>

Kulineran Halal Bersama RKB BNI Fest di Halal Park Senayan

By duniaeni.com - July 30, 2019


Sebenarnya sih, saya sudah tahu ada Halal Park di Senayan, tepatnya di dekat pintu 11  kompleks Gelora Bung Karno (GBK). Sering lihat di feed instagram temen-temen yang pepotoan di sana, cukup instagramable dan bikin mupeng pengen ke sana. Jajan sama keluarga, terus foto-foto deh, hahaha. Meski acara foto-foto kadang diprotes anak-anak yang sudah tidak sabar untuk langsung eksekusi kulinernya.

Halal Park di Senayan ini diresmikan oleh Bapak Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini, April 2019. Di sana tidak hanya kuliner, tapi juga fashion, hingga keuangan ada. Namun belum ada kesempatan buat jalan-jalan ke Halal Park Senayan, sampai kemarin tanggal 28 Juli 2019 saat RKB BNI Fest di Halal Park Senayam dan saya bisa ikutan datang ke acaranya, terlaksana deh keinginan saya buat jalan-jalan di Halal Park Senayan.



Keliling lihat-lihat sudut yang instagramable, bisa dipastikan langsung foto-foto. Keliling juga ke kios-kios yang menjual fashion  muslimah, semua bikin kepengen karena fashion yang dijual benar-benar recomend kualitas bahannya, designnya. Tentu saja seimbang dengan harganya, karena memang produknya tidak asal buat. Para designer juga sudah ternama seperti Zenahara.



Ternyata letak Halal Park Senayan tuh memang mudah banget dicari alias lokasinya strategis ya, semula saya membayangkan agak menjorok ke dalam sehingga butuh jalan kaki jauh. Ini tinggal duduk manis naik taksi online dari Stasiun Karet dan turun di pintu 10, langsung deh terlihat Halal Park Senayan. Kalau yang sering ke Hotel Mulia, tinggal nyeberang hotel ya buat menuju Halal Park Senayan.

Lokasinya memang tidak begitu luas, tapi cukup asyik buat bawa keluarga jalan-jalan kulineran, karena bersih, ada mushola, ada fasilitas tempat bermain anak, ada toilet untuk wanita, pria, dan anak-anak yang cukup bersih. Meski cuaca terik di Halal Park Senayan ini banyak tempat ngademnya kok, pengunjung bisa duduk-duduk santai di kursi-kursi yang dinaungi payung besar, anak-anak bisa main di tempat bermain yang posisinya ada pohon besar teduh.



Oya, sebelum lanjut bahas Halal Park Senayan, saya mau cerita mengenai  RKB BNI Festival yang membuat saya akhirnya hadir di Halal Park Senayan ini.




Apa itu RKB BNI Fest?



Jadi nih, BNI mempunyai program yang kece banget bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dimana para UMKM dilatih atau dibina oleh BNI dalam naungan RKB (Rumah Kreatif BUMN). Setuju banget dong ya, para UMKM yang merupakan menyumbang devisa, menyumbang pemberantasan pengangguran karena otomatis meski berskala kecil, UMKM itu membutuhkan tenaga kerja untuk membantu , terus ada instansi yang memperhatikan kesejahteraan para penggiat UMKM ini. Saya jelas sangat setuju.



Di Halal Park Senayan kemarin terhitung ada 10 produk UMKM binaan BNI yang turut hadir meramaikan Halal Park Senayan, acara ini berlangsung 2 hari yakni 27-28 Juli 2019 dan saya hadir di hari kedua.  Tidak hanya keliling melihat-lihat, tapi saya juga mencicipi kuliner yang dijajakan para UMKM binaan BNI ini, belanja juga buat oleh-oleh anak-anak karena mereka belum bisa saja ajak jalan-jalan ke Halal Park Senayan.



Kulineran para UMKM ini ada Jalanin Doeloe Kopi, Soto Mie Bakso, Pempek Bulet, Sari Lemon Soogeh, Pudingu, Sosis Bakar Lulu, Sicipi Food,  Arafi Food, Pentol Pedas SS, Ramen n Sushi Emperan. Dari semua kuliner yang ada, saya mencoba kopi  Jalanin Doelo Kopi, Soto Mie Bakso, Sari Lemon Soogeh, dan Pempek Bulet. Untuk Pempek Bulet dan Sari Lemon yang buah segarnya saya jadikan oleh-oleh sih, yang saya cicipi di tempat kopi, Soto Mie Bakso, Sari Lemon Soogeh dan Sosi Bakar Lulu.Untuk rasanya saya paling berkesan sama Sosis Bakar Lulu dan Sari Lemon Soogeh, benar-benar asli sari lemonnya.



