Investasi Dunia Akherat Di Sun Life ~ Duniaeni

Sunday

Investasi Dunia Akherat Di Sun Life


waktu cepat berlalu, kini tahu-tahu anak  ke 5 kami akan hadir

Pentingnya investasi akherat

Setiap keluarga pasti memiliki impian untuk cukup secara financial, namun pada kenyataannya banyak keluarga yang mengalami ketimpangan atau tidak balance dalam pendapatan dan pengeluaran. Sampai pernah saya mendengar komentar yang intinya hampir sama, "Penghasilan semakin naik, pengeluaran juga semakin naik." Benarkah demikian?

Saya pribadi mengalaminya, dulu berpenghasilan sekian dengan pengeluaran sekian masih kurang, namun ketika penghasilan meningkat, ternyata kebutuhan juga meningkat. Padahal hidup tidak hanya untuk kebutuhan harian, membayar kewajiban, tetapi ada kehidupan di masa depan yang butuh perencanaan keuangan sejak dini.

Kehidupan masa depan seperti pendidikan anak-anak, investasi masa tua ketika sudah tidak bisa bekerja lagi, dan satu lagi yang tidak kalah pentingnya yakni investasi kehidupan akherat. Kehidupan akherat adalah hasil tabungan kita di dunia, mulai dari perbuatan yang baik, memberi nafkah keluarga dengan hasil yang halal, juga bersedekah, infak, zakat, dan wakaf.


Keluarga Surya : Asuransi Jiwa Syariah Sun Life

Kemarin saya menonton sitcom Keluarga Surya di channel Youtube Sun Life Financial Indonesia. Nama-nama keluarganya yang  berunsur cahaya mengingatkan akan nama anak-anak saya yang juga berunsur cahaya: Lintang, Pijar, dan Pendar. Namun diluar kesamaan soal unsur nama, sitcom episode kedua yang dibuat oleh Sun Life Finacial Indonesia untuk kampanye edukasi keuangan ini membuat semakin sadar investasi.

Tentu saja investasi yang tidak hanya untuk kepentingan masa depan di dunia, seperti yang saya tulis di atas. tapi juga investasi untuk di akherat. Kalau kata Pak Surya : "Kita pasti akan kaya selamanya."




Sitcom yang bernuansa komedi ini juga terselip obrolan Pak Surya dan Bu Surya  tentang pahalanya gak putus-putus, satunannya bikin belanja gak putus-putus. Sebenarnya investasi seperti apa sih yang dimaksud Keluarga Surya?

Sun Life memiliki produk asuransi jiwa syariah yang sebagian dananya bisa untuk diwakafkan seperti kejadian yang diceritakan dalam sitcom Keluarga Surya. Dimana alm ayahnya teman Pak Surya meninggal dan meninggalkan warisan asuransi yang sebagian santunannya untuk diwakafkan, dan sebagian diberikan untuk anaknya. Memangnya wakaf itu apa?




Wakaf memiliki tujuan taqarrub kepada Allah SWT untuk mendapatkan segala kebaikan dan ridhaNya. Luarbiasanya mewakafkan harta benda jauh lebih utama pahalanya dibanding bersedekah biasa, karena wakaf sifatnya kekal dan manfaatnya lebih besar.

Kalau dulu banyak orang berpikir wakaf hanya bisa dilakukan dengan harta benda berupa tanah, rumah, seperti untuk kepentingan masjid umum, jalan umum, yang mungkin belum tentu semua orang bisa melakukannya. Maka sekarang wakaf bisa dilakukan dengan investasi melalui polis asuransi syariah.

 Wakaf cara baru yang bisa dilakukan oleh siapa saja sejak dini, tidak harus menunggu menjadi kaya dulu karena memiliki asuransi jiwa syariah seperti menabug sedikit demi sedikit. Wakaf melalui investasi polis asuransi syariah ini oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) diperbolehkan dengan syarat berdasarkan Fatwa DSN MUI nomor 106 tahun 2016 tentang Wakaf Manfaat Asuransi Jiwa Syariah.

Jadi #LebihBaikSekarang segera memiliki polis asuransi jiwa syariah di Sun Life ketimbang menunda-nunda. "Kita kan gak tahu ya, hidup itu sampai kapan. Nggak tahu umur, Kalau Ayah punya asuransi, berari nanti Ayah punya warisan..."




