>

5 Tips Hidup Sehat Di Usia Kepala 4

By duniaeni.com - December 01, 2018



Saya masih ingat sekali 11 tahun lalu ketika memasuki usia kepala 3 atau tiga puluh tahun, aseli tidak ada yang spesial, sesuatu atau perasaan gelisah dan sebagianya. Saat ulang tahun ke 30 tahun saya merasakan biasa saja seperti saat melewati tahap-tahap usia lainnya. Padahal menurut cerita seorang teman, betapa dia gelisah memasuki usia kepala tiga. Kataya: "Ini adalah tahap saya merasa tua dan usia akan berjalan begitu cepat."

Saat teman saya bicara seperti itu, saat itu usia saya belum tiga puluh tahun  jadi  belum bisa komentar. Dan, ketika melewati usia itu ternyata apa yang diceritakan teman saya tidak ada pada saya, semua terasa biasa saja. Namun ketika saya memasuki usia kepala 4 alias 40 tahun, diam-diam ada yang bersemat di hati saya.

Sebuah kesadaran saya memasuki usia yang mature, usia yang akan berjalan cepat menuju ke usia-usia berikutnya lalu menjadi tua, hahaha. Sungguh, ini mendadak saya rasakan dan membuat saya sedikit mellow sebenarnya. Meski semua itu hanya sesaat saja, karena kemudian saya menyadari bahwa semua manusia berproses untuk menjadi tua dan bertambah usia. Mau tidak mau!

Tapi sebenarny sih lebih pada kesehatan ya, karena saya banyak mendengar cerita teman-teman yang kepala 4 kalau di tahap itulah mulai dirasakan keluhan kesehatan, keterbatasan fisik, penyakit-penyakit yang tidak ada menunjukkan gejala menjadi ada, seperti tulang yang mulai nyeri, mudah letih, dan lain sebagainya. Wajar dong saya ngeri, secara usia anak-anak masih kicik dan masih butuh saya lahir dan batin.

Jadi dari pada memikirkan soal usia, sebaiknya saya berpikir bagaimana agar sehat hingga menua nanti? Setuju dong? Berikut ini tips sehat saya di usia kepala 4, harapan saya bisa sangat bermanfaat untuk wanita-wanita di luar sana yang seusia saya, hehehe.


5 Tips Hidup Sehat Di Usia Kepala 4 :

1. Menjaga asupan baik makanan maupun minuman
Kata bapak saya kesehatan itu berasal dari mulut dan pikiran, maka apa yang kita asup atau makan dan minum dijaga. Saya sudah menghindari minuman berakohol meski rendah, seperti softdrink dan makanan-makanan instan, berlemak, asin, termasuk gula (gula ini masih PR berat karena saya suka teh manis hangat setiap pagi dan sore), gorengan terutama yang dijual di pinggir jalan. Banyak makan buah-buahan, minum air putih, dan sayur mayur.

2. Menghindari tidur larut
Dulu saya selalu tidur di atas pukul 12 malam kadang pukul 2 malam dan kini tidak lagi. Saya akan menutup laptop begitu pukul 9 malam, karena itu saya usahakan menggarap DL cepat-cepat, mengambil waktu pagi, siang atau sore saat baby Binar tidur seperti saat menulis artikel ini. Karena tidur larut sangat berbahaya bagi kesehatan dan juga bisa menyebabkan penuaan dini.

3. Banyak beribadah dan bersyukur
Banyak peribadah dan bersyukur membuat pikiran lebih tenang, kesehatan bagian dari pikiran yang bahagia. Saya termasuk orang yang mudah trauma dan menyimpan perasaan, karena itu semua saya kurangi dengan banyak beribadah dan bersyukur, menyerahkan semua kepada Allah SWT. Hanya yang harus saya perjuangkan adalah trauma alm anak ke tiga, ini membuat jiwa saya penuh ketakutan setiap anak-anak sakit. Doakan ya, semua itu segera berlalu, aamiin

4. Olahraga
Buat wanita usia kepala 4 yang bukan fanatik olahraga, maka sebaiknya olahraga yang ringan dan  mudah, namun tetap kontinyu. Saya pilih olahraga jalan kaki, lari dan renang meski saya tidak pandai berenang hehehe. Olahraga ini selain membuat jantung sehat, juga memacu timbulnya hormon bahagia sehingga mencegah stres.

5. Bersosialisasi dengan baik di dunia  maya dan dunia nyata
Manusia itu  BUTUH mencintai dan dicintai selain oleh pasangan dan keluarga, karena itu ciptakan hubungan baik antar teman, sahabat, dan oranglain baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Tidak ada manusia yang bisa hidup sehat tanpa bersosialisasi. Hidup penuh kebaikan dan cinta kasih Insaallah membuat kita sehat lahir dan batin.

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Setuju banget En, dulu2 gw jg sempet was2, gimana yaa rasanya masuk usia kepala 4, apalagi dulu2 liat org dng usia tsb kayaknya tua bgt, hihihi.. pas kita ada di usia ini ternyata asik2 aja ya dan kebanyakan yg gw khawatirin alhamdulillah gak terjadi...

    ReplyDelete