AXA Mandiri Salurkan Dana Surplus Underwriting Senilai Rp 847 Juta Kepada BAZNAS ~ Duniaeni

Wednesday

AXA Mandiri Salurkan Dana Surplus Underwriting Senilai Rp 847 Juta Kepada BAZNAS



Apa itu Dana Surplus Underwriting

Bersamaan dengan momen Ramadan, saya berkesempatan hadir di acara AXA Mandiri, namun kali ini terasa lebih spesial buat saya. Jika sebelumnya beberapa kali saya hadir untuk acara peluncuran produk AXA Mandiri, seperti Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah. Asuransi berbasis syariah sekarang memang banyak diminati masyarakat, meski sebagian banyak juga yang belum mempercayai 100%.

Masyarakat masih meragukan dengan asuransi berbasis syariah, tapi kali ini acara yang saya hadiri membuat mata terbuka dan semakin yakin dengan asuransi berbasis syariah. Acara yang cukup singkat, yakni penyerahan dana surplus underwriting kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang diserahlan secara simbolis oleh Director of In-Branch Channel AXA Mandiri - Henky Oktavianus kepada pihak BAZNAS yang diwakili oleh Komisaris BAZNAS - Emmy Hamidiyah.





Apa itu dana surplus underwriting?

Dana surplus underwriting merupakan selisih dari kontribusi para peserta asuransi syariah ke dalam Dana Tabbaru setelah dikurangi pembayaran santunan atau klaim kontribusi asuransi dan penyisihan teknis dalam satu periode tertentu, atau bagi hasil atas penjualan produk asuransi syariah.  Dana yang disalurkan pihak AXA Mandiri kepada BAZNAS itu nilainya cukup mencengangkan buat saya, yakni sebesar RP847 Juta.


Kerjasama penyaluran Dana Surplus Underwriting AXA Mandiri Kepada BAZNAS





Ternyata kerjasama penyaluran dana surplus underwriting AXA Mandiri kepada BAZNAS ini sudah terjalin sejak tahun 2012, berarti sudah  berjalan selama 6 tahun. Tentu kerjasama ini sesuai dengan tujuan AXA Mandiri yaitu Empower All Indonesian To Live a Better Lives, seperti yang diungkapkan oleh Director of In-Branch Channel AXA Mandiri - Henky Oktavianus:





"Kami bersyukur hingga saat ini masih dapat mewujudkan komitmen kami untuk menyalurkan sebagian dana surplus underwriting. Dana surplus underwriting merupakan selisih dari kontribusi para peserta asuransi syariah ke dalam Dana Tabbaru setelah dikurangi pembayaran santunan atau klaim kontribusi asuransi dan penyisihan teknis dalam satu periode tertentu. Tahun ini, dana yang dapat kami salurkan melalui BAZNAS yaitu Rp 847 Juta, meningkat 32% dari tahun 2017, yaitu Rp 642 Juta. Kami berharap, amanah nasabah yang kami sampaikan ini dapat memberikan manfat bagi masyarakat luas."
Pihak BAZNAS yang diwakili Emmy Hamidiyah pun sangat mengapresiasi dan mendukung komitmen AXA Mandiri, " Kami sangat mengapreasiasi dan terus mendukung komitmen AXA Mandiri untung menghibahkan dana surplus underwiring demi kebaikan masyarakat luas. Kerjasama ini sangat penting bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program-program BAZNAS. Kami mengharapkan kerjsama yang baik ini dapat terjalin secara berkelanjutan agar dapat menjadi contoh bagi perusahaan sektor swasta lain untuk melakukan kegiatan positif yang serupa."

Manfaat dana surplus  underwriting yang dihibahkan ke BAZNAS




Dana surplus underwriting seperti dikatakan Emmy Hamidiyah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, yang tentu saja hal ini sesuai dengan tujuan dari AXA Mandiri. Maka sebagian dana surplus underwriting tersebut digunakan untuk :

Menyediakan 1.200 paket Ramadan Bahagia yang berisi bahan makanan untuk kebutuhan sehari-hari hingga hari raya. 1.200 paket ini akan diserahkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Yayasan Cerdas Mandiri, Masjid Raudhatul Falah, Palang Merah Indonesia Provinsi DKI Jakarta, serta kepada petugas keamanan dan kebersihan, juga masyarakat yang berada di lingkungan AXA Tower Kuningan.

Sebenarnya kegiatan sosial ini merupakan bagian dari program Ramadan Juara yang dilakukan oleh AXA Mandiri, yang bertujuan menyemangati masyarakat untuk senantiasa giat beribadah dan berlomba menjadi individu yang bermanfaat bagi sesama, sheingga dapat berjaya menjadi juara pada hari kemenangan.

Setuju deh dengan kata-kata Emmy Hamidiyah, agar kegiatan AXA Mandiri ini menjadi contoh bagi perusahaan sektor swasta lain untuk melakuan kegatan positif serupa. Selain mendirikan perusahaan untuk kepentingan perusahaan dan jajarannya, juga berbagi untuk masyarakat luas yang sangat membutuhkannya.

Kalian juga setuju kan? Karena itu yuk, dukung kegiatan AXA Mandiri dengan mempercayakan memiliki asuransi berbasis syariah di AXA Mandiri. Sebab jumlah polis nasabah ini sangat menentukan bagi berkembangnya kegiatan sosial yang sudah AXA Mandiri lakukan. Sementara masyarakat Indonesia masih banyak yang belum menyakini asurasi berbasis syariah, memang perlu adanya edukasi seperti yang diucapkan Henky Oktavianus:

"Kami sadar bahwa tingkat penetrasi asuransi syariah di Indonesia masih tergolong rendah, maka kami perlu mengedukasi masyarakat mengenai prinsip dan pentingnya asuransi. Dengan demikian kami berharap bahwa semakin banyak masyarakat yang teredukasi, maka akan lebih banyak keluarga Indonesia yang terlindungi."
Dapak makin banyak jumlah polis asuransi syariah





Mengapa dibutuhkan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi, termasuk asuransi syariah. Karena peningkatan jumlah surplus underwriting yang diserahkan AXA Mandiri kepada BAZNAS dari tahun ke tahun efek dari peningkatan jumlah polis asuransi syariah.

Pada tahun 2017, AXA Mandiri telah memberikan perlindungan asuransi syariah melalui lebih dari 59 ribu polis asuransi, meningkat 80% dibandingkan tahun 2016. Tahun 2016 itu jumlah polis asuransi 32 ribu polis. Jika dilihat dari sisi pendapatan kontribusi, AXA Mandiri tahun 2017 mendapatkan kontribusi sebesar lebih dari Rp 46,7 miliar yang meningkat 12.8% dibanding tahun 2016 sebesar Rp 41.4 miliar.

Maka tercatat dana surplus underwriting tahun 2018 yang diserahkan oleh AXA Mandiri kepada BAZNAS tanggal 5 Juni kemarin pun mengalami peningkatan luarbiasa dari tahun 2017. Seperti yang telah diinfokan Henky Oktavianus di atas yakni meningkat 32%.

Semakin banyak yang memiliki polis asuransi syariah semakin banyak yang bisa dibantu, selain juga semakin banyak kesadaran masyarakat akan perlindungan dan perencanaan keuangannya di masa depan. Karena bagaimana pun kita hidup butuh berbagi dan memiliki perlindungan dan perencanaan keuangan untuk diri sendiri maupun keluarga. Mengutip ucapan Henky Oktavianus:


"Peningkatan jumlah polis asuransi yang tercatat sepanjang tahun 2017 lalu bukan hanya menjadi pencapaian bagi perusahaan, tetapi lebih dari itu. Dengan pertambahnya jumlah polis, maka semakin banyak masyarakat yan sadar akan pentingnya perlindungan dan perencanaan keuangan masa depan. Melalui polis asuransi tersebut tentunya semakin banyak masyarakat Indonesia dan keluarga Indonesia yang terlindungi.

So, sudahkah memiliki asuransi syariah AXA Mandiri?

Masyarakat perlu mengetahui bahwa produk asuransi syariah AXA Mandiri memenuhi kebutuhan perlindungan yang dikelola dengan prinsip syariah yang  tentunya bebas dari riba  bagi keluarga muslim. Bahkan bagi hasil atas  penjualan produk asuransi syariah diserahkan ke BAZNAS untuk kegiatan sosial yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Kita bisa memilih produk asuransi syariah AXA Mandiri:

1. Asuransi Mandiri Sejahtera Mapan Syariah
2. Asuransi Mandiri Rencana Sejahtera Syariah
3. Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas Syariah
4. Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah

Produk-produk asuransi syariah AXA Mandiri ini bisa didapat melalui lebih dari 200 cabang Bank Syariah Mandiri atau BSM. Alhamdullilah, saya sejak lama sudah memiliki rekening di Bank Syariah Mandiri. Bagaimana dengan kalian?

9 komentar:

  1. berbasis syariah.. solusi bagi generasi saat ini dalam mencari ansuransi..

    ReplyDelete
  2. Yes setuju banget mba dengan kegiatan yang dilakukan AXA Mandiri

    ReplyDelete
  3. Tiap tahun semakin bertambah apa yg diberikan axa mandiri kpd Baznas janji Allah ya, mudah2an apa yg dilakukan bisa menginspirasi yg lain

    ReplyDelete
  4. aku belum punya polis asuransi berbasis syariah mba Eni, karena emang belum ngerti aja. Ini lagi belajar dan mengulik-ngulik AXA Mandiri juga hehe..

    ReplyDelete
  5. KOnribusi dana syariah ini teryata memang kalau dikumpulkan akan bermanfaat bagi yang berguna dan disalurkan ke lembaga yang tepat ya mbaa :)

    ReplyDelete
  6. Saya jadi paham soal zakat mal yang banyak turunannya dan saya terinspirasi AXA untuk bisa berbagi jika sedang mendapat keuntungan.
    Eh tapi ketika pailit pun rasanya berbagi itu tetap harus ya sebagai sedekah :)

    ReplyDelete
  7. Jadi penasaran sama asuransi syariah dari AXA Mandiri. Alula belum ada asuransi soalnya..

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah ya Mba, setiap tahun penyaluran dananya semakin bertambah.

    ReplyDelete
  9. Aku dulunya punya rekening Bank Syariah Mandiri karena emang wajib punya buat payroll hehehe. Semoga kerjasama AXA dan BAZNAS terus berlangsung dan makin banyak manfaatnya untuk masyarkaat.

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Merayakan Kebahagiaan Menjadi Ibu Rumah Tangga

Awal Menjadi Ibu Rumah Tangga : Terpuruk oleh rutinitas Ketika remaja saya bercita-cita menjadi wanita karir, sama sekali tidak b...

Cari Artikel

Instagram

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.