>

Seafood Yang Boleh Dimakan Ibu Hamil

By duniaeni.com - August 12, 2018

sumber gambar: gambar gratis


Pada artikel sebelumnya Ibu Hamil Dilarang Makan Seafood? Maka pada artikel kali ini saya akan mengulas seafood apa saja yang aman dikonsumsi ibu hamil. Karena bagaimana pun juga kandungan nutrisi dalam seafood sangat bagus untuk ibu hamil.

Dari sebuah sumber sebenarnya seafood aman dikonsumsi saat sedang hamil di atas semester pertama dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Kandungan merkurinya sangat rendah dan dikonsumsi terbatas sesuai anjuran ahli medis ibu hamil.
2. Mengolah seafood dengan  tingkat kematangan yang cukup. Terutama untuk kerang, remis, tiram, dimasak dalam suhu 63 derajat celcius.
3. Pilih ikan yang kecil, karena ikan besar potensial terpapar merkuri tinggi.

Gampang-gampang susah ya, buat yang tidak menggemari seafood mungkin hal biasa jika harus berpuasa seafood. Tetapi untuk penggemar seaafood, bisa jadi siksaan tersediri, hehehe. Sebenarnya sih bukan soal suka tidak suka, seafood sesungguhnya mengandung nutrisi yang amat bagus untuk ibu hamil.

Seafood mengandung DHA yang berperan untuk mencegah terjadinya keguguran, juga EPA yang  berfungsi untuk membentukan sel darah, organ jantung yang bermanfaat untuk ibu hamil dan memperkuat sistem imun pada janin dalam kandungan. Karena itu seafood sangat baik untuk bumil, hanya saja akibat pencemaran laut dan sungai, kandungan  merkuri, membuat seafood jadi sedap-sedap ngeri dikonsumsi oleh ibu hamil.

Alhamdullilah, jika ternyata ada yang mengkonsumsi di saat hamil semester pertama tidak mengalami apa-apa pada janin, tetapi kita tidak bisa tebak-tebakan dengan kondisi ikan yang memang disinyalir mengandung merkuri parah. Sebaiknya menahan diri sesaat ya, ketimbang kenapa-kenapa efeknya. Ingat loh, zat racun merkuri mengganggu perkembangan otak dan sistem saraf pada janin, ngeri kan?

Apalagi hanya 3 bulan pada masa kehamilan saja kita menahan diri untuk membatasi seafood yang berbahaya, selebihnya sudah boleh kok. Dokter kandungan saya pun  menyarankan agar saya mengkonsumsi seafood setelah usia kandungan sekarang, lagi pula ada seafood yang memang aman untuk bumil nih. Kandungan merkurinya Insaallah sangat kecil atau tidak ada. Seafood apa saja ya?

Tapi tetap ya harus berpedoman pada tiga hal di atas yang sudah saya tulis, bagaimana pun tidak baik mengkonsumsi seafood mentah atau setengah matang untuk ibu hamil. Selain bahaya lain, seafood mentah itu riskan mengandung cacing pita, cacing pita ini bisa menghambat nutrisi yang diasup ibu hamil. Bisa dibayangkan jika kemudian ibu hamil dan janinnya kekurangan nutrisi?

Nah, berikut ini seafood yang tergolong rendah merkuri, namun kaya akan kandungan asam leamk omega-3:

1. Salmon
2. Sarden
3.Kod
4. Udang
5. Makarel
6. Herring
7. Pilchards
8. Ikan teri

Kepiting, cumi,  dan kerang cukup riskan karena tidak memiliki filter atau penyaring racun dalam tubuhnya, karena itu untuk ibu hamil yang sudah diperbolehkan mengkonsumsi seafood harap perhatikan saat mengkonsumsi kerang, kepiting, cumi. Dicuci dengan baik dan diolah dengan benar, tingkat kematangan sempurna. Jangan lupa, kualitas kesegaran saat belum diolah juga harus diperhartikan, harus benar-benar segar.

Karena meskipun udang,  kerang cukup riskan sebenarnya merupakan sumber protein dan lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan ibu hamil untuk perkembangan janinnya. Sebaiknya sih tetap konsultasi medis yang menangangi kehamilan dan batasi porsi makan seafood jangan berlebihan ya.

Oya, sekedar sharing...

Siapa di sini ibu hamil yang doyan ikan asin? Duh, saya ini doyan banget, apalagi dicocok sambel pakai pete bakar atau dimakan bareng sayur asam. Tetapi ternyata ikan asin kandungan garamnya tidak baik untuk ibu hamil, karena itu saya jadi harus membatasi deh. Terutama juga faktor usia harus membatasi kandungan garam saat kehamilan. Memang apa bahayanya?

Bahaya ikan asin itu sebenarnya karena cara pengolahannya yang dikawatirkan menggunakan zat kimia berbahaya seperti pengawet, dan kandungan garamnya bisa menyebabkan tekanan darah tinggi yang sangat berbahaya bagi ibu hamil. Memang ibu hamil itu mengasup sesuatu juga untuk janin yang dikandungnya, karena itu harus hati-hati. Semoga Allah SWT selalu melindungi kita dan calon bayi kita ya, bumil..Aamiin.

Semoga artikel ini bermanfaat

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Cumiii?? Ohh nooo.. Padahal cumi favorit aku huhu

    ReplyDelete
  2. Saya lagi hamil, pas banget baca artikel yang seperti ini. Terima kasih ya mbak :)

    ReplyDelete
  3. Seafood di atas memang yg kumakan karena harganya murah wkwk

    ReplyDelete
  4. Aku dulu pas hamil malah saking takutnya stop gak makan seafood hehe. Makan sate jg ragu. Wes tahan2in sampai ntr menyusui aku makan semua :D
    Wah iya ya ikan asin jg bahaya ya, wes ntr aja deh makannya pas menyusui haha

    ReplyDelete