Untuk harganya yang cukup bikin saya kaget tuh Soto Mie Bakso, tanpa ada baksonya dan hanya seukuran mangkuk kecil dibandrol harga Rp30.000, mungkin karena lokasi jajanan hits kali ya, hehehe. Tapi untuk yang lainnya harganya cukup wajar menurut saya. Bahkan cukup murah ketika saya membeli jeruk lemon besar 1 kg seharga Rp30.000, karena jika beli satuan di warung dekat rumah sekitar Rp 10.000.

RKB BNI Fest Dimeriahkan Cooking Class bersama 3 Cowok Keren

Selain menghadirkan 10 UMKM binaannya, BNI juga menghadirkan acara cooking class bersama Chef Normal Ismail dan aktor Tora Sudiro, serta petarung Mixed Martial Art (MMA) Suwardi. Acara diadakan di panggung mungil dan disaksikan pengunjung Halal Park Senayan, blogger dan media, serta komunitas Motor Gede. Sejujurnya dua MOGE (Motor Gede) di depan panggung itu sempet membuat mata saya salfok, karena saya dan suami penyuka MOGE, hehehe.

Chef Noorman mempersembahkan dua kuliner tradisional yakni Empal Gentong dan Kolak Pisang. Meski tidak mencicipi, saya bisa membayangkan rasanya dan akan mempraktekan di rumah untuk membuat kolak pisang dengan cream susu, jadi tidak menggunakan santan kelapa. Karena selama ini saya membuat kolak pisang selalu menggunakan santan kelapa, resep Chef Noorman ini jadi masukan buat saya.

Tora meski fisiknya terlihat macho, sesungguhnya sangat komikal, semua celetukannya terdengar segar, dan menariknya dia sama seperti saya, sama-sama baru pertama kali ke Halal Park Senayan, " Ini pengalaman menarik karena saya baru pertama kali datang ke Halal Park. Apalagi saya dapat Kartu Kredit BNI yang khusus dibuat untuk pemilik Harley. Semoga BNI semakin sukses, " kata Tora. Rupanya Tora juga ikut dalam komunitas motor gede.

Tora menerima mock up Kartu Kredit BNI Edisi HOG bersama Chef Noorman langsung dari Direktur Bisnis Korporasi Putraman Wahju Setyawan, karena keduanya merupakan nasabah BNI yang memiliki karti kredit khusus tersebut.  Volume transaksi Kartu Kredit BNI sudah mencapai 19,91 Triliun per Juni 2019 dan BNI sudah menerbit 1,85 juta keping kartu kredit per Juni 2019. Cukup besar ya, menandakan banyak nasabah yang percaya dengan Bank BNI.

Tapi sebenarnya apa ya, tujuan BNI mengadakan RKB BNI Fest di Halal Park Senayan, selain tentu saja untuk para UMKM binaannya?

Dari penjelasan Bapak Putrama bahwa tujuan RKB BNI Fest diadakan di Halal Park Senayan agar masyarakat luas mengetahui ada destinasi wisata kuliner Halal di Jakarta yang letaknya sangat strategis, dan cocok untuk tujuan jalan-jalan sambil jajan bersama keluarga. Dimana produk yang dijajakan selain halal, merupakan produk mitra BUMN dibawah koordinasi Kementerian BUMN RI. Selain di GBK, Halal Park juga dibuka di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta.

Jajan di Halal Park Senayan Pakai Uang Elektronik BNI



Oya, hampir lupa! Saya dan teman-teman jajan kuliner di Halal Park Senayan pakai uang elektonik BNI, designnya lucu banget. Seperti uang elektronik kebanyakan, cara pakainya tinggal gesek. Tapi yang menarik tuh, saat berbelanja untuk minimal belanja Rp50.000 maka struknya dapat ditukarkan voucer senilai Rp25.000 berlaku kelipatannya. Saya sampai tukar dua kali,  lumayan jadinya beli pempek seharga Rp 50.000 dapat kapal selam pakai voucer.

tukar voucer

Uang elektronik yang dikeluarkan BNI ini bisa dibuat belanja di minimarket yang ada mesin gesek BNI, untuk bayar tol, naik busway sampai naik commuterline. Top Up dapat dilakukan di Indomart, Alfamart, dan ATM Link Aja. Dan, saya pun pulang menjelang sore setelah jajan dan beli oleh-oleh. Kapan-kapan saya ingin balik lagi ke Halal Park Senayan bersama keluarga.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar