>

Ayuk, Jangan Takut Berkurban

By duniaeni.com - July 30, 2019


Setiap Tahun pada bulan Dzulhijjah umat Muslim merayakan Hari Raya Idul Adha atau dikenal juga sebagai Lebaran Haji, dimana bagi yang mampu wajib untuk berkurban seperti  yang tertera dalam surat Al-Kautsar ayat 2:

Maka dirikanlah salat karena Rabbmu dan berkurbanlah (sebagai ibadah dann mendekatkan diri kepada Allah.

Dan, Rasulullah Saw mengatakan akan pahala bagi umat Islam yang berkurban adalah setiap helai rambutnya merupakan kebaikan., dan setiap helai bulunya juga kebaikan (HR.Ahmad dan ibn Majah).

Karena itu jika memang kita mampu sebaiknya jangan melewatkan kesempatan untuk berkurban, terutama berkurban dengan menyedekahkan daging hewan kurban untuk masyarakat yang  kurang mampu seperti yatim piatu, fakir miskin, dan pilihlah hewan  kurban yang  benar-benar layak untuk dikurbankan agar ibadah kurban lebih sempurna.

Syarat hewan kurban:

1. Hewan yang dianjurkan adalah hewan ternak seperti unta, sapi, kambing, domba, dan kerbau.
2. Usia hewan harus seuai syari'at 
3. Hewan kurban sehat dan tidak ada cacat
4. Hewan kurban harus merupakan milik sendiri dibeli dengan legal, bukan merupakan hewan ilegal, hewan gadai maupun hewan warisan.
5. Hewan kurban disembelih sesuai dengan syari'at

Maka ketika akan berkurban sebaiknya memahami hukumnya secara Islam, tidak asal membeli hewan kurban dan menyembelihnya, apalagi kemudian daging hewan kurban tersebut tidak sampai ke tangan yang lebih  membutuhhkan. Sebaiknya memang berkurban melalui lembaga yang terpercaya dibidangnya seperti Dompet Dhuafa.

Karena pernah saya membeli hewan kurban itu tidak mudah, kadang secara fisik hewannya kurang bagus. Entah,  kekurusan, bulu-bulunya tampak kurang terawat, dan harganya tidak stabil antara satu pedagang dengan pedagang lainnya. Kalau tidak jago bernegosiasi, bisa saja harganya jadi kemahalan. Hewan yang dikurbankan pun dagingnya hanya tersebar ke masyarakat sekitar, kadang masyarakat yang cukup mampu juga dapat. Padahal masih banyak masyarakat yang lebih membutuhkan daging kurban tersebut.



Menurut teman-teman yang pernah berkurban melalui Dompet Dhuafa selain lebih praktis, tidak perlu repot bernegosiasi, hewan kurbannya juga berkualitas dan penyebaran dagingnya mencapai masyarakat pelosok. Supaya tidak takut berkurban  melalui Dompet Dhuafa, saya ulas tentang program THK atau Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa, ya. Semoga bermanfaat bagi masyarakat yang ingin menunaikan ibadah kurban di Idul Adha.


Mengapa Berkurban Melalui Dompet Dhuafa?

Dompet Dhuafa adalah lembaga filatropi Islam yang  bersumber dari zakat, infak,sedekah  dan wakaf (ZISWAF), serta dana halal lainnya. Dompet Dhuafa sejak tahun 1994 menghadirkan tebar Hewan Kurban dengan menyebarkan hewan kurban ke berbagai wilayah di Indonesia. Sehingga daging kurban tidak hanya dirasakan oleh masyarakat di perkotaan, namun program THK (Tebar Hewan Kurban) juga tersebar ke pelosok desa dan masyarakat terpencil.



Awalnya THK bernama Menebar 999 Hewan Kurban dan tahun 1998 berubah nama menjadi THK. Program ini awalnya dari keinginan untuk menebarkan berkah hewan  kurban mencapai daerah-daerah terpencil dengan memperdayakan peternak lokal yang mandiri. Sehingga masyarakat yang membutuhkan dapat merasakan kenikmatan daging kurban. Apalagi di daerah-daerah terpencil dengan ekonomi minim susah bisa merasakan nikmatnya daging, sementara di kota daging kurban bertumpuk-tumpuk hingga berlebihan.

 Maka untuk berjalannya program THK dibutuhkan  dukungan masyarakat yang percaya dan tidak takut menyalurkan bantuan kurban melalui Dompet Dhuafa. Selama ini tidak hanya masyarakat Indonesia loh, tapi juga dari berbagai negara di luar negeri. Sehingga THK berjalan hingga kini. Dipercaya sedemikian rupa karena Dompet Dhuafa memiliki kelebihan yang membuat masyarakat tidak  tidak takut berkurban.

 5 Kelebihan Berkurban di Dompet Dhuafa:
1. Kemudahan layanan berkurban
Layanan berkurban dapat dilakukan melalui:
  • Konter kurban di berbagai mall
  • Transaksi melalui rekening bank
  • Layanan jemput kurban
  • Layanan kurban melalui kurban.dompetdhuafa.org

Jadi masyakat yang ingin berkurban dapat memilih sesuai denga pilihannnya masing-masing. Saya pribadi lebih merasa mudah dengan memilih transaksi melalui rekening bank, karena lebih praktis.

2. Tebar kurban sampai pelosok negeri


Dengan menebar kurban sampai pelosok negeri, masyarakat di Nusa Tenggara Timur pun ikut merasakan nikmatnya daging kurban. Mereka sangat bahagia meski hanya setahun sekali, karena daging merupakan makanan yang jarang mereka makan. Sebab tidak ada uang untuk membeli makanan daging yang tergolong mewan.

3. Hewan kurban yang berkualitas
  • Bobot Hidup : Kambing 25-29kg, kambing premium 33-39 kg, sapi 250-300kg
  • Hewan kurban tidak cacat, lepas gigi, dan jantan
  • Pemotongan sesuai syariah Islam



Dengan kondisi seperti ini tentu masyarakat yang akan berkurban tidak akan pusing memikirkan kualitas hewan kurban yang dibelinya, karena Insaallah Dompet Dhuafa amanah. Saya sudah mengalami membeli hewan kurban yang memakan waktu dan capek memilih yang berkualitas, belum lagi memikirkan akan menyerahkan hewan kurban ke tempat yang amanah. Program THK Dompet Dhuafa ini jelas sangat membantu sekali.

4. Laporan kurban transparan
Masyarakat #JanganTakutBerkurban di Dompet Dhuafa karena setiap perkurban mendapatkan laporan donasi, berikut foto-foto pelaksanaannya, informasi dari berbagai daerah yang diberikan THK. Bahkan pekurban atau donatur bisa melihat langsung di berbagai daerah bersama tim Dmpet Dhuafa loh.

5. Memperdayakan peternak dan ekonomi desa


Hewan-hewan ternak di Dompet Dhuafa yang akan menjadi hewan kurban merupakan hasil ternak petani binaan Dompet Dhuafa atau yang mendapat bantuan. Sehingga program THK ini turut membantu peternak dan ekonomi desa.

Sungguh mengetahui cerita teman saya mengenaik THK di Dompet Dhuafa membuat saya tidak takut berkurban di Dompet DHuafa, dan kalian juga yang memiliki rejeki lebih dan ingin berkurban tahun ini #JanganTakutBerkurban di Dompet Dhuafa, Insaallah amanah dan kurban kita mendapat pahala dari Allah SWT. Buat yang butuh info lebih lanjut bisa langsung klik layanan kurban.





  • Share:

You Might Also Like

18 komentar

  1. Thanks for sharing, semoga sukses..

    ReplyDelete
  2. Dengan DD praktis dan kita terima beres yah

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah semakin mudah berqurban dengan Dompet Dhuafa

    ReplyDelete
  4. Bener ya.. melalui DD brkurban Kita bisa tahu hasilny kemana kan disebar tepat sasaranny juga..

    ReplyDelete
  5. Berkurban jd makin mudah ya melalui Dompet Dhuafa, penyebaran daging kurban nya jg merata

    ReplyDelete
  6. Inovasi dompet dhuafa ini patut diacungi jempol karena transparan, praktis, luas areanya. Aku gak pernah ganti kalo perihal dompet dhuafa jadi langganan selalu

    ReplyDelete
  7. Dompet Dhuafa memang terbaik deh untuk memberikan yang terbaik untuk berkurban. Temanku udah ada yang kesana dan lihat langsung proses peeternakannnya. Emang oke :)

    ReplyDelete
  8. Lewat DD, manfaatkan jadi lebih Luas sampai ke pelosok Negeri. Salut deh Sama DD, selalu terpercaya Dari taun me taun

    ReplyDelete
  9. Lewat DD memang manfaatkan kurban Hadi lebih meluas ya mom. Sampai ke pelosok negeri juga. Salut deh

    ReplyDelete
  10. Berkurban melalui Dompet Dhuafa memudahkan kita untuk beribadah kurban y mba dan yang saya suka distribusi bisa smpai ke pelosok daerah

    ReplyDelete
  11. Semakin banyak cara untuk berkurban mudah2an semakin mengurangi alasan orang untuk tidak berkuban dengan alasan 'gak ada dananya' ya mbak.

    ReplyDelete
  12. Semoga Allah selalu mudahkan kita untuk berqurban tiap tahun. Dan yang terpenting, semoga Allah menerima kurban kita. Aamiiiin

    ReplyDelete
  13. Melalui DD niat berkurban kita jadi lebih praktis dan insyaallah amanah yac kak...

    ReplyDelete
  14. Insya Alloh sudah sedari kecil dibiasakan berkurban, tidak takut utk berkurban, Hanya saja, takut saat liat hewan kurban disembelih..

    ReplyDelete
  15. sebaiknya berkurban lewat penyelenggara yang amanah kayak DD... penyaluran kurbannya merata soalnya

    ReplyDelete
  16. Berqurban adalah salah satu kewajiban bagi umat muslim yang mampu

    ReplyDelete
  17. Bener banget mba ber qurban harus iklas dan memberikan qurban yang terbaik dan lebih baik.

    ReplyDelete
  18. Sudah lama aku percaya DD, tapi untuk kurban belum coba, semoga tahun depan diberikan rejeki lebih untuk berqurban di DD

    ReplyDelete