Serunya Bunbun Sensory Playdate 2022

by - July 28, 2022

 


Sabtu, 23 Juli 2022 kemarin, saya dan Binar menghadiri acara Bunbun Sensory Playadate 2022, yang diadakan oleh Mama’s Choice di Terrace Pejaten, Jakarta Selatan. Acaranya seru banget, tidak hanya Binar yang happy tapi saya yang mendampinginya juga merasa terhibur banget. Apalagi sejak pandemi saya tidak pernah mengajak Binar seseruan seperti di Bunbun Sensory Playadate 2022 ini.

Kalau tidak salah, terakhir Binar senang-senang bertemu dengan teman sebayanya, menikmati beragam permainan anak-anak, ketika dia berusia 1 tahun. Kemudian karena pandemi Covid 19, kami sekeluarga banyak melakukan aktivitas di rumah saja, Binar bertumbuh benar-benar di lingkungan rumah, baru ketika pandemi landai akhir-akhir ini sesekali saya bawa keluar rumah, wisata tipis-tipis yang tidak jauh dari rumah.

Jadi kebayang bagaimana gembiranya Binar bisa datang dan menikmati keseruan acara Bunbun Sensory Playadate 2022. Di mana dia bertemu begitu banyak teman sebayanya, bermain, melakukan aktivitas edukatif yang menyenangkan, bertemu Bunbun, sampai tidak mau pulang, hehe. Semua keseruannya akan saya ceritakan ya.

Bunbun Sensory Playadate 2022 di Hari Anak Nasional

Kelas Sensory untuk Pre Tots




Jujur, saya merasa surprise ketika mendapatkan tiket untuk datang ke even Bunbun Sensory Playdate 2022, karena seperti yang saya tulis di awal artikel ini. Jadi bisa dikatakan ini adalah acara seru pertama yang Binar hadiri, acara yang diselenggarakan oleh Mama’s Choice di Hari Anak Nasional. Cocok banget ya, di Hari Anak Nasional mengadakan acara yang membuat anak-anak bahagia.

Oya, Bunbun Sensory Playdate merupakan acara temu main bertemakan Dunia Bunbun loh, di mana Mama dan bayi dapat saling berinteraksi. Di sini, setiap anak dibagi sesuai dengan tingkatan usianya, yakni usia Baby 6-12 bulan, dan usia Pre Tots 12-24 bulan. yang mendapatkan tiket  memiliki kesempatan untuk mengikuti kelas Sensory dari Kindy Cloud secara gratis.

Binar mengikuti kelas Pre Tots, dan mendapatkan kit yang isinya beragam media untuk melatih sensory si kecil, seperti perangkat alat melukis dengan pewarna dari pewarna makanan, sehingga terjamin aman untuk anak-anak. Ada juga serangkai peralatan membuat topeng Bunbun yang terbuat dari piringan kertas, kapas, kertas origami, dan lain-lain. Sayangnya, kitnya tidak sempat saya foto lengkap, karena begitu dibagikan, langsung dibongkar oleh Binar, sangking excitednya.




Kelas Pre Tots di adakan di kebun Terrace Pejaten, meskipun outdoor tetap teduh karena banyak pohon dan juga diadakan di bawah tenda besar. Jangan khawatir nyamuk, karena sebelum masuk area bermain setiap anak wajib memakai Mama’s Choice Mozzbye Skin Protection Lotion yang dapat melindungi selama 8 jam kulit Si kecil dari gigitan nyamuk. Untuk prokes, semua yang hadir memakai masker, disediakan juga handsanitizer. Jadi Insaallah anak-anak aman ya.

Area kebun dihias banyak sekali rangkaian balon warna kuning dan putih yang bikin Binar heboh, dia memang sangat suka balon. Tersedia juga permainan untuk anak-anak, seperti ayunan, perosotan, papan panjat, sehingga selain mengikuti aktivitas sensory, anak-anak juga bebas bermain bersama teman-temannya.





Sementara area untuk Kelas Sensory yang berada  di bawah tenda besar transparant, dengan masing-masing peserta duduk beralaskan terpal yang dilapisi kain lembut. Jadi terasa nyaman, juga empuk, sebab di bawahnya tumbuh rerumputan, hehehe.

Anak-anak diminta bernyanyi, bergoyang bersama orangtuanya, melakukan aktivitas sensory yang dapat melatih motorik halusnya. Dan, saya mendapat beragam ide untuk memainkan aktivitas sensory ini di rumah bersama Binar, karena Binar kan belum sekolah. Aktivitas-aktivitas sensory yang diberikan Kindy Cloud bisa jadi kegiatan edukatif di rumah yang menyenangkan anak.


