Persiapan Bersalin Di Rumah Sakit

By dunia eni - October 08, 2018



Sumber foto: Unsplash 

Ibu-ibu jangan bosan ya kalau membaca blog saya tahun ini penuh dengan  tulisan tentang ibu hamil dari mulai trimester pertama hingga trimester akhir. Mungkin juga tulisan saya jadi sedikit banyak keluhan, baperan, segala hal yang bisa dipengaruhi hormon kehamilan, hehehe. Tapi Insaallah tujuan saya hanya sekedar sharing, Alhamdullilah jika bermanfaat.

Kali ini saya akan sharing  tentang persiapan bersalin, ternyata untuk persiapan bersalin tidak perlu terlalu berlebihan. Meski tetap tergantung dimana tempat kita bersalin, karena setiap tempat bersalin memberikan fasilitas yang berbeda-beda.

Waktu melahirkan Lintang dulu di Puskesmas fasilitas yang diberikan untuk bayi tidak ada, sehingga dari awal kelahiran hingga pulang keperluan bayi harus kita bawa sendiri. Dari pengalaman ini saat melahirkan Pijar di Rumah Sakit Prikasih, saya membawa banyak perlengkapan bayi dengan perkiraan  menginap dua malam. Hasilnya?

Bendungan&perlengkapan lain disediakan rumkit

Perlengkapan bayi lengkap hanya dipakai saat kami pulang, selebihnya rumah sakit yang menyediakan perlengkapannya, seperti bedongan, baju bayi, popok, diapers, kebutuhan alat mandi. Kan, kalau begini bikin berat bawaan saya, hehehe.



Bayangin aja, saya bawa popok, baju bayi, gurita bayi, bedongan, masing-masing setengah lusin, satu set perlengkapan mandi bayi, selimut, dan banyak lagi. Lalu begitu bayi lahir tak satu pun dipakai, hanya saat pulang diminta perlengkapan bayi untuk pulang. Itu pun hanya satu set pakaian, satu bedongan, sudah. Satu tas besar buntelan perlengkapan  bayi terogok di kamar, siap dipanggul suami, wkwkkw.

Kapan perlengkapan bersalin  kita persiapkan?



Ini perlu banget ya, jangan sampai begitu mules kita baru kelimpungan mirip ayam mau nelur ngumpulin ini-itu yang mau dibawa. Selain repot, gak fokus, kemungkinan besar perlengkapan yang mau kita bawa justru salah atau tidak lengkap. Akibatnya sampai di rumah sakit harus balik lagi pulang, atau mencari toko terdekat untuk membelinya.

Jadi waktu bagus mempersiapkan adalah ketika kehamilan masih nyaman dibuat banyak kegiatan beres-beres, biasa kalau saya saat awal trisemester 3 atau akhir trisemester dua. Perut masih asyik diajak bongkar-bongkar atau belanja perlengkapan yang kurang. Kan, perlengkapan yang kita beli, pasti butuh dicuci dulu, dijemur, disetrika, biar bersih dan aman buat calon bayi nanti.

Lalu apa saja yang kita persiapakan?

Setelah mendapat tempat pasti dan info fasilitas yang  tersedia di tempat kita akan bersalin, mulai kita persiapkan apa saja yang akan kita bawa. Kebetulan saya akan melahirkan di tempat yang sama yaitu Rumah Sakit Prikasih

1. Tas untuk membawa perlengkapan bersalin
Gunakan tas yang besar dan aman karena mencegah barang tercecer atau hal lain, maklum rumah sakit tempat umum.

2. Perlengkapan untuk bayi
Pertama persiapkan perlengkapan untuk calon bayi, yakni:
a. Satu stel pakaian untuk pulang, supaya simpel saya biasa membawa satu jumper yang tertutup hingga bagian kaki dan ada penutup kepalanya atau capuchan.
b. 1 topi bayi jika pakaian bayi tidak memiliki penutup kepala atau capuchan.
c. 1 set sarung tangan dan kaos kaki, biasa rumah sakit tempat bersalin tidak menyediakan ini untuk digunakan selama menginap.
d. bedongan
e. 1 selimut bayi (saya pakai untuk pulang)

Note: Jangan lupa, sebelumnya tanyakan apakah tempat ibu  bersalin menyediakan perlengkapan bayi selama menginap di sana, seperti peralatan  mandi, pakaian-bedongan-sarung tangan-kaos kaki, diapers.

3. Perlengkapan ibu bersalin
Tentu saja berbeda perlengkapan ibu bersalin spontan atau normal dengan ibu bersalin secara sectio, karena lama menginapnya berbeda. Untuk ibu  bersalin normal biasa hanya satu malam saja, sementara saya kadang memilih dua malam untuk istirahat atau berjaga-jaga jika terjadi sesuatu kondisi.

Ini pernah saya alami, ternyata saya kesulitan pipis dan harus ditherapi dengan dikateter semalam. Efek dari benturan saat lahiran spontan, kandung kemih harus beradaptasi kembali. Coba, kalau saya langsung pulang dan harus balik lagi ke dokter dalam kondisi habis lahiran, rasanya repot sekali.

Alhamdullilah, waktu lahiran Pendar saya langsung prepare konsul dokternya soal kejadian lahiran sebelumnya yang membuat kesulitan pipis. Jadi tidak masalah dan bisa langsung pulang, hanya menginap semalam.

Untuk menginap semalam yang saya bawa:

a. Gurita ibu 2 pcs
b. Kain dan sarung masing-masing satu ( saya pakai paska lahiran sebelum mandi)
c. Handuk 1, dua bra menyusui, 3 celana dalam
d. Satu stel baju menyusui 1 (saya pakai setelah mandi)
e. Satu stel baju menyusui untuk pulang
f. Jilbab bergo dua pasang (bagi yang berjilbab)
g. Perlengkapan mandi (sikat gigi, pasta gigi, sabun cair, shampo, anti septik untuk cebokan)
h. Perlengkapan make up ( pembersih wajah, two way cake, lisptik ) dan sisir
i. Sepasang sandal yang cocok dipakai saat di menginap dan untuk pulang
j. Pembalut nipas karena kalau beli di rumah sakit cukup mahal dan saya boros menggunakan pembalut, hari pertama kedua tidak cukup hanya jatah dari rumah sakit.

4. Perlengkapan pendamping
Karena saya didampingi suami full, maka saya harus persiapkan perlengkapan suami. Awal bersalin dulu suami malah sama sekali tidak membawa perlengkapan karena kami masih sama-sama belum paham, hahaha. Jadilah suami tidak ganti baju dan habis mandi tidak handukan, kasian kalau ingat.
a. Alas tidur dan 1 bantal
b. 1 Sarung
c. 2 kaos untuk ganti dan pulang
d. 1 celana tidur dan 1 celana untuk pulang
e. 2 celana dalam
f. 1 sandal jepit

5. Tas kecil untuk pernak-pernik penting
Tas kecil yang saya maksud semacam tas pinggang atau selempangan yang selalu dibawa, biasa suami yang bawa. Isinya untuk dompet dan tetek bengeknya, ponsel saya dan suami, kamera.

Kalau saya ini saja sih perlengkapan yang harus dipersiapkan ketika bersalin di rumah sakit secara normal dan hanya menginap semalam. Cukup satu tas kok, kalau ibu apa saja bersiapannya, share dunk, terima kasih.



  • Share:

You Might Also Like

11 komentar

  1. Ini kayaknya aku harus bongkar koper buat ngurangin bawaan khususnya yang baju-baju bayi deh soalnya kemaren telepon RS ternyata baju bayi yang dari kita hanya dipakai pas pulang, selebihnya pakai perlengkapan bayi dari RS dulu.

    ReplyDelete
  2. PAs kemarin lahiran ku juga lupa perlengkapan suami cuman bawa kaos to daleman dll ga kebawa wkwk untung bisa bolak balik ke rumah smabil liatin si sulung :p sungguh ini juga penting mba dipersiapkan :D

    sehat2 mba semoga lancar prosesnya yah

    ReplyDelete
  3. 2 anaku juga dipuskesmas disana tidak menyediakan perlengkapan bayi. Memang sebaiknya sebelum melahirkan tanya dulu ke RS apakah menyediakan perlengkapan bayi. Jadi kangen ngelahirin hihihi

    ReplyDelete
  4. Iya bener. Mesti packing jauh-jauh hari biar ntar tinggal angkut. Waktu hamil pertama dulu, aku nyiapin pas 8 bulan (trus lahirannya telat 1 bulan :D) Yg disiapin? Eung, sesuai yang ditulis di majalah ayahbunda deh. Aku kan penurut :D

    ReplyDelete
  5. Satu bawaan yang ga ada di tas saya waktu persalinan : alat make up.hehehe

    ReplyDelete
  6. Aku pas dulu lahiran, udah siap bawa tas tapi ada aja yabg kelupaan. Buat mba Eni insyaAllah lengkap sekali barang dan persiapannya. Sudah mantap. InsyaAllah sehat dan lancar. Aamin

    ReplyDelete
  7. Lumayan banyak ya mbak yang perlu dipersiapkan, tapi kalau ada ayahnya insyaa Allah bisa kebawa semua. Noted nih buat saya. Semoga dilancarkan ya mbak lahirannya

    ReplyDelete
  8. Kalau aku dulu menyiapkan tas besar yang bisa muat perlengkapan bayi plus keperluanku. Jd pas mules hebat, ke rumah sakit langsung tenteng deh. Aku punya gurita bukan yg bertali tapi ada perekatnya.

    ReplyDelete
  9. Mba Eni, selamat menanti hari persalinan ya. Semoga lancar selalu dan dimudahkan semuanya... can't wait adiknya Pendar deh :)

    ReplyDelete
  10. Persiapanku dulu mirip2 mba Eni. Ditambah tasku isi cemilan banyak bangeeet.. trus buku2, MP3 player, pokoknya semua yg bisa bikin santai :)

    ReplyDelete
  11. Wah, perlengkapan yang Mb Eni siapkan udah komplit nih, tinggal jinjing. Duluuu aku juga mirip2 gini lah kira2. Yang belum beli malah pampers baby new born hehehe. Aku pakai gurita modern sih yg direkatkan, tapi kata orang zaman dulu, bagusan stagen hihihi :D

    ReplyDelete