Resep Martabak Mie Sehat untuk Keluarga

by - July 05, 2022

 


Benar nggak, hampir setiap orang suka cemilan atau ngemil? Bahkan sampai ada snack time, yaitu jam makan ringan di sela-sela makan besar, berjeda sekitar 3 jam antara makan besar. Biasanya snack time pagi dan sore hari, juga malam hari nih atau sebelum tidur. Dibeberapa negara snack time sudah menjadi budaya yang bisa menghangatkan keluarga, atau bisa jadi healing.

Pentingnya Cemilan Sehat untuk Keluarga

Jujur nih, kalau lagi lelah dengan beban pekerjaan atau pikiran , begitu ngemil sambil nonton, dengerin musik, atau baca buku, rasanya perasaan jadi ringan kan. Pikiran relaks, hati senang, mood langsung membaik, otomatis jadi happy lagi. Hal ini tidak terjadi pada orang dewasa saja, anak-anak juga, bahkan snack time ini  jam yang paling mereka tunggu.




Karena di jam-jam jeda makan besar itu anak merasa lapar yang membuat mereka jadi rewel atau cranky. Ibu pasti pernah berpikir, anak-anak kalau sudah ada cemilan pasti anteng. Nah, ini karena pada jam-jam jeda makan besar lambung anak mulai kosong, menyebabkan rasa lapar. Jadi snack time memang penting.

Sayangnya, tidak semua cemilan sehat. Banyak sekali dijual cemilan yang tidak sehat, mulai dari mengandung pengawet yang tinggi, mengandung pemanis buatan, tinggi kalori, sehingga nutrisinya kosong, cemilan jadi biang keladi menyebabkan overweight. Dijadikan kambing hitam, gara-gara ngemil jadi obesitas, padahal pola ngemil yang salah.

Ngemil itu penting karena selain menimbulkan rasa senang, ngemil juga berfungsi untuk menambah asupan nutrisi saat jeda waktu makan besar agar menjaga fokus atau kosentrasi, daya ingat, dan aktivitas jadi tetap berjalan lancar. Makanya ketika menunggu jam makan besar, perut tidak diisi apa-apa, kita akan mulai merasa tidak fokus, mudah lelah, atau cranky.

Anak-anak saya di rumah biasa mulai ribut, mudah tersinggung satu sama lain, sehingga terjadi debat dengan masalah kecil, seperti rebutan mainan. Tapi begitu snack time dan mereka merasa cukup terpenuhi hasrat laparnya, kembali kondusif deh, hehehe. Saya juga kalau di jam-jam sore suka ngantuk, biasa ikutan anak-anak snack time jadi lebih semangat.

Lalu cemilan sehat apa yang bisa ibu sediakan di rumah?

Resep Cemilan Sehat Buatan Ibu di Rumah




Nah, menyediakan cemilan sehat di rumah tuh, penting banget. Makanya saya sering browsing biar menambah wawasan dan juga info resep-resep cemilan sehat yang mudah dibuatnya. Maklum saya tidak pandai baking, bikin-bikin cemilan yang rumit, kalau pun harus masak-masak cemilan yang sederhana saja. Tapi tentu saja saya utamakan mengandung nutrisi yang cukup dan tepat,s elain juga wajib disukai keluarga, terutama anak-anak.

Anak-anak memang sedikit sulit ya dikenalkan cemilan sehat, karena banyaknya cemilan tidak sehat yang dijual bebas dan menggiurkan, rasanya bikin nagih di lidah. Jadi PR besar buat para ibu bisa membuat cemilan sehat di rumah. Kebetulan keluarga saya suka banget martabak, dan cemilan serba olahan mie dari mie goreng, mie godok, pangsit, dan lain-lain.

Sehingga menimbulkan ide saya untuk mengkreasikan martabak mie dengan menggunakan mie yang sehat yaitu Mie Kering Cap Keluarga Hebat Lemonilo. Lemonilo sebagai brand healthy brand consumer goods mengeluarkan Mie Kering Cap Keluarga Hebat Lemonilo tanpa kandungan pengawet dan pewarna buatan, tapi merupakan saripati bayam yang dibuat dari tepung mocaf dan diprosesnya dengan teknik pemanggangan tanpa minyak.  Jadi beneran sehat ya buat bahan cemilan di rumah.

Nah, ini Resep Martabak Mie Sehat yang bisa dibuat di rumah, kapan saja. Insaallah anak-anak suka:

Resep Martabak Mie Sehat




Bahan Kulit Martabak:

120 gram tepung terigu

Air panas 100ml

2 sendok minyak sayur

Bahan Isian Martabak:

1 bungkus Mie Kering Cap Keluarga Hebat Lemonilo, rebus 5 menit dan sisihkan

2 butir telur

Daun bawang seledri secukupnya, sesuai selera

3 buah bawang putih, haluskan

2 buah bawang merah

Lada secukupnya

Garam secukupnya

*Bisa ditambahkan daging sapi cincang

Cara Masak:




  1. Kulit Martabak: Taruh terigu dalam wadah, tuang sedikit demi sedikit air panas sambil diaduk, masukan minyak sayur, lalu uleni hingga kalis, dan masukkan ke dalam wadah tertutup. Biarkan selama 1 jam.
  2. Isian Martabak: Setelah 1 jam, buat isian martabak dengan memasukkan semua bahan, aduk rata, dan sisihkan.
  3. Ambil adonan kulit martabak, dan tipiskan di atas fry pan.
  4. Nyalakan kompor dengan api kecil, perlahan masukkan isian martabak ke atas adoanan kulit martabak yang sedang dipanggang dalam api kecil.
  5. Setelah isian rata, lipat kulit martabak menjadi segi empat, hati-hati jangan sampai kulit robek dan isian martabak keluar berantakan.
  6. Kemudian setelah bentuk martabak sempurna, matikan kompor.
  7. Siapkan penggorengan dengan minyak goreng secukupnya, dan goreng martabak setengah matang tadi sampai benar-benar matang, perhatikan api dan jangan lupa bolak-balik agar tidak gosong.
  8. Martabak mie sehat siap disantap, bisa dikasih saus tomat, saus pedat, atau mayonise. Lezat!

Gampangkan, bikin cemilan sehat dari bahan Mie Kering Cap Keluarga Hebat Lemonilo, dibuat resep mie goreng spesial pun tidak kalah lezatnya dan lebih simpel. Tapi jika ingin yang berbeda bisa buat resep martabak mie ini, sekeluarga pasti suka dan mengandung nutrisi yang menyehatkan. Ini cerita saya dalam membiasakan keluarga dengan cemilan yang sehat, ceritakan juga dong tentang cemilan sehat kesukaan keluarga kalian? Share resepnya boleh banget.

 

 

You May Also Like

28 komentar

  1. aku juga suka makan mie lemonilo. Baru tau lemonilo ada juga kemasan seperti ini, beli aah trus ikutin resep martabaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, enak banget. Apalagi kalau pakai telur bebek dan daging cincang

      Delete
  2. Aku juga sering bikin ini tapi belum pernah coba kalau yang pakai Lemonilo, besok coba ah biar makin enak

    ReplyDelete
  3. Waini salah satu menu favorit orang rumah mbak, martabak telur. Idenya boleh juga pake mie, lebih sehat lagi masaknya pake air fryer tanpa minyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang aku gak punya air fryer sih khikhikhi

      Delete
  4. Kalau camilan enak gini, nggak cuma anak-anak yang doyan. Aku juga. Resepnya aku simpen ah, kapan2 mau bikin juga, Ditambahin daging cincang gitu enak ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget mba, kayak martabak telur yang beli deh

      Delete
    2. Udah gak usah beli, bikin sendiri sama anak-anak pakai bahan yang lebih sehat. Asyik bener!

      Delete
  5. saya juga suka banget mba sama martabak ini apalagi isiannya mie Lemonilo favorit keluarga saya. coba deh mau eksekusi resepnya mumpung ada mie Lemonilo juga dirumah. makasih mba resepnya.

    ReplyDelete
  6. ide bagus nih mbak soalnya anakku suka makan mie. Bisa buat kreasi mie lemonilo dibentuk jadi martabak. Mudah juga prosesnya.

    ReplyDelete
  7. Wah harus cobain nih, martabak mie pake lemonilo pasti anak2 suka soalnya mereka pada doyan ngemil juga nih

    ReplyDelete
  8. Wah ada Mie Kering Cap Keluarga Hebat Lemonilo sekarang . Makin bisa berkreasi bikin camilan sehat di rumah nih nanti. Seperti bikin Martabak Mie Sehat ala Mbak Eni ini

    ReplyDelete
  9. Bunda, anak2 dan para cucu kl ngumpul pilihan camilan barengnya padti deh martabak telor dan martabak manis. Bunda paling suka martabak telornya tp ya ampuuun begitu diambil minyaknya itu lho sampe hrs pegang 2 or 3 lembar tissue baru deh tetada aman buat menyantapnya. Resep ini bunda simpen di Memo hihi....mau praktek bikin dengan resep ini x bisa ngurangin minyaknya. Pasti.

    ReplyDelete
  10. Ni sih menu yg pasti disukai para bocil ya mbak. Anakku juga suka banget nih aku cobain deh bikin martabak mienya pake lemonilo

    ReplyDelete
  11. Gampang banget bikin martabak pakai mie Lemonilo. Enak buat cemilan dan jadi cara jitu buat bikin suasana di rumah dengan anak-anak kembali kondusif ya :D

    ReplyDelete
  12. Saya baru tau kalau Lemonilo ada varian mie keringnya. Bisa dibuat jadi mie goreng gitu ya...
    Resep martabak mienya bisa dicontek, ya, soalnya di rumah pada seneng martabak mie juga.

    ReplyDelete
  13. Oh kupikir ini mie pakai mie instan yang hijau itu loh dari Lemonilo ternyata ada mie kering sendiri ya. Kayaknya di indomaret belum ada, perlu beli online dulu.

    ReplyDelete
  14. Cemilan sehat emang penting untuk kita. Selain bikin kita seneng, camilan sehat juga bukan asal nyemil, tapi juga ada manfaatnya buat tubuh.

    Kalau camilannya martabak gitu, aku juga suka, Mbak. Suka banget. Hihihi

    ReplyDelete
  15. Wah, baru tahu lemonilo ada mie keringnya. Selama ini tahunya lemonilo mie goreng yang jadi favorit keluarga. Wah, bisa nih dicoba cemilan sehatnya. Gampang sepertinya cara buatnya

    ReplyDelete
  16. Aku baru tahu Lemonilo ada mie keringnya juga. Btw, ide resepnya boleh juga. Ini camilan tapi bikin kenyang. Kapan-kapan coba di rumah

    ReplyDelete
  17. Wah boleh juga nih
    Biasanya kalau makan martabak mi pakai bihun, sekarang bisa dikasih mi lemonilo biar lebih sehat ya mbak
    Kapan kapan mau recook ah

    ReplyDelete
  18. Mie Lemonilo suka coba. Yess cara mengkonsumsi mie instan sehat dengan memilih mie yg sehat tidak banyak kandungan micinnya ya lemonilo dg beberapa varian rasa

    ReplyDelete
  19. Wah ada resep Martabak Mie, kalau pakai lemonilo lebih sehat ya karena kandungannya aman dari bahan pengawet

    ReplyDelete
  20. Udah mau masuk sekolah jadi bikin cemilan ini cocok banget buat bekal ke sekolah nih. Asyik save ah resepnya. Buat bekal Aisyah dan Abang Fatih. Martabak mie Lemonilo

    ReplyDelete
  21. Wah,boleh juga ini idenya buat bekal sekolah, Martabak MIe Lemonilo.Bikinnya praktis banget bisa pakai kulit lumpia jadi ya mbak.

    ReplyDelete
  22. Wah keren, Mba Eni. Kulit martabaknya bikin sendiri juga ya. Martabak mie pastinya enak, apalagi pake mie lemonilo 😀

    ReplyDelete
  23. Kebetulan nih, kayaknya di kulkas masih ada stock kulit pangsit sama mie Lemonilo juga masih ada, mau buat juga aahh. Anak-anak pasti doyan juga nih.

    ReplyDelete