Jleb Banget kata-kata Pak Surya, tetapi memang itu kenyataan yang harus direncanakan jauh-jauh hari. Jika asuransi jiwa biasa hanya untuk kesejahteraan keluarga yaang ditinggalkan, maka asuransi jiwa syariah yang bisa diwakafkan akan memberikan manfaat buat masyarakat yang pahalanya tidak akan ada putus-putusnya sehingga kaya dunia akherat, Insaaallah.

Keluarga Surya : Sitcom Inspirasi Rencana Keuangan

Meski kalian mungkin belum menonton sitcom Keluarga Surya kedua, setujukan kalau saya bilang sitcom ini sangat menginspirasi rencana keuangan kita? Bikin mikir tidak hanya investasi di dunia, tetapi juga di akherat. Kita tidak hanya bisa beribadah sedekah, infak, yang nyaris sehari-hari kita lakukan mulai dari tersenyum kepada saudara kita, mengisi kotak amal seikhlasnya.

Wakaf yang selama ini mungkin serasa jauh dari jangkauan karena bayangannya nilai materinya sangat besar, tidak lagi. Siapa pun bisa berwakaf dengan menabung melalui polis asuransi jiwa syariah Sun Life.

Oya, sitcom Keluarga Surya ini diperankan oleh aktor dan artis:
  • Edi Bone sebagai Ayah Surya
  • Karina Nadila Sebagai Ibu Mentari
  • Bima Azriel Sebagai Fajar
  • Sandrina Michelle Sebagai Cahaya
Rencananya sitcom Keluarga Surya akan dibuat 8 episode berdurasi masing-masing 5 menit dan ditayangkan setiap dua minggu sekali. Saya senang menontonnya karena dikemas secara komedi, dan memberi muatan tentang rencana keuangan yang menginspitrasi, seperti di episode pertama tentang THR, lalu episode kedua yang saya ulas ini tentang Wakaf. Penasaran menonton episode kedua, bisa ditonton di sini:




Bagaimana kesan kalian setelah menontonnya, selain tertawa kocak karena gurauan Pak Surya dan Ibu Surya? Semakin terinspirasi untuk memiliki investasi yang bisa mewariskan pahala dunia akherat ya.

Selain mendapat manfaat ilmu tentang keuangan, nonton sitcom ada kuis berhadiah uang dari Sun Life Indonesia loh. Caranya sangat mudah sekali, ditunggu saja infonya karena setelah kuis sitcom episode pertama akan ada kuis lanjutannya.

42 komentar:

  1. Sudah sampe episode dua sekarang ya?

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen ikutan nonton. :D

    ReplyDelete
  3. Aku pengen banget bisa rutin beramal jariyah seperti infaq dan wakaf. Karena bener, investasi akhirat pun harus dipersiapkan selagi hidup.

    ReplyDelete
  4. Sayang banget ya acara sitkom bagus begini kenapa gak ditayangin di televisi lokal, padahal makna yg dibahas bagus banget. Daripada isi tipi sekarang gak jelas hiburannya, hiks

    ReplyDelete
  5. Apapunn kalau ga dimanaj dengan baik hasilnya pasti kelimpungan ya mak, emang dimana2 hidup mah harus balance, dunia akhirat jadi dapet deh dengan adanya manajemen keuangan...

    ReplyDelete
  6. Aku mau ahh ikutan kuisnya Keluarga Surya. Lumayan buat jajan kalau menang. Cara yang unik mengenalkan investasi asuransi baru dengan cara berwakaf.

    ReplyDelete
  7. Aku suka dengan video sitkom Sun Life ini, ngikutin sejak launching. Videonya ringan dan lucu tapi sarat pesan dan value. Gak sabar nungguin episode2 berikutnya

    ReplyDelete
  8. Rak sabar nih mba buat menonton Sitkom. Aku senang deh kalau ada sitkom nggak hanya menonton tanpa artis tapi banyak kandungan nilai-nilai termasuk soal wakaf dan infaq.

    ReplyDelete
  9. Iya ya asuransi oh asuransi, makin melek sekarang ttg hal ini.
    Minimal kepala keluarga kudu punya ya mbak, ya gak ngarep aneh2 sih tapi buat proteksi keluarga...

    ReplyDelete
  10. Aku udah nonton yang Wakaf ini. Pengen deh nonton yg episode 3 nya. Edukatif banget.

    ReplyDelete
  11. Penting banget ya mbak mempersiapkan asuransi dari sekarang, apalagi kita nggak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya

    ReplyDelete
  12. cling.. jadi tercerahkan mengenai wakaf ini..

