentar

  1. Baguuusss bgt Ponpesnya.
    Resik ya. Jadi bener² mengajarkan kebersihan sebagian dari iman.
    Cocok nih buat yg anaknya mau mondok

    ReplyDelete
  2. Lihatnya tuh adeeem gitu, santri dan santriwati nya juga terlihat pada kalem-kalem. Seneng lihatnya, apalagi program-programnya juga sangat dicari para santri nih.

    ReplyDelete
  3. Keren ini ponpesnya. Juga banyak keunggulannya sehingga mengundang banyak santri untuk berilmu ke sana.

    ReplyDelete
  4. Kebetulan Sabtu lalu anakku baru aja ujian tahfidz. Oleh ustadznya, anakku disarankan untuk masuk ke pondok, karena kata beliau, anakku termasuk cepat dalam menghafal. Masya Allah, yaa..

    Tapi tentu, kami harus menyiapkan mental dulu. Soalnya biasa bareng-bareng, kalau yang satu ngga ada tu rasanya pasti gimanaaaa gitu. Huhu, dilema...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga nih, kak Arin.
      Jadi pengen curhat kan jadinya.

      Kami sebenernya masih maju-mundur banget memasukkan ananda ke pesantren. Tapi kemarin Papah mertua khusus dateng ke Bandung untuk mertarbiyah si kakak.
      Duh, anaknya mah mantep banget masuk boarding school.
      Emaknya mulai mellow.. Abinya siap kemana aja..

      Jangan ragu-ragu sih yaa.. kalau mau melangkah.
      Tapi tetep kudu sholat istikharah dulu, memantapkan hati.

      Delete
  5. Programnya menarik nih Ponpes Raudhatul Ihsan. Apalagi tahun ajaran ini pindah ke lokasi lebih luas, nyaman dan asri di Bogor ya..akan membuat para santri bisa lebih lancar belajar, beneran ponpes putra terbaik yang bisa jaid pilihan ini

    ReplyDelete
  6. Bismillah nanti kalau punya anak cowok mau sekolahin di pondok pesantren ini aja. Biar punya dasar agama yang kuat. Bisa ngajarin orangtuanya juga. Aamiin

    ReplyDelete
  7. Bagus ya Pondok pesantrennya. Memang harapan orang tua itu pasti ingin punya anak Saleh. Jadi pilihan memasukan anak sekolah ke pesantren pasti udah dipertimbangkan sebelumnya. Yang penting anaknya siap buat mondok. Rekomended nih Ponpes Raudhatul Ihsan kalau Liat programnya

    ReplyDelete
  8. Pindah ke tempat belajar yang baru dengan fasilitas dan suasana yang lebih menyenangkan, tentunya para santri Ikhwan semua bahagia ya mbak. Semoga semangat belajar mereka meningkat lagi. Keluar dari pondok mendapat ilmu yang bermanfaat dalam masyarakat. Amin

    ReplyDelete
  9. Wow keren sekali mom Eni itu pesantrennya. Luas, bersih dan kurikulum serta dilengkapi dengan berbagai benefit lainnya. Semoga kelak anak mom Eni setelah lulus menjadi kebanggaan keluarga ya
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  10. Aku suka sama suasana pondok untuk lak-laki itu, adem banget ya enak untuk tempat be;ajar. Semoga bisa makin luas lagi tempatnya & bisa menerima lebih banyak santri

    ReplyDelete
  11. Masya Allah senangnya orang tua yang memiliki putra putri belajar ilmu agama dan menghafap Quran di Pondok Pesantren Raudhatul Ihsan. Oh ini khusus putra aja ya, mbak. Tempatnya nyaman banget, di tengah alam yang asri, semoga pendidikan anak-anak penghapal Al Quran juga diberi kelancaran.

    ReplyDelete
  12. Jujur, sebagai non muslim saya kurang familier dengan ponpes. Tapi saya pernah lho live in di salah satu ponpes. Meski cuma semalam, tapi jadi pengalaman yang mengesankan.

    ReplyDelete
  13. Bener banget memiliki anak yang sholih sholihah itu bisa jadi bekal amal jariyah yang nggak akan terputus sampai di akhirat nanti. Seneng banget liat santri-santri pondok bawaannya adem gitu. Pesantrennya juga kelihatan modern ya. Bagus banget

    ReplyDelete
  14. Zawiyah Arraudhah ini tempat suamiku ngaji, mbak. Tiap Selasa malam ada pengajian sampai tengah malam di sana. Eh ternyata pondok pesantren khusus putra juga ya. Berarti untuk SMP nih bisa mondok tahfidz di sana.

    ReplyDelete
  15. Sekarang ini, peminat pondok pesantren semakin banyak ya mbak
    Pondok pesantren bisa jadi alternatif dalam melanjutkan pendidikan
    Apalagi kalau pondok pesantren selengkap ini

    ReplyDelete
  16. Insya Allah akan makin banyak generasi muda dengan akhlak terbaik yang menjadi penerus bangsa dari pesantren ini. Buat kaum muslim yang ada di sekitaran Bogor, bisa jadi pilihan bagus nih mengikutkan anaknya nyantri di Raudhatul Ihsan.

    ReplyDelete
  17. pondoknya bagus bersih dan programnya bener ya mak. aku belum ada yang mau pesantrenin soale. untuk sekarang belum dulu karena belum sanggup pisaaaah ama anak-anak. smoga yang terbaik yaaaaaaaa bagus juga mondok sini

    ReplyDelete
  18. jadi ini startnya dari madarasah ya mba, bisa nih nanti dishare ke temen2ku yang punya anak laki-laki dan nyari tempat pesantren, bogor lumayan deket pula dari Jakarta

    ReplyDelete
  19. Gak nyangka ih, di Jakarta ternyata ada juga pondok pesantren yang bagus begini. Kayak di luar-luar kota. Aku kira ini di mana, ternyata di Jakarta. Dengan adanya pondok pesantren bagus begini di Jakarta, orang Jakarta bisa ya mondokin anak-anaknya di sini. Biar kalo jenguk gak jauh-jauh.

    ReplyDelete
  20. Pas banget aku emang lagi nyari pondok buat anak2 saat SMP nanti. Enak kyknya pondoknya ya mbak, di Bogor jadinya bagus buat anak2 belajar.
    Cuma kudu siapin anaknya mau apa gak dulu :D
    Nanti aku kepoin ah media sosialnya dan kalau ada waktu mau survey2 juga TFS

    ReplyDelete
  21. Saat ini banyak orang tua yg pengen anaknya mondok di pesantren teramasuk aku ketika anak aku udah mulai sekolah. Aminn

    ReplyDelete
  22. Saat ini banyak orang tua yg pengen anaknya mondok di pesantren teramasuk aku ketika anak aku udah mulai sekolah. Aminn

    ReplyDelete