Saturday, January 16, 2016

Imunisasi Yang Terlewat


Pendar
Pendar 14m

Moms, jika anak anda diimunisasi, pernahkah mengalami imunisasi yang terlewat? Misalnya, si kecil yang harusnya usia 2 bulan divaksinasi X, tapi terlewat sampai usia 3 atau 4 bulan belum divaksinasi X. Faktonya banyak, entah karena saat jadwal tersebut si kecil sedang tidak fit, atau kita melakukan perjalanan ke luar kota, sibuk lalu terlupa begitu saja dan ketika ingat sudah terlewat...BINGUNG.

Haduw, gimana nih terlambat? Perlu diimunisasi atau sudah terlambat, dsb. Akhirnya karena bingung terus...eeehm, biasa banget nih, penyakit malas keluar. Terlewat deh se kecil tidak diimunisasi.


Nah, ini kejadian sama saya, Moms. Si kecil Pendar belum divaksinasi Campak pada usia 9 bulan, karena pertama tidak fit, lalu kami pindah rumah dan jauh dari dokter langganan. Kesibukan dan terakhir...lupa. Jadi lah usia 13 bulan Pendar belum juga dicampak.

Diantara kebimbangan itu, tiba-tiba KEB (Kumpulan Emak Blogger) nginfoin ada tanya jawab tentang #VaksinAnak bersama @Prosehat dan @dr_kristo Dr.Kristoforus di twitter, tanggal 15 Oktober 2016 kemarin...Yihaaaaa, walau saat itu kondisi hujan ada petir-petirnya. Harap-harap cemas nyalain laptop..alhamdullilah hujan reda, petir hilang. Sinyal wussssss:

Pertanyaan saya:
Pendar saat usia 9 bulan vaksin campak terlewatkan, dan kini usianya 13 bulan. Bagaimana, dok, apakah sudah terlambat dalam arti tidak bisa mendapat vaksinasi campak atau masih bisa?

Jawaban:
Kalau vaksin campak telat < 1 tahun bisa dilanjutkan atau boleh langsung diganti vaksinasi MMR, jadi campaknya dilewati saja. Karena vaksinasi campak sudah ada di COMBO MMR.

Yesss, lega deh saya dapat info demikian.

Sebab penyakit campak itu berbahaya loh, menyerang sistem imun kekebalan tubuh dan tingkat resiko tertinggi adalah  yang menyerang anak di bawah usia 5 tahun karena bisa berakibat fatal. Komplikasi radang paru-paru (pneumonia), radang telinga (otitis media), diare, radang otak (ensefalis). Bahkan ada anak yang bertahan dari sakit campak, mengalami kebutaan, tuli atau kerusakan otak. Sereeeeem...

Memang efek vaksinasi campak membuat suhu tumbuh anak demam sekitar 2 hari, sangat jarang ditemukan yang lebih dari dua hari. Pengalaman dari dua anak saya sebelumnya, begitu. Biarlah, sedikit rewel, dari pada mengobati lebih baik mencegah. Soal halal dan haram, sekarang hampir semua vaksin yang ada diproses dengan cara yang halal.

Ayo, Moms..yang telat vaksinasi..jangan malu bertanya pada ahli medis, supaya si kecil tidak tertinggal imunisasi. Anak sehat, Ibu Bahagia ^_^


7 comments:

  1. Alhamdulillah alfi ndak pernah telat imunisasi. kebetulan imunisasinya di polindes setelah posyandu jadi selalu diingatkan sama petugasnya.

    sehat terus ya dek Pendar.... :)

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah alfi ndak pernah telat imunisasi. kebetulan imunisasinya di polindes setelah posyandu jadi selalu diingatkan sama petugasnya.

    sehat terus ya dek Pendar.... :)

    ReplyDelete
  3. waaah, enak ya mba, kalau di rumah yang dulu jalan kaki imunisasinya. ini belum dapat yang sreg (ibunya bawel nih jd pakai cari yang sreg xixixi)
    aamiin, makasih atas doanya

    ReplyDelete
  4. Iya Mbk, mending nanya ya. Aisyah alhamdulillah enggak terlalu jauh jaraknya, paling 1 bulan.

    ReplyDelete
  5. Pernah terlambat imunisasi krn anak masuk NICU setelah lahir, tapi untung bisa dicatch up, setelah sebelumnya diomelin dokter hahaha

    ReplyDelete
  6. mba @Naqiyyah ini karena aku terus lupa dan sibuk ini itu, dokter langganan jauh huhuhu #AlasanAjaYa

    ReplyDelete
  7. mba @Aprilia, sehat terus ya si kecil, aamiin

    ReplyDelete

Instagram

Domain Murah

CATEGORIES

>

Mengenal Mpasi versi WHO

MPasi WHO Homemade Yuk, Kenalan Dengan Mpasi Versi WHO Untuk Lintang, Pijar, saya belum mengenal Mpasi versi  WHO. Keduanya saya be...

HEY THERE .....

Eni Martini

Penulis novel, bukunya sudah diterbitkan lebih dari 20 judul. Salah satu difilmkan Mplus tahun 2010. Owner di bliblibuku.com, ibu dari 3 anak, penyuka teh hangat-perjalanan, fashion dan ...lifestyle blogger.

COMMUNITY

  • Powered by Blogger.