Tips Memilih Koper yang Tepat

by - May 20, 2024

 

Siapa yang gemar koleksi koper? Ibu saya termasuk yang gemar koleksi koper, meski tidak banyak karena mungkin berhubungan dengan budget, tapi ibu saya memiliki lebih dari 5 koper. Dulu saat saya kecil sampai mempertanyakan, kenapa harus punya koper sebanyak itu padahal ibu hanya ibu rumah tangga yang sesekali pulang ke kota kelahirannya.

Koper milik ibu ada beragam model, ada yang kecil dan kotak dalamnya terlihat luas, ada yang  besar dengan kotak dalamnya banyak sekat. Jika pulang ke kota kelahirannya dalam keadaan darurat, seperti ketika nenek saya meninggal, ibu hanya membawa koper mini. Namun setiap mudik lebaran ibu akan membawa koper yang besar.


Koper Travel


Setelah saya dewasa, apalagi setelah menjadi seorang ibu, saya menyadari koper tidak lagi hanya wajib dimiliki bagi seseorang yang menyukai travelling atau pun perjalanan liburan, sebab kebutuhan akan koper sangat penting. Salah satu contoh nyata adalah ibu saya yang sampai koleksi koper karena beberapa alasan yang cukup masuk akal.

Tapi untuk saya pribadi memiliki koper secukupnya lebih baik, secukupnya dalam arti sesuai kebutuhan, meski bebas saja jika seseorang menjadikan koper sebagai bagian dari fashionnya, sehingga mengoleksi beragam koper yang sesuai dengan stylenya, mulai warna dan brandnya. Sebab sekarang koper hadir dengan model yang stylish, salah satunya koper polo yang banyak memiliki koleksi warna dan model sesuai selera dan kebutuhan. 

Jangan Asal Memilih Koper!


Koper murah


Namun yang perlu diingat membeli koper sebaiknya tidak asal, sehingga tidak jadi mubazir alias dibeli tapi tidak bisa dimanfaatkan dengan maksimal sesuai harapan. Jadi meski hanya memiliki 1-2 koper tetap bisa digunakan sesuai kebutuhan. Beberapa tips yang saya ketahui dalam memilih koper, mungkin bisa menjadi rekomendasi kalian dalam memilih koper.

Tips Memilih Koper:

Pilih jenis koper sesuai kebutuhan, misal jika kalian senang bepergian sendiri dan membawa barang secukupnya, serta menggunakan pesawat, sebaiknya memiliki koper kabin atau koper kecil dengan ukuran 16 inch. Koper  yang dirancang bisa dibawa ke kabin pesawat.

Cari koper yang memiliki penyimpanan eksternal dan internal, karena kantong yang terdapat di luar koper ini bermanfaat sekali untuk menaruh barang agar mudah diakses, misalnya tiket, paspor, ponsel. 

Perhatikan jumlah roda koper kalian. Nah, ini ternyata tidak kalah penting loh, karena jumlah roda koper sangat mempengaruhi. Jika kalian memiliki keterbatasan dalam mengangkat berat karena suatu hal, sebaiknya  pilihlah koper dengan roda empat. Sebab koper roda empat lebih mudah digerakan tanpa perlu memiringkan koper yang membutuhkan tenaga ekstra. Apalagi jika bawaan kalian cukup banyak, dan ukuran koper medium.

Sistem keamanan atau penguncian. Ini merupakan hal penting yang harus kalian perhatikan saat memilih atau membeli koper. Sebab, dalam koper pasti banyak benda berharga dan penting, yang jika hilang akan mengacaukan semua perjalanan kalian. Apalagi beberapa negara Eropa memiliki syarat koper dengan gembok TSA. 

Sesuaikan dengan budget, ini sepertinya semua setuju karena apapun selera kita jika diluar budget akan memberatkan. Jadi sebaiknya selain memilih koper berdasarkan point 1,2,3, dan 4, jangan lupa beli koper sesuai budget.

Setelah membaca artikel ini, apakah kalian sudah mendapatkan koper yang cocok? Sebentar lagi liburan sekolah, ada baiknya tengok koper kalian di rumah, apakah sudah sesuai untuk kebutuhan libur bersama keluarga? Atau mungkin ingin berlibur sendiri? Semua tentu akan menyenangkan jika bepergian tanpa direpotkan dengan barang-barang bawaan, karena sudah memilih koper yang tepat. Setuju?

 

 

You May Also Like

20 komentar

  1. Makasih tipsnya. Kapan hari aku kepikiran buat beli koper, murah aja gak papa. Tapi dipikir-pikir lagi, kayanya bakal sayang. Harusnya sekalian beli yang bagusan biar awet dan bisa dipakai kapan saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena koper itu kegunaannya penting dan juga perjalanannya membuat berbagai peristiwa, aman dan hemat mending beli yang mahal sekalian sih

      Delete
  2. ukuran koper yang mau dibeli, ya kudu sesuaikan sama kebutuhan.
    kalau mau banyak isinya, maka beli yang agak gedean ya mbak, tapi ya sebisa mungkin jangan jadi nambah cost pas traveling karena kelebihan beban hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya ini penting ya selain bahaya juga kita jadi kepayahan bawa koper khikhikhi

      Delete
  3. meski memang harganya wah banget tapi ada harga ada kualitas ya mba, makanya kudu pinter2 pilih koper

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seperti itu karena beli murah kalau cepet bodol ya sama saja jatuhnya ya

      Delete
  4. Kami di rumah memiliki beberapa koper karena memang suami sering bepergian. Koper yang kuat, awet, dan tahan banting perlu banget biar gak bolak-balik beli dan barang di dalamnya juga lebih aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bangettt, Mba, kesannya boros di awal tapi hemat untuk jangka panjang

      Delete
  5. Mesti teliti beli koper ini. Mending sekalian yang bagus karena koper biasanya (terutama jika bepergian dengan pesawat udara) bakal dilempar, dibanting dll. Jadi kalau kualitas bagus bakal tahan banting dan awet dipakai hingga nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bener banget ini. BIsa ambtyar ya mau hemat kalau malah jadi beli lagi beli lagi karena kwalitasnya jelek

      Delete
  6. Aku punya beberapa ukuran koper di rumah, karena memang beli sesuai kebutuhan juga. Apalagi semenjak punya anak jadi perlu size koper besar juga, terlebih kalau travelingnya lama. Selain ukuran biasanya yang jadi pertimbanganku beli koper adalah jenis bahannya.

    ReplyDelete
  7. Save dulu tipsnya ya mbak meski saat ini belum kefikiran buat beli koper. Ehheheehh... Insyaallah besok lusa beli koper buat travelling atau naik haji. Aaamiin

    ReplyDelete
  8. Iya sih koper kayanya perlu beli beberapa disesuaikan dengan kebutuhan. Kadang butuh yang ukuran kecil atau besar sekalian, tergantung pergi-pergiannya ke mana.

    ReplyDelete
  9. sebenarnya aku tim backpack tapi setelah anak 2, lumayan juga gendong backpack kemana-mana jadinya sekarang kalau traveling ya geret koper. Harga koper memang lumayan tapi kualitas sih yaa karena kan dipakai bertahun-tahun dan bawa banyak barang di dalamnya.

    ReplyDelete
  10. Koper zaman sekarang tuh bisa macem-macem banget yaa.. mau harga berapa aja, adaa..
    Dan uniknya, kini koper anak-anak pun ada. Jadi bisa melatihkan anak untuk tanggungjawab sama barang bawaannya sendiri.

    ReplyDelete
  11. Aku juga sana dengan mba Armita punya beberapa koper. Pernah beli koper di bandara Malaysia saat rusak koperku. Pernah beli juga di Mekkah. Tapi bener deh memilih roda ini penting banget karna bikin yang praktis dan nggak ribet juga

    ReplyDelete
  12. Nice info 🤩 Sangat terbantu sekali aku dengan tipd memilih koper yang tepat. Apalagi terkait roda koper, penting bingits nih. Jadi makin yakin mau pesen koper buat healing nanti, biar liburan dan bepergian makin nyaman.

    ReplyDelete
  13. Wah, iya penting banget info ini
    Aku lagi pengen beli koper
    Cuma bingung juga gimana milihnya
    Baca ini jadi tahu deh, apa yang harus diperhatikan saat membeli koper

    ReplyDelete
  14. Koper di rumahku awet banget dan tahan banting hehee, kalau pilih koper kurang tepat yang ada malah jadi kurang bagus dan ga awet yah

    ReplyDelete
  15. Saya punya koper pertama kali ketika hendak perjalanan dinas ke luar negeri mbak. Itupun yang beliin bos hehehe... mahal sih soalnya. Begitu landing di negara tujuan, eeeh baru beberapa saat ditarik, rodanya udah ada yang lepas. Huhuuu... pengalaman pertama perjalanan jauh dengan koper yang rodanya lepas satu tuh sesuatu :(

    ReplyDelete