5 Tips Memilih Ekspedisi untuk Bisnis Online

by - August 03, 2022

 

Saat era digital memasuki Indonesia, semua masyarakat nyaris seratus persen melakukan Beragam aktivitas seperti bersosialisasi, membaca, menuntut ilmu, bahkan juga bisnis. Lihat saja bisnis online yang semakin meruyak dengan beragam latar belakang pelaku bisnis online, dari mulai pelajar, mahasiswa, pekerja kantor, selebriti, hingga ibu rumah tangga.

Bisnis yang dilakukan mulai partai besar hingga kecil-kecil, macam reseller atau pedagang yang menjualkan barang maupun produk milik pihak lain. Karena memang bisnis secara online amat sangat menjanjikan  banyak keuntungan, bahkan nyaris tanpa modal. Hanya dengan ponsel dan kuota internet, sudah dapat melakukan bisnis yang menghasilkan cuan.

Awal Mula Menjadi Pelaku Bisnis Online



Saya sendiri merupakan pelaku bisnis online sejak tahun 2008, waktu itu sebenarnya secara tidak sengaja. Kebetulan selain seorang ibu rumah tangga, saya juga penulis novel, dan membuka akun media sosial facebook untuk berinteraksi dengan pembaca novel-novel saya. Awalnya tentu saja para pembaca tersebut mengenal saya dari novel saya, yang mereka beli di toko buku.

Mereka yang semula mengenal saya dengan membaca novel-novel saya, lalu menghubungi saya via email (maklum belum era digital, hehehe), berlanjut ke facebook. Saat itu memang facebook sedang booming, media sosial belum semeruyak saat ini. Jadilah komunikasi saling sapa, obrolan ringan tentang buku, konsultasi menulis, berlanjut ke membeli novel saya langsung di akun facebook saya.

Alasan mereka karena bisa langsung dapat tanda tangan dan ucapan dengan tulisan tangan saya, hehehe. Jadilah saya sibuk membeli novel saya sendiri ke penerbit atau distributor, para pembaca yang sudah pesan menunggu dengan tidak sabar proses pengiriman. Kesibukan mulai order buku, tanda tangan dan menulis pesan dan kesan, packing, sampai mengantarnya ke kurir ekspedisi, jadi keseruan tersendiri.

Apalagi ternyata dengan membeli ke penerbit atau distributor, saya mendapat keuntungan mulai 20%. Kalau yang pesan ratusan, sangat lumayan untuk ditabung. Maka tanpa sengaja saya dan suami lantas mulai memasarkan buku-buku teman penulis lainnya, sampai akhirnya menjual buku-buku dengan harga di bawah harga toko, dan sangat laris. Masyallah.

Tips Memilih Ekspedisi untuk Bisnis Online




Ternyata selain kualitas barang atau produk yang kita jual bagus, masalah pengiriman ini penting banget buat konsumen. Mereka bisa merasa puas, senang berbelanja di toko online yang kita kelola jika pengiriman barang aman dan cepat. Makanya memilih ekspedisi dalam usaha toko online itu penting banget.

Sekedar berbagi pengalaman dalam memilih ekspedisi yang sudah saya gunakan jasanya sejak awal menjual novel saya, hingga merambah ke toko online buku murah, berikut ini tips dalam memilih ekspedisi yang tepat untuk bisnis online:

  1. Ekspedisi tersebut memiliki web resmi yang memberikan beragam informasi, seperti layanan yang tersedia, estimasi pengiriman, tarif, hingga pelacakan atau tracking pengiriman.
  2. Memiliki customer service/call center atau layanan complain konsumen pengguna ekspedisi tersebut.
  3. Banyak digunakan dan direkomendasikan para pengguna, seperti konsumen toko online, seller online, maupun konsumen biasa.
  4. Tarif pengiriman terjangkau, dan sering membuat promo-promo yang menguntungkan pengguna
  5. Menjalin kerjasama dengan UMKM atau toko online, seperti adanya jemput paket ke lokasi pengguna secara gratis.

Nah, untuk itu sejak awal menggunakan ekspedisi saya memilih ekspedisi JNE. Kebetulan saat itu JNE memang memiliki web resmi yang memudahkan pengguna untuk mengetahui estimasi pengiriman, tarif pengiriman, hingga saat saya mengalami masalah paket yang belum sampai pun dapat dengan mudah komplain ke call center’nya.

