Peran Ekspedisi Sangat Penting Buat Bisnis Online Shop

by - February 28, 2023


Siapa nih yang punya usaha bisnis online? Era digital bikin marak usaha bisnis online ya, karena memang lebih simpel dan bisa dilakukan di mana saja, tidak membutuhkan model besar seperti offline. Makanya saya betah menjalankan bisnis online dengan menjual produk aneka buku dari novel sampai buku-buku pelajaran. 

Tapi berbinis online memerlukan ekspedisi yang tepat dan terpercaya, karena ekspedisi ini salah satu yang membuat bisnis online kita dipilih oleh konsumen. Nah, saya mau cerita nih tentang bisnis online saya dan ekspedisi yang saya pilih dan mendukung dalam bisnis online, terutama jika kalian menjual produk yang berat seperti buku-buku.

Menjalani Bisnis Online Shop Buku Sejak 2010




Oya, sebelum menceritakan ekspedisi yang saya pakai, saya cerita dulu sedikit bisnis online saya ya. Jadi saya dan suami sudah menjalani bisnis online sejak tahun 2010. Saat itu media sosial tidak semeruyak saat ini. Awalnya saya menggunakan media facebook, karena memang sebagai penulis novel, banyak pembaca saya yang berteman di facebook saya. Berawal dari menjual novel saya di facebook ini, kemudian kami merambah menjual aneka buku, dari novel fiksi, buku anak, hingga buku nonfiksi.

Meski saat itu suami sebagai distributor buku memasarkan buku-bukunya ke toko-toko buku offline, tapi ternyata menjual secara online di Facebook ini memiliki kelebihan bisa menjangkau pembeli lebih luas lagi. Tidak hanya di Indonesia, waktu itu pembeli buku kami ada dari Singapore, Malaysia, Turki, Italy.

Rasanya senang banget dong, novel-novel saya dan buku-buku yang kami jual mencapai belahan dunia lain. Terlebih ketika pembelinya memfoto buku yang kami jual sudah sampai di sana, dan mereka puas sekali dengan pengirimannya. Jujur, kadang saya berpikir ingin seperti buku-buku saya keliling dunia, hehehe (intermezzo).

Pentingnya Ekspedisi yang Bagus Bagi Bisnis Online Shop




Nah, soal pengiriman atau ekspedisi ini memang menjadi nilai penting dari bisnis online loh. Kepercayaan konsumen selain dari kualitas produk yang kita jual, mereka juga sangat menilai kecepatan pengiriman, kondisi pengiriman yang membuat produk atau barang yang mereka pesan tidak cacat/riject di jalan, dan tentu saja ekspedisi yang harganya terjangkau sekali.

Karena banyak sekali konsumen yang gagal beli karena kaget dengan jumlah ongkirnya. Misalnya seperti kejadian yang sering saya alami, ketika menjual buku hardcover maupun bookboard, ini biasanya kan memiliki berat yang ekstra. Meski harga buku sudah sale, tapi jika ongkir lebih mahal dari buku, mereka memilih untuk mengurangi pesanan atau bahkan dicancel.

Asli, pedih banget sih ini, hehehe. Karena kalau pun disubsidi dengan menekan harga buku lagi, sudah tidak bisa. Harga buku yang saya jual sudah murah banget, bayangkan dari harga Rp 75.000 bisa jadi hanya Rp30.000. Bahkan ada yang harga Rp10.000.

Apalagi peminat buku-buku banyak dari pelosok-pelosok karena di sana jarang toko buku, kalau ada pun jauh dan harganya mahal dari di pulau Jawa. Karena itu biasanya saya menawarkan menggunakan pengiriman dengan kargo, kargo ini jauh lebih murah dan menguntungkan dibanding express. Dan pengiriman kargo pakai J&T Cargo. Untuk pengiriman cukup mudah kita bisa langsung saja ke counter J&T Cargo terdekat kemudian akan dibantu dengan pegawai disana namun sebelumnya kita bisa cek ongir juga lho. Saya sendiri lebih memilih langsung ke counter J&T Cargo.

Alasan Mengapa Saya Menggunakan Layanan Cargo

Dari pengalaman saya menggunakan kargo, beberapa keunggulannya dibanding express adalah:

  1. Pengiriman kargo bisa untuk partai sedang hingga besar, bisa melalui laut, udara, dan darat dengan jarak tempuh yang lebih luas. Tentu saja tarip atau ongkos kirimnya lebih murah dibandingkan dengan tarip pengiriman express.
  2. Layanan kargo memiliki layanan jemput paket atau bisa dipick up, sementara pengiriman express memiliki kuota minimum  berat, jika tidak memenuhi kuota minimum berat konsumen datang langsung ke cabang gerai jasa pengiriman.
  3. Kargo sangat cocok untuk produk yang memiliki berat atau volume besar, dan untuk pengiriman jarak jauh, karena lebih hemat tarifnya.

Namun karena banyaknya jasa pengiriman kargo, jangan sampai salah pilih. Kalian bisa menggunakan layanan J&T Cargo. Setahu saya, J&T Cargo adalah layanan logistik kargo yang berbasis teknologi yang fokus pada pengiriman paket besar, seperti buku-buku yang saya jual. Buku-buku hardcover, bookboard, 1-2 buku ada yang mencapai 1kg. 

Untuk pengiriman paket besar pasti pilih jasa pengiriman yang menerima Cargo, karena berbagai alasan seperti yang saya jelaskan diatas. 

Kelebihan J&T Cargo

Sebagai pemilik usaha online shop, pengalaman saya menggunakan layanan J&T Cargo membuat pelanggan senang, terutama yang lokasi tinggalnya cukup jauh. Sebelumnya ada customer yang membeli banyak buku, beliau minta paket dikirim menggunakan jasa cargo yang lebih aman. 

Sebagai penjual tentunya saya selalu memberikan yang tebaik sesuai permintaan customer akhirnya saya memutuskan menggunakan jasa J&T Cargo. Untuk pengiriman seperti biasa saja semua buku dikemas dalam kardus dan dilapisi buble wrap, setelah itu ke counter J&T Cargo terdekat 

Pelayananya juga bagus, paket besar diterima dalam kondisi aman, dan pengirimannya tepat waktu, sehingga konsumen yang membeli buku di tempat saya merasa puas.

Memilih  J&T Cargo karena memiliki kelebihan yang bisa menjadi bahan pertimbangan kalian, terutama untuk kalian yang memiliki bisnis online shop dengan produk yang cukup berat, seperti buku, pakaian, dll.

Apalagi jika memiliki konsumen yang berlokasi di daerah-daerah, dimana ongkos kirimnya cukup mahal jika menggunakan express, atau memiliki konsumen reseller yang membeli produk kalian dengan partai besar. 

  1. Harga J&T Cargo jauh lebih murah dengan minimal berat 5kg
  2. Jangkauan J&T Cargo lebih luas  dengan cakupan 98% area di Indonesia
  3. Meski harga lebih murah  pengiriman menggunakan J&T Cargo tepat waktu
  4. Konsumen bisa cek keberadaan paket secara real time, dan mengetahui biaya kirim. Karena J&T layanan EzTrack, integrasi API untuk mempersingkat pengolahan informasi menjadi lebih cepat dan akurat sepanjang proses distribusi
  5. Cara order sangat mudah bisa melalui aplikasi, maupun website
  6. J&T Cargo memiliki layanan gratis jemput paket atau pick up

Nah, jadi J&T Cargo ini solusi banget deh buat bisnis online kalian, apalagi di J&T Cargo untuk paket regular juga mendapat layanan jemput gratis loh.


You May Also Like

22 komentar

  1. Pemilik toko online pasti ingin meningkatkan kualitas layanannya dan tentu salah satu faktor pentingnya yakni jasa ekspedisi yg kredibel. Akan jadi nilai plus juga jika mempunyai beragam pilihan paket pengiriman seperti misalnya melalui cargo untuk pengiroman dlm jumlah banyak/partai besar

    ReplyDelete
  2. Mantep mba.. jualan buku bs sampe keluar negeri. Ternyata jangkauan market di Facebook luas banget ya. Aku baru tau nih. Jd pengen jualan di Facebook jg pas baca ini. Mana skrg enak ada Jnt kargo buat pengiriman

    ReplyDelete
  3. Setuju layanan Cargo memang lebih bersahabat harganya, aku juga kadang2 kalo order yg volume nya besar dan cukup berat pasti pilih pengiriman Cargo dan Cargo J&T sudah banyak tersedia di olshop

    ReplyDelete
  4. Memilih partner jasa ekspedisi juga mempengaruhi performa bisnis online yang kita lakukan yaa karena semua menjadi satu kesatuan

    ReplyDelete
  5. Keren banget Mba Eni bisnis bukunya jalan terus, aku sudah berapa kali ganti barang jualan ya kangen jualan lagi tapi belum nemu produk yang cocok, kalau kirimnya enak J&T lebih murah dan aman

    ReplyDelete
  6. Kayaknya suami pernah deh mba pake jnt cargo ini waktu beli sepatu sebal gitu, lumayan terjangkau pengiriman dari pekan baru kalo gak salah. Deket juga dirumah outletnya ada nih. Emang beneran kudu pinter2 milih ekspedisi ya, apalagi buat yang punya usaha

    ReplyDelete
  7. Wah saya juga seneng kalau pakai kargo pas pesan barang-barang yang berat gitu. Pernah pesan coaster marmer untuk properti foto makanan. Kalau pakai yang reguler dsb gitu mahal karena coaster marmer kan berat he he. Apalagi ada temen2 yang nitip juga. Nah pakai kargo biayanya lebih hemat.

    ReplyDelete
  8. Sebagai pembeli saya juga senang ada layanan kargo, Mbak. Karena pernah pesan coaster marmer untuk properti foto makanan. Coaster marmer kan berat apalagi ada teman-teman yang nitip ikut pesan juga. Kalau pengiriman pakai kargo, biaya jadi lebih hemat.

    ReplyDelete
  9. Aku dulu waktu pernah jualan sabun mandi sereh, produknya ambil langsung dari pabrik di Semarang dan dikirim pakai kargo. Memang lebih lama sampainya sih, tapi biaya pengirimannya murah jadi aku bisa jual produknya dengan harga terjangkau. Sekarang udah ada J&T Cargo tentu sangat menguntungkan penjual dan pembeli ya.

    ReplyDelete
  10. Benar banget ini, rumusnya bisnis adalah cari kerjasama ekspedisi ya, biar makin memudahkan untuk berbisnis ya

    ReplyDelete
  11. Duuh si Ibuuuu kerenbanget euy.. dari dulu KONSISTEN! TEKUN! menjura dah pokokeee

    Pilah pilih partner jasa ekspedisi juga mempengaruhi performa bisnis online yang kita lakukan yaa karena semua menjadi satu kesatuan!

    ReplyDelete
  12. Aku seneng banget dapet pencerahan dari artikel BUbi.
    Karena kemarin sama Ibu rasan-rasan pengen kirimin buah mangga Surabaya biar aku bisa ikutan incip dan bingung mau pake paket apa ya.. yang harga terjangkau meski rada berat.

    Ternyata J&T Cargo jawabannya.
    Aku coba cari biar bisa bantu ibuku kirim paket dari Surabaya-Bandung.

    ReplyDelete
  13. Buku itu biasanya berat. Jadi kalau pakai ekspedisi yang melayani kargo, ini akan terbantu apalagi kalau ada yang antar jemput. Makin seneng deh karena gak repot anterin satu-satu

    ReplyDelete
  14. J&T Cargo juga memudahkan suami dalam menjalankan bisnisnya di bidang percetakan. Banyak pelanggan yang berasal dari luar Jawa jadi terbantu.

    ReplyDelete
  15. Yang aku suka dari jasa ekspedisi seperti JnT ini sekarang udah ada layanan jemput paket, ini memudahkan banget buat pemilik usaha online.

    ReplyDelete
  16. iya samaan sama aku bubi. aku juga beneran deh kebantu banget sama ekspedisi yang ngertiin kita kalau kirim-kirim kan maunya cepet dan sampai ke costumer dengan selamat. ongkirnya juga terjangkaulah dan amanah kayak JnT ini yaa. asyik banget lagi ada layanan jemput paket juga.

    ReplyDelete
  17. Solusi banget ya dalam berbisnis menggunakan J&T cargo ini apalagi barangnya itu besar

    ReplyDelete
  18. Setuju banget mba keberadaan bisnis online pastinya tidak terlepas dengan keberadaan jasa logistik sebagai alat pengiriman yang akan membantu proses bisnis online semakin lancar proses nya ketika dikirim ke customer dan pastinya jangan memilih jasa logistik yang sembarangan untuk bisnis online kita harus yang aman dan terpercaya

    ReplyDelete
  19. untuk barang-barang besar, memang baiknya pakai jnt cargo ini yaa. saya belum pernah nih pakai layanan jnt cargo ini biasanya pakai yang express dan economy

    ReplyDelete
  20. bisnis buku secara online ini memang menggiurkan sih ya Mbak, secara banyak yang suka buku juga dong ya, tapi kebentur lagi emang kalau udah bahas ongkir, hihih.
    Jadi ingat, saya juga pernah beli buku sale di Mbak kan ya? Tapi waktu itu sengaja minta dikirimin ke alamat Kakakku di Jakarta biar hemat ongkir, hihih. Waktu itu belum ada solusi pakai JnT Cargo sih ya :D

    ReplyDelete
  21. Ini cargo dari J&T sering banget ade pake kalau buat beli online barang2 besar. Macam sofa. Lemari. Murah dan aman banget. Cepet nyampenya.

    ReplyDelete
  22. Dulu industri buku memang luar biasa ya. Masing2 ada fans-nya. Kalau saya lebih tertarik baca fiksi, untuk pelepas lelah pas pulang kerja sampe ngantuk. Apalagi Mba Eni penulis buku juga, jadi pembaca Mba Eni juga punya rekomendasi buku2 lain. Memang kalo yg orang kampung macam sana nih, ongkir ini yg jadi masalahnya kalo jauh. Mesti pintar2 pilih ekspedisi yg terjangkau, tapi aman juga.

    ReplyDelete