Peran Ayah dalam Kehidupan Anak

by - March 24, 2023

 

Pentingnya peran ayah dalam kehidupan anak

Banyak masyarakat yang abai terhadap peran ayah dalam kehidupan anak-anak. Ayah lebih identik dengan pencari nafkah, tulang punggung keluarga, biasanya pesan ayah kepada anak lebih sering disampaikan melalui seorang bunda. Ayah lebih berperan dalam hal materi, memberikan kehidupan keluarga dengan materi.

Sementara peran bunda kepada anak meliputi semua aspek dari yang besar hingga hal terkecil, seperti mencarikan sekolah, merawat ketika sakit, menyiapkan makan, membereskan mainannya, menemani bermain, mengantar anak membeli camilan, membacakan buku cerita atau mendongeng menjelang anak tidur, hingga mengajak anak ngobrol hal-hal kecil.

Kondisi seperti ini membuat tanpa disadari dalam masyarakat kita sudah terjadi fenomena fatherless, akibat peran ayah baik secara fisik dan psikologis hilang dalam proses pengasuhan dan tumbuh kembang anak. Padahal peran pengasuhan dan tumbuh kembang anak harus seimbang diisi oleh ayah dan bunda.

Sedihnya, meski fatherless dalam kehidupan masyarakat kita banyak terjadi, tapi tidak disadari karena memang budaya masyarakat Indonesia memposisikan peran bunda dalam domestik dan ayah sebagai pencari nafkah sangat mutlak. Pola asuh yang sudah mengakar kuat sejak dulu secara turun temurun. Mengakibatkan ketika anak kehilangan seorang bunda karena suatu hal, seperti perpisahan karena penceraian atau kematian, membuat anak sulit bangkit.

Vidio Parenting Generos Menyadarkan Arti Peran Ayah pada Kehidupan Anak


Ayah berperan secara fisik dan psikologis dalam pengasuhan dan tumbuh kembang anak

Maka saat saya menonton vidio parenting Generos, yang menampilkan adegan seorang ayah mengambil peran bunda kepada anaknya, ketika istrinya tidak ada. Rasanya hati saya haru biru, perasaan sedih dan juga haru bercampur menjadi satu. Terlebih itu moment bulan puasa Ramadan, di mana kehadiran bunda menemani anak buka puasa dan sahur menjadi moment yang sangat special.

Bagaimana seorang ayah mengambil peran-peran kecil tapi sangat berarti, yang banyak diabaikan seorang ayah, ada dalam vidio ini. Ayah membangunkan sahur, makan sahur bersama anak, menyiapkan buka puasa, mengajak anak mencari takjil, menemani buka puasa, membacakan buku cerita menjelang tidur, memberi anak vitamin terbaik, sampai mengajarkan anak cara melipat baju.

Saat melipat baju terjalin komunikasi, bagaimana cara melipat baju yang benar dan memberikan apresiasi kepada anak dengan pujian. Ini hal-hal yang sering dilupakan seorang ayah kepada anaknya, yang sebenarnya sangat dibutuhkan anak. Komunikasi ayah dan anak salah satunya membuat anak lebih bahagia dibanding anak yang tidak atau kurang mendapatkan peran ayah dalam kehidupannya.

Komunikasi ayah kepada anak juga menumbuhkan rasa percaya diri anak karena anak merasa berharga dan dicintai, dan cenderung memiliki kondisi emosional yang stabil. Anak juga tumbuh menjadi pemberani, ini bisa terlihat dalam vidio bagaimana anak perempuan yang kehilangan bunda masih bisa tersenyum dan berbagi kebaikan kepada orang lain.

Ayah sudah memenuhi cangkir kasih sayang dalam diri anak dengan berperan sebagai ayah secara fisik dan psikologis. Peran seperti ini yang harus dimiliki dan dibiasakan dalam pola asuh orangtua secara lengkap, dan vidio parenting Generos membuka mata bahwa pola asuh gender tradisional yang membeda-bedakan peran ayah dan bunda bisa mengakibatkan fenomena fatherless.

Untuk saya pribadi jadi memahami, dan bisa berdiskusi dengan suami untuk melakukan pembenahan pola asuh. Karena ada beberapa bagian yang belum diperankan dengan baik, seperti ayah yang mengajarkan pekerjaan domestik kepada anak, membacakan buku cerita menjelang tidur, dan mengobrol hal-hal kecil dengan anak.

Haruskan Ayah Berperan Sebagai Bunda?




Namun meski ayah berperan penting dalam pengasuhan dan tumbuh kembang anak tanpa harus dikotakkan oleh gender tradisional, bukan berarti ayah secara fisik menjadi bunda seperti yang saya lihat di vidio parenting Generos. Dimana ketika anak perempuannya menanyakan: Kapan buka puasa bersama, Bunda?


Lalu Si Ayah melakukan peran fisik sebagai bunda dengan mengenakan bandana dan baju istrinya, karena begitu ingin mewujudkan keinginan gadis kecilnya. Padahal ayah dapat memilih untuk menceritakan secara jujur dengan memilah waktu dan kata-kata yang tepat. Anak pasti akan lebih  mengerti walau sedih, karena kebiasaan ayah dalam vidio parenting Generos yang sering mengajak anak komunikasi selama ini sudah menumbuhkan rasa percaya diri dan nyaman pada diri anak.

Bagaimana ayah mengasuh anak dengan baik sudah menumbuhkan pola asuh yang benar, anak tidak perlu lagi dibohongi dengan seolah-olah ayah adalah bunda dalam wujud yang dibuat-buat seperti seorang bunda atau perempuan. Namun lepas dari itu semua, saya mengacungkan jempol untuk vidio parenting Generos.

Mari para Ayah, sudah saatnya berperan dengan baik dalam pola asuh terhadap kehidupan anak!

You May Also Like

18 komentar

  1. peran ayah dalam tumbuh kembang anak memang penting karena bisa membantu anak lebih percaya diri juga membantunya bersosialisasi

    ReplyDelete
  2. wah aku baru tau nih soal pendekatan edukasi tentang maraknya fenomena fatherless akhir-akhir ini lewat video Generos. Aku izin share artikel ini ke WAG keluarga aku yah!

    ReplyDelete
  3. Suka banget dengan video dari generos ini, ya meskipun sama seperti mbak ni, saya pun kurang setuju ketika ayahnya harus mengenakan pakaian wanita.

    ReplyDelete
  4. peran ayah sama pentingnya dengan peran bunda dalam keluarga, karena keduanya saling melengkapi. saya pun selalu mengajak paksuami untuk bisa berperan dalam pengasuhan anak-anak, secara kan tanggung jawab bersama juga.

    ReplyDelete
  5. Menjadi orangtua memang sebuah perjalanan yang luar biasa.
    Dan ada masanya mungkin pilihan kita dianggap kurang tepat, namun sesuai dengan usia, karakter dan jenis kelamin anak, ada pendekatan yang bisa dilakukan sebagai Ayah kepada anaknya.

    ReplyDelete
  6. Video Generos ini sangat inspiratif ya mbak
    Menyadarkan kita akan adanya fenomena fatherless
    Dan juga menjadi catatan penting bahwa begitu besar peran ayah dalam pengasuhan

    ReplyDelete
  7. Pastinya berperan banget nih peran ayah buat anaknya. Mendidik anak soalnya bukan hanya tugas ibu aja harus kerja sama satu dengan lainnya

    ReplyDelete
  8. Setuju banget Bun, seorang ayah juga punya peran yang amat penting dalam proses pengasuhan seorang anak, karena berdampak pada tumbuh kembangnya

    ReplyDelete
  9. Peran ayah dalam hidup anak sangat penting untuk menanamkan nilai dan moral pada anak, agar dapat tumbuh menjadi seseorang yang terhormat sekaligus dihormati.

    ReplyDelete
  10. Idem nih aku kurang setuju kalau ayah harus pakai baju perempuan hanya buat menenangkan anak. Soalnya aku percaya anak tuh pinter jadi kudu dijelaskan pelan2 ttg hal yang sebenarnya. Walaupun nanti akhirnya dia mencernanya tu pelan2 gak bisa cepet, tapi nanti ada masanya dia paham.

    ReplyDelete
  11. Penting banget peran ayah dalam mendidik anak, anak belajar jadi tegas dan kuat. Kadang bagi tugas dengan suami agar mengerti repotnya mengurus anak, rumah dan mencari tambahan penghasilan.

    ReplyDelete
  12. Sudah sewajarnya kalau ayah ikut berperan dlm pengasuhan krn anak merupakan tanggung jawab ayah dan ibu.

    ReplyDelete
  13. Ah iya gak perlu si ayah malah pakai pakaian bunda, tetapi sosok kuat seorang ayah yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya

    ReplyDelete
  14. Kehadiran ayah memang sangat penting tuk perkembangan anak. Ayah ga hanya dibutuhkan duitnya. Bagus nih videonya semoga menyadarkan para ayah yang masih abai.

    ReplyDelete
  15. Selain berbagi tugas juga dengan istri sehingga kerjaan jadi ringan tapi bisa berbagi menumbuhkan rasa curhat pada sang ayah dan percaya diri.

    ReplyDelete
  16. Bener banget mba banyak para ayah yang abai akan pentingnya kehadiran sosok ayah ditengah tumbuh kembang anak.. dulu ayahku bukan tipe yang seperti itu ke anaknya, tapi diantara anak yang lain aku yang paling deket sama bapak..makanya sekarang sebisa mungkin kerja sama sm suami agar sosok ayah dapat selalu hadir

    ReplyDelete
  17. Memang kayaknya nggak semua ayah paham ya pentingnya peran mereka dalam pengasuhan anak. Ada ayah yang tahunya tugasnya adalah mencari uang saja dan menyerahkan sepenuhnya pengasuhan anak kepada ibunya

    ReplyDelete
  18. Peran ayah itu memang sangat penting ya Kaka. Karena harus menjalin kedekatan anak dan ayah juga harus supaya kasih sayang dan perhatian sanga ayah full terhadap anak. Aku sangat setuju mengurus anak itu harus sama-sama tidak melulu tugas Ibu.

    ReplyDelete