Monday, March 28, 2016

Yuk, Cerdaskan Si Kecil Sejak Dini


Morinaga
Pendar usia 16 bulan


Mengapa kita harus menyiapkan kecerdasan anak sejak dini? 

Pentingnya Stimulasi Anak

“Karena otak dan daya tahan tubuh saling bergantung dan bekerja timbal balik, maka pemberian stimulasi menjadi sama pentingnya dengan nutrisi, terutama selama 1000 Hari Pertama kehidupan (1000 HPK) si Kecil, “ jelas DR.Dr.Ahmad Suryawan, SpA(K), Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, RSUD Dr.Soetomo / FK Unair Surabaya.

Perkembangan anak akan mencapai masa periode emas pada 1000 hari pertama kehidupan dan dalam periode ini, sel otak dapat berkembang hingga 80% dari potensinya. Hal ini menandakan bahwa pemberian stimulasi, menjadi kunci utama untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Karena itu selain nutrisi anak, kita harus stimulasi anak sejak dalam kandungan. Perbagai peristiwa penting banyak terjadi di masa dalam kandungan, yaitu pembentukan organ-organ utama manusia, Seperti otak, jantung, paru, hati, ginjal, organ indera mata-telinga-hidung, dsb.  


  • Beberapa stimulasi anak sejak dalam kandungan:
  1. Membelai dengan lembut perut kita saat hamil sambil ngobrol yang positif
  2. Memperdengarkan suara-suara seperti musik klasik, mau pun murrotal (untuk yang muslim)
  3. Saat mandi menyiram bagian perut sambil membelai lembut, menceritakan kegiatan mandi
  4. Membawa ke cahaya terang dan gelap sambil membelai perut lembut dan memberitahu bahwa siang terang, malam gelap.
  5. Membaca buku dan surah-surah dalam Al Quran bagi yang muslim
  • Stimulasi saat anak terlahir hingga usia 6 bulan:
Periode kedua layaknya “pintu” antara dunia dalam kandungan dan dunia luar, untuk pertama kalinya si kecil  melihat dunia luar setelah 9 bulan di dalam kandungan. Disinilah periode terbaik untuk membentuk jaringan sirkuit otak yang nantinya digunakan untuk tumbuh kembang anak hingga dewasa. Salah satunya, tentu saja stimulasi dalam  menyusui ASI ke bayi. Sebab bayi yang memiliki kesempatan menyusui melalui ASI setelah lahir mempunyai kesempatan terbaik untuk belajar memfungsikan organ vital-nya secara mandiri.

Ketika menyusui si kecil hal yang sebaiknya dilakukan:
  1. Mengajaknya bercakap-cakap atau bersenandung
  2. Membacakan doa-doa
  3. Menatap matanya dengan intens
  4. Membacakan buku cerita atau dongeng
  • Stimulasi Usia 6 bulan hingga 2 tahun
Pada masa ini organ tubuh anak yang telah terbentuk di masa sebelumnya akan mulai berfungsi. Gangguan pembentukan organ dalam masa ini akan berakibat menetap seumur hidup. Seperti pola makan, pola tidur, tektur Mpasi, dll akan mempengaruhi tumbuh kembangnya tersebut.

Stimulasi yang bisa dilakukan:
  1. Mengenalkan tektur makanan padat seusai dengan tahap usianya
  2. Mengenalkan mainan dan buku
  3. Membiasakan membaca doa meski si Kecil hanya menyimak, karena pada tahap perkembangannya si Kecil akan meniru gerakan dan kemudian secara verbal.
  4. Membiarkan makan sendiri meski blepotan
  5. Mengajak berenang atau ke taman bermain, maupun kebun binatang
  6. dll
MoriCare+ Prodiges
MoniCare+ Prodiges adalah formula baru dari Morinaga Platinum. Komposisinya lebih lengkap karena dilengkapo dengan MoriCare+
Dalam mendukung pengembangan potensi si Kecil menjadi Generasi Platinum, yaitu anak-anak yang siap menghadapi masa depan dengan bekal fisik yang sehat dan kecerdasan intelektual, emosi dan spiritual, Morinaga, di bawah Kalbe Nutritionals., tahun 2015 lalu melansir MoriCare+ Prodiges yang merupakan sinergi antara nutrisi dan stimulasi. Dua hal yang penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan kecerdasan seperti yang sudah dikatakan DR.Dr.Ahmad Suryawan, SpA(K), Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, RSUD Dr.Soetomo / FK Unair Surabaya.

Kerjasama dengan Morinaga Research Center Japan, telah menghasilkan sinergi nutrisi untuk mendukung:
  1. Kecerdasan multitalenta (brain care)
  2. Memberikan pertahanan tubuh ganda (body defense)
  3. Mendukung tumbuh kembang optimal (body growth)
  4. Mendukung kebutuhan nutrisi Si Kecil
Dimana saya yang Pro ASI (Morinaga juga Pro ASI loh) sehingga setelah usia 12 bulan, saya mengenalkan si kecil dengan susu selain ASI untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan kecerdasannya.

Sementara untuk sinergi stimulasi, MoriCare+ Prodiges memiliki modul stimulasi digital berjudul Multiple Intelligence Play Plan atau MI PlayPlan, untuk mendukung para orangtua dalam mengenali dan mengembangkan potensi Si Kecil.

Apa sih Multiple Intelligence anak?
Multiple intelligence anak atau kecerdasan majenuk, menurut Howard Gardner (1993) meliputi:
  • Kecerdasan matematika atau logika

Morinaga
Pendar Usia 16 Bulan

Kemampuan anak dalam berhitung, biasanya anak menyukai aktivitas berhitung dan memiliki kemampuan dalam pelajaran matematika. Apabila kurang memahami, anak akan terus berusaha hingga bertanya. Anak yang memiliki kecerdasan ini sangat cocok distimulasi dengan bermain puzzle, catur, teka-teki
  • Kecerdasan bahasa
Pendar Usia 7 -16 Bulan

Anak memiliki kemampuan bahasa secara tulisan dan lisan, sangat menyukai menulis cerita atau puisi sehingga cocok sekali distimulasi dengan dibacakan dongeng, diajak komunikasi. Karena daya tangkapnya cepat sekali dengan cara mendengarkan dan verbalisasi, dan daya ingatnya sangat detil
  • Kecerdasan musikal
Anak memiliki daya tangkap yang bagus tentang musik-irama-nada, sangat bagus distimulasi dengan memainkan alat musik dari yang mudah, seperti dram, pianika.
  • Kecerdasan visual-spasial
Kemampuan anak menciptakan imajinasi bentuk dalam pikiran, seperti membuat mainan dari tanah liat atau playdoh juga pandai memecahkan berbagai masalah seperti mencari jejak.
  • Kecerdasan kinestetik
Pendar Usia 12-16 Bulan

Biasanya anak cenderung tidak mau diam, suka kegiatan yang menggunaka semua tubuhnya untuk bergerak, sangat menyukai kegiatan olahraga. Kita bisa menstimulasi dengan mengajaknya bermain bola, naik sepeda, dll.
  • Kecerdasan Interpesonal
Pendar (12-14 Bulan) bersama Teman-Temannya


Anak yang  menyukai sosialisasi, sangat mudah memiliki banyak teman, peka terhadap oranglain.

  • Kecerdasan intrapesonal
Anak yang tidak menyukai suasana ramai, lebih menyukai merenungkan tentang dirinya
  • Kecerdasan naturalis

Morinaga
Pendar Usia 4-16 Bulan

Anak cenderung suka dengan lingkungan, mengeksplorasi di lingkungan alam sepetri mengenali bebatuan, aneka bunga, hewan, dll.

Multiple intelligence anak atau kecerdasan majemuk ini harus kita stimulasi sejak dini, agar kita mengetahui bakat dan minat anak kelak. Sehingga prestasi anak akan tumbuh dengan pesat sesuai dengan bakat dan minatnya. Dan, menurut Howard Gardner, membuat para orangtua tidak hanya fokus bahwa anak cerdas hanya di bidang tertentu saja atau kecerdasan tunggal.

Gerakan #SiapCerdaskanBangsa Persembahan Morinaga


Untuk mendukung semua itu Morinaga membuat gerakan #SiapCerdaskanBangsa, kelanjutan dari peluncuran MoriCare+ Prodiges. Gerakan #SiapCerdaskanBangsa, adalah sebuah gerakan dedikasi Morinaga untuk stimulasi dini anak sehingga orangtua lebih tahu arti dan pentingnya stimulasi anak.

Wujud dukungan Morinaga berupa fasilitas digital SiapCerdaskan.com, berisi informasi mengenai pentingnya  nutrisi dan stimulasi anak pada 1000 Hari pertama Kehidupan (1000 HPK), bunda dapat mengunjungi di www.siapcerdaskan.com

Dan setiap klik atau kunjungan bunda ke website tersebut akan dikonversi ke dalam nilai rupiah selama periode kampanye (April s/d Juni 2016) dan pada akhir periode, jumlah klik atau rupiah yang terkumpul akan didonasikan untuk rehabilitasi sekolah di daerah lewat Yayasan ASA (Act, Serve, Aspire).

Program 1000 Hadiah Pertama

Gerakan #SiapCerdaskanBangsa Persembahan Morinaga juga akan didukung oleh Gerakan 1000 Hadiah Pertama, yaitu program pengumpulan donasi berupa buku dan mainan anak sebagai alat stimulasi perkembangan otak, dan tumbuh kembang kepada anak-anak yang membutuhkan.

Luarbiasanya, Morinaga memberi kesempatan kepada siapapun bisa mendonasikan buku layak pakai dan mainan edukatif pada Morinaga Parenting Seminar Roadshow “Siap Cerdaskan Si Kecil Sejak Dini” dan mall to mall event: Dunia Generasi Paltinum, bulan April s/d Novermber 2016 di 15 kota.
Untuk lebih mengenal Morinaga, Bunda bisa gabung di:

Facebook: Morinaga Platinum
Twitter: @Morinagaid
Intagram: @MorinagaPlatinum

Dan Bunda...untuk lebih tahu banyak lagi Gerakan #SiapCerdaskanBangsa, akan dibuka dengan acara Parenting Seminar pertama:

Sabtu, 2 April 2016, pukul 08.00-15.00 WIB
The Kasablanka lt.03 (Mall Kota Kasablanka/KOKAS)

Yuk, Cerdaskan Si Kecil Sejak Dini, Bunda. Selain jangan lupa kunjungi web-nya dan gabung di sosmed Morinaga, datang ya ke acara Parenting Seminarnya.



Vidio tumbuh kembang Pendar 4 - 16 bulan


7 comments:

  1. kece nih programnya morinaga, main2 ke situ ah, berburu ilmu skalian donasi,
    tengkiu infonya ya mbk

    ReplyDelete
  2. wah... anakku juga sejak 2 tahun lalu minum morinaga loh mbak
    katanya seh memang bikin anak cerdas, tapi tak tau jugalah seberapa besar pengaruhnya :-)

    ReplyDelete
  3. nayara:jangan lupa stimulasinya ya, Bun ^_^

    ReplyDelete
  4. Pendar diajak ngga hari Sabtu nanti mba? gemes banget liatnya, jadi serasa pengen punyay baby lagi hehe

    ReplyDelete
  5. mbak mohon pnejelasannya yang "Menatap matanya dengan intens" ini gimana yaa? makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  6. nayara:saling bertatapan dengan fokus, mba. jadi seperti bicara melalui mata kepada buah hati

    ReplyDelete
  7. Itu si Pendar masih imut-imut banget ya :)

    ReplyDelete

Instagram

Domain Murah

CATEGORIES

>

Mengenal Mpasi versi WHO

MPasi WHO Homemade Yuk, Kenalan Dengan Mpasi Versi WHO Untuk Lintang, Pijar, saya belum mengenal Mpasi versi  WHO. Keduanya saya be...

HEY THERE .....

Eni Martini

Penulis novel, bukunya sudah diterbitkan lebih dari 20 judul. Salah satu difilmkan Mplus tahun 2010. Owner di bliblibuku.com, ibu dari 3 anak, penyuka teh hangat-perjalanan, fashion dan ...lifestyle blogger.

COMMUNITY

  • Powered by Blogger.