>

Beli Tiket Bus DAMRI Di Traveloka

By duniaeni.com - October 08, 2019


Siapa yang tidak kenal dengan nama DAMRI?

Di antara banyaknya muncul perusahaan-perusahaan transportasi di Indonesia, nama DAMRI sebagai penyedia jasa transportasi di Indonesia masih cukup besar gaungnya. Meski sudah eksis sejak zaman penjajahan Jepang berupa dua perusahaan transportasi yang berbeda kemudian digabungkan menjadi DAMRI pada tahun 1946, DAMRI tidak ketinggalan zaman dalam menyediakan mode transportasi yang modern, membuat penumpangnya lebih nyaman untuk mengadakan perjalanan darat, dan menyediakan beberapa macam kelas bus mulai dari yang ekonomis hingga yang kelas eksekutif.

Apalagi kini dengan Traveloka kita bisa melakukan perjalanan dengan transportasi dari perusahaan BUMN ini. Tentu saja dengan cara beli tiket yang lebih mudah dan harga terbaik. Seneng banget dong, sudah mudah cara belinya, dapat harga terbaik pula.

Cara pesan tiket DAMRI di Traveloka


Buat yang ingin beli tiket bus DAMRI di Traveloka caranya sangat mudah, bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Dengan menggunakan ponsel Anda, buka aplikasi Traveloka (unduh dulu di Google Play Store jika belum punya) atau buka halaman situs Traveloka
2. Pada kotak pencarian isi detail mengenai bus yang ingin ditumpangi seperti misalnya asal keberangkatan, tujuannya, berapa orang yang akan berangkat, dan juga tanggal keberangkatan
3. Sistem akan menunjukkan bus-bus yang tersedia sesuai dengan tanggal keberangkatan yang Anda inginkan, termasuk dari DAMRI beserta dengan harga tiketnya
4. Pilih bus dan jam keberangkatan DAMRI yang Anda inginkan
5. Isi data pemesan dan penumpang bus
6. Lakukan pembayaran sebelum tanggal yang telah ditentukan
7. Traveloka akan mengirimkan e-tiket ke alamat email Anda, melalui SMS, atau bisa juga dilihat di aplikasi Traveloka bagian Pesanan.
8. E-tiket nantinya bisa Anda tunjukkan kepada petugas DAMRI sebelum naik ke bus, atau bisa juga Anda cetak sendiri.

Mudahkan, bisa dilakukan dimana saja dan sedang apa saja, karena hanya dengan bermodalkan ponsel, kita sudah bisa memesan tiket bus DAMRI sesuai dengan kebutuhan. Lalu bagaimana untuk fasilitas yang dimiliki bus DAMRI? Tentu saja akan memuaskan penumpangnya, sebagai bahan pertimbangan akan saya ulas fasiltas bus DAMRI sesuai dengan tipe kelasnya.

Tipe Kelas Bus DAMRI dan Fasilitasnya

DAMRI menyediakan armada bus yang cukup banyak untuk perjalanan antar kota, antar provinsi, bahkan antar batas negara pun juga ada. Anda bisa menikmati perjalanan yang lebih hemat ekonomis tapi tetap nyaman menggunakan bus DAMRI AC non-toilet, hingga bus kelas royal executive dengan fasilitas yang lebih lengkap dan ruang duduk yang lebih mewah untuk memaksimalkan kenyamanan penumpang.

Fasilitas standar yang disediakan antara lain:
1. Format kursi 2-2 yang tidak terlalu sempit
2. AC
3. Bagasi.

Sedangkan untuk bus kelas eksekutif fasilitas yang diberikan lebih lengkap:
1. Kursi recliner  yang dilengkapi dengan sandaran kaki, colokan listrik, ruang kaki yang lebih lebar
2. Interior yang lebih mewah
3. Ttoilet
4. Dan, berbagai macam fasilitas lainnya. 

DAMRI melayani rute hampir di seluruh wilayah Indonesia. Kita bisa dengan mudah menemukan kantor-kantor agen DAMRI di terminal besar maupun kecil, hingga di bandara-bandara yang menyediakan transportasi transit. Selain itu DAMRI juga menyediakan perjalanan dengan rute-rute antar kota dan antar provinsi, di antara sekian banyak rute yang dimiliki DAMRI beberapa yang populer antara lain adalah rute Lampung – Jakarta, – Bandung, – Yogyakarta, Bandung – Lampung, -Indramayu, - Kuningan, dan Bekasi – Rajabasa. Harga tiket bus untuk kelas bisnis rata-rata adalah Rp60.000, sedangkan kelas yang paling mahal atau kelas royal rata-rata adalah Rp280.000. Cukup terjangkau sekali.

Ketentuan Naik Bus DAMRI untuk Penumpang

Untuk menjaga keselamatan dan juga kenyamanan seluruh penumpang bus DAMRI ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan sebelum naik bus, yaitu:

1. Anak usia di atas 3 tahun harus membayar tiket penuh
2. Harga tiket bus sudah termasuk dengan iuran wajib Jasa Raharja sebesar Rp60
3. Penumpang mendapatkan kapasitas bagasi gratis masing-masing 10 kg, jika lebih maka akan dikenakan biaya tambahan
4. Penumpang tidak boleh membawa hewan peliharaan atau binatang lain dan tidak boleh membawa barang yang dilarang hukum
5. Penumpang yang terlambat tiba di titik keberangkatan sesuai dengan jadwal keberangkatan tidak akan mendapatkan pengembalian dana atau refund
6. Waktu berangkat, tipe, dan rute bus bisa diganti sewaktu-waktu karena alasan operasional
7. DAMRI tidak melayani pengembalian dana maupun perubahan jadwal keberangkatan atas tiket yang sudah dipesan dan dibayar. 

Itulah informasi mengenai bus DAMRI yang tiketnya bisa langsung dibeli dengan mudah di Traveloka tanpa harus repot ke kantor agen atau ke terminal. Selamat melakukan perjalanan yang menyenangkan.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar