Kenali Mulas Tanda Akan Melahirkan Atau Kontraksi Palsu?

By dunia eni - November 02, 2018


Sumber foto: Unsplash

Beberapa ibu hamil (bumil) ada yang mengalami kontraksi palsu sebelum jelang HPL, namun ada juga yang tidak mengalami sama sekali. Dari ke lima kehamilan saya, hamil ke lima ini yang paling sering diserang kontraksi palsu sampai saya harus minun duvadilan karena kawatir akan melahirkan sebelum usia kandungan matang atau cukup, ceritanya bisa dibaca: Jika terjadi kontraksi palsu

Entah, faktor usia atau bawaan kehamilan, saya diserang kontraksi palsu sejak hamil 8 bulan hingga menjelang HPL. Rasanya mirip serangan kram perut saat haid, sakit tetapi tidak separah mulas sungguhan tanda akan melahirkan. Namun tentu saja cukup menyiksa sehingga sulit tidur dan takut pergi juah-jauh.

Jadilah hamil kali ini saya jarang bepergian, tidak seperti hamil sebelumnya yang sampai jelang hari H malamnya masih asyik hangout ke mall, hehehe. Bahkan waktu hamil Pendar di usia 37 tahun saya masih wara-wiri mengunjungi masjid-masjid untuk sholat Dhuha, saat itu jelang HPL. Sampai sedih rasanya kalau mengingat hamil-hamil sebelumnya santai saja, tidak dihantui kontraksi palsu.

Alhamdullilah, curhat ke sesama bumil seperti Hanni, Shine, Tetty (teman-teman blogger yang rombongan hamil, hahaha), ternyata mereka juga mengalami kontraksi palsu. Persamaan nasib ini yang bikin semangat dan tidak merasa sendirian dan jadi lebih semangat. Curhat ke dokter juga malah dibilang bagus kalau dekat HPL sering kontraksi palsu,  dan setelah memasuki kehamilan 38 minggu justru dilarang minum duvadilan jika terjadi kontraksi palsu.

Saya juga lega sih setelah memasuki usia kehamilan 38 minggu terjadi  kontraksi palsu, setidaknya kalau melahirkan sudah siap kondisi bayinya. Nah, agar tidak salah sangka lalu buru-bru ke rumah sakit tetapi ternyata hanya kontraksi palsu, sebaiknya kenali mulas yang dirasakan bumil. Kan, bete banget kalau ke rumah sakit lalu diminta pulang kembali karena hanya kontraksi palsu, hehehe.


Tanda-tanda kontraksi palsu

Berikut ini tanda-tanda mulas yang merupakan kontraksi palsu:

1. Mulas tidak terlalu dasyat atau sakit sehingga bumil masih bisa berkomunikasi dengan baik dan melakukan aktifitas.

2. Mulas akan menghilang jika dibuat mandi air hangat atau bumil merubah posisi, seperti dibuat jalan pelan-pelan, dibuat duduk atau rebahan beberapa saat.

3. Mulas hanya menyerang bagian bawah perut atau seputar pinggang tidak secara bersamaan.

4. Mulas cepat hilang dan muncul lagi tidak terduga, bisa besok atau saat bumil terlalu capek.

Namun meski merupakan kontraksi palsu yang belum tentu tanda bumil akan melahirkan, sebaiknya jika terjadi kontraksi palsu saat kandungan masih berusia di bawah 37 minggu, bumil hati-hati. Jangan terlalu beraktifitas capek secara berlebihan, segera istirahat begitu terjadi kontraksi palsu dan jika sangat mengganggu sebaiknya konsultasikan dengan tenaga medis.

Tanda-tanda kontraksi akan melahirkan


Sumber foto: Unsplash

Setelah  mengenali tanda-tanda kontraksi palsu, bumil juga harus waspada dan mengenali tanda-tanda kontraksi akan melahirkan :

1. Rasa mulas yang menyerang bagian depan seputar miss V kemudian lanjut ke seputar pinggang belakang.

2. Rasa  yang muncul dan hilang, namun dengan ritme yang jelas dan tidak hilang meski beraktifitas atau merubah posisi.

3. Pada awal muncul rasa mulas ibu hamil masih bisa beraktifitas, namun ketika  muncul semakin tidak berjeda ibu hamil akan sangat kesakitan

4. Dari muncul hilang dengan jeda 30 menit sekali menjadi 20 menit sekali, lalu 10 menit sekali, lanjut 5 menit sekali dan puncaknya tidak ada hitungan 5 menit rasa mulas yang dasyat akan muncul.

Sebaiknya ketika rasa mulas  muncul dalam tahap ini perkirakan jarak dari rumah ke tempat bersalin, jika jauh ada baiknya ketika masih muncul hilang 1 jam sekali ibu hamil langsung siap ke tempat bersalin. Tujuannya agar tidak terjadi apa-apa di jalan atau ibu hamil dalam kondisi sudah tidak kuat menahan mulas di kendaraan, ini tentu sangat tidak nyaman.

Apalagi jika ternyata dalam persalinan ibu hamil perlu persiapan ini itu karena berbagai faktor, seperti yang saya alami  ketika melahirkan Binar kemarin, karena faktor usia dan saya ingin lahiran normal, sudah anak kelima pula. Maka dokter saya melakukan berbagai persiapan seperti periksa jantung, infus tenaga, infus anti infeksi, infus anti pendarahan, dll. Kalau datang dalam kondisi mefet, kondisi sangat kesakitan, tentu mengganggu semua persiapan itu.

5. Biasa apabila rasa mulas sudah 5 menit sekali, pembukaan di atas 5.... jika diberi kelancaran dalam wkatu 1-2 jam ibu hamil akan siap melahirkan seorang  bayi. Jangan lupa, sesakit apapun tahan keinginan untuk mengejan sampai ahli medis memberi kode untuk mengejan, karena akan sangat mudah mengejan ketika pembukaan sudah penuh, yaitu pembukaan 10.

Bagaimana cara menahan agar tidak mengejan?

Tarik napas dan buang, fokuskan bahwa semua wanita menjalani masa sakit melahirkan dan itu tidak sakit. Karena akan segera hadir seorang bayi dalam pelukan kita...tidak lama lagi. Insaallah, atas ijin Allah SWT maka akan dimudahkan proses persalinan ibu  hamil. Semoga sharing saya bermanfaat.



  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. iya nich yang lagi hamil wajib tahu tentang tanda2 kontraksi. Sehingga bisa bertindak perlu ke dokter apa nggak

    ReplyDelete