7 Kebiasaan yang Dapat Merusak Ingatan ~ Duniaeni

Monday

7 Kebiasaan yang Dapat Merusak Ingatan

Sumber gambar: tribunpekanbaru.com

Sekarang, kebanyakan orang sibuk dengan berbagai aktivitas yang membuat waktunya tersita. Sehingga, mereka tidak memiliki waktu untuk memperhatikan dan merawat dirinya sendiri. Pada akhirnya, berbagai masalah kesehatan pun muncul dan baru disadari ketika sudah terlambat.  Oleh karenanya, penerapan pola hidup sehat sangat dianjurkan.

Salah satu masalah kesehatan yang banyak muncul belakangan ini adalah menurunnya daya ingat, yang terjadi tidak hanya kepada lansia saja. Tetapi, juga terjadi pada kaum muda atau usia produktif. Ternyata, menurut para ahli kesehatan ada beberapa kebiasaan atau pola hidup yang memicu hal tersebut. Di antaranya:

  •  Merokok
Merokok adalah salah satu kebiasaan yang berpengaruh besar dalam kesehatan otak,  jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama dapat memicu kerusakan. Salah satu penyakit otak yang dipicu karena kebiasaan merokok adalah penyakit Alzheimer, yaitu penurunan saraf otak yang menyebabkan dementia atau pikun.

  • Kurang Tidur
Kebiasaan tidur terlalu malam juga dapat membahayakan kesehatan otak. Karena dengan tidur terlalu malam, waktu tidur menjadi lebih singkat, begitu juga waktu istirahat untuk otak. Apabila otak kita kurang istirahat maka kinerjanya akan menjadi menurun.

  • Terlalu Banyak Tidur
Walaupun kurang tidur dapat mengganggu daya ingat, tetapi terlalu banyak tidur juga dapat memengaruhi otak,yang memicu pikun. Hal ini dapat terjadi karena otak jarang digunakan sehingga akan memengaruhi daya kerja otak.

  • Kurang Minum Air Putih
Saat kita melakukan aktivitas sehari-hari, asupan cairan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi dan kinerja otak sangat bergantung pada cairan ini. Jika kekurangan asupan, maka kemampuan otak akan menurun.

  • Konsumsi Junkfood dan Fastfood
Sekarang ini orang lebih memilih makanan yang instan. Padahal dalam makanan tersebut terkandung banyak bahan pengawet yang akan berpengaruh terhadapa kesehatan otak.

  • Konsumsi Alkohol
Mengonsumsi minuman beralkohol adalah salah satu kebiasaan yang dapat memengaruhi fungsi otak. Karena dengan minuman tersebut, kita akan menjadi tidak sadar, susah berjalan, pandangan kabur, dan hal tersebut juga dapat menyebabkan gangguan ingatan.

  • Menghirp Polusi Udara
Saat kita bepergian dan terlalu banyak menghirup udara tercemar, hal tersebut dapat membahayakan otak kita. Karena hal tersebut akan mengurangi suplai oksigen, padahal otak adalah organ tubuh yang membutuhkan suplai oksigen terbesar.

Semoga ulasan di atas bermanfaat dan kita kembali menjaga pola hidup dengan baik, karena kesehatan adalah investasi hari tua.


9 komentar:

  1. Hicks...Itu aku: terlalu banyak tidur, kurang air putih (lagi berusaha untuk banyakin), dan konsumsi junkfood.
    Kayanya emang gaya hidup harus dirubah nih.
    Makasih udah diingetin ya, Mbak.

    ReplyDelete
  2. Huwaaa yg males minum air putih... tp emang berasa sih udh mulai pelupa, heu

    ReplyDelete
  3. Wah iya kudu jaga kesehatan nih biar enggak cepat hilang ingatan hehe

    ReplyDelete
  4. Ohh konsumsi junkfood juga ya anak anak sukaaa banget padahal. Memang baiknya masakan rumah ya mba

    ReplyDelete
  5. jarang minum dan kadang kurang tidur emang bikin ingatan ga fokus :p

    ReplyDelete
  6. Kurang atau kebanyakan tidur ga bagus ya mbak. Yang bagus yang ga berlebih juga ga kurang. Saya kadang kurang tidur tapi ada juga yang kebanyakan tidur. Hiks.

    ReplyDelete
  7. Hiks aku ngrasa kurang tidur nih mbak :(
    terbiasa begadang kadang bikin aku insomnia, udah di kasur tetep gk bisa merem :(

    ReplyDelete
  8. Merokokk weerrr keki banget klo ada irg ngerokok.. hufft

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Pentingnya Membentuk Kebersamaan Dengan Si Kecil

Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan Ia akan belajar menemukan cinta dalam ke hidupannya Kata mutiara y...

Cari Artikel

Instagram

Powered by Blogger.