Support JNE Pada UMKM dan Program CSR

Dalam perkembangannya JNE pun sangat mensupport para UMKM, beberapa programnya juga pernah saya tulis ya. Bagaimana JNE memberdayakan UMKM di beberapa kota, diantaranya Sorong, Jember, sebagai partner untuk konsultasi bisnis UMK. Termasuk juga berkolaborasi dengan Bank BNI.

Tidak hanya mensupport UMKM, tapi juga JNE memiliki program CSR untuk kebaikan masyarakat, mulai dari bidang ekonomi, kesehatan, olahraga, pendidikan, hingga kebudayaan. Bahkan di saat pandemi peran JNE begitu banyak, sehingga JNe tidak bukan sekedar pengiriman paket, tapi juga berbagai aspek di masyarakat.

Dan, beragam program CSR yang berkolaborasi dengan berbagai institusi membuat JNE mendapat penghargaan sebagai Perusahaan dengan CSR Terbaik oleh BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) dalam BAZNAS Award 2020.  Sebagai salah satu pengguna jasa JNE, saya ikut bangga JNE sudah menjalankan taglinenya “Connecting Happiness” yakni mengantarkan kebahagiaan.

Mengenai berita yang marak saat ini tentang kasus penimbunan beras di Depok oleh JNE, pihak JNE sudah memberikan klarifikasi di beberapa  media. Harapan saya sebagai masyarakat,pelaku UMKM, dan juga pengguna ekspedisi JNE, kasus  ini dalam diselesaikan denga baik. Masyarakat bisa bijak dalam menerima berita, sehingga tidak melupakan peran besar JNE di masyarakat.

You May Also Like

9 komentar

  1. JNE udah lama ada dan pastinya udh setle di dunia ekspedisi so gak diragukan lagi

    ReplyDelete
  2. Nah kalau saya memilih ekspedisi harus bisa ditracking ya itu perjalanan barangnya terus kalau ada kerusakan si ekspedisi bisa dimintai pertanggungjawaban ..nah yang selama ini ekspedisi yg saya gunakan ya JNE ini terbaik emang

    ReplyDelete
  3. Penulis kesukaan dan kesayangan akooooh

    tapi aku lebih suka baca status dan menikmati foto foto Eni sekeluarga di blog hihihiiii

    suka baca adek Binar - Pendar - kakak Sekar dan abang Pijar, suka sama nama nama mereka.

    ReplyDelete
  4. Terlepas dari kasus penimbunan beras bansos di Depok, JNE selalu jadi pilihan pertama ekspedisi pengiriman karena mudah trackingnya dan agennya banyak. Beberapa agen pun kasih layanan pick up barang.

    ReplyDelete
  5. Wah keren nih tipsnya buat yang mau buka usaha ol shop ya. Memang harus waspada pilih ekspedisinya karena ada yang gak amanah.

    ReplyDelete
  6. CSR JNE memang inovatif
    Banyak program menarik yang tak hanya memberikan kebahagiaan untuk karyawan tetapi juga pelanggan setianya

    ReplyDelete
  7. Karena biasanya pembeli itu rada rewel yaa, kak Eni.
    Kaya masalah ongkir atau masalah resi, yang alesannya agar bisa di tracking. JNE selalu amanah dalam mengirimkan barang apalagi kalau menggunakan jasa asuransinya. In syaa Allah aman sampai di alamat penerima.

    ReplyDelete
  8. JNE nih karena pemain lama jadi dari segi pelayanan juga udah oke dan settle. Aku pernah dapat supir grab yang ndilalah kerjaan aslinya sebagai customer service JNE dan setelah diceritain emang JNE dari sisi jangkauan sampai pelayanan masih yang terbaik.

    ReplyDelete
  9. Bener lho JNE ini udah terpercaya banget. Aku juga kalo belanja di toped atau shopee pilihnya ya JNE aja kalau bisa. Karena emang hampir pasti pengirimannya juga cepat. Apalagi area jabodetabek, hari ini kirim, hampir selalu besoknya nyampe.

    Masalah yang sedang dihadapi JNE semoga cepet terselesaikan sih yaa, karena sayang aja kalau nama yang sudah dibangun bagus2 puluhan tahun rusak karena 1 kejadian atau 1 oknum, huhu

    ReplyDelete