Di rumah bikin kepala Bunbun

Seperti saat meremas mie yang lentur, meremas dan menggenggam jelly yang kenyal, Binar sampai geregetan, hehehe. Berulang kali dia remas, aktivitas ini bermanfaat untuk anak mengenal warna, tekstur, dan juga memperkuat koordinasi motorik halus, terutama di jari dan telapak tangannya.




Setelah duduk beraktivitas, anak-anak diajak memasukkan bola ke dalam wadahnya sesuai warna, Aktivitas ini cukup seru karena anak-anak ditemani orangtua masing-masing berbaris, berlari kecil mengambil dan meletakkan bola secara bolak-balik, lalu dilanjutkan dengan bubble time yang bikin histeris karena serunya. Untuk lebih jelasnya, bisa lihat tayangan vidionya di instagram @duniaeni


Talkshow Bertema “Pentingnya Playdate & Bonding




Selain Kelas Sensory, dalam acara ini juga diadakan talkshow bertema “Pentingnya Playdate & Bonding dengan narasumber Psikolog Anak, Chitra Annisa dan Mama Influencer, Caca Tengker. Binar  langsung lari menuju area bermain, diawasi oleh Ayahnya, sementara saya menyimak talkshow.

Caca Tengker sebaga ibu yang memiliki anak kecil, berbagi pengalaman, bercerita tentang bagaimana gadget itu sangat mempengaruhi anak ketika masa pandemi ini. Sebab kondisi di rumah saja, orangtua yang juga bekerja menggunakan gadget, tanpa kebijakan orangtua mau meluangkan waktu bermain bersama anak. Maka yang ada anak-anak menjadi anak-anak yang pasif dalam komunikasi, motoriknya juga tidak berkembang baik, karena banyak main gadget.

Chitra Annisa juga menerangkan tentang sosialisasi di masa pandemi yang membuat anak-anak jadi tidak mudah bergaul. Dengan adanya playdate seperti Bunbun Sensory Playdate ini tidak hanya melatih motorik anak, tapi juga sosialisasi dengan bertemu teman-teman sebayanya. Selain juga merupakan bonding antara ibu dan anak loh.

Mengenal Bunbun Maskot Mama’s Choice




Oya, buat yang belum tahu siapa Bunbun, saya ceritakan sedikit ya. Jadi Bunbun maskot Mama’s Choice ini sudah ada sejak tahun 2020, Melalui Bunbun, Mama’s Choice ingin membuat konten edukasi yang menyenangkan dan menarik, serta menjadi sarana bonding antara Mama dan Si Kecil, seperti even Bunbun Sensory Playdate 2022.

Bunbun itu tidak sendiri loh, tapi juga ada keluarganya dan teman-temannya, yaitu  Mamabun, Papabun, Sunny, Ellie, Miu, dan Princess Sky. Mereka hidup di desa kecil yang ajaib, setiap hari Bunbun dan teman-temannya bermain dengan gembira, dan tentu saja berpetualangan di alam sekitar. Terbayang cerianya kehidupan Bunbun sekeluarga dan teman-temannya ya.

Nah, buat kalian yang ingin mendapatkan merchandise dan konten edukasi Dunia Bunbun bisa langsung ke sini ya https://bit.ly/3oBghgp

Cara Dapat Tiket atau Undangan Gratis Even Bunbun

Ada yang bertanya nggak, dari mana saya dan Binar mendapatkan tiket/undangan  ke even atau acara Bunbun Sensory Playdate 2022? Ini tiket atau undangannya gratis loh, caranya mudah sekali. Mama cukup dengan mengikuti aktivitas di media sosial Mama’s Choice. Nantis setiap Mama yang mendapatkan tiket wajib mengkonfirmasi kembali kehadirannya, baru deh tiketnya dikirim. So, jangan lupa follow dan aktif di media sosial Mama’s Choice ya. Ini akun instagramya @mamaschoiceid 

                                                                             

 

You May Also Like

4 komentar

  1. aiiih... happy sekali Binar.. acaranya seru ya kak, anak-anak pasti happy diajak kesini.Bunbunnya lucuu .. pengen foto sama Bunbun juga niih

    ReplyDelete
  2. Stimulasi sensory untuk anak-anak apalagi yang balita itu ternyata memang sangat penting. Kepsek TK anak saya bilang, ortu jangan buru2 menarget anak untuk mengejar akademik. Karenaakan banyak tangga yang mereka lewati. Banyak tantangan yang dihadapi ortu ttg kondisi anak ternyata penyebabnya ya karena tangga tumbuh kembang yang missed. Termasuk stimulasi sensori.

    ReplyDelete
  3. wah seru ya, mbak acaranya. semoga aja nanti di daerah juga ada acara kayak ini pasti anak-anak senang banget

    ReplyDelete
  4. Wah akhirnya ada event playdate offline ya, seru pastinya, mama-mamanya juga pasti excited

    ReplyDelete