>

Percantik Eksterior Rumah Anda dengan 4 Tanaman Rambat Ini!

By duniaeni - March 25, 2019



Mendekorasi rumah banyak dijadikan salah satu resolusi di awal tahun baru yang populer di masyarakat. Selain dapat memberikan positive vibes pada kehidupan sehari-hari, mengubah suasana hunian tentu akan menghilangkan rasa jenuh dan bosan saat sedang di rumah atau menikmati hari-hari di rumah ketika liburam.

Dekorasi yang dimaksud dalam hal ini, tidak berarti hanya pada interior ruangan dari hunian tersebut. Eksterior pun tentu patut untuk didekorasi guna memberikan hasil yang maksimal dalam menghadirkan nuansa baru pada hunian kita. Apalagi dari pertama kali membeli rumah dijual, suasananya begitu-gitu saja.

Pada umumnya, salah satu cara termudah untuk mempercantik bagian luar hunian yakni dengan membuat taman yang dihiasi dengan kombinasi rumput, pepohonan, dan tanaman-tanaman bunga. Namun, keterbatasan area lahan di luar hunian seringkali menjadi permasalahan bagi kita dalam menempatkan beragam tumbuhan yang diinginkan untuk mempercantik bagian tersebut. Terutama nih untuk hunian di kota-kota besar yang lahannya terbatas.

Menanggapi permasalahan itu, salah satu alternatif cara untuk menghias area luar hunian dengan menggunakan sedikit space adalah dengan menempatkan atau menanam tanaman rambat. Selain murah dan mudah dalam menempatkan atau  menanamnya, tanaman rambat tidak membutuhkan ruang atau area lahan yang terlalu banyak, karena orientasi tanamannya yang mayoritas cenderung vertikal. Nanum yang harus diperhatikan dan diingat adalah adanya suplai cahaya matahari yang cukup untuk perkembangan tanaman tersebut.

Ada banyak pilihan tanaman rambat untuk ditanaman di area depan hunian, mulai dari jenis yang dapat merambat pada dinding, atap, dan pagar, hingga jenis yang dapat ditempatkan pada pot berukuran yang tidak terlalu besar. Untuk lebih lanjut, berikut adalah sejumlah pilihan tanaman rambat yang bagus dalam menghias bagian luar hunian atau rumah:


Morning Glory
Tanaman dari famili Ipomoea ini diketahui merupakan tanaman yang sangat mudah ditanam, yang terpenting harus terkena sinar matahari dengan cukup. Morning glory memiliki lebih dari seribu jenis warna bunga, dan hasil maksimal tanaman ini menghiasi hunian akan terlihat jika mengombinasikan minimal 3 warna saat menanamnya. Selain bunganya indah,, Morning glory akan menyemburkan aroma yang sangat wangi di pagi hari. Sungguh menarik ya.

Morning glory juga dapat bermanfaat dalam melindungi ketahanan dinding luar hunian loh. Karena morning glory selain dapat melindungi daya tahan dinding dari air hujan dan panas matahari, dapat menjaga tingkat kelembaban dari dinding hunian.  Tapi meskipun mudah untuk menanamnya, kita harus telaten saat merawatnya. Jika tidak telaten, pertumbuhan morning glory akan menyerupai semak-semak yang tidak beraturan dan tidak menarik.

Mandevilla
Salah satu tanaman rambat terbaik yang mudah berkembang biak pada iklim Indonesia adalah tanaman Mandevilla. Merupakan famili dari Apocynaceae, tanaman ini memiliki bunga lebih besar dibanding morning glory dengan beragam warna seperti putih, kuning, merah, dan pink. Sama halnya dengan tanaman morning glory, bunga Mandevilla juga menyemburkan aroma wangi, namun tidak hanya di pagi hari.

Selain pada dinding, tanaman mandevilla juga sangat baik ditempatkan pada pagar atau tiang-tiang yang terkena langsung sinar matahari. Dikarenakan pertumbuhannya yang akan sangat lebat dan berbunga dengan cepat sepanjang tahun, pastikan media tanam untuk tanaman ini sangat kuat.

Tanaman Dollar
Jika lebih menyukai tanaman dengan warna hijau, maka tanaman dollar mungkin dapat menjadi pilihan terbaik. Karena tanaman dollar memiliki warna hijau dengan beragam gradasinya, memberikan nuansa hijau yang terkesan sejuk dan menyegarkan di area luar hunian.

Tanaman dollar yang memiliki nama latin Ficus Pumila ini memang populer untuk menghias dinding ataupun tembok pagar sebuah hunian. Sangat mudah tumbuh baik di dinding yang bertekstur halus, maupun tembok hunian yang masih dalam kondisi kasar (belum diaci), seperti tembok batako atau batu bata. Menyenangkannya, tanaman dollar dapat tumbuh subur sepanjang tahun tanpa memerlukan perawatan khusus.

Tanaman Sirih
Seperti halnya tanaman dollar, tanaman sirih berwarna hijau tua dan tidak memiliki bunga. Selain sebagai alternatif tanaman merambat dengan baik pada dinding vertikal atau atap/kanopi untuk menghias luar ruang hunian, tanaman sirih juga diketahui memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Sehingga banyak masyarakat yang menanamnya selain untuk memperindah hunian, juga memanfaatkan tumbuhan ini sebagai obat untuk kesehatan.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar