>

Hari Ibu Sebagai Moment Kebersamaan Ibu Dan Anak

By dunia eni - December 14, 2017



Sespesial Apakah Hari Ibu Bagi Seorang Anak?

Desember sudah tiba, dalam hitungan jari akan tiba Hari Ibu, hari di mana semua ibu seharusnya merasa begitu spesial. Hari dimana seharusnya keluarga begitu mengapresiasi ibu sehingga Hari Ibu benar-benar milik semua ibu. Tapi apakah semua keluarga membuat hari ibu begitu spesial? Bagaimana dengan kamu yang telah menjadi seorang ibu ketika Hari Ibu datang, adakah sesuatu yang begitu spesial dari anak-anakmu?

Jika pertanyaan itu ditujukan untuk saya, membuat saya teringat akan puisi-puisi yang selalu Lintang dan Pijar tulis buat saya setiap Hari Ibu. Kalimatnya sederhana saja sesuai dengan kemampuan mereka, tetapi artinya begitu dalam buat saya. Terutama karena mereka menganggap bahwa Hari Ibu adalah spesial untuk ibunya ini.


Puisi dari Lintang
Tahukah bagaimana rasa spesial dalam diri anak kepada ibunya bisa tumbuh?


"Mother's Day, together."




Sabtu, 10 Desember 2017 bertempat di Bistro Harlequin Kemang, Lotte Choco Pie kembali mengundang para Mums Blogger untuk hadir dalam rangka menyambut akan datangnya Hari Ibu dengan mengusung tema "Mother's Day, together." Acara yang selalu terasa spesial di hati karena Lotte Choco Pie tidak hanya mengundang para emak blogger dari komunitas KEB, tapi juga kami diperkenankan membawa keluarga lengkap: Suami dan anak-anak.



Ini adalah kali ke empat saya hadir di acara Lotte Choco Pie dan anak-anak dengan hapalnya selalu bertanya: "Ibu, aku bisa ikut lagi kan?"

Iyalah, anak-anak senang karena acaranya seru, selain juga Lotte Choco Pie merupakan camilan kegemaran anak-anak. Rasanya full cokelat, biskuitnya lembut, dalamnya kenyal marshmallow, bisa dikreasikan menjadi kue-kue berhias, atau mau merasakan versi dioven hingga sedikit lumer. 


Kalau penasaran, baca deh ulasan artikel saya sebelumnya tentang moment kebersamaan ibu dan anak:



Acara yang kerap diselenggarakan Lotte Choco Pie ini memang menjadi acara yang benar-benar mewujudkan kebersamaan di dalamnya, terutama ibu ke anak. Seperti acara kali ini dengan mengusung tema "Mother's Day, together." saya, mungkin tepatnya kami yang hadir dibuat haru biru.
Menghadirkan tiga narasumber:

Oci - Brand Manager Of Lotte Indonesia
Vera Ilabiliana Hadiwidjojo - Psikologi
Carissa Putri - Brand Ambassador Lotte Choco Pie


"Mother's Day, together." menjadi acara yang sangat berharga, terutama kami para ibu. Psikolog cantik Vera menuturkan bagaimana pentingnya membangung kebersamaan antara ibu dan anak, sesibuk atau seminim apapun waktu yang ada harus ada waktu kebersamaan yang berkualitas antara ibu dan anak terutama di era digital yang dikuasi hadirnya gadget ini. "Sebagai contoh kecil kita akan mudah mendapati sebuah keluarga yang kumpul di rumah makan, tetapi masing-masing sibuk dengan gadgetnya, " ujar Vera.




Saya sendiri pernah melihat pemandangan ini di sebuah restoran cepat saji, saat itu hari minggu dan kami sekeluarga makan di sebuah restoran cepat saji di Bogor. Tepat di seberang meja ada satu keluarga: ibu, ayah, dua anak kira-kira usia 8-12 tahun dan satu lagi batita yang masih duduk di kursi khusus batita. Apa yang terlihat di antara sela-sela makan:

Si ayah sibuk dengan gadgetnya, si ibu juga tampak senyum-senyum di layar gadgetnya, dua anak tidak jauh berbeda, dan si batita asyik sendiri dengan makanan yang berhamburan di mejanya.
"Bahkan ada sebuah keluarga yang ketika di rumah masing-masing asyik di ruangannya, mereka kalau butuh sesuatu komunikasi dengan WA," Vera kembali memberi contoh bagaimana gadget mengubah pola kekeluarga kita.



Sementara keluarga tradisional jaman dulu meja makan adalah ruang dan waktu yang penuh kebersamaan dengan saling cerita, ngobrol, seperti ketika saya kecil meja makan adalah ruang yang hangat meski lauk yang ibu sajikan sangat sederhana. Tapi menurut Vera masalah gadget menjadi masalah atau gak tergantung kebijakan pemakainyan, untuk anak-anak tentu kebijakannya tergantung orangtua.

Kebijakan Carissa Putri dalam gadget untuk putranya dengan memberi waktu walau hanya singkat disela kesibukan. Mendengar cerita Que , menemani bermain. Sebab menurut Carissa, Que seperti balita kebanyakan begitu menyukai gadget, banyak tontonan anak-anak yang menyita si kecil. Jadi mau tidak mau sebagai ibu atau orangtua harus bisa mengalihkan anak dari dunia gadget.




"Sebab dampak buruk gadget tidak hanya mem
buat anak terlalu fokus dengan gadget sehingga intens dengan orangtua kurang, tetapi ada anak yang mengalami keterlambatan bicara karena hanya fokus ke gadget." Vera mencerita satu kasus anak yang hanya bisa bicara dua kalimat, dimana kalimat itu berasal dari game di gadget.

Vera juga mengutarakan untuk menjaga kualitas kebersamaan dan keterikatan keluarga, ibu dituntut harus mampu “tune into the same frequency”, seperti ibu harus memahami pembahasan apa yang sedang tren ditengah anak-anak, atau mengetahui secara menyeluruh tidak hanya permasalahan sekolah tetapi juga bagaimana keseharian anak dalam bersosialisasi dengan teman-temannya.

Nah, untuk ini ibu dan anak diberi selembaran yang isinya tentang pertanyaan sejauh apa ibu mengetahui anak , sementara si anak mengisi pertanyaan tentang dirinya. Lucunya banyak juga jawaban yang tidak sama, hahahaha. Ada seorang ibu menjawab makanan kegemaran anaknya telur goreng, tapi si anak menjawab nasi goreng. Sementara jawaban saya dan Pijar yang salah point terakhir, saya menjawab topik yang dibicakan anak adalah main monopoli, Pijar jawab guru baru. Begitu usai acara langsung saya tanya:



"Mas Pijar kapan gosipin guru baru sama Ibu, kayaknya mamas lagi asyik bahas main monopoli terus."
"Kan yang ditanya ngobrol sama temen," jawa Pijar polos. Yess, kayaknya cuma salah tangkap soal pertanyaan ya, hehehe.

"Tujuan Lotte Choco Pie untuk berbagai even ini untuk melanjutkan komitmennya dalam mempererat keluarga Indonesia dengan mengusung tema-tema kebersamaan ibu dan anak  melalui “Together, more.”  Kata Oci selaku Brand Manager Lotte Indonesia. Wanita ini juga menyebutkan tema-temanya, yaitu:


Share, together.
Ramadhan, together.
Holiday, together
Play, together.
Cook, together.

Dan, di Hari Ibu ini mempersembahkan "Mother's Day, together." Lotte Choco Pie berharap para ibu dapat lebih terinspirasi sehingga kebersamaan dapat lebih bermakna dengan menciptakan pengalaman yang lebih menyenangkan, terbuka, dan akrab dalam keluarga.

Memang betapa kompleksnya efek dari tidak intens hubungan ibu kepada anak, ya? Sebagai ibu bekerja, rasanya memiliki banyak rasa bersalah yang bertumpuk-tumpuk karena tidak bisa mendampingi full, bukan begitu? Saya jadi ingat ketika dulu bekerja di kantor berangkat pagi pulang malam, pagi sebelum Lintang bangun saya membuatkan Mpasi dan pulang menggendong si kecil yang sudah tertidur. Rasanya saya tidak berlaku adil padanya.


Lotte Choco Pie Video bertajuk“Commitment”

Disaat diombang ambing rasa sedih tentang waktu bersama anak, yang hadir disuguhkan vidio terbaru Lotte Choco Pie . Wah, senangnya bisa hadir dilaunching vidio ini. Tujuan vidio bertajuk "Commiment" menyebarkan inspirasi kebersamaan untuk keluarga Indonesia secara lebih luas lagi.

Selama nonton, banyak yang meneteskan air mata begitu juga dengan Carissa yang langsung memeluk Que. Kalau saya rasanya nano-nano, tapi di balik itu saya baru menyadari: Mengapa anak-anak menjadikan hari ibu spesial buat ibunya?

Dalam vidio "Cerita Janji Seorang Ibu",  dimana gadis kecil yang memiliki ibu bekerja, ibu yang selalu terlambat menjemputnya, yang kadang tidak hadir dalam acara pentingnya, tapi selalu meluangkan waktunya meski hanya 9 menit untuk tetap menjemput, untuk menyiapkan konstum, menyiapkan bekal sekolah, ngobrol saat pulang menjemput dan bercanda ketika akan tidur, setiap hari.


Apa yang membuat saya menangis?

Saya adalah ibu yang sering tidak hadir dalam acara Penting anak-anak, pernah Lintang final lomba pidato bertepatan saya pulang malam. Saya hanya bisa menyiapkan baju dan make up'nya, gadis kecil itu saya pandu memakai konstum dan make up dari WA dan vidio call. Saat pulang malam saya menemukan pialanya di meja dan itu adalah hadiah buat saya. Saat itu saya merasa bahagia dan sedih.



Namun seperti yang Vera ucapkan, bahwa menyiapkan kostum, memberi semangat, menemani tidur adalah bagian dari Premium Bonding Moment yang membuat anak merasakan kehangatan ibu walau kita tidak bisa selalu bersamanya begitu lama, karena itulah Hari Ibu buat anak-anak saya spesial karena mereka ingin mengapresiasikan perasaan sayangnya ke ibu.

Dan, ini baru saya sadari di acara Lotte Choco Pie dengan melihat vidio "Cerita Janji Seorang Ibu" dimana si gadis kecil tetap merasa kedekatan dengan ibu yang berusaha intens di antara kesibukannya.

Sangat cocok vidio ini dihadirkan secara perdana hari ini sebagai inspirasi kepada para ibu di Indonesia dalam membangun dan menjaga keluarga yang harmonis dan juga merupakan apresiasi atas inisiatif para ibu di Indonesia yang telah mendedikasikan dirinya untuk keluarga ditengah kesibukannya sehari-hari.

Ayuk, Mums, tidak ada kata terlambat terutama jika Anda ibu bekerja yang selalu didera sedih meninggalkan anak-anak dari pagi hingga malam, tidak bisa mengantar jemput sanak seperti saya.  Setidaknya 9 menit terutama di waktu ketika ibu dan anak sama-sama rileks, yaitu pada saat bangun tidur,sepulang sekolah atau sebelum tidur. 

Baca buku dongeng  sebelum tidur

Ajaklah anak ngobrol santai, siapkan bekal mereka, atau seragam sekolah. Menurut Vera, dengan pemilihan waktu yang tepat dan kondisi yang rileks, tentunya komunikasi terjalin dengan lebih lancar, erat dan berkualis. Karena Berapa pun usia seorang anak tetap membutuhkan perhatian sepanjang melewati masa-masanya

Lotte Choco Pie Photo Competition





Untuk mewujudkan kebersamaan  Lotte Choco Pie mengadakan Lotte Choco Pie Photo Competitio, caranya ada di bawah ini. 


Jangan lupa hanya sampai tanggal 22 Desember, hadiahnya 'wow' banget dan banyak, jadi banyak kesempatan untuk menang, kan?


Atau info lengkapnya bisa langsung klik mothersday.lottechocopieindonesia.com

  • Share:

You Might Also Like

82 komentar

  1. Suka sama lotte choco pie.. dan bonding time dengan anak itu perlu banget ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat perlu buat kenangan indah jika mereka dewasa kelak

      Delete
  2. Choco Pie emang ngerti banget bagaimana mendekatkan diri antara ibu dan anak ya mba. Liat jawaban Pijar dan Mba ENi keliatan banget kalau akrab sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, anakku seneng ngobrol sama ibunya, hehehe

      Delete
  3. seruuu premium bonding moment ala Mama Eni top...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, makasih makmIna. Inspirasi dari acara Lotte Choco Pie

      Delete
  4. Mau ah pas hari ibu bsok ngemil cocopie sm bocah smbil nonton kartun kesukaannya. Sederhana tp cihuy lah ya mbk.
    Makasih sharingnyaaaa

    ReplyDelete
  5. Lintang dan Pijar so sweet banget ya bikin puisi untuk Ibunya.
    Komunikasi dalam keluarga sangat penting ya mbak Eni. Gawai hanyalah sarana pelengkap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mb Alhamdullilah. Kalau diturutin gawai bikin anak fojus sendiri hiks

      Delete
  6. sebagai ibu yg sibuk...memang penting yaa mencari cara yg tepat u bonding sama anak

    ReplyDelete
  7. Choco pie pas kesukaan mamaku. Mau beli buat hadiah hari ibu ah.
    Tantangan orangtua adah bagaimana bisa membagi waktu agar tetap bisa berkomunikasi sama anak-anaknya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw, ibunya suka lotte choco pie karena lembut ya

      Delete
  8. Seneng banget baca Postingan ini, ceritanya mengalir dan renyah kayak mengalami sendiri kisah didalamnya

    ReplyDelete
  9. Choco pie ini bisa jadi pelekat hubungan ibu dan anak ya mbak.. Aku sih selalu stok di rumah, untuk dimakan rame-rame sambil kumpul dan bercerita..

    ReplyDelete
  10. Pijar sama Lintang kyknya punya bakat yang sama kyk emaknya, bisa nulis yang co cweet co cweet hehe

    Btw mana cocopinyaaa bagi doonkk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, Ayahnya dulu juga rajin buatin puisi untuk ibunya

      Delete
  11. Waah so sweet bgt buat puisi. Mau lah nanti pas hari ibu makan choco pie bareng ibu

    ReplyDelete
  12. Wah..anak saya juga suka nih sama yang namanya Choco Pie. Enak dinikmati dengan segelas teh panas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, Depik gerimis jadi pengen teh hangat dan lotte choco pie

      Delete
  13. Waaah, keren, nyaris kompak nih ibu ama pijar yaaa, cuma missed 1 aja ya. Aku missednya banyaaak, hahaha

    ReplyDelete
  14. Waktu bersama anak ditemani camilan choco pie pas banget

    ReplyDelete
  15. serunya kumpul bareng sama anak-anak ya mbak, pengen juga deng ikutan lombanya, Choco pie emang bikin senang anak-anak, enak sih

    ReplyDelete
  16. Moment seruu buatku emang sama anak, sebisa mungkin aku selalu ikut menghadiri/mendampingi momemt penting di sekolah.
    Kayanya emang bonding menemani tidur tuh ga ada duanya, apalagi cerita2 sambil nyemil choco pie ya mak..

    ReplyDelete
  17. Lotte Choco Pie sering banget yah ngadain acara, bisa ajak anak pula... duh senengnyaaaa

    ReplyDelete
  18. Iyapp betul, gawai adalah pelengkap. Yg utama adalah keluarga kita.

    ReplyDelete
  19. Kebersamaan dalam keluarga sangat penting, termasuk bonding dengan anak. Asyiknya juga sambil ngemil Lotte Choco Pie. Yummy ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngemil itu bikin rileks, bonding yang paling ampuh saat kondisi rileks๐Ÿ’

      Delete
  20. Yee jawaban mbak Eni dan Pijar ga berbeda ya, cuman beda dikit aja berarti bounding nya insya Allah kuat nih hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering ngerumpi bareng pijar hahaha, pijar tuh anaknya manja gitu, mba

      Delete
  21. aku baru pertama kali dengernya neh mbak biskuit lotte choco pie ini ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haah...iih, mba ayooo cobain, enaak. Di mini market ada loh

      Delete
    2. Sering ngerumpi bareng pijar hahaha

      Delete
  22. Wah asyik juga ya program bersama anak, cobain pas liburan ini ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, benar. Jadikan liburan sebagai kebersamaan anak

      Delete
  23. Aaah senangnya dapat puisi dari anak. Aku dapat pelukan tiap malam dari SID aja udah senang banget. Premium bonding moment memang penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sid kalau sudah besar pun bisa buat puisi yaaaa nak๐Ÿ’

      Delete
  24. Keluarga jaman now ya mbak, semua serba gadget bahkan makan pun yang dihadapin si smartphone yang menguasai dan menjadi utama. Makjleb banget nih ikutan acara ini, berasa diingatkan supaya bisa tetap dekat dengan anak-anak dong dengan 9 menitnya. Apalagi yang bisa datang ke acara ini sama keluarga ya, duhhh happy banget pastinya sambil family time sambil menimba ilmu parenting bareng LOTTE Choco Pie kegemaran anak2

    ReplyDelete
  25. Waktu kecil dulu saya selalu excited bikin aneka kreasi untuk merayakan hari ibu. Entah itu bikin surat, gambar, atau yang lainnya untuk diberikan kepada ibu tercinta. Pas udah gede gini kok malah gak pernah bikin lagi yaa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, sekarang tetaaap dilestarikan moment itu, mba.

      Delete
  26. Choco Pie-nya lotte inovatif banget bikin acara ini ya Mba. Mbrebes mili aku nonton videonya :') jadi kangen Mama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeet, banyak inovasinya untuk mewujudkan kebersamaan keluarga Indonesia

      Delete
  27. Aku ikutan terus padahal belum rejeki. Tau chocopie malah yg dari Korea gak tau di Jakarta ada juga hahahaha... kenyel enyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemasan yang di Korea samakan dengan di sini?

      Delete
  28. iya sangat perlu ya, aku dan ibuku sangat kuat bondingnya , masih suka kelonan sama ibuku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng banget kalau ada anak yang hingga dewasa masih mau kelonan sama orangtuanya

      Delete
  29. sesibuk apa pun seorang ibu, bonding dgn anak tetap nomer satu ya mba

    ReplyDelete
  30. Puitis banget mas lintang.. banyak ya kegiatan bersama Lotte choco pie ini.. keceh deh sangat mengedukasi! dan enak juga rasa biskuitnya anakku suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tante Elly..huhuhuhu,kan di foto itu Lintang bukan mas tapi mba, yang mas itu Mas Pijar :D

      Delete
  31. Bonding Moment itu perlu banget. Sesibuk apapun, luangkan waktu untuk anak dan keluarga <-- pengingat untukku :(

    ReplyDelete
  32. Acaranya seru bangeeeeettt.. Dan aku terharu pas pemutaran videonyaaaa :')

    ReplyDelete
  33. Mother's are the best in the world

    ReplyDelete
  34. Seru nih premium bonding ke 3 anak sekaligus. ��

    ReplyDelete
  35. Aku termasuk yang suka komunikasi dengan WA sama keluarga hehehe. Abisnya males turun naik tangga. Jadi WA-an aja deh. Nanti kalo punya kluarga kecil sendiri makanya gak mau punya rumah bertingkat hahahaha :D

    ReplyDelete
  36. Demam itu tidak bisa didiamkan. Bisa jadi itu tanda ada nya masalah. Maka cepat-cepat di obati. Kehilangan bisa menguatkan

    ReplyDelete