Ariston Water Heater Pemanas Air Listrik Yang Aman Untuk Bayi

By dunia eni - September 25, 2018


Gathering Ariston Thermo Indonesia

Drama Merebus Air Mandi Untuk Si Kecil

"Kesiangan kan, harusnya tadi sebelum Pendar bangun airnya sudah direbus dulu, jadi begitu Pendar bangun semua sudah siap tinggal mandi. Kalau kesiangan begini bisa antri deh imunisasi, Pendar bakal rewel kalau antrinya lama."

"Ayaaah, tolong Ibu dong angkatin panci air panas buat mandiin Pendar. Ibu takut bawa panci gede isi air panas ke kamar mandi, kalau kepleset bahaya!"

"Duh, gasnya habis. Kalau harus beli dulu, belum ngerebus airnya, kapan Pendar dimandiin?"

Percakapan di atas adalah adegan penuh drama hampir empat tahun lalu ketika Pendar yang kini tumbuh menjadi balita tampan, masih bayi. Bayi yang baru lahir, begitu lembut, kulitnya rentan jika tersentuh air dingin di pagi hari maupun pada cuaca dingin di musim hujan. Maka saya selalu memandikannya dengan air hangat suam-suam kuku.

Masalah air hangat ini yang selalu  bikin drama kami, yakni saya dan suami. Karena untuk mendapatkan air hangat mandi Pendar masih menggunakan cara manual alias direbus pakai  kompor gas. Pekerjaan simpel sih, tetapi sesungguhnya tidak sesimpel seperti yang kita bayangkan. Mengapa?

Karena memasak atau merebus air itu butuh waktu, apalagi untuk mandi. Sehingga kalau mendadak, bisa saja kejadian seperti terlambat pergi ke rumah sakit saat akan imunisasi. Apalagi jika tiba-tiba gas habis, harus membeli gas lebih dahulu, baru merebus airnya, ini sudah memakan waktu yang tidak singkat. Jika akan bepergian, bisa dipastikan terlambat atau si Kecil jadi tidak mandi.

Belum lagi bahaya mengangkat panci besar berisi air panas ke kamar mandi, kalau kepleset?

Aduh, saya tidak  bisa membayangkan. Bahkan ibu saya pernah mengalami separuh kakinya tersiram air panas di pagi buta, sehingga kulit kakinya melepuh dan jalannya pincang cukup lama. Meski kemudian sembuh, jalan normal kembali, tetapi luka di kulitnya berbekas hingga kini.

Nah, apakah ibu-ibu juga merasakan atau pernah mengalami drama seperti di atas?


Gathering Ariston Thermo Indonesia

Membahas soal drama merebus air hangat untuk mandi si Kecil jadi mengingatkan saya, apakah saya akan  mengalami drama itu lagi, mengingat sebentar lagi saya akan melahirkan adiknya Pendar? 

"Mandikan saja si Kecil pakai air dingin biar biasa."

Ish, memperlakukan si Kecil yang masih bayi sebaiknya tidak asal, termasuk memandikannya dengan air dingin di usianya yang masih memiliki kulit sangat sensitif. Tidak percaya? Yuk, simak ulasan saya saat mengikuti acara gathering Ariston Thermo Indonesia yang dihadiri oleh narasumber:





1. dr. Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD - Indonesian Pediatric Dermatologist
2. Putri Titian - Momfluenser
3. Mr. Jacopo Guazzarotti -  Marketing & Project Sales Ariston
4. Nina Fidyastuti Pratiwi - BM Ariston Thermo Indonesia

Dalam acara ini menarik banget dapat ilmu tentang manfaat air hangat bagi bayi dari dr. Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD. Masih banyak masyarakat yang menganggap memandikan bayi dengan dengan air hangat hanya merepotkan, hanya dibutuhkan ketika udara sedang dingin saja.

Apalagi ada juga yang berpendapat kalau membiasakan si Kecil (baca :bayi) mandi dengan air dingin bagus untuk kesehatannya. Ini serius loh, saya masih ingat ketika seorang tetangga melihat saya tengah memandikan Pendar waktu bayi dengan air hangat langsung komen, "Sebaiknya biasakan anak mandi air dingin biar segar dan gedenya gak takut air dingin."

Bahkan ibu saya sendiri menyarankan saya untuk memandikan anak-anak sejak bayi belajar dengan air dingin agar kelak tidak takut mandi air dingin dan kulitnya menjadi lebih segar. Karena itu masih banyak masyarakat yang keliru dengan pemikiran seperti ini, karena apa?

Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Bayi




Penjelasan dari dr. Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD tentang manfaat air hangat bagi bayi ini perlu banget jadi catatan para ibu ,termasuk saya yang sebentar lagi akan melahirkan adiknya Pendar. Insaallah, pertengahan Oktober 2018. Mohon doanya ya...

Yang menjadi catatan bagi para ibu tentang kulit bayi adalah:





1. Kulit bayi lebih tipis 40%-60% dibandingkan kulit dewasa
2. Ikatan antar sel longgar sehingga fungsi proteksinya belum maksimal
3. Produksi melaninya masih sangat terbatas
4. Fungsi kelejar keringat dan minyaknya belum sempurna
5. Regulasi suhu tubuh belum maksimal
6. Peguapan melalui kulit tinggi
7. Perbandingan tubuh atau berat badan 3-5 x dewasa

Kondisi kulit bayi seperti point di atas menyebabkan kulit bayi:





1. Rentan terhadap infeksi, iritasi, dan alergi
2. Risiko kerusakan kulit dan penyerapan melalui kulit meningkat
3. Trans - epidermal waterloss (TEWL) kulit lebih tinggi
4. Termoregulasi belum sempurna sehingga kulit lebih rentan dengan suhu dingin dan suhu panas

Nah, bisa kebayangkan bagaimana kondisi kulit si Kecil, terlebih ketika baru lahir. Masih begitu rentan terhadap segala hal, termasuk penggunaan air mandinya. Lalu apa manfaat memandikan bayi dengan air hangat?

Seperti dijelaskan oleh dr. Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD bahwa kulit bayi masih begitu tipis, termoregulasinya juga belum sempurna sehingga suhu dingin membuatnya rentan terkena hipotermia, karena itu memandikan bayi lebih baik dengan air hangat. Selain juga bermanfaat.

Manfaat mandi air hangat untuk bayi:



Manfaat mandi air hangat untuk bayi

1. Melembabkan kulit yang kering atau menghindari Trans - epidermal waterloss (TEWL) kulit lebih tinggi.
2. Memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh karena air hangat membantu melemaskan otot dan merangsang motorik bayi.
3. Membersihkan kulit dari kotoran dan toksin, karena efek air hangat membuat pori-pori kulit bayi membesar. Sehingga hanya digosok lembut kotoran dan toksin akan hilang.
4. Mengurangi insomnia pada bayi

Menyimak manfaatnya tentu saja membuat saya tidak perlu ragu untuk tetap menggunakan air hangat ketika memandikan si Kecil. Tetapi air hangat yang seperti apa, mengingat kondisi kulit bayi sangat rentan, tidak hanya air dingin. Air hangat yang tidak sesuai pun tidak bagus buat kulit bayi, dan saya tidak mau mengalami drama merebus air untuk mandi si Kecil seperti dulu lagi?

Ariston Water Heater Pemanas Air Listrik Yang Aman Untuk Si Kecil



Sebenarnya para ibu, termasuk saya nih tidak perlu lagi mengalami drama merebus air untuk mandi si Kecil kalau saja tahu manfaat Ariston Water Heater. Produk asli Italy ini sudah 30 tahun loh ada di Indonesia. Coba deh diingat-ingat, jaman kecil dulu pasti pernah lihat Ariston Water Heater . Saya sering melihat, tapi belum terpikir untuk menggunakannya karena belum tahu kelebihan dan manfaatnya secara rinci.

Kelebihan  Ariston Water Heater :

Ketahanan produk:
1. Perlindungan anti  karat kelas internasional dengan tangki berlapis Titanium Enamel
2. Teknologi unggulan dengan kualitas lebih baik dari flange dan gasket pencegah kebocoran
3. Heating element berbahan terbaik yang lebih fleksibel, tahan lama dan tahan karat

Keamanan:
1. Jaminan kualitas produksi sendiri dilengkapi dengan teknologi keamanan menyeluruh sesuai standart internasionla
2. Teknologi untuk mencegah bahaya arus bocor dengan ELCB
3. Mengukur suhu lebih akurat dan melindungi dari kemungkinan pemanasan oleh thermostat aksi ganda
4. Perlindungan dari kebocoran akibat tekanan tinggi oleh savety valve yang sekaligus berfungsi mencegah tangki kosong.

Kenyamanan:
1. Efiensi penggunaan energi berlebih dengan thermostat yang akurat dan terkontrol
2. Penggunaan listik lebih efisien
3. Air lebih cepat panas dengan teknologi elemen pemanas berbahan terbaik
4. Insulasi tebal menjaga suhu air tidak mudah turun
5. Tampilan dan  penggunaan yang mudah

Jadi penggunaan air hangat dengan merebus itu ternyata lebih boros, ibu-ibu. Jika dihitung merebus air pakai kompor gas biaya perhari Rp3.839 maka dalam sebulan sekitar Rp115.170. Sementara menggunakan Ariston Water Heater biaya perhari Rp2.559, ditotal sebulan Rp 76.776. Lebih hemat kan?

Juga lebih higienis karena Ariston Water Heater memproses air menjadi lebih bersih, cocok sekali untuk perumahan yang memiliki kondisi air tidak bagus atau mengandung karat. Suhu air juga bisa diatur, tidak secara  manual yang hanya ditebak-tebak.

Kelebihan Ariston Water Heater untuk mandi si Kecil:
1. Vernix caseosa : Tidak perlu dibersihkan, membantu regulasi suhu, kelembaban proteksi terhadap infeksi dan penyembuhan luka
2. Suhu air dapat diukur dengan tepat, untuk bayi gunakan suhu 36-37 C
3. Menggunakan Ariston Water Heater membuat bisa menggunakan air sesuai kebutuhan, untuk mandi bayi jumlah air harus cukup merendam tubuh bayi sehingga dapat membantu pengaturan suhu dan mengurangi evaporasi.

Pokoknya Ariston Comfort Always On deh.

Produk Unggulan Ariston

Nah, setelah membaca semua ulasan di atas, tertarik dong pengen punya Ariston Water Heater. Apalagi selain semua kelebihan di atas, konon harganya juga cukup terjangkau. Tambah plus hematnya ya, terutama buat ibu-ibu yang punya bayi atau si Kecil masih suka mandi air hangat.

Berikut produk unggulan Ariston yang bisa jadi pertimbangan:

Ariston Slim 30




Pertama di Indonesia, kapasitas 30L dengan daya listrik hanya 350 Watt, sehingga ibu-ibu tetap tenang menggunakan daya listrik yang ada di rumah secara bersamaan. Pemanas air Ariston terbaru yang dirancang oleh Umberto Palermo ini disainnya juga cantik, cocok untuk rumah jenis minimalis yang tidak terlalu luas, maklum body'nya slim. Tapi sangat stylish loh.

Ada fitur indicator yang membuat ibu tahu ukuran suhu yang diinginkan,  jadi gak asal menebak seperti kalau kita merebus air secara manual. Terdapat Time Saving, dimana tangki gandanya terpisah sehingga proses pemanasan bisa cepat, tapi tetap listriknya cuma 350  watt. Pas buat ibu yang suka hemat dan suka dengan disain interior rumah serba cantik.

Ariston Andris Lux




Nah, produk Ariston Andris Lux ini yang pertama di Indonesia menggunakan Heating Element (elemen pemanas) yang dilapisi dengan incoloy Enamel. Sehingga melindungi dan mencegah kalsium, sendimen yang terkandung di dalam air menempel di Heating Element yang menyebabkan Heating Element cepat korosi dan proses pemanasan terhambat.





