Mengapa Ibu Hamil Butuh Asupan Susu?

By dunia eni - October 05, 2018



Siapa Saja Yang Butuh Asupan Susu?





Siapa yang suka minum susu?

Ketika kecil pertanyaan di atas pasti sering diajukan buat kita, tetapi ketika dewasa apakah pertanyaan tersebut masih sering kita terima, hehehe? Padahal susu dibutuhkan hingga dewasa, terutama untuk wanita hamil seperti saya loh, jadi tidak hanya anak-anak yang butuh asupan susu.

Jika anak-anak butuh asupan susu dalam tahap pertumbuhannya karena susu mengandung banyak sekali nutrisi yang dapat melengkapi kebutuhan gizi untuk anak, juga bermanfaat sebagai energi yang sangat dibutuhkan anak-anak. Karena anak-anak pada masa perkembangannya sangat banyak melakukan aktifitas untuk menunjang tumbuh kembangnya sempurna.

Diantara lain manfaat susu  bagi anak-anak:

1. Tulang dan gigi yang kuat dan sehat
Susu sangat kaya akan kandungan kalsium, fosfor, magnesium dan protein, Ketiga zat penting ini yang menunjang bagi pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat dan sehat.

2. Menjaga kesehatan jantung
Selain kalsium dan fosfor, susu juga merupakan sumber kalium yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

3. Meningkatkan mood
Ternyata vitamin D yang terkandung dalam susu dapat meningkatkan mood anak , karena asupan vitamin D yang cukup dapat mendukung produksi serotonin.

4. Menunjang pertumbuhan anak tanpa resiko obesitas
Lemak di dalam susu ini yang membantu pertumbuhan anak tidak akan menimbulkan obesitas, sehingga anak tumbuh sesuai dengan tahap perkembangan tubuhnya.

Dan, banyak lagi manfaat susu bagi anak, jadi sayang sekali kalau para orangtua di Indonesia masih mengira susu bagi anak-anak cukup sampai usia batita. Lalu apa manfaat susu bagi orang dewasa, terutama ibu hamil?

Ternyata manfaat susu  bagi orang dewasa adalah untuk menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang yang sering dialami orang dewasa atau orangtua. Karena susu yang mengandung kalsium tinggi berperan penting dalam kepadatan tulang. Selain juga melindungi dari radikal bebas yang menyebabkan terjadinya penuaan dini, dan mencegah obesitas. Nah, jadi buat orang dewasa yang mengira mengasup susu setiap hari akan menyebabkan kegemukan itu salah ya.

Sementara bagi ibu hamil susu sangat bermanfaat selain untuk si ibu, juga untuk janin yang di kandungnya. Bahkan sangat berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, seperti memenuhi kebutuhan akan kalsium, protein, dan vitamin D. Sehingga ahli medis sangat menyarankan selama hamil ibu hamil mengkonsumsi susu.

Susu Yang Tidak Menyebabkan Ibu Hamil Diare





Tetapi banyak ibu hamil yang kesulitan mengasup susu ibu hamil seperti yang saya alami. Ketika hamil Pendar dan kehamilan kali ini setiap mengasup susu hamil kadang mengalami diare. Karena saya mengindap sakit wasir kondisi diare sungguh sangat menyiksa sekali. Tidak hanya drama mengasup susu ibu hamil, suplemen kalsium juga membuat saya mual sejak hamil pertama dulu. Jadilah dokter menyarankan saya agar rutin mengasup susu sebagi pengganti suplemen kalsium. Jadi PR saya mencari susu yang aman tidak menyebabkan saya diare.

Seorang teman memberi info susu sapi yang lebih mudah dicerna dan nyaman di perut bisa menjadi alternatif bagi pencernaan sensitif seperti saya, susu sapi dari Sapi A2. Karena konon susu  sapi dari Sapi A2 ini hanya mengandung protein A2, tanpa Protein A1 sehingga lebih mudah dicerna dan nyaman di perut. Otomatis juga tidak menyebabkan diare.

Awalnya saya dibuat tidak mengerti mengapa disebut susu Sapi A2, apa sih perbedaannya dengan susu sapi biasa. Karena selama ini mengasup susu kalau tidak beli di toko dengan berbagai merk, saya berlangganan susu murni yang dijual perliter. Itu loh, susu murni yang diperah langsung dari sapi perternak dan kita mengasupnya dengan merebusnya hingga mendidih baru diminum. Karena penasarannya dengan perbedaan susu Sapi A2 dengan susu sapi biasa, saya tidak hanya bertanya-tanya tapi juga browsing.

Supaya kalian tidak ikutan penasaran, mungkin sedikit info yang saya dapat ini bisa  membantu:

Perbedaan Susu A2 & Susu Sapi Biasa





Ternyata nih, Susu A2 juga sama merupakan susu hasil perahan sapi yang diternak, hanya sapi tersebut berbeda dengan sapi biasa yang susunya sering saya asup, baik berasal dari susu yang sudah memiliki merk tertentu maupun yang saya beli langsung dari perternak. Lebih jelasnya perbedaannya sebagai berikut:

Susu A2:
1. Sapi khusus yang sudah diseleksi secara ketat oleh ahlinya
2. Hanya memiliki kandungan A2 yang diproduksi secara alami oleh sapi perah pilihan sehingga memiliki asam amino prolin.

Susu sapi biasa:
1. Diperah dari sapi biasa
2. Memiliki kandungan dua kandungan tipe protein beta casein yakni A1 dan A2 sehingga memiliki asam amino hitsidin.

Jika susu sapi biasa yang memiliki kandungan protein A1 dan A2 terdapat asam amino hitsidin yang bisa mempengaruhi pencernaan tidak nyaman seperti  perut kembung, perut bergas dan diare, maka pada Susu A2 tidak. Susu A2  yang memiliki asam amino prolin yang membuat perut lebih nyaman.

Pakar gizi, dr. Rizal Alydrus, MSc juga membenarkan tentang efek protein beta casein A1 yang bisa membuat perut tidak nyaman:

"Gejala mual, kembung, dan/atau diare setelah mengonsumsi susu terjadi karena kandungan protein  beta casein A1 dalam susu yang bereaksi dengan protein pencernaan lainnya di dalam tubuh, sehingga memicu gejala yang menyerupai intoleransi terhadap laktosa, seperti ketidaknyamanan perut, flatulensi (akumulasi gas berlebih dalam perut dari usus besar), kembung dan diare yang terjadi setelah mengonsumsi produk susu."


Nah,  jadi hal ini yang saya alami saat  mengasup susu sehingga paska minum susu sering mengalami diare.

Kira-kira sudah paham belum dengan Susu A2 ini?

Simpelnya sih, Susu A2 berarti susu yang berasal dari sapi ternak pilihan yang hanya memiliki asam amino prolin, makanya cocok buat percernaan sensitif seperti saya dan sebagai ibu hamil saya butuh asupan susu selama kehamilan. Lalu susu A2 ini saya peroleh dari mana dong?

Apaka saya harus mencari peternak susu sapi jenis Susu A2 yang benar-benar menjamin benar-benar menghasilkan Susu A2. Di wilayah saya memang ada peternak sapi perah yang menjual susu segar dan biasa saya beli, tetapi itu hanya sapi-sapi  biasa yang dikelola warga lokal biasa.

Kin Fresh Milk Susu A2 :

Susu segar pertama di Indonesia yang berasal dari sapi A2





Ternyata nih, saya tidak perlu pusing-pusing meminta suami mencarikan penjual susu sapi perah yang menghasilkan Susu A2, juga tidak perlu repot-repot merebus susunya ketika akan diasup. Karena sudah ada Susu A2 yang dijual tinggal 'glek' dengan harga sangat  ramah di kantong, banyak dijual di mini market dekat rumah yakni Kin Fresh Milk.




Ayo, siapa yang belum tahu Susu A2 dan belum pernah  mencoba Kin Fresh Milk?

Saya pribadi baru mencoba ini loh, setelah tahu infonya dari teman. Kemarin-kemarin sampai ijin dokter stop susu karena setiap minum susu  jadi diare yang bikin wasir saya kambuh, terutama saat kondisi tubuh saya drop. Ibu hamil kan, kondisi tubuhnya sering tidak stabil.





Kin Fresh Milk ini terbuat dari 100% susu segar, alami, tanpa ada yang ditambahkan atau dikurangi kandungannya. Mengandung Susu A2 karena itu Kin Fresh Milk susu berkelas dari sapi teratas tapi dengan harga yang ramah di kantong, siapa saja Insaallah bisa beli. Sehingga masyarakat Indonesia bisa menjadikan susu sebagai bagian dari asupan sehari-hari keluarga, karena selain untuk ibu hamil, Kin Fresh Milk cocok diasup anak-anak usia dua tahun ke atas hingga orang dewasa.

Tahu gak, ternyata Kin Fresh Milk itu produk susu segar pertama di Indonesia yang berasal dari sapi A2, seperti yang dijelaskan Tiffani Pratiwi Suwamdi, Brand Manager Kin:

"Kin Fresh Milk merupaakan susu segar pertama di Indonesia yang berasal dari sapi A2 dan hadir sebagai pilihan yang lebih baik lagi bagi konsumen, karena tidak menimbulkan rasa eneg atau kembung akibat minum susu. Susu dari Sapi A2 ini adalah 100% susu segar, tanpa ada yang ditambahkan atau dikurangi pada kandungannya.  Kin Fresh Milk hanya mengandung protein A2 yang lebih bersahabat untuk di perut, sehingga lebih mudah dicerna dan diserap dalam tubuh."

Varian Rasa Kin Fresh Milk & Resep Kin Fresh Milk Ala Bumil

Setelah tahu rasa tidak nyaman dan berbagai efek yang terjadi setelah minum susu akibat kandungan dalam susu, jadi tahu dong susu apa yang tepat buat kalian yang memiliki pencernaan sensitif seperti saya?

Periksa kandungan bawa bekel Kin Fresh Milk

Kalau saya begitu mencoba Kin Fresh Milk, Alhamdullilah langsung suka. Susunya kental, asli gurihnya tanpa bahan pemanis, dan dari 3 varia rasa yakni Full Cream, Chocolate, Coffe. Saya paling favorit dengan rasa Coffe, karena saya dulu termasuk penggemar coffe. Tapi setelah gangguan lambung sudah tidak kuat lagi mengasup kopi yang ringan sekali pun. Adanya Kin Fresh Milk varian Coffe bisa jadi alternatif obat rindu kopi, hehehe.





Oya, Kin Fresh Milk mantab loh diolah menjadi minuman atau camilan yang sehat, lezat, dan bikin ibu hamil tambah fresh. Berikut ini resep Kin Fresh Milk ala Bumil yang biasa kalian coba:

Resep Sehat Dari Kin Fresh Milk Untuk Ibu Hamil

Susu Jahe Kin Fresh Milk


Bahan:
1 botol Kin Fresh Milk varian rasa Full Cream/Coffe (sesuai selera)
Jahe secukupnya, parut dan peras sarinya
Madu secukupnya

Cara buat:
Tuang susu Kin Fresh Milk varian rasa Full Cream ke dalam gelas
Masukkan satu sendok makan air perasan jahe
Masukkan 1 sendok teh madu
Lalu hangatkan, dan minum selagi hangat. Cocok sekali untuk obat mual ibu hamil di trimester pertama, karena jahe bermanfaat juga untuk  mengatasi mual akibat morning sickness.

Alpukat kuah Kin Fresh Milk Coffe



Bahan:
1 buah alpukat mentega ukuran sedang yang sudah masak
1 botol Kin Fresh Milk varian Coffe/Chocolate (sesuai selera)

Cara buat:
Keruk buah alpukat, masukkan ke dalam gelas (wadah)
Masukkan sebotol Kin Fresh Milk varian Coffe
Alpukat kuah Kin Fresh Milk Coffe siap dinikmati, rasanya... Luarbiasa enak!

Puding Buah Kin Fresh Milk

Bahan:
1 bungkus agar-agar putih
1 botol Kin Fresh Milk varian Full Cream
10 buah stawberry

Cara buat:
Agar-agar yang sudah dididihkan, angkat
Masukkan Kin Fresh Milk varian Full Cream
Blender 5 buah Stawberry, masukkan ke dalam bahan agar-agar yang sudah di kasih Kin Fresh Milk varian Full Cream
Aduk-aduk
Masukkan 5 buah stawberry yang sudah dipotong-potong
Dinginkan

Citra rasanya yang segar cocok sekali buat camilan ibu hamil, di saat trimester pertama dan sedang mual, maupun untuk usia kehamilan berikutnya.

Selamat mencoba resep di atas ya, untuk lebih tahu tentang Kin Fresh Milk bisa langsung ke sosial  medianya:


Website : www.kindairy.com
Instagram : @kindairyid

Oya, kalau masih belum puas tentang info susu sapi dari Sapi A2, tunggu artikel saya berikutnya. Insyaallah, akan saya bahas tuntas Kin Fresh Milk berikut Sapi A2 dan peternakannya yang keren habis.