    ReplyDelete
  13. Huhuhu ngalak kalau liat tayangannya inget mba eni

    ReplyDelete
  14. aku baru tahu jenis wakaf melalui polis asuransi syariah mba, thanks artikelnya yak membuka pengetahuan baru

    ReplyDelete
  15. Produk baru ya ini, aku baru denger juga ada asuransi jiwa syariah yang nantinya bisa jadi wakaf.. Manfaatnya pasti banyak juga untuk masyarakat.. Preminya sekitar berapa ya mba kalo ikut ini?

    ReplyDelete
  16. penyampaiannya keren ya dalam kemasan sitkom gini jadi lebih ngena gitu, keren

    ReplyDelete
  17. itu yang difoto pertama, anak wedok ada yang pegang pistol, ngeri banget. Hehehe. Btw, Sitcomnya cm ada di channel yutubnya sun life ya, meluncur ke channelnya buat liat ceritanya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu cowooook wkwkwk,namanya Pijar. Rambutnya memang gondrong

      Delete
  18. Rasa hati kaya lg di lemparin batu mba bacanya, kadang kalo lg ngurus uang suka gak kefikiran akhirat ��
    Dunia aja terus kalo hubungannya sm uang
    Ngebantu bgt asuransi jiwa syariah ini yaa

    ReplyDelete
  19. Senengnya banget liat ekspresi keluargamu mbak. Semoga sehat2 selalu.

    ReplyDelete
  20. saya pribadi kurang paham soal wakaf, tapi investasi dunia akhirat ini penting banget, mengingat hidup kita nggak berhenti saat meninggal saja. Kalau asuransi saya juga lagi lirik Sun Life nih katanya bagus

    ReplyDelete
  21. Wah senang ya bisa kalau keluarga kompak menyusun anggaran keuangan masa depan, bikin tenang juga,

    ReplyDelete
  22. Keren inovasi sunlife! Wakaf ternyata gak hanya lewat tanah atau barang aja ya, namun jg bs lewat asuransi.

    ReplyDelete
  23. Edukasi keuangan melalui pendekatan sitkom menarik ya.
    Idenya keren tuh, inspiratif, jadi role model perencanaan keuangan keluarga muda

    ReplyDelete
  24. Sekaramg wakaf pun di asuransikan juga ya mba? Yang terpenting akad dan peosesnya juga harus islami ya mba.

    ReplyDelete
  25. Soal asuransi aku masih banyak ragunya tapi sekarang hrs melek deh dn hrs ikut utk jaga2

    ReplyDelete
  26. Bagus ya Mba Eni cara Sun Life ini memberikan edukasi tentang perencanaan keuangan dalam sebuah keluarga melalui sitkom keluarga Surya ini kreatif bangat. Suka!

    ReplyDelete
  27. Aku suka sitkom ini kak Eni,,lucu, menghibur sekaligus belajar mengenai literasi keuangan juga. Dan setiap episode itu kayaknya ngena banget soale kaya kehidupan sehari2 kita aja,

    ReplyDelete
  28. aku dah nonton dong kemarennnn.. baru sampe episode dua ya....

    aku juga nonton keluarga badak kak.. cuma yg keluarga badak kadang malah garing... wkwkwk...

    ReplyDelete
  29. Investasi akhirat emang penting banget yak, karena di sanalah hidup kita sesungguhnya nanti yang abadi. Terkadang kita melupakan itu... ingetnya hanya jangka pendek saja hanya di dunia. Lewat sitkom keluarga surya ini kita diajari tanpa merasa digurui ,,keren :D

    ReplyDelete
  30. Investasi akhirat menjadi hal yang sangat penting juga karena akhirat itu kehidupan selamanya. Beda dengan dunia, tapi sama2 baik sih. Penasaran pengen nonton keluarga Surya

    ReplyDelete
  31. Seru ya mbak..edukasi keuangan jadi terasa lebih menyenangkan.Kemarin saya sempat nonton juga di kanal youtube. wah jadi lebih paham soal produk keuangan

    ReplyDelete
  32. Dengan produk Sunlife makin bahagia dunia akhirat ya

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Merayakan Kebahagiaan Menjadi Ibu Rumah Tangga

Awal Menjadi Ibu Rumah Tangga : Terpuruk oleh rutinitas Ketika remaja saya bercita-cita menjadi wanita karir, sama sekali tidak b...

Cari Artikel

Instagram

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.