Selain itu Ariston Andris Lux juga dilengkapi dengan teknologi flexomix terbaru yang membuat temperatur yang keluar dari water heater lebih stabil dan meminimalisir terjadinya sumbatan pipa akibat sedimen. Tepat banget kalau digunakan di wilayah yang kondisi airnya kurang bagus, seperti mengandung karat.

Ariston Andris AG+




Varian terbaru ini dilengkapi tehnologi AG+ yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur pada tangki pemanas air hingga 80%. Sementara teknologi Silver Ion AG+  dapat melindungi dan mengurangi pertumbuhan bakteri seperti E-Coli, Salmonella, Legionella, jamur dan lain-lain saat akan masuk ke dalam tangki. Sehingga air akan tetap bersih, bebas penyakit, dan aman digunakan bagi anak dan keluarga.

Ariston Fast R




Produk ini dilengkapi dengan teknologi 2 Pin untuk menghasilkan waktu pemanasan yang lebih cepat dan dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan yang mencegah nyala api ketika ada aliran air. Ketika suhu air terlalu tinggi maka otomatis unit pemanas air akan mati, dan, meskipun dalam tekanan air rendah tetap dapat menghasilkan air panas secara cepat. Cocok bnaget ya, buat yang tinggal di daerah dingin seperti di Puncak, Malang, Bandung.

Lalu yang manakah yang cocok buat ibu-ibu yang akan memiliki bayi atau anak kecil seperti saya?

Karena sebentar lagi punya bayi, saya pilih Ariston Andris AG+

Kalau saya sih, akan memilih Ariston Andris AG+, mengapa? Karena saya ingin kulit bayi saya terlindungi dari alergi, infeksi, dan lain-lain yang diakibatkan oleh jamur maupun bakteri.





  • Share:

You Might Also Like

49 komentar

  1. Aku jadi ingat banget nih dulu Ayyas pas sekolah lama, selalu ngerebus air setiap kali dia mau mandi. Jadinya ya lama dan ribet . Andaikan di rumahku ada Ariston ya mba. Pengen banget aku punya nih buat nggak ada drama lagi :)

    ReplyDelete
  2. PR banget memang kalau mau mandiin bayi harus masak air dulu. Kalau emaknya yang mau mandi keidnginan bisa ditahan ga pakai air hangat nah ini bayi :) untung ya kalau ada water heater

    ReplyDelete
  3. Waah sudah ada teknologi mencegah arus bocornya, karena itu yg paling penting. Ingat kisah blogger yg tersetrum air dari heater waktu itu, huhuuu..

    ReplyDelete
  4. Jadi, sebaiknya sampai umur berapa ya mba, bayi harus dimandikan air panas eh hangat, maksudku?

    Aku pernah baca juga kalau sering-sering mandi air hangat kulit juga bisa kering, itu benarkah, mba? Atau hanya mitos belaka?

    ReplyDelete
  5. Sering banget saya alami drama itu waktu anak-anak saya masih kecil. Sayangnya waktu itu belum ada Ariston Water Heater deh. Coba sudah ada, kan saya bisa mandikan bayi tanpa terjadi drama.

    ReplyDelete
  6. Yang sudah dewasa pun seneeeeng mandi air hangat mba, soalnya relaxing. Di rumah aku juga pakai ariston untuk air panasnya mba

    ReplyDelete
  7. Wah, pas banget nih dengan kondisi air di rumahku yang ga begitu bagus, Mba. Ariston bisa menetralisir karat juga yaaaa... Lebih enakeun gini ya daripada resiko bawa2 panci isi air panas ke kamar mandi.

    ReplyDelete
  8. Kalau punya waer heater gini lebih praktis ya mba Eny, jadinya nggak ada drama masak air panas lagi untuk mandi bayi hehehe

    ReplyDelete
  9. Ini nih yang aku butuhin. Pingin bNget punya water heater yg praktis kayak gini.

    ReplyDelete
  10. Kalo nginep di hotel paling seneng nih dan pengen punya untuk dirumah jadi nggak perlu rebus air untuk mandi

    ReplyDelete
  11. Untuk urusan mandi air hangat, bukan cuma untuk dede bayik, emaknya juga suka banget hehehe...

    ReplyDelete
  12. Aah, kerennya si Ariston Andris AG+ ini sekeren si Mr Jacopo Guarrazzetti, hehe #jadigagalfokus
    Si kecil serasa mandi di kolam renang tuuh.OOT LAMA BUNDA DI BLOG INI SAMBIL MENGAGUMI TAMPILAN BLOGNYA. KEREEEN.

    ReplyDelete
  13. sampai saat ini, anakku kalo pagi mandinya pake air hangat, Mba. Soalnya di daerah kami kalo pagi, air itu dingiiin banget jadi harus dicampur air panas dulu supaya dinginnya gak terlalu terasa

    ReplyDelete
  14. Ariston, produk water heater yang udah kesohor banget. Dan anakku namanya aristo, beda dikit hurufnya ama Ariston, hihi. Ngerebus air pake kompor tiap hari ya melelahkan ya mba. Seandainya punya Aristo pasti lebih enak

    ReplyDelete
  15. Pakai water heater gini jangankan anak..emaknya pun doyan maak :)

    ReplyDelete
  16. Dulu pas anak2 masih bayi, rasanya PR banget mau mandiin mereka, karena musti rempong masak air panas, nuangin ke ember, dll. Dulu belum ada ariston sih ya

    ReplyDelete
  17. Asyik nih kalau ada Water Heater. Aku blm ada bayi juga pernah ngrasain drama itu waktu mau mandiin ponakan. Diminta rebus air, gas habis. Gak punya termos. Bisa kelar deh dramanya

    ReplyDelete
  18. Drama yang sama dalam merebus air mandi. Ini produknya praktis dan hrmat bangat ya hitungan nya di bandingkan pakai kompor

    ReplyDelete
  19. Wkwkwk
    Dramanya mirip yg sering aku alami.

    Asyik ya.
    sekarang ada pemanas air khusus bayi.
    Ringkes dan meminimalkan bahaya saat proses perebusan.
    Nice info mba eni :)

    ReplyDelete
  20. Wah kebetulan banget lagi nyari rekomendasi water heater Mbak. Soale emamg repot banget ya, kalau mandinya di lantai atas terus masak air di bawah. Asyik banget dong kalau ada si Ariston ini

    ReplyDelete
  21. iya bgt tuh mbak dramanya, aku ngalamin juga, wkwk. Wah kl asa Ariston ini jd lbh praktis. Jadi pengen, mengingat masi punya balita. Sehat2 ya bumilcan

    ReplyDelete
  22. Itu berapaan ya harga2nya? Mudah2an ga mahal2 amat lah, biar bisa nabung dulu buat di rumah.

    ReplyDelete
  23. Aku sampe sekarang masih seneng mandi aer anget hahahaha.mudah2an bisa punya Ariston juga nih

    ReplyDelete
  24. Ya Allah jadi pengne punya satu aku Bund. Hahahah
    aku paling males kalo mandi air dingin, paling seneng air anget, kalo mau mandi kudu rebus air dulu. Kalo ada ini kan enak tinggal nyalain mandi seger..

    ReplyDelete
  25. Mau punya bayi emang harus punya pemanas air kayak gini karena bayi sering mandi pake air panas ya.

    ReplyDelete
  26. Penting banget ini yaa..mba.
    Air hangat untuk anak-anak mandi.

    Drama anak mandi ini memang warbyasaa...

    ReplyDelete
  27. Selama inj khawatir pakai alat2 krn air berkarat takut bikin rusak alat. Kalau ariston ini justru gpp ya, kuat dan awet.

    ReplyDelete
  28. Seru banget ya kalau punya Ariston water heater pemanas air ini, gak sibuk masak air lagi hehe...

    ReplyDelete
  29. Waiya ini low watt ya, oven ku aja 1300 watt, ga kepake jadinya. Berarti ini lebih hemat listrik dan hemat uang juga.

    ReplyDelete
  30. Keren banget aruston. Wlemwn pemanasnya udah canggih terlapisi. Jd gak gampang "ngarat" jd mau..

    ReplyDelete
  31. Dari dulu pingin beli water heater, tapi ngeri sama listriknya hahahahaha.... Eh kok Ariston ini ada yang listriknya kecil ya. Oke deh, mari menabung demi beli water heater :)

    ReplyDelete
  32. Keren ya pasti acarany nambah ilmu dan pengetahuan terimakasih infonya

    ReplyDelete
  33. Mbak, water heater yang ini bisa buat panasin air buat bikin kopi gak? hehehe

    ReplyDelete
  34. Memang perlu edukasi mengenai hal ini. Terlalu banyak orang yg merasa perlu mengajari ibu yg baru punya bayi bahkan sampai nyinyir. Kalo ibunya suka belajar, bisa memilah info ya

    ReplyDelete
  35. Segerr banget ini klo mandi air anget apalagi abis beraktifitas.
    Recommended bgt nh produk Ariston ya mba Eni secara listriknya kecil jd bs hemat listrik dh

    ReplyDelete
  36. listriknya kecil ya mba, enak nih. Water heater ku masih pakai gas, jadi pingin ganti Ariston deh..

    ReplyDelete
  37. Lebih hemat ini ya mba praktis lagi nti klo rumah dh d pugar mau pasang ini deh.. jd gk usah msk air utk mandi

    ReplyDelete
  38. Ariston mah ga usah ditanyakan lg kualitasnya udh nomor unggul deh. Zaman aku SD udh pakai water heater sampai sekarang. Suam2 kuku aja ga panas2 lah. Watt nya cukup ga terlalu besar. Materialnya juga aman buat kita ��

    ReplyDelete
  39. kebayang dong tiap hari , pagi dan sore masak air dulu buat anak. klo ada water heater seperti ini jadi mempermudah pekerjaan tinggal nyalakan jadi deh air untuk mandi si kecil

    ReplyDelete
  40. Klo anakku yg cewek, rada aneh badannya, dari bayi nda bisa mandi pakai air hangat. Hrs air biasa. Setiap mandi pake air hangat langsung gatel2, merah merah dan lama hilangnya. Sdh berkali kali kedokter, ttp saja ngga bisa mandi air hangat. Pdhal kan enak yah mandi air hangat apalagi skrg ada hitter pemanas air yah jd ngga usah ribet masak air lagi.

    ReplyDelete
  41. suatu impian banget bisa mempunyai sebuah water heater di rumah. Karena anak2 masih mandi air panas di hari sekolah.
    Terima kasih untuk informasinya, mbak

    ReplyDelete
  42. Sekarang serba modern, simple aja ya gak perlu masing air dulu buat mandiin si kecil. Cukup beli water heater aja ya.

    ReplyDelete
  43. Aku salfok liat foto Pendar, gemesss banget! Tapi emang mbak, dulu wkt Al bayi pun ribet banget gotong2 panci air panas ke kamar mandi. Mana bahaya kan takut kepleset

    ReplyDelete
  44. Pakai heater itu emang cepet banget dibanding masak air dulu buat mandi, belum kalo kelupaan aduhh gas cepet banget abis

    ReplyDelete
  45. Wah kapasaitasnya gede juga ya mak bisa sampe 30L udahh gitu watt cuma 350,hemat. Ini alat yg emak emak butuhin banget, jadi gak pake drama kalo mandiin anak pake air panas, kan berabe kalo gak ada gas, repot. Kalau ada water heater jd praktis. Ini kisaran harga berapa mak?

    ReplyDelete
  46. Bener juga ya mbak, kalau drama sebelum mandi gitu pastinya rempong banget. Tapi kalau sudah ada heater kayanya nggak bakalan ribet lagi ya mbak

    ReplyDelete
  47. Jd pengen juga punya ariston buat di rumah. Enak ya gak usah rebus2 air lagi kalau mau mandi air hangat :D

    ReplyDelete
  48. dari dulu kepengen punya water heater tapi berat di listriknya. ini tau aja ya mereka, mengeluarkan produk yang beneran yang jadi solusi emak - emak baperan.

    ReplyDelete