Manfaat Jahe Untuk Ibu Hamil

By dunia eni - October 04, 2018


Bumil menikmati minum sari jahe di pagi hari

Aneka Manfaat Jahe

Kita pasti sering mendengar  bahkan memanfaatkan jahe sebagai salah satu tumbuhan herbal atau obat tradisional, misalnya untuk mengurangi nyeri otot. Saya ingat betul, dulu ketika kami kecil ada yang keseleo atau kecetit hingga bengkak akibat salah gerakan maupun jatuh, oleh ibu diobati dengan jahe. Caranya jahe diparut, lalu dibalurkan ke bagian yang sakit. Rasanya hangat meresap di bagian kulit yang sakit.

Jahe juga sangat terkenal bisa melegakan tenggorokan saat kondisi batuk. Saya sendiri jika batuk terutama batuk berdahak sering mengkonsumsi jahe untuk obatnya, hanya dengan diparut lalu diperas dan air pesanannya diminum. Rasanya? Tenggorokan langsung hangat, ada sensasi seperti terbakar sesaat, kemudian efeknya dahak yang sulit keluar akan mudah dikeluarkan sehingga tenggorokan jadi plong!

Selain itu jahe juga bisa jadi minuman penghangat tubuh yang cocok diminum saat musim dingin maupun kondisi tubuh sedang tidak fit seperti masuk angin, flu. Sejak kecil saya terbiasa dibuatkan minuman jahe oleh ibu, mudah dan simpel cara membuatnya. Jahe dibakar, digeprek lalu dimasukkan ke dalam segelas air panas, diberi gula aren, diminum hangat-hangat.

Sebenarnya selain sebagai pereda nyeri otot atau peradangan, melegakan tenggorokan saat batuk, menghangatkan tubuh, manfaat jahe konon lebih banyak lagi yang kadang tidak kita ketahui. Salah satunya sebagai pereda mual saat ibu hamil menderita morning sickness. Oya?

Mungkin ada yang belum mengetahui untuk manfaat yang satu ini, karena saya sendiri pun baru mengetahui setelah mengalami sendiri sebagai ibu hamil (bumil). Kebetulan saat ini saya pun sedang hamil trimester tiga, tapi sebelum sharing lebih lanjut manfaat jahe bagi ibu hamil, saya mau cerita sedikit tentang jahe. Biar lebih afdol, sebab tak kenal maka tak sayang,  bisa jadi yang belum memanfaatkan jahe karena belum mengenal manfaat si jahe.

Mengenal Tumbuhan Jahe

Sumber gambar: herbadrinknatural.com
Jahe yang sangat terkenal di Indonesia saya kira merupakan tumbuhan asli Indonesia, ternyata jahe yang memiliki nama ilmiah Zingiber Officinale itu berasal dari India loh. Karena hampir semua orangtua atau masyarakat kita paham sekali manfaat jahe dan menggunakan tumbuhan satu ini sebagai bumbu masak, obat tradisional, jadi  banyak yang mengira jahe asli dari Indonesia ya.

Tapi konon ada juga yang mempercayai jahe berasal dari Thiongkok,  mungkin karena negeri satu itu terkenal dengan obat-obatan tradisionalnya, entahlah. Pastinya tumbuhan jahe yang termasuk keluarga temu-temuan (Zingiberaceae) ini memang sangat mudah sekali tumbuh dimana-mana, bahkan di halaman teras yang tidak luas pun bisa dijadikan lahan jahe. Jahe ini termasuk komoditas yang sangat populer di Eropa karena manfaatnya bisa menghangatkan tubuh, sangat cocok dengan kondisi iklim di Eropa.

Jahe banyak manfaatnya karena mengandung:

1. Zingeron
2. Minyak atsiri
3. Serat
4. Sodium
5. Fosfor
6.Niasin
7. Zat besi
9.Kalsium
10. Dan lain-lain

Membaca kandungan pada jahe, pantas ya kalau jahe  itu memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Lalu benarkah jahe bermanfaat untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil, mengapa?

Manfaat Jahe Untuk Ibu Hamil

Tahukah manfaat jahe bagi ibu hamil?




Awalnya saya tidak tahu kalau jahe bermanfaat untuk meredakan mual pada ibu hamil. Setiap memasuki hamil trimester pertama pasti timbul rasa mual karena adanya hormon estrogen dan progesteron yang mendadak meningkat ketika ibu sedang hamil. Biasanya kondisi ini berusaha saya hilangkan dengan mengkonsumsi yang segar dan asam seperti rujak, buah-buahan.

Tetapi efeknya tidak banyak, mual tetap datang, bahkan kadang rasa buahnya jadi tidak jelas sampai saya kira indera perasa ibu hamil itu mungkin 'error', hehehe. Namun ternyata selain efek hormon estrogen dan progesteron yang mendadak meningkat ketika ibu sedang hamil, ada hormon human chorionic gonadotropin (hCH) pada ibu hamil yang memperlambat sistem pencernaan sehingga ibu hamil menderita mual.

Tersiksa banget kan, selama tiga bulan merasakan  mual sampai segala rupa makanan masuk ke mulut terasa aneh. Bahkan yang parah sampai dimuntahkan kembali, kalau saya tidak sampai muntah-mutah parah sih, tetapi setiap hari selama tiga bulan dilanda mual. Makanan yang masuk mulut harus sesuai dengan hati, kalau tidak sama sekali tidak doyan.

Nah, ternyata jahe ini bisa mengatasi mual pada ibu hamil trimester pertama loh. Kok bisa ya, jahe mengatasi mual pada ibu hamil trimester pertama?

Saat morning sickness yang terjadi di awal kehamilan atau trimester pertama seperti diulas di atas, ibu hamil mengalami efek mual dari yang ringan hingga parah. Jahe bisa memiliki manfaat mengatasi mual karena kandungan minyak atsiri dan zingeron pada jahe inilah yang berfungsi untuk mengatasi mual tersebut. Sebab aroma minyak atsiri yang khas dapat membantu ibu hamil terindar dari mual dan kandungan zingeron memberi efek nyaman serta hangat di perut. Terutama diminum saat pagi hari, maka  manfaat jahe ini terasa betul buat ibu hamil.

Caranya dengan dibuat minuman hangat yang diberi gula aren atau madu, tetapi sering ibu hamil sudah tidak sanggup lagi meracik sendiri karena mual pasti efeknya pusing. Maka pilihan tepat mencari minuman jahe yang praktis seperti Herbadrink. Bumil, sudah tahu Herbadrink belum?

Herbadrink Minuman Sari Jahe



Herbadrink  Sari Jahe yang dikeluarkan oleh Konimex ini bisa jadi alternatif minuman jahe untuk mehilangkan mual pada ibu hamil karena Herbadrink Sari Jahe merupakan ekstrak murni jahe tanpa pengawet dan endapan. Tinggal seduh dengan air hangat atau air dingin, simpel banget. Tidak perlu mencuci jahe, diparut, lalu diperas sarinya.

Kalau saya supaya lebih bervariasi dan menyehatkan, kadang Herbadrink  Sari Jahe ini dicampur ke susu murni. Kebetulan ibu hamil butuh susu untuk asupan kalsium dan folat, tapi kadang susu terasa bikin mual di trimester pertama, jadi dimix dengan Herbadrink  Sari Jahe ini rasanya lezat, aromanya enak, nyaman juga di perut.

Pokoknya meski merupakan minuman instan, rasanya jahenya sangat terasa, pedasnya nyata dan begitu diteguk akan terasa hangat dari leher hingga perut. Selain diminum pada pagi hari saat bangun tidur untuk menghilangkan rasa mual, malam menjelang tidur saya juga minum. Biasanya malam dicampur ke susu dan ditambah madu sedikit, langsung deh tidur nyenyak.





Herbadrink  Sari Jahe harganya terjangkau sekali, sekitar Rp12.000/dus  isi 5 sachet @22 g, banyak dijual di mini market dekat rumah, selain halal sudah terdaftar Reg.No.POM TR 092205251. Oya, Herbadrink  Sari Jahe ini sugar free yang mengadung pemanis buatan Sukralosa yang merupakan pemanis buatan tanpa kalori. Sukralosa juga tidak memiliki efek pada metabolisme karbohidrat, kontrol glukosa darah jangka pendek maupun jangka panjang, dan pelepasan insulin. Sehingga Sukralosa diijinkan digunakan untuk makanan dan minuman yang disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).





Cocok banget kan, dikonsumsi juga oleh ibu hamil seperti saya yang memang dibatasi untuk menggunakan gula atau pemanis yang bisa memicu diabetes. Sebenarnya tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi mual pada ibu hamil di trimester pertama, Herbadrink Sari Jahe juga bisa untuk mengatasi masuk angin dan menghangatkan badan. Selain Sari Jahe, Herbadrink memiliki varian lain: Sari Temulawak, Sari Lidah Buaya. Karena kebetulan saya sedang hamil, jadi memilih varian Sari Jahe yang sangat membantu menghilangkan mual dan masuk angin.



  • Share:

You Might Also Like

36 komentar

  1. saya jg minum jahe pas trimester pertama mba jd emmbantu badan segeran

    ReplyDelete
  2. Mba Eni, aku tuh sukaa banget ama Herbadrink. Biasanya pas datang bulan aku minum yang kunyit asam. Mau nyoba yang jahe ah karena papaku tuh suka banget bikin badan lebih hanget. Teryata jahe juga bermanfaat banget buat ibu hamil ya

    ReplyDelete
  3. Aku suka jahe diminum hangat-hangat untuk stamina aja. Jadi ngga gampang masuk angin deh. Shanum aja udah ku kasih air jahe dikit-dikit.

    ReplyDelete
  4. Waktu hamil kemaren saya agak batasi minum jahe, soalnya jahenya asli dan di bikin sendiri.
    Takutnya ga higienis.
    Kalau minum jahe olahan kayak gini lebih terjamin ya higienisnya :)

    ReplyDelete
  5. Jahe bermanfaat juga yah untuk ibu hamil, mbak. Bisa untuk mengatasi kembung dan masuk angin juga yah

    ReplyDelete
  6. Dulu waktu hamil juga mengonsumsi jahe karena dikasih tahu Ibu kalau bisa ngilangin mual...Nah bikin sendiri dong jahenya. Sejempol-jempol belinya.
    Tapi kok enggak rutin, jadi banyak magernya kalau bikin dewe hiks
    Kalau ada Herbadrink Sari Jahe begini kan praktis..jadi enggak perlu nguplek lagi di dapur buat air jahe.

    ReplyDelete
  7. entah kenapa malah di rumah aku ga boleh minum jahe katanya takut anaknya panas. padahal enak ya klo pas hamil. minuk jahe

    ReplyDelete
  8. Aku malah baru tahu kalo jahe bisa dikonsumsi ibu hamil. Wah, kita samaan ya mbak. Aku juga lumayan sering bikin wedang jahe di rumah.

    ReplyDelete
  9. Aku suka.Jahe . Di rumah kalo lagi tidak enak badan, suka minum Jahe campur teh. Di tenggorokan rasanya panas enak gitu.
    Ternyata sama nih minuman kita Herbadrink

    ReplyDelete
  10. Jadi mau nyobaik juga Herbadink rasa jahe biar seger ke badan. Apalagi kalau bangun jam 3 dan mulai mencuci, dingin banget, perlu nyetok di rumah yang anget-anget kayak herbadrink jahe :)

    ReplyDelete
  11. jahe aman utk bumil ya Mbak? Alhamdulillah, ada obat klo batuk nih :)

    thanks sharenya ya Mbak, sehat2 ya Bumil, ntar lagi launching ;)

    ReplyDelete
  12. Saya biasa minum teh jahe untuk menjaga kondisi badan.

    ReplyDelete
  13. wah pas banget saya juga lagi hamil muda banget nih. bawaannya mual melulu. kayaknya ntar mampir ke minimarket deh buat beli herbadrink

    ReplyDelete
  14. Mbak, samaan jahe ini membantu bangetmeredakan mual-mual di trimester awal yak. Kadang kalo lagi masuk angin, minuman jahe bisa jadi penghangat

    ReplyDelete
  15. manfaat jahe memang banyak sekali, tiap malam sering minum wedang jahe supaya badan hangat dan fit saat bangun tidur

    ReplyDelete
  16. Si mamahku juga minum jahe ini nih mbak, waktu pas gak enak badan kemarin disuruh minum sama mamahku tapi ku ketiduran jadilah di minum dia sendiri. Hahahaaa

    ReplyDelete
  17. Kalo lagi hamil terus sering mual tinggal minum Herbadrink Sari Jahe aja ya mbak, sepertinya dicampur madu mantap juga terus diminum saat cuaca dingin.

    ReplyDelete
  18. Coba dulu pas hamil aku kenal dengan sari jahe, pasti gak ribet lagi harus gerus atau bakar. Efeknya juga mengurangi rasa mual.

    ReplyDelete
  19. Aku lagi batuk nih mbak, dari kemarin pengen minum jahe tapi males ngupasnya. Kayaknya kudu beli herbadrink jahe yang lebih praktis.

    ReplyDelete
  20. suka banget sama wedang jahe macam ini, apalagi kalo diminum pas begadang nelembur kerjaan, enak anget ke badan.

    ReplyDelete
  21. Wah bisa nih Herbadrink buat aku mengatasi gatal2 tenggorokan pas alergi batuk muncul. Ga terlalu manis kan? Mau beli ah di minimarket deket rumah �� Diseduh anget buat kelar berenang juga pas nih.

    ReplyDelete
  22. Kebetulan aku lg butuh jahe anget2 krn suka gatal tenggorokan. Boleh juga minum Herbadrink buat abis berenang kan jd sehat ya. Beli ah di minimarket dekat rumah 😍

    ReplyDelete
  23. Aku syuuukkaa minuman jahe. Soalnya aku gampang masuk angin. Baru tahu ada herbadrink ini.. mau coba aahh

    ReplyDelete
  24. Arisan minggu lalu baru pesan Herbaldrink Jahe aku. Maklum malam tidur lumayan larut jadi mau yang anget dan segar. Hasilnya enak badan.

    ReplyDelete
  25. Aku suka Herbadrink. Rasa jahenya termasuk yg sering beli, apalagi pas musim hujan, Cilebut adem banget. Kalau minum jahe Herbadrink praktis gak usah seduh2 jahe hehe.

    ReplyDelete
  26. asik ya minum jahe ngangetin badan tapi sekaligus bikin rileks.. jaga kesehatan dan ceria selalu ya Mba Bumil inspiratif nan kece :)

    ReplyDelete
  27. Aku juga minuman bahan baku jahe. Seperti bandrek wuihhh seneng banget minum itu. Memang bagus buat kesehatan.

    ReplyDelete
  28. Aku sering ngerebus jahe dan kalau di angkringan mesen susu jahe mantep bener

    ReplyDelete
  29. Jahe manfaatnya banyak ya, aku sering aku gabung sama sereh sama gula aren, seger

    ReplyDelete
  30. Jadi mengingatkan saya bikin jahe godog karena batuk pas hamil, sisa ampasnya kubuat kukis, lumayan mjnum air jahe bikin enak badan selama hamil. Sekarang enak ya ada kemasan praktisnya

    ReplyDelete
  31. Iya minum ini enaknya klo cuaca lagi dingin atau flue ya mba... adikku juga minum ini wKtu hamil utk ngatasin mual aman soalnya

    ReplyDelete
  32. Aku paling suka sama bumbu dapur itu jahe. Manfaatnya banyak banget ya. Enak dibikin minuman dan hangat... eh ternyata sekarang ada minuman Herbadrink rasa Jahe ya. Enak, bikin hangat badan yaaa....

    ReplyDelete
  33. Wah rasa jahenya beneran berasa mbak? Aku suka banget sama minuman jahe. Di rumah memang kami selalu sedia jahe buat anak-anak kalau batuk atau kalau lagi kepingin minuman jahe susu hangat di malam hari. Cuma ya repotnya mesti dibersihin dan dikupas dulu kulitnya jadi kurang praktis. Mau ah cobain herbadrink jahe ini. Eh kalau dicampur susu rasanya enak juga kali ya?

    ReplyDelete
  34. Waktu hamil anak k-2 aku juga minum jahe mak, biar mual itu ilang, tapi ngolah sendiri. Dulu belum tahu kalo ada herbadrink sari jahe, yg pernah aku konsumsi yg kunyit. Mau ah beli varian ini, lebih praktis, gak pake repot di dapur, hihi

    ReplyDelete
  35. Aku pngn bgt bisa minum jahe tp apa daya setiap minum jahe pasti terjadi sesuatu dg perutku. Dan mnrt dokter, aku ngga bisa mengonsumsi jahe. Padahal aku doyan bgt. Pernah bbrp kali maksain minum dan abis gitu lgsg ke RS wkwkwk. Tp bner bgt klo jahe itu bs mengatasi mual dan mengurangi eneg pd trimester pertama krn tmnku tertolong bgt "mabok" ngidamnya dg jahe

    ReplyDelete
  36. Segerrr ya mba, rasa jahenya terasa tapi ga bikin eneg. Aku suka.

    ReplyDelete