>

7 Permainan Batita Kreatif Saat Liburan

By duniaeni.com - March 28, 2018



Sebagai ibu rumah tangga atau ibu bekerja tentu bermain dengan anak adalah salah satu rutinitas yang ada dalam jadwal sehari-hari, jangan sampai tidak ada jadwal bermain dengan anak ya, Moms. Setidaknya, ketika weekends atau liburan tiba bermain dengan anak adalah kewajiban. Terutama ketika anak dalam usia pertumbuhan, seperti usia batita.

Kebetulan anak ke empat saya, Pendar usianya 3 tahun,  bukan main usia ini  benar-benar hanya bermain dan bermain. Jika sedang bersamanya dan memang nyaris selalu bersamanya jika sedang tidak ada kegiatan atau pekerjaan di luar, maka saya punya pekerjaan menemani dan menciptakan sesuatu permainan yang menarik buatnya. Kalau tidak?

Pendar akan merajuk, mengikuti kemana pun gerak saya, entah ke dapur maupun ke depan laptop. Bahkan dulu di depan kamar mandi setia ketok-ketok; "Dah beyum, Bu?"

Sebenarnya sih simpeeeel banget biar gak repot, biar saya bisa ngerjain semuanya dengan tenang, atau bahkan me time, cuma tinggal KASIH ANAK GAWAI ATAU GADGET, BERES. Tapi efek jangka panjang?

Anak jadi asyik dengan gadget dan gadget, gadget mengalihkan semua hal yang harus dilakukan si kecil, seperti bergerak, memfungsikan semua anggota tubuhnya, bersosialisasi, belajar kosa kata timbal balik, berimajinasi dengan benda nyata, mengenal sekelilingnya, dan saya tidak mau hal ini terjadi pada Pendar.

Maka sebisa mungkin gadget hanya jadi benda penting yang dipegang ketika darurat, misalnya pernah saya sendirian tergeletak sakit di rumah. Pendar menemani di samping dan terus merajuk minta main ini-itu, sementara saya tidak bisa banyak bergerak. Saya berikan gadget milik saya dan memintanya main di sebelah saya berbaring, saya tertidur satu jam dan terbangun dengan rasa lebih baik, langsung gadget saya minta kembali.

Jadi memang untuk mengalihkan gadget anak harus diberi aktifitas lainnya yang membuatnya bergerak, aktif dan kreatif sesuai dengan tuntutan perkembangannya. Bisa juga baca buku parenting Meningkatkan 9 Kecerdasan Anak agar tahu permainan apa yang paling  tepat untuk si kecil. Bukunya bagus loh, terdapat beberapa permainan yang bahan-bahannya atau medianya muda didapat di sekitar kita.

Berikut ini beberapa permainan yang biasa saya lakukan bersama Pendar ketika di rumah:

1. Berkebun



Permainan menanam ini cukup mengasyikan,  mengenalkan anak pada tekstur tanah, cara menanan menjaga bibit agar tumbuh menjadi pohon meski tidak selalu berhasil jadi pohon, hehehe. Setidaknya anak sudah tahu bagaimana tanah berfungsi untuk menjadikan biji-bijian bertumbuh, jadi pohon, dan kelak bisa berbuah jika berhasil tumbuh.

Bahan-bahan:




Tanah : Bisa diambil dari pupuk yang banyak dijual umum atau diambil dari tanah pekarangan.
Pot kecil : Bisa  beli atau pun bekas botol maupun mainan anak yang sudah tidak terpakai
Air
Sekop kecil
Biji-bijian : Bisa beli atau membuat sendiri dengan mengeringkan biji-bijian yang ada, seperti biji cabe, biji bayam, biji buah-buahan.

2. Bermain Theater

Saya dan anak-anak sering bermain theater sederhana, lampu kamar dimatikan dan menyalakan senter. Lalu masing-masing anak bergaya sesuai dengan imajinasinya, bayangan di dinding menjadi seperti layar film yang kita mainan. Ini permainan sederhana, tapi seru dan melatih imajinasi anak untuk memerankan tokoh yang disukai.

3. Gunting kertas/Membuat boneka kertas




Biasa saya membelikan Pendar kertas origami warna-warni untuk digunting-gunting sesuka hatinya atau kami buat prakarya aneka rupa sambil bercerita. Bisa juga membuat boneka dari kertas yang didukung benda lainnya, seperti:



Piring kertas
Crayon/Pensil warna
Lem kertas

4. Masak Bareng

Sering saya di rumah hanya berdua Pendar, karena dapur letakknya di belakang dan ruang tamu tempat Pendar bermain terhalang ruang tempat makan, lalu pintu. Jadilah kadang saya was-was kalau lama di dapur. Jalan satu-satunya saya ajak masak, kebetulan lokasi kompor dan ada jeda tempat yang cukup aman, biasa Pendar main di situ dengan piring plastik, gelas plastik, dan sayuran.

Bisa juga dia main cuci piring di wastafel, saya di sebelahnya merajang sayur dan masak. Seru banget, bisa dua jam kami berdua di dapur. Di dapur saya mengenalkan jenis-jenis bumbu dapur, seperti bwang merah, bawang putih, cabe.

5. Pasir Sitentik



Permainan ini bagus sekali menurut saya karena melatih motorik dan otot anak, juga daya imajinasinya. Pasirnya higienis dan sangat aman untuk balita, harganya pun murah mulai harga di bawah lima puluh ribu rupiah. Selain bisa dimainkan sesuka anak, bisa dibentuk-bentuk sesuai cetakannya.

6. Mendongeng atau Membacakan Buku

Mengenalkan buku kepada anak itu bagus sekali sejak dini, selain menumbuhkan minat bacanya kelak, juga merupakan bonding moment orang tua kepada anak. Bagaimana kita mendongengkan atau membacakan cerita kepada anak, plus menumbuhkan daya imajinasi anak.

7. Bermain Air



Bermain air ini sederhana sekali, bisa dengan media air di rumah atau pun air sisa hujan, bahkan air hujan-hujanan. Takut sakit? Percayalah, kalau cara bermainnya benar aman-mana saja kok:

Jika anak bermain hujan:





- Hujan harus deras dan tidak ada halilintar atau geluduk
- Beri waktu paling lama main hujan dua jam
- Selesai main hujanan mandi bersih, borehkan minyak hangat dan kasih minum hangat

Jika anak bermain sisa air hujan:



- Pastikan air hujan meski di tanah, tapi bersih dari kotoran hewan, seperti kucing
- Anak mengenakan sepatu boots
- Selesai bermain, mandikan bersih

Sebenarnya banyak ya, permainan balita lainnya yang bisa Moms lakukan bersama si kecil selain 7 permainan kreatif di atas. Intinya yang terpenting adalah permainan yang dapat memberi manfaat bagi si kecil. Boneka yang membuat si kecil hapal Al Quran ini juga termasuk permainan yang bagus loh.




  • Share:

You Might Also Like

9 komentar

  1. Anakku suka main pasir sintetis. Memang bisa melatih kreatifitas anak ya Mbak.

    ReplyDelete
  2. Mendongeng dan membaca buku bisa menambah wawasan anak juga nih.

    ReplyDelete
  3. Betul nih, mainan apa pun yang penting bisa membantu anak untuk berkembang pikirannya.

    ReplyDelete
  4. Wah Ayyas suka tuh main berkebun. Yuk Dedek Pendar main berkebun ama kakak Ayyas :p

    ReplyDelete
  5. Wah main sama tante , nanti diajakin ujan ujanan dan becek becekan, seruuuu yaaa,yuk ahh..

    ReplyDelete
  6. Wahh pendar kreatif ya mbak.. Kalo anak saya, Sean Kilimanjaro paling suka bermain air ��

    ReplyDelete
  7. Berkebun itu seru deh mak, biar belajar bertanam sejak dini

    ReplyDelete
  8. Seru banget, Aisyah juga suka maenan hujan hehehe..

    ReplyDelete
  9. Permainan yang kreatif buat anak

    ReplyDelete