#YakinSehat Dengan Pola Hidupmu? ~ Duniaeni

Friday

#YakinSehat Dengan Pola Hidupmu?


#YakinSehat

Ketika ditanya apakah kamu olahraga dan makan sehat?

Tanpa perlu berpikir panjang saya sudah bisa menjawab bagaimana pola olahraga dan makan saya, yakni antara sehat dan tidak sehat. Loh kok? Saya berolahraga setiap hari selama 30 menit di dalam rumah, melakukan gerakan sit up, push up lompat ditempat dan gerakan-gerakan yang sederhana hingga membuat tubuh saya berkeringat. Saya masak selalu menghindari makanan instan dan bumbu-bumbu yang tidak alami, tapi saya juga mengasup teh manis rutin, kadang jajanan junk food, penggemar gorengan.

Jadi pertanyaan #YakinSehat di acara kampanye #YakinSehat yang diadakan Zurich Topas Life, 28 November 2017 kemarin membuat saya ragu untuk menjawab. Serius, ragu banget, tapi juga takut buat bilang tidak sehat. Selama ini saya memang baik-baik saja, tapi saya belum pernah memeriksa secara keseluruhan kesehatan saya atau medical check up. Gula darah bagus, kolesterol lumayan bagus, tapi kadang saya mengeluh jemari seperti kesetrum ketika terlalu banyak mengasup makanan berat. Tanda-tanda apakah itu?

Sebelum berpikir terlalu jauh tentang jemari saya yang sering terasa kesetrum, mari ikutin ulasan saya tentang acara #YakinSehat :

Acara ini menghadirkan tiga pembicara:

Budi Darmawan - Chief Agency Officer Zurich Topas Life
Chef Steby Rafael - Healthy Food Spesialist
Helga Angelina - Co Founder Burgreens (Restoran organik yang menyajikan aneka Healthy Plant Based Food)




Kampanye #YakinSehat bertujuan mengajak seluruh masyarakat Indonesia menjalani pola hidup sehat mengingat masyarakat sekarang banyak yang mengindap penyakit tidak menular atau PTM yang disebabkan pola hidup tidak sehat. Salah satunya penyakit jantung, seperti yang dialami ibu saya. Ibu mengalami pembengkakan jantung karena pola makan tidak sehat.

Penyakit jantung cukup meruyak di kalangan masyarakat kita, bahkan baru kemarin saya mendapat kabar dari seorang teman, suaminya mengalami jantung bengkak di usia yang terbilang muda. Sangking meruyaknya sampai ada rumor yang bikin miris, "Ada orang yang bangga kalau jantungnya sudah dipasang ring loh," ucap Pak Budi.

Mengapa penyakit tidak menular (PTM) sekarang ngehits sekali?
Karena saat ini kesibukan semakin menguasai manusia, kemudahan mendapatkan makanan siap saji, era digital yang semakin maju. Kita bisa tetap duduk tanpa banyak bergerak makanan dan kebutuhan lain bisa datang, makanan cepat saji sering lebih murah dan mudah dari pada makanan yang kita olah sendiri atau makanan sehat. Lihat saja bandrol harga makanan sehat, bahan-bahan mentah yang sehat, pasti lebih mahal.

Sebenarnya kalau diperhitungkan tetap lebih mahal efek sakit dari makanan atau gaya hidup tidak sehat. Pasang ring jantug itu tidak murah, belum lagi harus merasakan sakitnya. Namun banyak orang tidak berpikir ke depan dan tanpa disadari memilih pola hidup tidak sehat.

Pak Budi sendiri meski bergerak di bidang asuransi yang otomatis segala hal efek dari penyakit ditanggung asuransi, tetapi tetap mengutamankan pola hidup sehat dengan diet sesuai kondisinya. Sehingga yang semula bobotnya besar saat ini sudah menuju normal, dengan bobot normal memag tubuh terasa lebih nyaman. Penyakit yang semula ada hilang dengan sendirinya karena pola hidup sehat, "Lagi pula meski asuransi bertujuan untuk proteksi diri nasabah, tetap perusahaan asuransi berharap para nasabah sehat agar tidak banyak yang klaim, " canda Pak Budi.

Pak Budi
Untuk itu Zurich Topas Life  mengeluarkan prodak terbaru, yakni Zurich Pro-Care yang menyediakan pilihan untuk pemeriksaan medis tahunan ke berbagai negara di dunia sebesar hingga 50 juta rupiah. Dengan prodak ini diharapakan nasabah akan cepat melakukan pencegahan bila terdeteksi penyakit, dan mengubah pola hidup lama menjadi pola hidup yang sehat.

Secara rinci berikut manfaat Zurich Pro-Care:

1. Menyediakan empat macam pilihan Plan dengan total Limit Tahunan 2 milyar rupiah sampai 15 milyar rupiah.
2. Jaminan penggantian biaya medis di seluruh dunia, tentu ini bisa membuat nasabah menemukan tempat medical check up terbaik.
3. Layanan Opini Medis Kedua yang membuat nasabah mendapat banyak informasi berdasarkan diagnosa para ahli medis dunia.
4. Layanan Medis Pramutamu, fitur pelayanan administrasi selama 24 jam sehingga nasabah mendapat pelayanan terbaik.
5. Pemeriksaan kesehatan tahunan, nasabah mendapat pemeriksaan kesehatan gratis setiap tahun.
6. Tersedia manfaat tambahan lainnya sesuai kebutuhan nasabah untuk perlindungan penyakit kritis.

Keterangan lengkap tentang Zurich Pro-Care langsung ke instagramnya saja @zurich.id

Proteksi banget Zurich Pro-Care untuk prepare kesehatan nasabah ya, tetapi seperti yang Pak Budi katakan untuk tetap menjalani pola hidup sehat meskipun dalam diri kita belum ditemukan penyakit. Salah satu pola hidup sehat dengan mengasup makanan dan minuman yang tidak berlebihan, olahraga telatur. Oya, soal diet ini tidak sembarangan loh, tidak asal meniru melihat temen diet terus jadi langsing, kita main ikutan diet ala teman. Gak percaya? Simak deh, sharing Chef Stebby soal diet:

Mengapa Diet Tidak Boleh Asal Ikut-Ikutan

Pernah baca di timeline berseliweran sharing tentang diet plus foto-foto yang terpampang nyata before after yang kemudian dikomen dan dibagikan hingga berpuluh-puluh? Bahkan banyak yang ikutan diet tersebut, berkonsultasi untuk langkah-langkah diet yang terlihat berhasil itu. Tahukah bahwa  hal ini bisa saja menyebabkan diet yang keliru atau salah kaprah. Mengapa?

"Tidak semua orang memiliki kebutuhan nutrisi yang sama, tidak semua kebutuhan asupan dalam tubuhnya sama, tergantung pekerjaan atau aktifitas yang dilakukannya. Misalnya, jika A diet dengan metode X cocok, lalu B ikutan-ikutan sementara aktifitas A dan B berbeda. A lebih santai, B pekerja keras, apa yang terjadi?" Chef Steby melontarkan pertanyaan yang membuat saya berpikir, apa yang terjadi ya? Karena selama ini banyak sekali metode diet ikut-ikutan yang ngehits.

Chef Steby
"Bisa saja B jadi kekurangan nutrisi dan justru masuk rumah sakit."
Nah, loh!
"Jadi diet yang benar harus dalam pengawasan ahlinya untuk mengetahui diet apa yang cocok, apa yang harus dikurangi, apa yang tidak perlu dikurangi.

Yups, benar banget ya. Pantas saya berasa lemes gara-gara ngikutin saran teman untuk diet karbo dan gula, sementara pekerjaan saya sehari-hari banyak melakukan aktifitas fisik dan otak. Maklum ibu rumah tangga tanpa ART, anak yang bungsu masih batita, disambi pekerjaan blogger dan lain-lain.

Chef Stebby mengajurkan sebaiknya kita memiliki pola makan sehat yang lengkap kandungannya, ada karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin, mineral, karena hal itu dibutuhkan tubuh kita. Hanya jangan berlebihan dan tetap berolahraga. Kedua hal itu harus seimbang, jadi saya harus seimbang dalam mengasup makanan nih. Jangan ngelantur makanan tidak sehat, terus timbangan naik sedikit main asal tidak mengasup karbo dan gula, hasilnya lemes.

Penyakit Kronis Hilang Dengan Pola Hidup Sehat

Percaya atau gak kalau pola hidup sehat bisa menghilangkan penyakit kronis? Kalau Pak Budi mengindap penyakit sesuatu karena pola hidup tidak sehat, lalu menjalani pola hidup sehat penyakit hilang. Maka ini penyakit kronis yang bisa jadi karena bawaan, tapi ternyata  bisa sembuh atau hilang dengan pola hidup sehat.

Setidaknya ini dialami oleh Helga, perempuan manis yang hari ini menjadi salah satu narasumber #YakinSehat. Helga sejak kecil sudah memiliki penyakit kronis berbagai macam alergi, kalau lagi kambuh bisa sampai pingsan. Salah satu alerginya menyebabkan dia asma, bisa kebayangkan betapa tersiksanya dan rata-rata penyakit kronis seperti ini sulit disembuhkan hingga dewasa. Kakak ipar saya mengalami alergi asma hingga usia kepala empat, terkadang kambuhan.

Helga
Saat remaja Helga selain alergi, menderita insomnia dan beberapa komplikasi yang kemungkinan efek dari obat-obatan yang dikonsumsi rutin sejak kecil. Sebuah buku berjudul 'The Miracle of Enzym' menginspirasinya untuk mengubah pola hidup yang lebih sehat. Ya ampun, saya punya buku ini. Jadi pengen baca tuntas karya Dr.Horimo yang sempat booming  dan memiliki beberapa karya bagus lainnya.

Karena ingin sehat Helga sampai menahan diri untuk tidak makan makanan yang tidak penting atau tidak memberi efek sehat pada dirinya. Selama dua tahun wanita ini melakukan pola hidup sehat dan pulih keluhan penyakit kronisnya, berat tubuhnya pun stabil. Maka keberhasilannya menyembuhkan penyakit kronis yang dideritanya membuat Helga membagi pengalamannya kepada masyarakat dengan mendirikan restoran sehat: Burgreens bersama suaminya.

Buat Helga kesehatan itu aset dimasa tua, hidup sehat juga membuat seseorang produktif dan berkualitas. Ya ampun, Helga, mendadak saya begitu ingin membuang gorengan yang kerap saya beli. Gorengan di pinggir jalan yang minyaknya pasti sudah menjadi racun jahat,  hiks. Buat Anda yang ingin mengetahui pola makan sehat ala Helga bisa stalking ke akun instagramnya @burgereens

Sedikit pesan Helga yang saya ingat dan mungkin menjadi info bermanfaat buat kalian: Jika kita tidak banyak melakukan aktifitas fisik, kebutuhan karbo bisa digantikan dengan sayur mayur. Sementara jika kita mendambakan tubuh langsing, perbanyaklah konsumsi lemak sehat. Apa lemak sehat?  Bisa dari lemak yang berasal dari alpukat, minyak kelapa dan batasi lemak yang berasal dari hewani karena lemak hewani memilik kandungan kolesterol. Kolesterol ini bisa menyebabkan lama-lama kita terkena PTM.

Demo Masak Sehat Bersama Chef Steby


Sebagai penutup acara Chef Steby melakukan demo masak camilan sehat, roti jala isi ayam dan sayuran serta super greens bowl. Roti jalannya simpel banget seperti membuat pancake, hanya tepung yang digunakan menggunakan tepung tinggi protein agar jala yang dibuat tidak putus-putus. Dalamnya diisi dengan salada, irisan tomat cerry, ayam goreng dipotong kecil-kecil, dan diberi  sause dressing yang lezat.


Untuk super greens bowlnya awalnya saya yakin tidak doyan, hahaha. Habis sayuran diblender dicampur pisang, alpukat, karena tekturnya kental jadi kayak smoothie. Lalu atasnya dihias aneka biji-bijian, buah-buahan.


Tetapi begitu saya coba, ludes deh satu cup kecil, hahaha. Aseli, enak banget, tidak terasa bayangan bayam mentah yang langu, rasa didominasi pisang dan aneka biji serta buah yang menjadi toppingnya. Bikin kenyang sampai saat makan siang saya hanya menghabiskan satu mangkuk kecil soto dan sepiring kecil buah. Padahal dari pagi  belum makan nasi loh! Untuk pekerja keras tidak dianjutkan diet dengan smoothie karena bisa kekurangan nutrisi yang lainnya, habis efeknya bikin kenyang banget.


Setelah icip-icip ada Cooking Challenge, peserta dibagi berkelompok diminta membuat roti jala isi ayam dan sayur. Sayang, tidak memang walau sudah usaha keras, hahaha. Mungkin karena jalan buatan kami tidak rapi, ada yang putus, dan cara menghiasnya kurang menarik ya. Entahlah, yang penting hari ini banyak sekali ilmu yang saya dapat bersama teman-teman dan pulang dengan PR di kepala: Harus #YakinSehat dengan menjalani pola hidup sehat dan tentu saja medical check up ya, biar sedia payung sebelum hujan.


66 komentar:

  1. aku..huhuhu..jelas ngga sehat, karena pola makan tidak teratur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk, mb. Apalagi sedang hamil dan sudah kepala 4..hidup sehat no satu

      Delete
  2. Pesan dari Pak Budi, dapet banget loh soal asuransi mbak. 😍
    Bisa dibayangkan juga kalau uang yang dibeli buat gorengan bisa digunakan untuk beli makanan sehat lainnya. 🙋
    tfs buat sharing artikelnya ya Mbak Eni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, lagi nyapih gorengan banget

      Delete
  3. Ooo.. itu yang ijo2 smoothie dari bayam dan alpukat? Duh bacanya saja saya juga nggak doyan. Tapi mba eni bilang enak, asli penasaran mau coba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, eneg waktu lihat buat ya eh habis kulahap...enak

      Delete
  4. Aku... suamiku sih yg pola hidupnya sehat... cuma suka overloaded aja kerjanya

    ReplyDelete
  5. kalau di tanya #yakinsehat kayaknya nggak yakin aku mba, ada aja yang di rasa ehehe..jadi tercerahkan deh..btw itu makanannya endeuss beeut ya mba lihatnya, sehat pulak..mantap deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih, tangan suka kayak kesetrum kalau kebanyakan makan daging, nu

      Delete
  6. yakin ga ya, yakin ga ya...duh mesti banyak di cek dulu ini itunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dirasa-rasa, ada keluhan gak mb, hehe

      Delete
  7. Komposisi nya yg harus diaturr yahh jd langsing kaya mba eni

    ReplyDelete
  8. Pola hidup sehat masih sangat kurang sadar ni kami nya hihihi. harus vege ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah vege, karena lemak baik dari hewani juga dibutuhkan, yang penting jangan berlebihan

      Delete
  9. nih ini postingan yang suka menampar aku. langsung lihat tubuh sendiri masih jauh dari kata #YakinSehat huahaha gak bisa lihat makanan enak sikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Godaan memang makanan enak gak sehat ya, kayak junkfood

      Delete
  10. Penyakit Tidak Menular (PTM) bahaya ya ka huhu yuk semangat pola hidup sehat, InsyaAllah jika kita lakukan dengan cara2 yg baik hasilnya juga baik. Alhamdulillah ya dapat tambahan pengetahuan dari kampenya #YakinSehat? dari Zurich Insurance

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, PTM bisa bikin ga peoduktif dan aktif

      Delete
  11. Gue banget yak, kecanduan geprek di ojek online hahaha, tiap malam niat "mulai besok diet" eeehhh besoknya gitu lagi "mulai besok aja deh"
    Harus mulai serius ngatur pola hidup sehat inih biar #YakinSehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu niat mesti dibarengin doa kayaknya, hayooo kalauau #YakinSehat besok harus hilangkan niat, lakukan (sok bijak) wkwk

      Delete
  12. Berasa banget mba pentingnya olah raga dan gaya hidup sehat. Sebelum jadi bumi l, aku usahakan tiap pagi aerobik 1 jam, badan enteng, otak juga lumayan encer, ga mudah ngantuk. Eh pas jd bumil,malah jarang gerak... banyak keluhan memang kl byk gerak, Alhasil ya jd ga bisa aktivitas fisik yg nguras energi. Btw, infonya bermanfaat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelan-pelan bumil pernafasan dan jalan kaki aja, mb, biar lahiran lancar jaya

      Delete
  13. Aku jd malu kalo ditanya yakin sehat dengan pola hidupku ? Dulu pernah ikut bbrp pola makan begini begitu tapi gak kuat.... Pas baca artikel ini jadi balik mikir lagi nih, aku harus berubah..... Semoga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, mb, selagi belum terlanjur gak sehat. Cemunguut yaaa

      Delete
  14. Di acara ini malah dirimu gak hoki, padahal kan kalo hoki kita semua kecipratan wkwk.. acaranya asyik banget ini, aku suka acara bertema kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan sudah kubilang ga bisa bikin camilan wkwkwk, ngaduk telur ama tepung dll..kaga pernah

      Delete
  15. Huwaa.. Aku nih, kadang sering skip jam makan, dan kadang enggak merhatiin, apa yang kita konsumsi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati-hati kena lambung jadi mudah kembung, mak

      Delete
  16. Aku nggak yakin mbak en.. huhuhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olahraga jalan kaki, mba. Skip motor kalau cuma deket

      Delete
  17. memang skr ya ngetrend itu PTM ya..makanya harus perbaiki pola hidup sehat deh

    ReplyDelete
  18. Waktu kerjaan nggak padat sih bisa mengatur pola hidup sehat. Tapi sekarang, susah bangeet..jangankan olahraga. Makan pun ya pasrah yang disediain sama chef. Sebenernya pola hidup sehat itu murah ya, cuma perlu usaha aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hikangkan alasan,cuma kita yang bisa mengambil waktu untuk jadi ada waktu, hebehe

      Delete
  19. Yakin sehat dengan pola hidup sehat.

    ReplyDelete
  20. Skarang aku akan selalu jaga kesehatan, mba. Yakin sehat tapi harus pemeriksaan lagi ya mba

    ReplyDelete
  21. Aktivitas padat memang cepat bikin drop. Harus ngatur pola hidup sehat agar selalu fit.

    ReplyDelete
  22. Setuju, yuk mulai hidup sehat karena sehat itu mahal

    ReplyDelete
  23. Pengen banget bisa bergaya hidup sehat, tapi aki gak kuat imaaaan xD Emang butuh komitmen yang kuat ya Mbaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, terutama godaan kuliner yang lezato

      Delete
  24. Aku gagal diet😂😂😂

    ReplyDelete
  25. Aku pengin gemuk, tiap hari dah coba makan dengan menu sehat insya Allah.. Tp BB ga kunjung naik. Wkwk mungkin perawakanku emang kutilang ya mba. Hahaha.. Mksh sharingnya.. Maaf buang curhat di mari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kata dokter, tubuh mb pembakarannya boros

      Delete
  26. Wah "Pak Budi" xixixi #oposeh
    Emang soal makanan saat muda ngaruh banget ke masa tua yaaaaaa, begitu pula gaya hidup, kudu lbh baik lg huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selagi muda, jangan sampai menunggu tua baru insyafhidup sehat, hihihi

      Delete
  27. Pola hidup sehat itu susah memulainya. Kalau udah dijalanin pasti bikin bahagia. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, mba. Kayak malam ini suami beli gorengan..huhuhu

      Delete
  28. Aku yakin enggak sehat,,Mbak. Apalagi setahun ini. Sengaja membiarkan tubuh mengkonsumsi segala makanan, males olahraga, blom asupan kafein yang masuk dalam tubuh.
    Aku suka sekali penjelasan soal belum tentu pola diet yang dijalani orang lain bakal cocok sama kita.
    Yuk ah, tahun 2018 harus kembali menjaga badan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah..moga kita sukses sehat ya, mba

      Delete
  29. Aku..aku..lagi belajar pola hidup sehat udah 2 tahunan ini . Dan yakin aku pun ga sehat bener, selain sehat tubuh, sekarang tak kalah penting juga sehat jiwanya.

    Ahh, moga kita semua selalu diberikan kesehatan ya Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus ya, Teh..dikau kan penggiat olahraga ekstrim mesti jaga tubuh

      Delete
    2. Jaga asupan makanan itu paling susah buat aku, terlalu banyak makanan yang menggoda iman kaka.

      Delete
  30. Jadi ingat tetangga saya, mba...
    Beliau seusia Bapak saya dan mendadak harus dipasang ring.
    Setelah semua di cek, sehat, maka dokter pun memutuskan pemasangan bisa dilakukan.

    Namun saat ring akan dimasukkan, pembuluh darah tersumbat sesuatu.
    Akhirnya gagal dipasang ring dan beliau pun wafat.

    Inna lillahi wa inna lillahi roji'un.
    Sungguh segala sesuatu hanya Allah yang tahu.
    Namun ikhtiar maksimal sedari saat ini wajib dilakukan. Agar paling tidak, kita tidak meninggalkan generasiyang lemah (fisiknya).

    Begitu yaa, mba?

    ReplyDelete
  31. lucu juga roti jala buat bungkus sayuran. Pernah lihatnya roti jala diberi kuah santan.

    ReplyDelete
  32. Iya nih aku khawatir banget dengan sinyal tubuh yang mulai kasi alarm, kebanyakan duduk dan kurang aktifitas fisik. Sekarang lagi ngurangin karbohidrat juga nih mbak, sering konsumsi lemak sehat apalagi alpukat aku doyan banget.

    ReplyDelete
  33. Wahh roti jala ya...aku suka banget yes..apalagi pakai bumbu kari ..#endolita banget.

    ReplyDelete
  34. Hidupku masih jauh dari gaya hidup sehat. Makan asal pilih ditambah kurang tidur hiks

    ReplyDelete
  35. Huaa, green bowlnya looks yummy. Pingiin iihh, bikin aahh

    ReplyDelete
  36. Sedia payung sebelum hujan, sedia asuransi sebelum sakit datang

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

#MinumMilo: Sehat Bonus Bisa Ke Barcelona

Siapa yang suka Milo? Saya ingat betul saat masih kanak-kanak Milo sudah disukai karena rasanya yang enak sekali, seperti cokelat kalau...

Cari Artikel

Instagram

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.