  • Share:

You Might Also Like

48 komentar

  1. Oooowww sekarang ada istilah A2 dari KIN ya dan aku baru tau ada perbedaan antara susu KIN dg susu lainnya. Ternyata seleksi sapinya ketat banget jd oke dong kita minum susu ini. Yang warna merah rasa original ya? Kirain stroberi hehehe ����

    ReplyDelete
  2. Aku nggak suka minum susu, pas hamil dulu bela-belain deh minum susu demi asupan gizi untuk calon bayi hehehe. Salah satu hal kenapa jarang minum susu karena suka nggak enak perutnya habis minum, kadang diare juga.
    Kin Fresh Milk ini asyik banget ya nggak bikin diare, dan kalo dikreasikan dengan buah2an rasanya pasti lebih nikmat.

    ReplyDelete
  3. Noted, buat istriku nanti kalau hamil

    ReplyDelete
  4. Setelah dewasa malah jarang minum susu ya, padahal khan penting untuk asupan kalsium, apalagi bumil ya, kebutuhan kalsium bertambah karena ada si bayi yang menyedot kalsium ibu

    ReplyDelete
  5. wahhh susu KIN ini juga bisa dikonsumsi ibu hamil yaa, Mba. Baru tahu nih kirain hanya untuk orang gak hamil ternyata ibu hamil pun bisa toh

    ReplyDelete
  6. Gak hanya bumil. Aku pun skrg doyan minum susu..emang naikin mood dan bikin kenyang

    ReplyDelete
  7. Susu selain enak, juga manfaatnya banyak ya mba.
    Sudah lama enggak konsumsi susu, belum kepengen lagi sejak pasca operasi

    ReplyDelete
  8. Susu dicampur buah boleh juga. Jadi gak eneg deh. Dan bumil memang kudu minum susu biar tambah nutrisi

    ReplyDelete
  9. senamg banget kalau udah smakin banyak produk yang langsung 'glek' dan tetap terjaga ke aslian susu perahnya ya mbak , dulu waktu hamil aku suka susu tp waktu itu masih yg diseduh haha ribet.

    ReplyDelete
  10. waktu hamil saya juga suka tuh minum susu jahe , kayaknya kalo susu nya pake Kin susu murni bakalan lebih seger ya. btw sehat sehat ya mba eni dan calon dede bayi

    ReplyDelete
  11. Ooh pantesan kemarin pas nyobai KIN fresh milk perut ga terasa begah, ga seperti biasanya tiap habis minum susu. Ternyata dari sapinya aja udah beda yaa..

    ReplyDelete
  12. Susu salah satu protein yang penting bagi anak-anak maupun orang dewasa ya mba... makanya aku suka stock susu dirumah dan Alhamdulillah anak-anak suka banget sama susu, sudah menjadi rutinitas harian jika minum susu. Nah susu sapi A2 nih yg memang jarang diketahui publik, sekarang jadi tahu ya mba susu yang baik gizinya itu yang seperti apa

    ReplyDelete
  13. kemarin pak suami beliin aku susu kin untuk coba, enak ya ternyata mbak

    ReplyDelete
  14. Sayangnya saya tidak terlalu suka susu dan saya minum susu pas hamil aja tapi karena ga suka jadi ga banyak minum ny jarang2 , kalau ini mau coba ah

    ReplyDelete
  15. Bumil makin cantikk dan sehat. Hehhehe. Mbaa, itu resep resepnya kreatif banget. Nggak terpikirkan olehku. Soalnya aku langsung minum aja apalaagi pas dingin. Kin memang susu pilihan aku

    ReplyDelete
  16. Kin yang fresh milk enak, mbak. Aku udah pernah coba. Makin enak dicampur madu kali yaa.

    ReplyDelete
  17. Pantes KIN enak ya mba krn dr sapi A2 lansung cocok d tubuh gk pakai mual2 minumnya

    ReplyDelete
  18. Saya tak suka susu. Mungkin krn itulah saya osteopeni ya.. TFS info ttg susu dr sapi A2 mba..pengen nyoba juga..

    ReplyDelete
  19. Waktu hamil dulu saya nggak suka minum susu nyium aromanya saya audah mual, kalo susu cair kandungan nutrisi dan kalainya jauh lebih banyak ya

    ReplyDelete
  20. Wah aku mau nyobain resepnya, terima kasih ya mbak resepnya

    ReplyDelete
  21. Mbak Eni bunda yg udah uzur aja masih minum susu segar ini.

    ReplyDelete
  22. Minuman yogurt favorit aq bisa buat bumil yah mba?

    ReplyDelete
  23. Tenryata susu bisa meningkatkan mood anak ya Mbak.

    Tapi saya blm pernah nemu susu A2 ini Mbak, jadi pengen coba juga yg rasa coklatnya :)

    ReplyDelete
  24. Aku juga jadi ingat pas hamil tuh suka banget minum susu. Soalnya meang susu tuuh bagus banget buat kita mba apalagi ibu hamil. Untuk nambah kepadatan tulang. Susu Kin ini pilihan aku deh karena memang enak dan segar

    ReplyDelete
  25. Baru tau banget ada susu A1 dan A2. Saya waktu hamil gak minum susu. Gak suka hehehe. Tapi karena sekarang anak2 minum saua jd suka juga. Sesekali pengen nyobain susu Kin juga ah

    ReplyDelete
  26. Akutu termasuk bumil yang mual kalau minum susu, apalagi susu bumil, meski sudah mencoba varian coklat yang menurut sebagian bumil bisa menolong.

    Saat BW aku baru tahu ternyata penyebabnya hal seperti di atas ya, kadar protein A1 dalam susu biasa.

    Untung banget ikut grup BW, wawasan jadi bertambah

    ReplyDelete
  27. Susu dan kandungannya sangat penting dan bermanfaat bagi Ibu Hamil mba..semoga selalu sehat ya hingga lahiran nanti

    ReplyDelete
  28. Penasarn sama susu ini. Aku suka bnget sama susu. Tp pas hmil ga rutin minumnya, eneg... :(

    ReplyDelete
  29. Wah benerbanget ini mak. Terbukti ya waktu aku hamil anak pertama males minum susu, akhirnya pinggan rasanya kretek2 mulu sering nyeri sama sakit gigi... Eh pas sekarang gigi anaknya pada ompong, haha... Kin fresh aku juga suka ni konsumsi, selain enak, susunya diambil dari susu A2 pula

    ReplyDelete
  30. Info yang bagus nih buat calon istri ku nanti.

    #masihjomblo :D

    ReplyDelete
  31. Waah kreatif banget resepnya mbak Eni! Nanti mau coba ah yang pakai alpukat. Iya ya, kalau ibu hamil mengalami diare/mual setelah minum susu pasti akan sangat tidak nyaman ya mbak. Padahal kan kandungan susu baik untuk kesehatan. Pas tahu soal KIN Fresh Milk aku jg langsung cobain dan enak rasanya. Semoga sehat selalu ya mbak Eni.

    ReplyDelete
  32. Aah~
    Lezatooss...susu ples buah segar.

    Ku jadi pingin minum susu pagi ini.

    ReplyDelete
  33. Wah boleh juga nih idenya susu jahe

    ReplyDelete
  34. Aku penasaran beneran mau coba Mbak. Ah semoga bisa segera ke Indomaret deket dari sini.

    ReplyDelete
  35. Aku baru tau tentang susu A1 dan A2 ini, ternyata ada jenis-jenisnya gitu ya

    ReplyDelete
  36. Jadi pengim icip Kin Fresh Milknya, aku termasuk yg mudah banget diare kl minum susu.

    ReplyDelete
  37. biar ga diare & sakit perut ternyata minum susunya A2 ya

    ReplyDelete
  38. Rajin banget lho Mba nulis tetang kehamilannya di blog. Dulu saya karena mabokya cuma dapat bbrp tulisan aja di blog hehe.

    ReplyDelete
  39. Wah ibu hamil sih emang harus banget minum susu karena janinnya jg butuh banyak kalsium.

    ReplyDelete
  40. Aku juga minum susu KIN mak..dan suka banget yang rasa coklat.

    ReplyDelete
  41. Enak banget tuh pakai jahe dan alpukat. Semoga lancar ya kehamilannya mbak

    ReplyDelete
  42. Sangat cocok untuk yang hiper sensitif terhadap susu, ya, Mbak. Jadi siapapun bisa meminumnya.

    ReplyDelete
  43. wah selain yoghurt kin skrg ada susu ya. menarik banget

    ReplyDelete
  44. Aku pas hamil dulu juga minum susu. Susu apa aja hehe.
    Jd keinget pengen beli susu Kin belum sempet2 eui, ntr ah mampir alfamart :D

    ReplyDelete
  45. Emang penting banget asupan kalsium dna vitamin dari susu ya mbak. Sayangnya pas hamil dulu aku ga bisa minum susu huhuhu. Baru ditrimester akhir deh bisanya.

    ReplyDelete
  46. Saat hamil atau nggak hamil aku doyan banget susu. Apalagi susu dalam kemasan gitu dan keadaan dingin, maknyesss banget deh di tenggorokan. Susu KIN ini paling enak diminum dingin, tapi aku belum pernah eksperimen susu jadi berbagai hidangan.

    ReplyDelete
  47. Aku dah coba susu KIN ini enak rasanya dan aku suka yang rasa coffe.

    ReplyDelete